CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pemerintah Diminta Buat Aturan Larangan Keluarga Miskin Gelar Pesta Nikah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f2ff2684601cf45135d1191/pemerintah-diminta-buat-aturan-larangan-keluarga-miskin-gelar-pesta-nikah

Pemerintah Diminta Buat Aturan Larangan Keluarga Miskin Gelar Pesta Nikah

Pemerintah Diminta Buat Aturan Larangan Keluarga Miskin Gelar Pesta Nikah

KOMPAS.com - Anggota DPR RI Dedi Mulyadi menyarankan pemerintah membuat regulasi untuk pesta pernikahan. Salah satu aturan itu mengatur bahwa orang berpenghasilan rendah dilarang menggelar pesta pernikahan karena akan melairkan kemiskinan baru.

Saran Dedi itu untuk merepons pernyataan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy soal kemiskinan baru yang muncul akibat keluarga miskin menikah dengan keluarga miskin lagi.

Menurut Dedi, logika jodoh tidak bisa menggunakan pendekatan material. Sebab, pernikahan itu adalah masalah hati dan garis nasib. Soal jodoh tidak bisa diatur oleh negara.

"Yang diatur negara bukan kimpoinya, tetapi regulasi bahwa perkimpoian tidak melahirkan kemiskinan baru," kata Dedi kepada Kompas.com via sambungan telepon, Sabtu (8/8/2020).

Menurutnya, pemerintah harus membuat regulasi soal pesta pernikahan untuk memotong mata rantai kemiskinan.

"Yang harus dibuat regulasi oleh pemerintah adalah orang berpenghasilan rendah dilarang buat pesta perkimpoian karena akan melahirkan kemiskinan baru," kata Dedi.

Dedi mengatakan, banyak orangtua yang memaksakan pernikahan anaknya dengan menggelar pesta. Alhasil uangnya pinjam dari kanan kiri, bahkan ada yang ke rentenir.

"Dampaknya setelah perkimpoian adalah lahirlah kemiskinan baru," katanya.

Selain itu, ada pula orangtua yang harus menjual atau menggadaikan harta bendanya demi menggelar pesta pernikahan.

Dedi mengaku, ia pernah bertemu sebuah keluarga di Wanayasa, Purwakarta, yang harus menggadaikan tanah untuk mendapatkan uang Rp 15 juta demi pesta pernikahan.

Akhirnya ia kebingungan untuk menebus tanah yang digadaikan itu.

"Ketika kami berkunjung ke Wanayasa dan membuat panggung hiburan, ada seorang anak naik panggung dan dapat saweran Rp 10 juta. Lalu ibunya naik juga dan menangis. Uang itu sangat membantu karena ia habis menggadaikan tanah Rp 10 juta untuk pernikahan anak tertuanya," kata Dedi.

Pernikahan disederhanakan

Oleh karena itu, Dedi berpendapat bahwa perkimpoian itu cukup disederhanakan saja. Petugas KUA datang ke rumah tempat pernikahan digelar dengan biaya yang sangat sederhana. Lalu uang pesta pernikahan itu lebih baik difokuskan untuk biaya hidup.

Menurut Dedi, sesederhananya biaya pernikahan itu minimal harus mengeluarkan uang Rp 20 juta. Kalau uang itu dipakai untuk modal atau biaya hidup akan jauh lebih efektif dibanding menggelar pesta.

Pesta pernikahan itu, menurut dia, adalah bentuk sikap untuk menunjukkan riya. Riya itu, kata Dedi, adalah milik orang kaya.

"Orang kaya harus riya, menunjukkan kekayaan. Tapi orang kaya kalau pesta nikah jangan siapkan gentong (untuk amplop)," katanya.

Sebaliknya orang miskin kalau menggelar hajatan baru membuka gentong.

"Makanya para pejabat ke kondangan orang miskin, uang amplopnya harus gede. Jangan terbalik. Pesta ke orang kaya uang amplopnya gede. Tapi ke orang miskin kecil," sindir Dedi.

Sebelumnya, Menko PMK Muhadjir Effendy menyatakan, rumah tangga miskin di Indonesia saat ini sudah mencapai 7,5 juta. Sebanyak 20 persen di antaranya adalah rumah tangga miskin baru yang lahir dari keluarga miskin yang menikahkan anaknya dari keluarga miskin juga.

"Sesama keluarga miskin besanan, kemudian lahirlah keluarga miskin baru," kata Muhadjir.



https://regional.kompas.com/read/202...nikah?page=all

Gileeeemoticon-Big Grin

Padahal nikah itu ibadah&unt meningkatkan umatemoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh singawallah
Halaman 1 dari 5
Setuju banget
Sering ane denger orang tua jual tanah dan harta lainnya cmn buat resepsi pernikahan anaknya
Terus skrg ini banyak banget janda2 miskin
Apesnya mereka dulu nikah ma cowok2 bajingan yg tak bertanggungjawab
Dan sekarang banyak bener cowok kek gini yg penting kimpoi, abis itu ninggalin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 8 lainnya memberi reputasi
tolol bnr nih org emoticon-Nohope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
meowzie dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ga ada urusan lain apa ngurus beginian
profile-picture
profile-picture
profile-picture
meowzie dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
udeh kontrakan bawa apansah kreditan parkir ngalangin jalan buat tenda pesta nikahan lagi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Secara umum di kota/desa ya kl nikah kbanyakan jor2an sih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
Bukan cuma pestanya sih tapi si mempelai harus membuktikan klo mereka mampu menopang ekonomi rumah tangga caranya ya mereka harus ngebuktiin punya penghasilan yang bisa digunakan untuk menopang rumah tangga. berapa utang mereka berapa penghasilan mereka berapa aset mereka.
Jadinya dengan syarat ini ada pembicaraan dimuka si calon mempelai pria diharap ngomong dia bisa menafkahi berapa perbulan
si mempelai wanita juga bisa ngeliat kira kira cukup gak penghasilan si pria untuk menopang rumah tangga
kalau gak cukup mau gak wanitanya mengambil sedikit tanggung jawab si pria untuk menopang ekonomi keluarga.
Termasuk ketika udah tahu kurang tapi nekad nikah maka tanggung jawab apapun yang terjadi di depan adalah konsekuensi dari pilihan tersebut dan gak bisa dialihkan ke pihak manapun termasuk pemerintah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pemikiran goblok kayak gt... Hanya menimbulkan kesenjangan... Terkesan hanya org kaya yg bisa bahagia dg pesta pernikahan.

Klo mau dilarang... Larang semua.
Klo mau dibatasi... Batasi semua... Misal budget menikah ga bole lebih dr 100jt.

Itu lebih adil...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 22 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 22 balasan
Indon juga harusnya diregulasi. Kalau sudah tau Indon kismin tidak boleh ambil hutang aja yang bayarnya 7 generasi selanjutnya.
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan .cemonk. memberi reputasi
Orang miskin dilarang berkembang biak emoticon-Mad

Segera vasektomi dan tubektomi orang2 miskin di ri emoticon-Mad




















































emoticon-Mad (S)
profile-picture
wen12691 memberi reputasi
hadeh masih banyak hal urgent yg lebih penting buat diurus dibanding ngurusin kimpoi




emoticon-Cape d...
profile-picture
starbox.design memberi reputasi
Dan pada akhirnya nanti orang orang kismin cuma akan menjadi budak budak orang tajir yang dibatasi segala hajat hidupnya emoticon-Mewek
Diskriminasi
Diubah oleh trimusketeers
Diskrimiskinasi
seriusan gadein tanah buat kaw1n?
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
di sosialisasikan dululah, jangan maen maen larang.

Bener, daripada pesta 100 juta,ending duitnya pake nyicil rumah... Selebihnya bisa jafi agen pulsa atau catering...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 2 lainnya memberi reputasi
pengalaman nganter penganten baru pindahan rumah
pesta nikahan ngundang orang sekampung
waktu pindahan ternyata ngontrak rumah kamar mandi luar emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
i.macintosh dan 2 lainnya memberi reputasi
buat aturan kok masalah ecek2 trs yak?
gk ada gitu mikir hukuman buat koruptor dihukum mati, aset disita semua, keluarga intiny dapat hukman sosial
atau rejim skrg mampu ny cuma urus atau mengatur urusan macam ginian doank?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
warbound dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
harusnyavsemua pesta nikah dihapuskan kek masyarakat modern jepang

nikah ya tinggal bikin buku nikah selesai, resmi, sah, ga pakai ribet
profile-picture
profile-picture
profile-picture
foreveryoung90 dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
harusnya yang miskin dilarang nikah sekalian emoticon-Big Grin
profile-picture
DuaLapanSatu memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di