CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Siap-siap Cek Rekening! 157 Juta Pekerja Bakal Ditransfer Rp600 Ribu dari Pemerintah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f3391d50577a9046a07314b/siap-siap-cek-rekening-157-juta-pekerja-bakal-ditransfer-rp600-ribu--dari-pemerintah

Siap-siap! 15,7 Juta Pekerja Bakal Ditransfer Bantuan Rp600 Ribu oleh Pemerintah

Siap-siap Cek Rekening! 157 Juta Pekerja Bakal Ditransfer Rp600 Ribu dari Pemerintah

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan akan memberikan Bantuan Subsidi Upah bagi 15.725.232 pekerja atau buruh. 

"Bantuan ini bertujuan untuk melindungi, mempertahankan, dan meningkatkan daya beli pekerja atau buruh selama masa pandemi Covid-19, sehingga dapat mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional," ujar Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziah kemarin.

Dikatakannya, bantuan Subsidi Upah ini merupakan program stimulus yang dikoordinasikan dan dibahas bersama Satuan Tugas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional, Kementerian Ketenagakerjaan, Kementerian Keuangan, dan BPJAMSOSTEK.

Adapun cakupan program ini diperluas dari rencana semula penerima berjumlah 13.870.496 orang, menjadi 15.725.232 pekerja.

"Total dana yang dibutuhkan pun mengalami kenaikan menjadi Rp37,7 triliun dari semula Rp33,1 triliun yang bersumber dari anggaran pemulihan ekonomi nasional," ungkap Menaker Ida.

Ida juga menegaskan Program Bantuan Subsidi Upah ini disasarkan atau akan diberikan hanya kepada pekerja formal yang aktif dan terdaftar di BPJAMSOSTEK dengan upah dibawah Rp 5 juta per bulan berdasarkan upah yang dilaporkan dan tercatat di BPJAMSOSTEK. 

Persyaratan tersebut menurut Menaker bisa berasal dari semua sektor industri, namun tidak berlaku untuk ASN di lembaga negara, dan instansi pemerintah, serta pekerja di induk perusahaan BUMN.

“Persyaratan lainnya adalah WNI dengan rekening bank yang aktif, tidak termasuk dalam peserta penerima manfaat program kartu pra kerja dan peserta yang membayar iuran sampai dengan bulan Juni 2020,” tambahnya.

Besaran subsidi yang akan diterima sebesar Rp 600 ribu per bulan per pekerja atau buruh selama empat bulan, yang akan diberikan setiap dua bulan ke rekening masing-masing peserta. Ditargetkan paling lambat bantunan sudah berjalan pada September mendatang.

Pemerintah akan menggunakan data BPJAMSOSTEK per tanggal 30 Juni 2020 sebagai dasar pemberian bantuan subsidi upah ini. 

”Sehingga hanya peserta yang telah terdaftar dalam batas waktu tersebut dan telah memenuhi persyaratan lainnya yang berhak menerima subsidi upah tersebut,” ujar Menaker.

Menaker juga menyebutkan akan dibentuk tim koordinasi pelaksanaan yang ditetapkan oleh Menteri Ketenagakerjaan yang mendapatkan pendampingan langsung dari Kepolisian, Kejaksaan Agung, BPK, BPKP dan KPK.

Sementara itu Direktur Utama BPJAMSOSTEK, Agus Susanto, menyatakan kesiapan BPJAMSOSTEK mendukung program bantuan subsidi upah.  

“BPJAMSOSTEK siap menjalankan tugas amanah ini dan kami akan menyiapkan data sebagaimana dipersyaratkan," ungkapnya.

Nantinya, sambung Agus, dari data yang ada, pihaknya akan menyisir peserta aktif atau pekerja formal yang upahnya di bawah Rp5 juta per bulan berdasarkan data upah pekerja yang dilaporkan oleh pemberi kerja dan tercatat di BPJAMSOSTEK.

Sementara, Ketua Satuan Tugas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional, Budi Gunadi Sadikin menyatakan program bantuan subsidi upah ini melengkapi berbagai program jaringan pengaman sosial yang telah dijalankan sebelumnya  oleh pemerintah.

“Dalam upaya pemulihan ekonomi, pemerintah perlu mendorong daya beli masyarakat, termasuk segmen pekerja formal berpenghasilan rendah, sehingga nantinya pertumbuhan ekonomi dapat terdorong kembali," pungkas Budi Gunadi.

Baca Selengkapnya:
https://www.industry.co.id/read/7212...leh-pemerintah

profile-picture
profile-picture
profile-picture
wisudajuni dan 17 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh KASKUS.HQ
Halaman 1 dari 5
Judul 157jt pekerja
Isi 15.7 jt pekerja

Yg bener yg mana ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
program tolol, gimana petani pedagang rukang batu tukang becak dan tukang² lainya, emang yg butuh belanja cuma mereka yg terdata di perusahaan doang emoticon-Blue Guy Bata (L)

profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Kadrun jangan mau disuap sama rezim thogut ya! Kalau dpt ceknya langsung robek aja. Jangan sampai mencemari iman! emoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Ingat ya!
Dlm berita ini cuma dikatakan "AKAN"
Tanggal bulan dan tahun nya tidak disebutkan
Jd yg sabar ya menunggu

emoticon-Ngacir2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Quote:


BLT macamnya byk gan
Ada yg dpt sembako,ada yg 600 ribu
Ukm yg blm dpt akses pinjaman juga dtp 2,4 jt

emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
entop dan sunyimembara memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Quote:


Ente ngarep bantuan ganemoticon-Bingung
profile-picture
entop memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ini program ribet dan sangat rawan digarong. mending stimulusnya free iuran BPJS karyawan gaji s/d 5jt sampe desember. pengusaha senang pekerja senang

kalo macam gini buruh2 itu gajinya UMP tapi lemburannya bisa 2-3x gajinya sendiri...yg kesian malah staf2 kantoran yang gajinya tengah2. makanya ga heran buruh2 itu motornya paling butut beat, kalo ga lari ke motor ya hape yg pada baru
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Yg jelas Ukm yg blm dpt akses perbankan ganemoticon-Toast
Skrg pemerintah pusat lg cari datanya untuk ukm ukm ituemoticon-Shakehand2
Akhir bulan launching program itu.

Di SOLO dah jalan kok bahkan dah tahap kedua,para ukm dpt bantuan dr pemkot
profile-picture
entop memberi reputasi
Diubah oleh albetbengal
menurutq stimulus g guna y walaupun gua juga pekerja, toh nantiny cuma buat bayar kredit barang elektronik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 2 lainnya memberi reputasi
tanda tanda meroket bulan depan udah kelihatanemoticon-Peluk
profile-picture
entop memberi reputasi
Judul ma isi beda, TS ee, ga bisa liat titik
profile-picture
entop memberi reputasi
makin giat bagi-bagi duit...

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
amiruyo dan entop memberi reputasi
Hoaxxx
profile-picture
entop memberi reputasi
ya kalau memang benar patut disyukuri, karena akan meningkatkan daya beli masyarakat dan memberikan stimulus ekonomi, yang penting duitnya digunakan sebagaimana mestinya jgn dipake buat beli voucher game online 😆😆😆
profile-picture
entop memberi reputasi
Biar kuartal 3 bisa meroket
profile-picture
entop memberi reputasi
Quote:


Lo hidup dimana
Dikampung ane masyrakat byk yg dpt blt
Trs mslh ente dmn?
Klu di tempat ente byk yg blm dpt,salahin dong pihak kelurahan/desa karena yg mendata sejak awal merekaemoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
sedih bre,kena phk penganguran gmn dapetnya
emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh .abi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pengusaha kentang apa kabaaar? emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
amiruyo dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
nasib kagak dapet bantuan maningx
profile-picture
profile-picture
entop dan scorpiolama memberi reputasi
ane ga dapet hore
profile-picture
entop memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di