CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Sports / Sports /
Kode Ketua Umum PSSI untuk Penerjemah Shin Tae-yong saat Wawancara
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f2f571fdbf76474d20d003f/kode-ketua-umum-pssi-untuk-penerjemah-shin-tae-yong-saat-wawancara

Kode Ketua Umum PSSI untuk Penerjemah Shin Tae-yong saat Wawancara

Kabar tak sedap dan beragam isu yang muncul akibat mundurnya jadwal pemusatan latihan timnas Indonesia, membuat situasi tak lazim. 

Mochamad Iriawan, Ketua Umum PSSI, turut mengawal pemusatan latihan timnas Indonesia yang dipimpin langsung Shin Tae-yong, Jumat (7/8/2020).

Kode Ketua Umum PSSI untuk Penerjemah Shin Tae-yong saat Wawancara
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (tengah), meninjau langsung latihan perdana timnas Indonesia dalam agenda pemusatan latihan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta pada 7 Agustus 2020. /Husni Yamin/skor.id


Selepas latihan, wartawan digiring dan diperkenankan untuk melakukan tanya jawab. Ini berbeda dari agenda sebelumnya, yang disebut tak ada sesi wawancara. 

Awalnya, Iriawan yang memberi keterangan pers. Pertanyaan demi pertanyaan yang diajukan dijawabnya dengan saksama namun hati-hati.  

"Pertanyaannya ke situ terus. Jadi, kami ini 14 hari karantina memang protokol kesehatan  seperti itu dengan melakukan tiga kali swab test," kata Iriawan.

Jawaban itu ia ucapkan saat ditanya mengenai adanya dugaan dua pemain timnas Indonesia, baik level senior dan U-19, yang positif Covid-19. 

Jika mengkaji jawaban Iriawan, sejatinya bertolak belakang. Pasalnya, sejak merencanakan pemusatan latihan timnas Indonesia, tak dicanangkan karantina. 

Bahkan, pada akhir Juli 2020, Iriawan menegaskan bahwa Shin Tae-yong tak dikarantina setibanya dari Korea dan langsung memimpin latihan timnas Indonesia

Awalnya, latihan timnas Indonesia dijadwalkan pada 25 Juli, setelah tiba di Jakarta pada 23 Juli dan menjalani pemeriksaan kesehatan pada 24 Juli 2020. 

Alasan karantina pun terkesan dipaksakan, sebab dalam pemusatan latihan timnas Indonesia U-16 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, tak menerapkan karantina. 

"Masalah pemain yang belum hadir karena memang belum sampai 14 hari karantina, karena beberapa pemain kan hadirnya tidak berbarengan," Iriawan menjelaskan.  

Kode Ketua Umum PSSI untuk Penerjemah Shin Tae-yong saat Wawancara
Assiten pelatih timnas Indonesia, Sahari Gultom dan Nova Arianto (kiri-kanan), saat mengikuti pemusatan latihan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta pada 7 Agustus 2020. (Husni Yamin/Skor.id)


Adapun pemain timnas Indonesia level senior yang tak hadir dalam latihan ada lima, yakni Ilija Spasojevic, Zulfiandi, Osvaldo Haay, Asnawi Mangkualam, dan Arfan.

Selepas wawancara dengan Iriawan, jurnalis diperkenankan bertanya kepada Shin Tae-yong. Dalam sesi tanya jawab ini terlihat ada yang berbeda dari karakter Shin. 

Sebelum sesi tanya jawab, Iriawan mendatangi penerjemah Shin Tae-yong. Iwan Bule, sapaan Iriawan, memberi isyarat dan mengatakan sesuatu, lantas pergi.

"Jadi, dari PSSI harus memeriksa (pemain terkait Covid-19). Butuh waktu yang lama. (Saya) percaya saja dengan Ketua Umum PSSI," ucap Shin soal dugaan Covid-19. 

Shin lantas mengatakan tak tahu mengapa ada pemain yang absen dalam latihan kali ini. "Kalau untuk pertanyaan itu tanyakan saja ke PSSI," katanya dengan ketus. 

Padahal, sudah sepantasnya seorang pelatih kepala mengetahui secara menyeluruh alasan dan sebab mengapa pemain tidak ikut latihan karena itu jadi penilaian.  

Kode Ketua Umum PSSI untuk Penerjemah Shin Tae-yong saat Wawancara
Shin Tae Yong, pealatih timnas Indonesia, mengamati dengan saksama para pemain melakukan pemanasan dalam program pemusatan latihan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta pada 7 Agustus 2020. (Husni Yamin/Skor.id)


Pembawaan Shin yang blak-blakan tanpa takut, seperti soal kritik kondisi umum fisik pemain timnas Indonesia, sama sekali tak terlihat dalam wawancara kali ini. 

Terakhir, Shin mengaku tak tahu apakah pemusatan latihan di luar negeri khusus untuk timnas Indonesia U-19 atau untuk pemain level senior juga. 

"Untuk itu (pemusatan latihan di luar negeri) saya tidak bisa menjawab, karena masih harus didiskusi juga dengan bapak Ketua Umum PSSI," ucap Shin Tae-yong.

SUMBER


Baca Juga Berita Timnas Indonesia Lainnya: 
Insiden Unik Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata Protes ke Pelatih Kiper
Alasan Shin Tae-yong Panggil Elkan Baggot ke Timnas Indonesia U-19
Belanda, Prancis, dan Jerman Jadi Tujuan Alternatif TC Timnas Indonesia


profile-picture
profile-picture
profile-picture
doobey dan 2 lainnya memberi reputasi
Lhaaa gimana, bukannya STY mau datang krn dijanjikan ketum akan dipenuhi semua programnya? trus, kok jadi pendiam? onde mandeee
terserah, selama masih ada mafia susah
sebenernya STY mau dikasih kebebasan apa mau dikekang nih?? apalagi ketum PSSI juga ngerangkep jadi manajer timnas emoticon-Bingung
Post ini telah dihapus oleh KS06
Post ini telah dihapus oleh KS06
ini aneh lagi dan kayaknya ketum pssi terlalu mengurusi timnas ga si gan, atau jni perannya sebagai manajer? duh gatau dah haha
biarin STY bebas aja deh, jangan dibatesin batesin
mundur terus.. lama² gk jadi pemusatan latihan nih.. maksain tc di jakarta sih, ya begini jadinya..


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di