CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Alfamart Potong 10 Persen Gaji Karyawan Saat Keuntungan Naik Rp493 Miliar
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f30955f65b24d26ed1a8f90/alfamart-potong-10-persen-gaji-karyawan-saat-keuntungan-naik-rp493-miliar

Alfamart Potong 10 Persen Gaji Karyawan Saat Keuntungan Naik Rp493 Miliar

Alfamart Potong 10 Persen Gaji Karyawan Saat Keuntungan Naik Rp493 Miliar


JAKARTA, HALUAN.CO - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) membukukan pendapatan sebesar Rp38,08 triliun sepanjang semester I-2020, naik 5,33 persen dibanding pendapatan pada periode sama tahun lalu sebesar Rp36,15 triliun.

Apa yang penting: Perseroan Alfamart mencatatkan kenaikan laba bersih 23,20 persen menjadi sebesar Rp493,25 miliar dari sebelumnya sebesar Rp400,36 miliar.

Konteks: Di tengah kebahagiaan karena keuntungan laba bersih naik, Aliansi Serikat Pekerja Alfamart (ASPAL) memprotes Alfamart yang memotong gaji karyawan 10 persen atas sistem nota selisih barang (NSB).

Apa katanya: “Rencananya 11-13 Agustus 2020 kami akan melakukan aksi mogok kerja di kantor pusat,” tegas Suryanto Perwakilan dari ASPAL dilansir CNN, Rabu (5/8/2020) lalu.

Suryanto mengatakan, kebijakan diambil perusahaan tanpa kesepakatan dengan serikat pekerja. Ia mengaku tak terima, terlebih keputusan diambil di tengah tekanan ekonomi akibat pandemi virus korona.

Sumber laba:

• Pendapatan eksternal dari wilayah Jabodetabek Rp13,72 triliun, pendapatan antar segmen di wilayah Jabodetabek Rp51,66 miliar, pendapatan dari wilayah Jawa di luar Jabodetabek Rp13,25 triliun dan pendapatan di luar wilayah Jawa Rp11,10 triliun.

• Penjualan pada segmen makanan sebesar Rp24,72 triliun, dan segmen bukan makanan sebesar Rp13,34 triliun dan segmen jasa mencapai sebesar Rp12,88 triliun.

• Beban pokok pendapatan sebesar Rp30,32 triliun naik 4,73 persen dari sebelumnya sebesar Rp28,95 triliun pada semester I-2019.

• Dengan demikian, laba bruto tercatat sebesar Rp7,75 triliun atau naik 7,78 persen dibanding periode sama tahun 2019 sebesar Rp7,19 triliun.

Pemotongan gaji:

• Corporate Affairs Director Sumber Alfaria Trijaya Solihin menjelaskan, pemotongan gaji dilakukan jika sisa barang di toko tidak sesuai dengan data penjualan.

• Misalnya, ada pengiriman barang 10 kotak ke satu toko. Kemudian, barang itu hanya laku delapan kotak, artinya masih ada sisa dua kotak di toko tersebut. Namun, setelah dicek yang tersisa hanya satu kotak. Di situlah perusahaan memotong gaji karyawan di toko tersebut.

Protes karyawan:

• Pemotongan gaji 10 persen setiap bulan dilakukan jika hasil akhir perhitungan stok opname melebihi batas toleransi kehilangan sebesar 0,02 persen. Hanya saja, Suryanto menyebut tak ada bukti bahwa kelalaian pekerja yang mengakibatkan terjadinya nilai selisih barang.

• Pekerja Alfamart yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) atau mengundurkan diri juga terkena pemotongan gaji otomatis bila ada nilai selisih barang. Hal ini dianggap menambah beban pekerja.

“Praktik tanggung renteng seperti ini tidak seharusnya dibenarkan, di mana pekerja yang harus menanggung kerugian tanpa ada bukti jelas,” pungkasnya.



Berita Politik, Hukum dan Ekonomi Lainnya:
1. Lampaui Jawa Timur, Jumlah Kasus Korona di Jakarta Kembali Tertinggi
2. Habiskan Rp4 Miliar, Anies Kini Menyadari Toa Peringatan Banjir Tidak Efektif
3. Hasrat Seksual Gilang Terpuaskan Melihat Orang Dibungkus Pocong
4. Tenaga Medis yang Gugur Bakal Dapat Santunan Rp300 Juta dan Anugerah Bintang Jasa
5. Anies Syok Ketahui DKI Jakarta Belum Punya Alat Ukur Curah Hujan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyong.eq dan 41 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 9
Licik jg manajemen alfa

Ane pindah blanja ke indomaret aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yuri21 dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 21 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 21 balasan
alfamart sebenernya parkiran gratis, karena banyak orang kampung pemalas yang mau duit instant dan kepala bagian masing2 cabang alfanya ngasih izin akhirnya jadilah parkir liar alfamart.

di alfa itu pegawainya awal dan tengah bulan lembur coooyyyy update2 data.

barang ilang potong gaji pegawe, bukan cari malingnya.

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 29 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh rajin.meremas
Lihat 26 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 26 balasan
ini menyakiti umat emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
wajar lah klo stok opname selisih yang bertanggung jawab diporong gajinya, klo gak tuh alfamaret udah bangkrut dari dulu dicolongin karyawannya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 17 balasan
Misalnya, ada pengiriman barang 10 kotak ke satu toko. Kemudian, barang itu hanya laku delapan kotak, artinya masih ada sisa dua kotak di toko tersebut. Namun, setelah dicek yang tersisa hanya satu kotak. Di situlah perusahaan memotong gaji karyawan di toko tersebut.


kayanya gk ada yang salah alasan cut 10% emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Harusnya mmg terbuka.
Kl hilang, buktikan hilang.

Tp sampoerna mmg licik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Bukannya lazim di perusahaan retail terapkan punishment begini?emoticon-Bingung (S).
profile-picture
profile-picture
profile-picture
thaliamedinaa dan 5 lainnya memberi reputasi
Lumrah lah kalo retail
Pas stok opname barang pada minus ya potong gaji sama aja retail manapun indomaret,carefour,giant
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 3 lainnya memberi reputasi
kalo selisih barang ya wajar dipotong, didieming malah abis semua itu barang toko
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 4 lainnya memberi reputasi
haha kontttt*l

gw cari es krim vienetta aja gak ada

kuonttt*l
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yogamiraito dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:


Memangnya barang stok bisa jalan sendiri keluar toko? emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
sebelom maki2 alfamart , baca dulu berita nya yang lengkap , pemotongan 10% kalo sisa stok ga sesuai dengan laporan.

kalo menurut ane sih itu punishment biasa aja, untuk perusahaan sebesar alfamart
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 8 lainnya memberi reputasi
Untung lo kerja d alfamart.. barang hilang pas stock opname cuma d potong gaji 10%.. emoticon-Malu (S)

Coba elo kerja d 212 mart.. ada barang hilang langsung potong tangan.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
g0h0 dan 28 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
perbudakan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 2 lainnya memberi reputasi
Baca cuk sebelum komen toxic
Ah elah dasar indon
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 5 lainnya memberi reputasi
Toko udah di jagain gaji malah di potong mantab cukong 🤟
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yogamiraito dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
temen gw kerja di alpa udah tour ke jepang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 3 lainnya memberi reputasi
hilang karna apa dulu?
kalo salah input berarti gak hilang tp biasa ketuker sama stock lain
apalagi kalo input pake barcode kadang 2 item barcode sama kita input a nanti kasir scan beda lagi
gak hilang tp ketuker gak bisa potong gaji donk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Untuk meningkatkan awarness pegawai ya..
tapi musti ada award juga jika selisihnya 0..
ada gak tuh?

Kalau bisa sih jangan demo lah,, saat covid ini, masih ada kerjaan kita seharusnya banyak2 bersyukur..
takutnya yg demo malah diganti,,
banyak yg nyari kerjaan saat ini..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 2 lainnya memberi reputasi
Ya jelas potong gaji lah

Jadi kalian yg suka nyolong barang di alfo/indo tolong ya bayar jangan bikin susah karyawan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 9


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di