CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Novel Baswedan: Terlihat Jelas Presiden Jokowi Lemahkan KPK
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f302189b8408838e86c6721/novel-baswedan-terlihat-jelas-presiden-jokowi-lemahkan-kpk

Novel Baswedan: Terlihat Jelas Presiden Jokowi Lemahkan KPK

Novel Baswedan: Terlihat Jelas Presiden Jokowi Lemahkan KPK

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan menilai bahwa Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 41 Tahun 2020 tentang alih status pegawai merupakan tahap akhir pelemahan KPK.

"Itu adalah tahap akhir pelemahan KPK. Kali ini masalah independensi pegawainya. Terlihat dengan jelas Presiden Jokowi berkontribusi langsung terhadap pelemahan dimaksud," kata Novel kepada wartawan dalam pesan tertulis, Minggu (9/8).

Novel menuturkan keberadaan PP itu merupakan rangkaian dari Revisi Undang-undang Nomor 30 Tahun 2002 menjadi Undang-undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK. Di UU KPK yang baru diatur bahwa pegawai KPK adalah aparatur sipil negara sebagaimana dimaksud dalam peraturan perundang-undangan mengenai aparatur sipil negara.

Menurut penyidik senior komisi antirasuah ini, implikasi dari aturan itu adalah lembaga pemberantas korupsi yang diberantas. Bukan korupsinya.

"Ironi," tandasnya.

Untuk bisa memberantas korupsi secara optimal, tambah Novel, diperlukan lembaga antikorupsi yang independen. Ia berujar hal itu sebagaimana termaktub dalam United Nations Convention Against Corruption (UNCAC) dan The Jakarta Principles yang telah diratifikasi oleh Indonesia.

Namun, status independen itu justru diubah dalam UU KPK baru yang juga menyebut KPK masuk ke dalam rumpun kekuasaan eksekutif.

"Lembaga antikorupsi yang independen harus memiliki pegawai yang independen dan mendapat perlindungan negara dalam pelaksanaan tugasnya untuk memberantas korupsi," ujar Novel.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 41 Tahun 2020 tentang Pengalihan Pegawai Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (KPK) menjadi Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Aturan tersebut diteken Jokowi pada 24 Juli 2020 dan berlaku pada saat tanggal diundangkan yakni 27 Juli 2020.

"Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi adalah ASN sebagaimana dimaksud dalam peraturan perundang-undangan mengenai ASN," demikian bunyi Pasal 1 Ayat 7 PP tersebut sebagaimana diakses pada situs JDIH Sekretariat Negara, Minggu (9/8).

kolam

mungkin sebagai apresiasi dari partai pdip rejim yg berkuasa saat ini kepada kpk, karena banyak kader2 rejim yg ditangkap karena kasus korupsi bahkan sempat mencapai predikat juara korupsi sehingga merasa perlu mengapresiasi dengan mengangkat pegawai kpk jadi pns
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 8 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Novel Baswedan: Terlihat Jelas Presiden Jokowi Lemahkan KPK
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh 37sanchi
Sudahkah anda pukulin.motor hari ini emoticon-Leh Uga
{thread_title}
profile-picture
profile-picture
tukangbeling7 dan serapionleo memberi reputasi
Kalau ngak betah, sudah ngak cocok ya mundur, keluar.
profile-picture
serapionleo memberi reputasi
Udah sangat jelas 1000 IMB reklamasi udah terbit.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kenapa ga mundur saja?
bikin opini terus nih buat naikin pamer baswedan satunya emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arnoldarief dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
kenapa ga pernah mandang dari sisi positif?
dimasukkan mjd lembaga eksekutif mempetkuat wewenang kpk.
coba untuk realistis, lembaga yang independen itu cuman kata "independen"nya yang suci, kadang fakta di lapangan aneh2.
justru berada di bagian eksekutif menjadi makin profesional.

cobalah jadi warga negara yg positif, blangsat2 atau b4ngsat2 bakalan selalu ada, tp bukan malah kita sbg warga negara jd malah pikirannya negatif terus
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan 54m5u4d183 memberi reputasi
Diubah oleh PedagangKaskus.
KPK yg sekarang ngabis2in anggaran ajah.

Mending dibubarkan..
Jd ASN tunjangannya tdk segede sebelumnya,,,

emoticon-Ngakak
Makin tumpul dong KPK. Nanti malah pegawai KPK yang korupsi.

Presiden memang bisa berbuat apa saja. Sedikit demi sedikit KPK akan berubah.
Tapi biaya yang telah dikeluarkan Jokowi (diambil dari dana operasional presiden)
untuk pengobatannya tidak terlihat jelas oleh novel padahal Jokowi tidak punya kewajiban untuk menanggung biaya pengobatan yang mencapai milyaran tersebut

Jadi novel ini tipe manusia kayak apa ya?
profile-picture
profile-picture
tukangbeling7 dan serapionleo memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Walaupun matamu picak, simpati orang padamu semakin tergerus kalau kebanyakan bacot...

Muka sama bacot bikin ilfil...

Kuontol

emoticon-Najis

Yang nyiram air keras ke muka dia juga geblek, harusnya sekalian dimatiin aja siluman onta macam begini, bikin negara ribet aja, dipelihara juga ga ada gunanya....

emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
drystguz dan 2 lainnya memberi reputasi
Alhamdulillah sekarang Novel sudah bisa melihat dengan jelas.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 2 lainnya memberi reputasi
2 biji kasus kena KPK semua kasus berkaitan Ama rejim SBY.

Klu dipikir2 ga heran juga sih.

Keliatannya aja adem tuh orang.

Aslinya kan orang jaman orba, kerja jadi militer lagi.
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan tukangbeling7 memberi reputasi
Usut dulu tuh sodara ente, ngemeng aja luhemoticon-Najis
kalo independent enak ya bisa nerima orderan dari mana ajaa heheh
[Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan menilai bahwa Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 41 Tahun 2020 tentang alih status pegawai merupakan tahap akhir pelemahan KPK.

"Itu adalah tahap akhir pelemahan KPK. Kali ini masalah independensi pegawainya. Terlihat dengan jelas Presiden Jokowi berkontribusi langsung terhadap pelemahan dimaksud," kata Novel kepada wartawan dalam pesan tertulis, Minggu (9/8).


semua tergantung pada diri sendiri.

coba lihat kejaksaan, bagian dari pemerintahan, sekarang coba lihat unjuk kerjannya.

apa pelemahan itu ? emoticon-Gila


profile-picture
profile-picture
Lusi.perr dan galuhsuda memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Novel Baswedan: Terlihat Jelas Presiden Jokowi Lemahkan KPK
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
Quote:


dia belum ada panggung lain selain KPK, paguyuban yang dia bentuk kemaren malah layu sebelum berkembang
emoticon-Cool
tapi sebenernya ane sendiri masih bingung tujuan utama doi itu apa
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 54m5u4d183 memberi reputasi
buzzerp kelakuanmu
Ijin reklamasi lancar jaya di dki, tanpa kasih kontribusi ke pemerintah, kagak di cek ?
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di