CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
10 Buah Lokal yang Keberadaannya Mulai Langka, Gan-Sist Udah Pernah Nyobain?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f2efa5f8d9b1728b951736c/10-buah-lokal-yang-keberadaannya-mulai-langka-gan-sist-udah-pernah-nyobain

10 Buah Lokal yang Keberadaannya Mulai Langka, Gan-Sist Udah Pernah Nyobain?


Buah lokal yang mulai langka
10 Buah Lokal yang Keberadaannya Mulai Langka, Gan-Sist Udah Pernah Nyobain?
sumber gambar

Kaskus DeYudi69 - Buah duku buah manggis, ketemu lagi sama Gan-Sist semuanya wkwkwkw. Berbicara soal buah, ane paling demen sama yang namanya buah tomat Gan-Sist, rasanya ketika dimakan seger-seger gimana gitu, seringnya sih ane makan langsung atau diseduh pakai air hangat isi gula pasir, bagi yang doyan sama rujak, buah tomat juga bisa diolah menjadi rujak lho.

Apalagi saat ini buah-buahan lokal seperti buah manggis, salak, duku, apel manalagi dan masih banyak buah-buahan lokal lainnya tengah mulai diminati oleh banyak orang. Karena sudah pasti buah-buahan lokal lebih kaya akan kandungan vitamin juga nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh manusia.

Tapi kali ini ane ingin membahas beberapa buah lokal yang kini keberadaannya sudah mulai sangat sulit untuk dicari. Buah apa aja sih itu? Biar nggak penasaran yuk baca terus thread ini sampai selesai ya!

1. Buah Lempeni

10 Buah Lokal yang Keberadaannya Mulai Langka, Gan-Sist Udah Pernah Nyobain?
sumber gambar

Mungkin anak-anak jaman sekarang sudah nggak familiar lagi sama nama buah yang satu ini, karena memang keberadaannya sudah mulai langka. Daunnya berbentuk oval dengan warna hijau pekat dan agak sedikit tebal, buahnya berbentuk bulat kecil menyerupai kelereng yang kalau sudah matang warnanya agak hitam keunguan. Kalau dimakan rasanya segar agak asam manis gitu kalau menurut ane.

Waktu kecil ane sering menjadikannya sebagai amunisi buat main ketapel, atau main senapan angin yang terbuat dari batang bambu. Ada yang pernah mainin buah lempeni kaya ane nggak?

2. Buah Ciplukan

10 Buah Lokal yang Keberadaannya Mulai Langka, Gan-Sist Udah Pernah Nyobain?
sumber gambar

Buah yang satu ini sih sekarang emang sudah susah banget buat dicari, terutama di daerah yang sudah mulai marak terjadinya pembangunan. Pohonnya kalau menurut ane hampir mirip seperti pohon cabai, dengan buah berbentuk bulat berwarna hijau yang terbungkus oleh lapisan yang berbentuk seperti lampion.

Tapi karena dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit serta harga jualnya yang lumayan tinggi, buah ini sudah mulai dicoba untuk dibudidayakan.

3. Buah Mengkudu

10 Buah Lokal yang Keberadaannya Mulai Langka, Gan-Sist Udah Pernah Nyobain?
sumber gambar

Di beberapa daerah mungkin buah ini masih mudah untuk dijumpai, tapi di tempat ane sudah mulai jarang ada Gan-Sist. Buah mengkudu biasanya dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Namun karena bau buahnya yang kurang sedap, banyak orang yang tidak terlalu mempedulikan buah yang satu ini. Pohonnya yang biasanya tumbuh secara liar ini pun malah ditebangi.

4. Buah Murbei

10 Buah Lokal yang Keberadaannya Mulai Langka, Gan-Sist Udah Pernah Nyobain?
sumber gambar

Kalau di daerah ane di Bali, buah murbei sering disebut dengan buah "besar-besar". Buah murbei yang matang memiliki rasa yang manis dan berwarna hitam. Tak hanya buahnya, daun murbey muda juga dapat diolah menjadi sayur.

5. Buah Rukem atau Kem

10 Buah Lokal yang Keberadaannya Mulai Langka, Gan-Sist Udah Pernah Nyobain?
sumber gambar

Pohon Kem memiliki batang yang berduri dan daun yang kecil-kecil, keberadaannya yang dianggap sebagai pohon semak belukar membuatnya sering dibabat oleh para petani. Sekarang pohon kem malah dicari-cari oleh para kolektor tanaman langka. Buahnya kalau dimakan memiliki perpaduan rasa asam, manis, dan sepat yang jadi satu.

6. Buah Gung-Gung atau Arbei Hutan

10 Buah Lokal yang Keberadaannya Mulai Langka, Gan-Sist Udah Pernah Nyobain?
sumber gambar

Buah yang satu ini mirip banget sama buah strawberry Gan-Sist, tapi rupa pohonnya yang berbeda. Rasa buah gung-gung juga manis layaknya buah strawberry. Tanaman yang juga tumbuh liar di derah lembab atau dibawah pohon-pohon rindang di dalam hutan ini sekarang sudah susah untuk dicari. Bagi Agan dan Sista yang waktu kecil tinggal di desa dan suka ngebolang pasti pernah nyicipin buah yang satu ini.

7. Buah Bidara

10 Buah Lokal yang Keberadaannya Mulai Langka, Gan-Sist Udah Pernah Nyobain?
sumber gambar

Di daerah ane di Bali, buah ini dikenal dengan nama buah bekul, merupakan tanaman yang mampu hidup di derah kering dan buahnya menyerupai buah apel.

8. Buah Juwet

10 Buah Lokal yang Keberadaannya Mulai Langka, Gan-Sist Udah Pernah Nyobain?
sumber gambar

Buah yang bila sudah matang menjadi berwarna hitam keunguan ini juga merupakan salah satu buah kegemaran ane Gan-Sist. Kalau memakan buah ini pasti lidah kita jadi ikut berwarna wkwkw. Biasanya ane makan langsung atau diolah menjadi rujak juwet.

9. Buah Gowok atau Kaliasem

10 Buah Lokal yang Keberadaannya Mulai Langka, Gan-Sist Udah Pernah Nyobain?
sumber gambar

Seperti namanya yaitu Kaliasem buah ini memang memiliki rasa yang lebih dominan masam. Biasanya dikembangbiakan dengan cara menanam bijinya. Kayu pohon kaliasem juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat bangunan.

10. Buah Buni

10 Buah Lokal yang Keberadaannya Mulai Langka, Gan-Sist Udah Pernah Nyobain?
sumber gambar

Buah buni merupakan salah satu buah asli Indonesia yang keberadaannya kian langka. Buah ini bila dilihat sekilas menyerupai buah anggur, tapi ukurannya lebih kecil dan memiliki biji yang keras dengan daging buah cukup tipis. Buni atau yang di daerah ane lebih dikenal dengan nama buah boni ini biasanya dibuat menjadi rujak.

Nah, itu tadi beberapa buah lokal yang keberadaanya sudah mulai susah untuk dicari. Mungkin buah-buahan di atas memiliki nama yang berbeda-beda di daerah Gan-Sist masing-masing. Semoga thread ane kali ini bisa bermanfaat ya, bila ada yang ingin menambahkan silahkan tulis pada kolom komentar. See you next thread.

Baca Juga : 5 Buah Lokal yang Terasa Nikmat saat Disantap dengan Nasi

Penulis : DeYudi69


Sumber referensi : opini pribadi dan 1 , 2 , 3

profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 40 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh DeYudi69
Halaman 1 dari 6
10 Buah Lokal yang Keberadaannya Mulai Langka, Gan-Sist Udah Pernah Nyobain?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kadeksatia dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh DeYudi69
reserved
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kadeksatia dan 2 lainnya memberi reputasi
selamat membaca
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kadeksatia dan 2 lainnya memberi reputasi
semoga bermanfaat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kadeksatia dan 2 lainnya memberi reputasi
Ciplukan, mengkudu, murbei, arbei, bidara, juwet, gowok dan buni masih ada kok sampe sekarang emoticon-Belo

Banyak yg membudidayakan dan dijual dengan harga yg lumayan tergantung dari besaran bibitnya emoticon-Malu

Kalo ditempat gue, gowok itu namanya kupa. Dan masih banyak juga pohonnya rasanya juga seger emoticon-Genit

Mengkudu lebih banyak dikonsumsi sama orang yg punya riwayat penyakit hipertensi tapi buahnya harus yg udah mateng dan baunya ampun deh terasi aja kalah emoticon-Hammer
Ane baru tau kalo itu namanya buah ciplokanemoticon-Belo
profile-picture
arfianduta memberi reputasi
Murbei di kampung gw masih banyak.
Dulu pernah tanam juga, termasuk mudah kok.
cuma buah bidara yg belum pernah gw coba emoticon-Big Grin
no 5 sma 6 ga ada sama skali pohonnya di tempat ane emoticon-Berduka (S) tpi yg lain masih sering nemuin di kebon2 sekitar emoticon-Big Grin
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Arbei di Lembang banyak bre emoticon-Recommended Seller
Karena sekarang langka buah jamblang dijual mahal kek anggur aja. Padahal dula jatoh begitu aja ga ada yg ambil. Kalo mengkudu blm pernah makan soalnya byk yg bilang ga enak. Tapi daunnya sering dipake buat campuran nasgor. Ciplukan udah jarang jg sekarang.
profile-picture
KRAVZHENKO memberi reputasi
Yg ane tau n pernah makan itu buah ciplukan sm murbei, kalo mengkudu pernah liat lgs jg
Sisanya ane ga tau gan emoticon-Ngakak
buni tuh yang biasa dibuat rujak bebeg bukan sih ?
ijo2 gitu emoticon-Malu (S)

kalo ciplukan kebetulan nanem dirumah. enak buahnya emoticon-Malu (S)
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Duwet di daerah ane langka, kalo ciplukan masih ada walaupun jarang. Btw nice post ya 😁
Jamblang..kesemek..kecapi..jaman dulu banget

Kalo Mengkudu di rumah bokap ane di Kalbar banyak tumbuh di belakang rumah bareng Sawo ama Sirsak
bener nih udah pada mulai langka, tapi tergantung daerahnya masing2 sih. kalo disini mengkudu masih sering keliatan
profile-picture
Rainbow555 memberi reputasi
Wahhh.... makanan ane semasa kecil nih

buah dada? emoticon-Peluk
buah no 10 yg blm pernah coba keknya emoticon-Matabelo
OMG.... Hmpir semuanya blum prnh ane tau, gan....yg ane tau hny buah mengkudu saja.... emoticon-Frown
Diubah oleh yoseful
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di