CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
Mengenal Monstera atau Janda Bolong, Tanaman Hias yang Harganya Mahal
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f33d29df4d6957c2148d054/mengenal-monstera-atau-janda-bolong-tanaman-hias-yang-harganya-mahal

Mengenal Monstera atau Janda Bolong, Tanaman Hias yang Harganya Mahal

Mengenal Monstera atau Janda Bolong, Tanaman Hias yang Harganya Mahal

Seiring dengan tren berkebun di tengah pandemi Corona, tanaman hias pun digemari. Dan salah satu tanaman hias yang banyak diburu hingga harganya mahal adalah monstera. Pada toko tanaman hias online maupun offline, monstera dijual mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Apa keistimewaan tanaman monstera atau juga dikenal dengan nama janda bolong?

Monstera adalah spesies tanaman tropis merambat yang asli dari Amerika Tengah. Tanaman monstera terkenal dengan lubang daun yang dimilikinya secara alami sehingga dijuluki dengan Swiss Cheese Plant.

Seperti dikutip dari The Sill, ada dua spesies monstera yang dibudidayakan menjadi tanaman hias yaitu monstera deliciosa dan monstera adansonii. Monstera adansonii memiliki daun yang lebih panjang dan lentik serta memiliki lubang daun yang tertutup sepenuhnya. Sedangkan monstera deliciosa memiliki lubang daun yang tumbuh ke arah tepi dan terbuka saat matang.

Tanaman monstera bagian dari Araceae, family aroid mereka adalah salah satu dari sedikitnya aroid yang menghasilkan buah untuk dimakan. Monstera deliciosa merupakan jenis tanaman yang jarang berbunga atau menghasilkan buah.

Monstera telah ada dan dikenal dalam dunia botani sejak awal abad ke-20. Sebelumnya tanaman tersebut dikenal oleh suku-suku di Amerika Tengah.

Mengenal Monstera atau Janda Bolong, Tanaman Hias yang Harganya Mahal

Cara Merawat Monstera

Apakah kamu termasuk yang tertarik menanam tanaman hias monstera? Monstera kini termasuk tanaman hias yang langka. Dan cara penanaman monstera dibutuhkan kesabaran. Karena monstera memiliki perkembangbiakkan yang lambat.

Berikut cara merawat tanaman hias monstera atau janda bolong:

Quote:


Penyebab Tanaman Monstera Mati

Masalah yang kerap terjadi pada setiap tanaman ialah muncul hama. Meskipun monstera bebas dari hama, tetap saja harus diperhatikan dan segera semprot obat hama yaitu minyak hortikultura (neem) dan pembersih tanaman secara teratur.

Adapun permasalahan yang umumnya timbul pada tanaman monstera yaitu daun menjadi coklat dan kering di bagian tepinya. Biasanya penyebab masalah ini karena penumpukan garam yang tinggi atau bahkan tidak ada garam sama sekali.

Masalah lainnya yang menyebabkan tanaman mosntera mati adalah menguning. Daun kuning cerah atau batang hitam saat campuran pot basah ini disebabkan terlalu banyak air. Ada pula masalah lainnya yaitu daun melengkung, tetapi masih hijau. Hal ini disebabkan karena rootbound, kekurangan air atau kelebihan air apabila disertai daun kuning atau bisa jadi karena suhu ruangan yang terlalu dingin.

Agar tanaman monstera bisa bertahan lama, bagi kamu yang memiliki hewan peliharaan lebih baik jauhkan tanaman hias dari jangkauan hewan peliharaan juga anak kecil.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
delia.adel dan 6 lainnya memberi reputasi
Wah ini nih taneman yang lagi rame dan naik daun di pasaran
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Monkey businesses. emoticon-Ngakak
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
namanya itu lho πŸ˜‚
Gelombang cinta telah layu muncul janda bolong
emoticon-Cape deeehh
ane mau ngerawat janda rapet aja lah
emoticon-Cool
kenapa namanya harus Janda Bolong sehhh??...koq aisyah jdi malu sendiri..emoticon-Cape d...
Janda memang mahal Gan, meskipun uda dibolongi emoticon-Ngakak
Malu kalau mau beli tanaman ini..malu nyebutinnya...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
harus ada perawatan ekstra sih gan, apalagi habitat.
wa baru tau ane ada tansman monstera nih.. perawatannya harus telaten niih gan
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Namanya janda ya pasti bolong emoticon-Ngakak
Paling ntar nasibnya kayak gelombang cinta atau lidah mertua
Diubah oleh coens1982
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ane punya 1 di rumah udah ada sejak lama.. eh sekarang malah rame lagi ni daon wkwk
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
ooh sering liat tanaman ini, banyak yg jual tanaman palsunya juga. ternyata nama tanamannya monstera..
baru tau akuu
profile-picture
anns123 memberi reputasi
namanya unik banget, janda bolongπŸ˜†
enak nyebutnya, tanaman monstera aja.
profile-picture
neey123 memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Bagus sih emang daunnya.. sampe2 banyak jg yg make daun janda bolong utk foto produk online shop gt. Tp ane heran nama aslinya aja bagus loh monstera tp di indo kenapa lebih ngetrend pake nama janda bolong yak
Penasaran bakalan kek nasibnya pucuk merah sm gelombang cinta gak ya
profile-picture
turkusuma memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Baru tahu ada tanaman ini yg namanya tersebut haha dr namanya kece banget
namanya mengundang garangan.....
emoticon-Ngakak
bisa terlihat dirumah2 influencer yang lagi gemar berkebun wkwk
betul gan....skrg lg melejit tuh hargany


GDP Network
Bolalob β€’ Garasi β€’ Historia β€’ IESPL β€’ Kincir β€’ Kurio β€’ Lokadata β€’ Opini β€’ Womantalk
Β© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di