CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Apollinaris Darmawan Sebut Islam Ajaran Sesat, Begini Sikap MUI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f3545138d9b1745666bbe30/apollinaris-darmawan-sebut-islam-ajaran-sesat-begini-sikap-mui

Apollinaris Darmawan Sebut Islam Ajaran Sesat, Begini Sikap MUI

Apollinaris Darmawan Sebut Islam Ajaran Sesat, Begini Sikap MUI


Majelis Ulama Indonesia sangat menyesalkan perilaku Apollinaris Darmawan, kakek berusia 70 tahun yang sering mengumbar kebencian dan penghinaan terhadap Islam di jejaring media sosial. Diketahui, pria tua yang berasal dari Kota Bandung itu kini sudah menjadi tersangka kasus ujaran kebencian dan penistaan agama.

"Kita sangat menyesalkan adanya praktik mencela dan menghina yang dilakukan oleh orang-orang tertentu kepada pihak-pihak dan agama tertentu. Hal ini tentu sangat kita sesalkan karena saya rasa tidak ada orang yang mau dirinya dan agamanya dicela oleh orang lain," kata Sekretaris MUI, Anwar Abbas kepada VIVA.co.id, di Jakarta, Rabu, 12 Agustus 2020.

Kata Anwar, kalau ada yang mencela agama lain, maka pasti pengikut agama yang dicelanya tidak akan mau menerima sikap dan perlakuan demikian, sehingga terjadilah keributan di tengah masyarakat.

"Dan itu jelas tidak baik kehidupan suatu masyarakat dan suatu bangsa," katanya.

Apollinaris Darmawan Sebut Islam Ajaran Sesat, Begini Sikap MUI


Oleh karena itu, Anwar berharap, kalau ada yang melakukan penghinaan dan penistaan agama, pihak berwenang harus cepat menanganinya. Sehingga tidak terjadi hal-hal buruk di tengah masyarakat. 

Ia mengimbau semua pihak agar bisa menegakkan dan menjunjung tinggi sikap saling menghormati antarpemeluk agama. 

"Saya menyimpulkan bahwa setiap orang yang suka menghina orang dan agama orang lain, maka sudah pasti orang yang bersangkutan adalah orang yang tidak bisa menerima perbedaan," ujar Anwar.

Menurutnya, setiap orang yang tidak bisa menerima perbedaan, sudah pasti orang itu intoleran.

Apollinaris Darmawan Sebut Islam Ajaran Sesat, Begini Sikap MUI

"Sikap seperti itu tentu jelas tidak bisa diterima di tengah-tengah masyarakat kita yang sangat beragam latar belakang agama, budaya, suku dan lain-lainnya. Karena sikap tersebut jelas akan menimbulkan kegaduhan di tengah-tengah kehidupan bangsa ini," tuturnya.

Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Bandung sudah menetapkan Apollinaris Darmawan sebagai tersangka dalam kasus SARA di media sosial Twitter melalui akunnya @ApolDarmawan.

Dalam akunnya, pria tua itu menyinggung agama Islam dengan perkataan, 'menjelaskan secara terbuka dan beradab bahwa Islam bukan agama, melainkan ajaran sesat yang mendungukan serta membiadabkan umatnya'.

"Jadi pada 8 Agustus malam, awalnya dari Polsek Cicendo yang menerima laporan adanya sekelompok massa yang mendatangi seseorang yang diduga melakukan ujaran kebencian, SARA dalam hal ini dan kemudian untuk mengamankan orang itu," ujar Kasatreskrim Polrestabes Bandung, AKBP Galih Indragiri, Senin, 10 Agustus 2020.

Hidayatullah





profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh KS06
Halaman 1 dari 3
Pasal penistaan agama , pasal karet. Faktanya setiap pemeluk agama akan tergelitik untuk membicarakan ajaran lain, membandingkan agama nya dgn agama lain. Contoh nya ustad di atas , ketika ceramah dia dgn santai nya mengolok2 keyakinan orang lain yg dia tdk tahu apa2 . trus bantahan beberapa oknum umat tsb, sah2 saja kami berceramah mengkritik atau menyinggung ajaran orang lain selama ini di forum sendiri ... Heiiiii....!!!! Krecekan banci.....!!! Setiap ceramah di mesjid , pake toa keluar dan satu RW terdengar suara ceramahnya , apalgi ceramhanya menghina ajaran orang lain, pake toa keluar. Apa klian sudah gilaaa... !!!
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan


Quote:


Quote:


Terus bila energy masyarakat di habiskan SELALU oleh persoalan persoalan seperti ini yang di kobar kan seperti Api oleh kalangan tertentu!

Pertanyaan kapan Indonesia bisa maju dan berapa banyak ketertinggalan Indonesia di banding negara lain dan negara sekitar nya bila energi masyarakat habis cuma untuk mengurus dan memperhatikan persoalan seperti ini bukan pada persoalan kursial untuk kemajuan Negara!

Harus di ingat sumber daya dan sumber daya manusia di Indonesia terbatas, dan berapa banyak sumber daya dan sumber daya manusia terpakai dan terkuras untuk mengurus persoalan persoalan seperti ini di masyarakat

Hal persoalan photo dan sepanduk yang di kobarkan kalangan tertentu seperti ini penting kah ??? dimasa indonesia mengalami persoalan kursial seperti Pandemic COVID-19, yang semesti nya masyarakat Indonesia berpadu menjadi satu untuk berdaya upaya menghadapi dan mengatasi Pandemic Covid-19
Diubah oleh daimond25
Pernyataan sikap kasus solo gimana nih mbah2 di MUI? Kok adem diem aja?
Ini lebih berbahaya loh
Kasus si apolo malah buay introspeksi dong, emang nyata ada oknum yg rusak citra Islam, ganyang dong oknum yg kaya gitu
Mantap..
Dihukum berdasarkan undang2 yg berlaku di Indonesia..
Hidup NKRI..
Pendapat menarik tentang intoleran, ditunggu prakteknya.
Astagaysouz emoticon-Kagets
intoleran kalau kapir ke mereka
kalau mereka ke kapir itu gpp
profile-picture
klepon.islami memberi reputasi
Bnyk benar nya sih




emoticon-Traveller
Apollinaris Darmawan Sebut Islam Ajaran Sesat, Begini Sikap MUI
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
berita ngehek
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
sebenernya kalo dibilang intoleran sih, kasusnya banyak banget ya, misal nih kalo mo bangun masjid, pasti ijinnya keluar dengan mudah tp coba kalo mau bangun tempat ibadah lain, pasti sulit kan?

ini kan negara bhinneka tunggal ika, kaya akan keanekaragaman suku, budaya, agama, itu yg bikin bangsa ini unik. Seharusnya kalo orang2nya bisa berpikir jernih, yg timbul adalah rasa toleransi thd orang atau agama lain, tp karena ulag sekelompok provokator tolol, & dengan mudahnya orang2nya terpancing, ya hancur semua

Sorry to say, MUI juga kalo bagi ane ga sepenuhnya obyektif ya, saat kasus Ahok mengutip ayat al maeda dari Qur'an, MUI bilang itu penistaan agama, tp saat ustad Abdul Somad bilang ada jin kafir di balik tanda salibm MUI bilang itu bukan penistaan, tp si UAS kabur keluar bilangnya mau S3

apalagi kalo ngomongin FPI ya, speechless dah

harusnya lembaga keagamaan itu bisa menengahi ya
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan cemplonzzz memberi reputasi
Dalam hidup beragama ini sudah biasa gans, ada yang cocok dan tidak. Kita sebagai manusia biasa harus paham dengan kondisi ini. Tidak perlu merasa paling benar dan mengesampingkan yang lain
Ketika ada informasi yg kontraversi, bukannya didebat dengan bukti2 yang lain, namun malah diserang secara fisik dan dituntut hukum.

Hal ini malah membuat orang2 bertanya2, jangan2 informasi kontraversi tersebut adalah kebenaran.

Mirip dengan jaman suharto. Berani utak atik kebenaran mengenai pemberontakan suharto terhadap sukarno, tidak bakal didebat dengan bukti2. Langsung diculik dan dihilangkan.

Mendingan dijelaskan baik2, bukan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
sapapun yg menghina agama lain, seharusnya langsung ditangkap emoticon-Embarrassment
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
terserah lu mo ngebacot apa gua ga ambil pusingemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan scorpiolama memberi reputasi
Alhamdulillah seoramg penista agama kembali dikarungin aparat. Biar tidak menjadi provokator di tengah nkri yg sangat menjunjung tinggi toleransi
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Gambarnya MUI imbau kasus somad soal Salib diselesaikan dengan damai emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


mgomongin sejarah, kok dibilang ngomongin islam emoticon-Cape d...


Apollinaris Darmawan Sebut Islam Ajaran Sesat, Begini Sikap MUI

Apollinaris Darmawan Sebut Islam Ajaran Sesat, Begini Sikap MUI
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan bajier memberi reputasi
Diubah oleh youser.baru
Ikut nyimak bre
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di