CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Pahami Tanda Kampas Kopling Mobil Mulai Aus
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f3629dec82084708a5a4612/pahami-tanda-kampas-kopling-mobil-mulai-aus

Pahami Tanda Kampas Kopling Mobil Mulai Aus


Salah satu komponen penting dari mobil adalah kopling. Komponen ini memiliki peran untuk memutus dan menghubungkan mesin dengan sistem transmisi. Dan bagian penting dari kopling mobil ada kampas GanSis. Semakin lama pemakaian, kampas kopling akan makin terkikis dan ini akan mempengaruhi kinerja mesin.

 Pahami Tanda Kampas Kopling Mobil Mulai Aus

Jika pengikisan ini dibiarkan, maka dampak paling buruknya adalah terbakar. Biasanya kampas kopling yang terbakar selain disebabkan oleh usia pemakaian, pemakaian yang tidak benar juga mengakibatkan terbakar. Supaya hal ini gak kejadian di mobil Agan dan Sista, simak tanda – tandanya berikut ni GanSis:

Akselerasi melemah

Ini adalah tanda pertama yang bisa dirasakan jika kampas kopling mobil mulai aus. Kondisi ini biasanya dapat diidentifikasi saat pengendara menginjak pedal gas mobil. Saat akselerasi lemah, pedal gas yang diinjak tidak mengakibatkan mobil melaju cepat namun menimbulkan suara decitan dan raungan mobil. Melemahnya akselerasi ini dapat dikatakan juga sebagai kondisi macet sehingga mobil berhenti namun mesin hidup. Kondisi seperti ini dapat menimbulkan kecelakaan di jalan, terlebih bila mobil melaju di area tanjakan karena akan berbahaya bagi kendaraan di belakangnya juga.

Adanya bau gosong

Bau ini muncul akibat dari gesekan piringan kampas kopling yang terlalu sering, yang alhasil kampas jadi hangus. Bau ini juga sering muncul ketika pengendara menggunakan mobil melintasi tanjakan atau turunan curam. Ini biasanya juga karena keseringan nahan kopling GanSis.

Putaran pada mesin tinggi

Kondisi ini biasanya dipicu oleh akselerasi mobil yang melemah dan peermukaan pada kampas yang cendrung licin. Putaran pada mesin yang di luar kondisi normal ini dapat menjadikan suhu mesin kendaraan meningkat secara drastis. Kondisi mobil yang panas akan mengurangi asupan untuk pengendara dan penumpang.

Selip kopling

Kampas kopling mobil yang aus juga dapat ditandai dengan selipnya komponen ini. Kondisi ini lumrah terjadi pada mobil yang kampasnya sudah tidak bisa bekerja optimal.

Tuas transmisi mulai keras

Kerasnya pemindah gigi ini dapat dirasakan meskipun mobil dalam keadaan netral sekalipun. Kondisi tersebut dikarenakan transmisi gigi sukar terhubung. Tidak mudah terhubungnya transmisi ini diakibatkan oleh putaran mesin gigi yang tidak tepat.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
nunuahmad dan 3 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh KS06
Post ini telah dihapus oleh KS06
Paling gampang deteksi, kalo pedal udeh mulai naik atau terlalu dalam di pijak. Ganti satu set dah 🍻🙏🏽
pernah pas kena macet di jalan menanjak, kampas koplingnya sampe bau emoticon-Cape d... langsung stop dulu deh minggir
Post ini telah dihapus oleh KS06
Kalau lewat dibelakang mobil truck di jalan menanjak ini sering nyium bau nyengat,
Post ini telah dihapus oleh KS06
Nah kadang kalau yg ga tahu bakal terus aja dipake tanpa oernah dicek dannitu bahaya gan
Susah mau naik turun gigi....harus pakai behel kayaknya, eitsss,,,bengkel mksdnyemoticon-Wkwkwk


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di