CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Inilah Alasan Kenapa McDonald's Gak Punya Satu Pun Gerai di Bolivia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f33a75c88b3cb7c575dabd1/inilah-alasan-kenapa-mcdonalds-gak-punya-satu-pun-gerai-di-bolivia

Inilah Alasan Kenapa McDonald's Gak Punya Satu Pun Gerai di Bolivia

Inilah Alasan Kenapa McDonald's Gak Punya Satu Pun Gerai di Bolivia

Apa yang ada dibenak Agan kalau mendengar sebuah negara bernama Bolivia?

Kalau ane sih akan selalu terngiang tentang ketenaran negara tersebut akan berbagai macam makanannya. Malahan, Bolivia seringkali dianggap sebagai sumber dari macam-macam makanan, diantaranya seperti cabe rawit, merica, buncis, dan masih banyak lagi.

Meskipun terkenal dengan berbagai macam makanannya, tapi ada fakta menarik dari Bolivia yang ada kaitannya juga dengan makanan, tapi kali ini makanan cepat saji Gan. Dan, asal kalian tahu aja nih, masyarakat Bolivia itu gak akrab loh dengan makanan cepat saji, lebih spesifik lagi dengan McDonald’s. Bahkan disana gak ada satu pun gerai McDonald’s loh Gan.

Inilah Alasan Kenapa McDonald's Gak Punya Satu Pun Gerai di Bolivia

Padahal kalau ngomongin tentang McDonald’s, siapa sih yang gak tahu restoran penyedia makanan cepat saji tersebut. Apalagi di seluruh dunia tuh terdapat 36 ribu gerai McDonald’s yang tersedia di berbagai negara. Tapi kenapa gak ada di Bolivia ya?

Alasannya ternyata karena faktor kebijakan politik Gan. Jadi pemerintahan di Bolivia pada tahun 2000an mengusung kebijakan anti-asing, lebih khususnya lagi ya Barat. Dan, kebijakan tersebut masih terus konsisten dilaksanakan hingga Presiden Evo Morales memimpin Bolivia sejak terpilih pada 2006 lalu. Menurut Evo Morales, makanan cepat saji dari Barat itu banyak memberikan kerugian untuk manusia. Dia juga beranggapan kalau perusahaan multinasional makanan cepat saji punya upaya untuk mengendalikan produksi makanan dan mendominasi pasar global sesuai dengan kebiasaan dan makanan yang diterapkannya.

Inilah Alasan Kenapa McDonald's Gak Punya Satu Pun Gerai di Bolivia

Padahal sebelum Evo Morales berkuasa, McDonald’s sempat eksis juga loh di Bolivia. Apalagi setelah kejadian krisis inflasi di Bolivia yang mencapai 11.000 persen pada tahun 1985. Karena inflasi yang mencengangkan tersebutlah, kala itu Presiden Victor Paz Estenssoro membuat sebuah kebijakan ekonomi yang mengundang kehadiran investor asing untuk menanamkan modalnya di Bolivia. Salah satunya ya McDonald’s yang pertama kali hadir di Bolivia pada tahun 1997.

Saat kebijakan ekonomi tersebut berlangsung, ekonomi Bolivia dalam rentang waktu 1985 hingga 1997 pun mengalami pertumbuhan hingga 4 persen. Dampak positif juga dirasakan oleh McDonald’s yang kala itu dalam dua tahun pertamanya di Bolivia sudah mempunyai 6 gerai.

McDonald’s sempat menjadi salah satu restoran makanan cepat saji favorit masyarakat Bolivia karena terdapat varian menu ala makanan lokal. Hal tersebut merupakan strategi dari McDonald’s untuk lebih menyesuaikan makanan yang disajikan dengan selera masyarakat lokal. Kalau di Indonesia biasanya makanan yang ditawarkan adalah nasi, lalu kalau di Norwegia adalah sandwich salmon, namun kalau di Bolivia yang disajikan adalah makanan bernama Ilajua yang merupakan pastel yang berisi sayuran.

Inilah Alasan Kenapa McDonald's Gak Punya Satu Pun Gerai di Bolivia

Sayangnya, semua gerai McDonald’s di Bolivia tutup sejak tahun 2002 lalu karena mengalami kerugian akibat efek kebijakan politik. Dan, gak hanya McDonald’s saja, tahun 2012 lalu Coca-Cola juga peredarannya dilarang oleh presiden Evo Morales.


* * *
R E F E R E N S I
(CNBC)
* * *

Jangan lupa kasih Cendol dan Bintang 5 di thread ini ya Gan.
emoticon-Blue Guy Cendol (L)


profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusn6778 dan 43 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Jadi masih ada ya gan negara yg ga punya mcd, ane baru tahu, haha makasih kisahnya
ternyata gitu yaa gan... ga bisa bayangin kalo dimarih kaya gitu ya
Malah dilarang yakkkk.. yahhh gabisa makan mcd disana yakkkk
Wadawww.. ekstrem jugaaa hmmm
Kira-kira bakal diizinin lagi enggak ya emoticon-Matabelo
Mantap beritanya!
di sini yang koar2 anti asing aseng malah mobilnya asing HPnya aseng emoticon-Hammer2
Eh tapi bagus jg gak sihh kebijakan anti asing gini. Klo pandangan ane kebijakan politik bolivia justru menguntungkan neg itu sendiri sih, wlwpn dg paksaan karna kebijakan tp justru masyarakat malah belajar utk mencintai produk lokal
Diubah oleh marikemana
memang di dunia ini para neagara mempunyai strategi tersendiri untuk bisa mengedukasi para rakyatnya agar tidak selalu bergntung pada negara lain atau institusi lain
Mungkin cuma gw yang lebih suka beli burger lokal ketimbang mampir ke mekdi.. ngga tau kenapa lebih familiar aja dilidah gw.. apalagi kalo makan burgernya Gopar, Lawless
ane sendiri malah baru tau, kirain semua negara ada mcd emoticon-Big Grin
coba ditawarin Geprek Bensu siapa tau minat emoticon-Ngakak
Wihhhh berarti enggak lama dong MCD di Bolivia
Wah baru tau di bolivia ga ada McD.. Anak anak disana yang lahir diatas 2002 ga bisa punya kids meal tuh
kalo selain bolivia ada juga ga gan
nais info gan keeo posting emoticon-Toast
Bolivia ya. Negara termiskin di Amerika Selatan. Pres. Evo Morales baru aka dikudeta Parlemen Bolivia, dan sekarang Presiden Bolivia jadi cewek bernama Jeanine Arñez.

Peru, Bolivia, dan Paraguay adalah salah tiga negara Amerika Selatan paling tertinggal, karena lebih banyak ras pribumi Amerika dan Mestizo dibanding tetangganya: Cile, Argentina, Kolombia, Venezuela, yang secara umum lebih maju.
Diubah oleh riansantoso4776
Di endonesah tutup gerai aja rame emoticon-Leh Uga
salute..emoticon-Cendol Gan
Baru tau di Bolivia gk ada
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di