CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kenapa Minyak Selalu Meletup Saat Menggoreng?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f2fbe5eaf7e9333537a64d9/kenapa-minyak-selalu-meletup-saat-menggoreng

Kenapa Minyak Selalu Meletup Saat Menggoreng?


Kenapa Minyak Selalu Meletup Saat Menggoreng?

Agan agan disini pernah masak? Pernah menggoreng? Kalau pernah pasti tau dong momen paling nggak enak saat menggoreng? Yap, gosong.

Tapi bukan itu yang mau saya bahas melainkan momen nggak enak saat menggoreng lain yakni minyak panas yang meletup dan memercik kemana mana.

Kenapa Minyak Selalu Meletup Saat Menggoreng?

Semua orang yang pernah menggoreng pasti tau fenomena ini. Dikala kita memasukkan bahan masakan yang hendak digoreng kedalam minyak panas maka minyak akan memunculkan reaksi perlawanan dengan menyerang balik menggunakan cipratan minyaknya yang amat sakit sekali bila terkena kulit.

Fenomena ini sungguh menyebalkan dan juga berbahaya. Karna itulah tak jarang kita melihat orang orang yang amat sangat berhati hati bila menggoreng dan memakai alat pengaman seperti helm atau perisai. Emang sih itu demi pertahanan diri. Tapi hasil akhirnya malah jadi lucu.

Kenapa Minyak Selalu Meletup Saat Menggoreng?

Tapi kenapa minyak selalu memunculkan reaksi seperti itu? Apa itu sebuah cobaan untuk mendapatkan makanan enak? Jawabannya adalah penguapan.

Minyak merupakan salah satu zat cair yang memiliki titik didih yang tinggi sehingga zat zat lain yang berada di dalam minyak akan menguap terlebih dahulu. Uap yang naik keatas inilah yang akan membawa minyak dalam bentuk gelembung gelembung kecil yang akan meletup dan memercikkan minyak.

Kenapa Minyak Selalu Meletup Saat Menggoreng?

Biasanya bahan masakan yang mengandung banyak air lebih banyak memicu reaksi penguapan dikarenakan semakin banyak air yang masuk ke dalam minyak panas maka semakin banyak pula uap yang akan dihasilkan. Saat airnya sudah menguap seutuhnya maka percikan minyak pun akan hilang.

Tapi kenapa hanya minyak yang mengalami fenomena seperti ini? Kalau kita merebus pakai air kok percikannya tidak sebesar minyak? Jawabnnya kekentalan gan. Karna minyak lebih kental daripada air maka letupannya tidak sekeras minyak.

Nah, udah tau kan alasannya? Jadi mulai sekarang biasakanlah berdamai dengan minyak gan. Siapa tau kalau agan bisa akrab sama minyak si minyak nggak bakalan nyipratin agan emoticon-Big Grin

Sekian dari saya Mari bertemu di thread saya yang lainnya.

sumur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kekefadilah dan 14 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ih.sul
Halaman 1 dari 2
btw ini hanya berlaku untuk minyak makan ya gan, bukan minyak kendaraan apalagi minyak rambut.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Sans1 dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ih.sul
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Setuju banget sama TS.
emoticon-Shakehand2

Selain dari perbedaan titik didih, viskositas dan juga densitas berpengaruh dalam perubahan suhu (dalam kasus ini proses penggorengan). .......emoticon-Ngacir

Spoiler for Pertalite:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sayassaja dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
minyak bisa nguap toh?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sayassaja dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
masak ikan kudu pake helm dulu. biar safe
profile-picture
profile-picture
sayassaja dan ih.sul memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kalo Kata orang tua dulu sih karena ada air kena minyak panas jadi nya nembak nembak...

emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
sayassaja dan ih.sul memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Karena yang dicemplungin ke minyak kebanyakan juga mengandung air, sedangkan air dan minyak gak bisa menyatu makanya meletup2
profile-picture
profile-picture
sayassaja dan ih.sul memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
karna digoreng, coba direbus, pasti kagak meletup emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
lah, yang ngegoreng pake tangan gimana?
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Nggak perlu perlengkapan perang seperti itu, cukup bawa tutup panci saja.. niscaya menggoreng akan nyaman.
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Jadiii krmn krn ane laper banget ya, itu frozen food masih beku. Ane masukin ke minyak meledak deh wkwkwkwkwkwkwk... padahal udh tau bakal terjadi tp kayaknya ane emg lg mau cari sensasi luka bakar membara.
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
muka ane bopeng pas sekolah dulu gara2 minyak sialan dikira tanda lahir emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kirain karna musuhan sama air
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Tergantung harga minyaknya gan.
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
minyak adalah musuh utama kulit tapi sekaligus penyelamat utama perut
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Berdamai dengan minyakemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
makanan gampang dan favorit, digoreng dan disambal. emoticon-thumbsup
apinya kecilin gan
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
kalo ga meletup ga asikemoticon-Cool
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Maka tetap berhati-hati kalau menggoreng karena memang kecipratan minyak. Bisa sangat panas dan lindungi dengan baik. Kalau menggunakan dapur tertutup bisa menggunakan cooker hood gan.
profile-picture
profile-picture
nyimak92 dan ih.sul memberi reputasi
kalo goreng cireng bisa pake full armor (helm, jaket, celana training)
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Bentar...
Ane mau ngeluarin rumus dan teori fisika ane untuk menyelesaikan permasalahan ini
emoticon-Hammer2
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di