CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Proses Penukaran Koin Kreator Ada Perubahan Cek Infonya di Sini Gan!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Natalia Iriani, Temukan Hidayah Usai Kaji Mendalam Alkitab
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f3498cbc820844640785371/natalia-iriani-temukan-hidayah-usai-kaji-mendalam-alkitab

Natalia Iriani, Temukan Hidayah Usai Kaji Mendalam Alkitab



Natalia Iriani, Temukan Hidayah Usai Kaji Mendalam Alkitab
Natalia Iriani, mualaf yang menemukan hidayah justru melalui Alkitab
Foto: Dok Pribadi


Natalia Iriani menemukan hidayah Islam usah mengkaji Alkitab.
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Natalia Iriani, perempuan asal Malang Jawa Timur ini mengisahkan kegelisahan hatinya ketika dia berusaha mencari kebenaran dari kitab suci yang selama ini diyakininya.


"Dulu saya masuk Islam bukan karena Alquran, tetapi karena Alkitab. Saya enggak pernah baca buku tentang Islam juga, enggak pernah nonton acara-acara Islam atau ceramah-ceramah ustadz, apalagi tentang perbandingan agama. Itu enggak pernah belajar,” ujar dia dalam video Youtube yang telah dikonfirmasi Republika.co.id, beberapa hari lalu.


Natalia bahkan mengaku bahwa awalnya dia tidak suka pada Islam. Mendengar adzan saja membuat hatinya terasa kurang nyaman. Dia akan langsung mematikan televisi ketika secara tidak sengaja menjumpai tayangan adzan atau ceramah keagamaan Islam.

Dahulu, Natalia berusaha sebisa mungkin untuk menghindari hal-hal yang berhubungan dengan Islam. Orang tuanya juga kala itu cenderung mengamini stigma bahwa Islam bukanlah agama yang benar. "Bahkan, keluarga juga wantiwanti saya untuk jangan jadi seperti kakak saya yang dekat dengan orang Islam, menikah, dan menjadi mualaf," ujar dia.

Ketika Natalia semakin mendalami kitab suci agamanya yang dulu, dia menemukan hal yang membuatnya tercengang, yaitu bahwa Tuhan ternyata Esa. Natalia tentu bukanlah orang yang tak paham dengan agamanya di masa lalu.

Ibunya yang dahulu sebenarnya seorang Muslimah pun ikut memeluk agama sang ayah. Namun, Natalia tidak dapat membohongi dirinya sendiri. Semakin dia mempelajari kitab suci agamanya yang dulu, semakin dia merasa ragu terhadap apa yang diajarkan orang-orang di sekitarnya selama ini.

Natalia sebenarnya telah merasakan keraguan batin tentang kepercayaan yang dipeluknya. Krisis itu dialaminya setidaknya sejak duduk di bangku sekolah. Dahulu, Natalia sangat menggemari kisah-kisah tentang Nabi Isa. Keimanannya bahkan semakin kuat karena sering melihat ayahnya melayani masyarakat dengan sepenuh hati.

Akan tetapi, semakin dia mendalami cerita tentang nabi berjuluk al-Masih itu, semakin dia merasa ragu dengan agamanya kala itu. Ketika itu, Natalia memiliki beberapa teman Muslim. Dia telah mengetahui bahwa Tuhan dalam kitab sucinya dan Tuhan dalam Islam memiliki nama yang sama, yaitu Allah. Hanya saja, pelafalannya mungkin berbeda.

Natalia tidak berhenti mencari jawaban atas keraguannya. Dia kemudian melakukan penelitian dengan menguji apakah ajaran pendeta telah sesuai dengan isi kitab suci. Namun, dari semua pendeta yang ditemuinya, tidak ada yang membenarkan pernyataan dalam kitab suci bahwa Isa adalah utusan Tuhan.

Natalia berprinsip bahwa agama itu benar jika isi kitab suci keseluruhan benar karena kitab suci berisi firman Tuhan. Bagi dia, firman Tuhan tidak pernah salah. Jika isi kitab suci saling bertentangan dan salah, kitab itu sudah diubah melalui campur tangan manusia. 
"Kedua setiap ayat Alquran itu saling mendukung dan tidak boleh bertentangan. Misalnya, di satu ayat tentang melarang sesuatu, kemudian di ayat selanjutnya jangan sampai membolehkan sesuatu yang dilarang sebelumnya,"ujar dia. Kemudian, dia bersahabat dengan teman Muslim lainnya.

Saking dekatnya, dia sering berdiskusi mengenai kitab suci agama mereka masing-masing. Hal ini juga yang membuatnya lebih mengenal dan mendalami Bibel serta Alquran. Ternyata benar, ada 12 ayat yang ditemukannya di Bibel saling bertolak belakang.

Namun, hal ini dianggap waktu itu masih dalam batas kewajaran.
Sebab, perbedaan latar belakang, waktu, bahasa dan tempat penulisan diakui ada. Bagaimanapun, jawaban sebatas itu tidak serta merta menghilangkan keraguannya. Dia yakin betul, seharusnya kitab suci meski dengan latar belakang tempat, bahasa, dan waktu penulisan yang berbeda berisikan hal yang tidak kontradiktif. Sebab, sumbernya satu dan sama saja, yaitu firman Ilahi.

Dari sanalah, dia tidak hanya mulai meragukan ajaran pendeta. Kini, dia mulai merenungkan kembali ihwal kebenaran pada isi kitab sucinya. Untuk itu, Natalia pada saat itu terus mencoba untuk meneliti isi kitab suci.

"Sampai-sampai saya menangis dan berdoa untuk menemukan kebe naran dan meyakini Tuhan itu satu, yakni Tuhan semesta alam yang harus disembah. Namun saat itu saya bingung Tuhan mana yang harus saya sembah, apakah Tuhan yang saya sembah itu sudah benar atau menyembah Tuhan yang salah?" tutur dia.

Saat itu dia berdoa meminta ampun kepada Tuhan karena keraguannya, karena dia tidak tahu dan salah telah menghambakan diri. Karena dia meyakini bahwa dia menghambakan dii kepada Tuhan semesta alam dan eminta untuk ditunjukkan kebenarannya. Setelah berdoa, anehnya ayahnya kemudian menunjukkan ayat kitab suci yang menunjukkan Isa adalah tuhan. Di situ keraguan dia sempat agak berkurang.

Beberapa hari kemudian, Natalia mendiskusikan temuannya itu bersa ma dengan kawannya yang Muslim. Dia lantas mendapatkan pertanyaan kembali. Apakah kitab aslinya menyebutkan hal yang sama? Setelah dia mencari di kitab suci yang sama, tetapi dengan bahasa aslinya, ternyata Nabi Isa ditegaskan tidaklah mengaku sebagai Tuhan. Sosok al-Masih menegaskan dirinya sebagai guru dan bapak (junjungan), yang dalam bahasa Ibrani diistilahkan sebagai kurios.

Akhirnya, hatinya mulai mantap. Dia telah menyadari betul, kebenaran datang dari Islam yang secara tegas menyatakan Nabi Isa AS hanyalah utusan-Nya, tidak pernah mengakuaku sebagai tuhan. Dengan penuh kesadaran, Natalia menerima ini sebagai fakta, dan langkah awal baginya untuk menemukan pijakan yang lebih teguh.

Kepada kawannya, perempuan itu menyampaikan niat ingin menjadi seorang Muslim. Betapa gembira temannya itu saat mendengarkan curahan hati (curhat) Natalia.

Termasuk ketika dikatakannya, bahwa tidak ada satu pun ayat dalam kitab sucinya dahulu yang menyebutkan Nabi Isa AS sebagai tuhan. Padahal, lagi-lagi dirinya berkata gamblang, kitab suci seharusnya 100 persen benar, tidak saling kontra diktif dalam isinya. Untuk itulah, lanjut Natalia, dirinya mengakui kebenaran Alquran. Dan, dia ingin menjadi umat Nabi Muhammad SAW.

Hari yang bersejarah dalam kehidupannya terjadi pada 7 Oktober 2016. Dengan ditemani kawannya, dia mendatangi kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Malang Jawa Timur.

Di hadapan para ustadz dan ulama setempat, Natalia menyatakan ingin memeluk Islam. Mereka pun membimbingnya dalam mengucapkan dua kalimat syahadat. Sesudah itu, hati Natalia bagaikan lepas dari beban berat. dIa merasa lega dan sangat bersyukur karenanya.

source: https://republika.co.id/berita/qeyzs...ndalam-alkitab

luar biasa

profile-picture
profile-picture
profile-picture
emineminna dan 13 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Subannalloh emoticon-EEK!

profile-picture
profile-picture
profile-picture
emineminna dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh klepon.islami
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 45 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 45 balasan
Padahal yesus mengajarkan...kasihilah sesamu manusia....!!!!

Lah ini kok denger orang Azan kepanasan....???

Kakwkka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
codot.1 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Mungkin sudah bosan dg kegiatan yg sudah
profile-picture
entop memberi reputasi
Perintah tuhannya sendiri untuk mempergunakan akal di lepeh demi khilafah

Maka berpikirlah, wahai orang-orang yang berakal budi” (QS. Al-Hasyr [59]: 2)

emoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
entop dan farhan.faf memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Selama ente ndak memperlihatkan ilmu sakti, Kaga percaya
emoticon-Cool pesulap picisan maw cobak2 carik duid, huft...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 2 lainnya memberi reputasi
Beberapa cebong diatas kepanasan emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Bosen ama berita transfer mulu..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
atmajazone dan 3 lainnya memberi reputasi
Alhamdulillah.
profile-picture
entop memberi reputasi
Semoga Allah-nya Yesus yang esa memberkati
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arditajir dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kenapa klo orang dari si A ke B, pasti A nya di bawa2 di omongan,
tapi dar orangi B ke A, biasanya B nya ga di bawa2, diam2 bae,

apa karena takut di penggal ? ga tau jg si
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adhemurti dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Aeel
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
auto ustadzah milenial via youtube dan dpt pundi2 dari aplikasi kafer
emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 5 lainnya memberi reputasi
baguslah dapat hidayah tanpa paksaan dari pihak atau keadaan, jadi bikin hati lebih damai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 2 lainnya memberi reputasi
Natalia berprinsip bahwa agama itu benar jika isi kitab suci keseluruhan benar karena kitab suci berisi firman Tuhan.


Berusaha nyerang tp malu2...gpp mba bursa transfer terbuka lebar dan hak masing2 orang...sukses di tempat yg baru ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
taikucingloh dan 6 lainnya memberi reputasi
smoga bahagia emoticon-linux
profile-picture
entop memberi reputasi
Yang banyak convert ke Islam itu yang katolik..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 35 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 35 balasan
Dia telah mengetahui bahwa Tuhan dalam kitab sucinya dan Tuhan dalam Islam memiliki nama yang sama, yaitu Allah. Hanya saja, pelafalannya mungkin berbeda.

Pantesan pindah.... ternyata goblok gak tau nama tuhannya sendiri!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
atmajazone dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh jd101
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Lah baru nyadar dia

Dikira bahasa arab sama dgn bahasa indonesia emoticon-Wkwkwk
profile-picture
entop memberi reputasi
Termasuk ketika dikatakannya, bahwa tidak ada satu pun ayat dalam kitab sucinya dahulu yang menyebutkan Nabi Isa AS sebagai tuhan.

ada pria atau wanita pakai cincin kimpoi. orang yang punya pengetahuan tentang cincin pasti tahu itu pria or wanita sudah menikah atau belum tanpa perlu bertanya



profile-picture
entop memberi reputasi
Diubah oleh cacarakan
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 17 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di