CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Proses Penukaran Koin Kreator Ada Perubahan Cek Infonya di Sini Gan!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Warga Tak Pinjamkan Cangkul, Petugas Kuburkan Jenazah Covid-19 Pakai Tangan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f324e7ac0cad75d477654c1/warga-tak-pinjamkan-cangkul-petugas-kuburkan-jenazah-covid-19-pakai-tangan

Warga Tak Pinjamkan Cangkul, Petugas Kuburkan Jenazah Covid-19 Pakai Tangan

Warga Tak Pinjamkan Cangkul, Petugas Kuburkan Jenazah Covid-19 Pakai Tangan

Sebuah video memperlihatkan sepuluh petugas pemakaman menguburkan jenazah pasien Covid-19 menggunakan tangan viral di media sosial. Dalam video itu terlihat sepuluh petugas memakai alat pelindung diri (APD) lengkap menurunkan pasir menggunakan tangan dan bambu ke liang lahat. "Tidak ada cangkul, pakai tangan," kata seseorang yang diduga merekam video tersebut. Setelah ditelusuri, peristiwa itu terjadi di Dusun Karangtemplek, Desa Andongsari, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, pada Minggu (9/8/2020). 

Para petugas dari dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Jember itu terpaksa memakamkan jenazah menggunakan tangan dan bambu karena warga tak mau meminjamkan alat seperti cangkul dan sekop. 
Camat Ambulu Sutarman membenarkan peristiwa yang terekam dalam video tersebut. “Sebelum pemakaman, pihak Muspika (musyawarah pimpinan kecamatan) dan desa sudah mengkondisikan sebaik-baiknya persiapan pemakaman,” kata Sutarman saat dihubungi Kompas.com, Selasa (11/8/2020).  Sutarman mengatakan, beberapa warga telah menggali lubang makam untuk jenazah pasien Covid-19 tersebut. Sementara, pemakaman jenazah menjadi tanggung jawab petugas dari gugus tugas Covid-19 dibantu puskesmas.

Sutarman menyebutkan, ternyata petugas pemakaman tak membawa peralatan lengkap. “Petugas tidak membawa alat cangkul waktu itu,” ujar dia.  Warga yang berada di lokasi tak berani meminjamkan cangkul kepada petugas karena takut tertular virus corona baru atau Covid-19. Sehingga, petugas terpaksa menggunakan tangan. 

“Warga wajar kalau takut meminjamkan, karena wabah virus corona masih terus terjadi sampai sekarang,” kata Sutarman. Baca juga: Diminta Akar Rumput Maju di Pilkada Kota Pasuruan, Ini Jawaban Gus Ipul Menurut Sutarman, peristiwa ini baru pertama kali terjadi. 

Sebab, pemakaman jenazah sebelumnya berjalan normal. Ia pun meminta BPBD Jember berkoordinasi dengan Muspika setempat agar kesalahpahaman seperti ini tak terulang. “Agar tidak terjadi lagi, harus ada koordinasi yang lebih inten dari BPBD kepada Muspika atau desa,” tambah dia.  Ia mencontohkan, jika petugas dari BPBD Jember tak memiliki alat, pihak desa atau kecamatan bisa menyediakan alat tersebut.




https://regional.kompas.com/read/202...-pakai-tangan


SIAPA YG SALAH?

PETUGAS TAK BAWA PERALATAN LENGKAP ATAU WARGA TAKUT TERTULAR CORONA LEWAT PACUL? emoticon-Hammer2

profile-picture
profile-picture
profile-picture
rotten7070 dan 32 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh nevertalk
Halaman 1 dari 6
kan bisa beli online hadah emoticon-DP
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Dnizar dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane kudu nanya sama bre @mibmobz yang mengerti sapa yg salah emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Terinspirasi wan abud
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Dnizar dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mungkin baru pertama kali bertugas memakamkan jenazah covid
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samsol... dan 2 lainnya memberi reputasi
Petugas nya salah, ga bawa perlengkapan untuk menguburkan jenazah. Apa mungkin dari pihak rumah sakit nya teledor ga nyediain cangkul

Ya sebagai warga, yah tolong di bantu sedikit, tinggalin cangkul nya d tempat yang aman, trus, petugasnya tinggal ngambil sendiri

Tapi who knows juga sih kenapa si petugas nya juga ga bawa perlengkapan cangkul dkk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Cikklancang
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Bukti bahwa masyarakat kita berada dalam masa jahiliyah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mang.tap dan 2 lainnya memberi reputasi
Lemah semua



Warga Tak Pinjamkan Cangkul, Petugas Kuburkan Jenazah Covid-19 Pakai Tangan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
johanbaikatos dan 5 lainnya memberi reputasi
Kesian amat... Udeh setelan jas ujan... Panas, garukin tanah lagi. Yang sabar ya Pak.

Pinjemin excavator ngapah..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 5 lainnya memberi reputasi
Tinggal taro cangkul di tempat yg dijanjikan... Gak perlu ketemuan... Hidup kok dibikin ribet...
profile-picture
profile-picture
samsol... dan kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Dibeli aja kali pacul warganya pelit banget petugasnya jelas jelas mereka digaji besar.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
egama dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh slider88
Kok pinjam ya beli dong parah bener kan salah sendiri. Beli pacul plus tambahin uang transport ke warga aja kagak sanggup....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bewoxstars dan 2 lainnya memberi reputasi
petugasnya salah juga karena lupa bawa cangkul
tapi salut juga tetap jalankan tugasnya musti harus pakai tangan tanpa cangkul

emoticon-Turut Berduka buat korban covid
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raynutz dan 2 lainnya memberi reputasi
heran gua sama warga gk takut corona kemana2 gk maskeran, giliran alatny dipinjam takut terpapar juga
orang kayak gini yg bikin 2 periode jalan trs, keliatan bgt kemarin pilih mana kemarin 17 april
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viorz dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Itu.warga.jenis.manusia apa.jenglot
profile-picture
profile-picture
bewoxstars dan kakekane.cell memberi reputasi
Siapa yg salah hayooo emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bewoxstars dan 2 lainnya memberi reputasi
Dana bansos gede gitu, masa ga bisa beli cangkul
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
lah yg bego ya yang mau memakamkan,,

udah tau mau makamin orang kaga bawa pacul,,, emoticon-Hammer2

beli kek sbtr mampir ke toko bangunan,, halaah,,
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
pala lo d getok pake cangkul, pasti kena korona,..mati aj lu sekalian,..emoticon-Ngakak
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Govlok tenan emoticon-Blue Guy Smile (S)























































emoticon-Recommended Seller
profile-picture
profile-picture
rezalika dan kakekane.cell memberi reputasi
Salah don koei kl kata kadrun

Ini jg salah kowi ya kaga droon
Warga Tak Pinjamkan Cangkul, Petugas Kuburkan Jenazah Covid-19 Pakai Tangan
profile-picture
profile-picture
anakjahanam722 dan kakekane.cell memberi reputasi
Diubah oleh ikardus
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di