CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Anies Baswedan Kaget DKI Jakarta Tak Punya Alat Pengukur Curah Hujan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f2ed9e065b24d0d9552abd1/anies-baswedan-kaget-dki-jakarta-tak-punya-alat-pengukur-curah-hujan

Anies Baswedan Kaget DKI Jakarta Tak Punya Alat Pengukur Curah Hujan



Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkejut ketika mengetahui wilayahnya tidak memiliki alat mengukur curah hujan dan hanya mengandalkan mengandalkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Padahal, DKI Jakarta merupakan wilayah yang rawan banjir.

"Awal tahun ini, ketika saya mendengar bahwa kita ini tidak punya alat ukur (curah hujan). Itu saya betul-betul shock (terkejut)," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam rekaman video yang disiarkan Pemprov DKI Jakarta, Sabtu (8/8/2020).

Dia mengatakan bagaimana mungkin kota yang penuh dengan hujan, tidak punya alat ukur curah hujan. "Kita selama ini hanya mengandalkan pada alat-alat milik BMKG," katanya seperti dikutip dari Antara.

Anies mengungkapkan hal itu dengan terheran usai melihat dan mendengar pemaparan Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Juaini Yusuf yang di dalamnya mengusulkan pembelian alat ukur curah hujan sebanyak 10 unit pada tahun 2020.

Anies kemudian menginstruksikan Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah untuk menambah alat tersebut namun dengan harga yang lebih murah agar seluruh petugas di kelurahan DKI Jakarta dapat mengetahui curah hujan sehingga upaya pencegahan banjir dapat segera dilakukan sedini mungkin.

"Pak Sekda sebaiknya ini jangan 10 lokasi. Ini coba dibuat sebanyak mungkin dengan harga semurah mungkin," ujar Anies.

Anies juga meminta kepada Dinas SDA untuk membeli alat pengukur curah hujan manual, bukan digital seperti yang diajukan oleh dinas. Menurut Anies alat yang diajukan oleh dinas terlalu canggih karena berbasis digital sehingga lebih mahal.

Permintaan itu berkaca pada situasi keuangan Pemprov DKI Jakarta yang terbatas akibat wabah COVID-19. Terlebih dana pengendalian banjir di Ibu Kota diperoleh dari pinjaman pemerintah pusat melalui PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero).

"Kalaupun belum bisa menggunakan alat yang maju seperti ini pak, sudahlah beli alat yang murah dan petugas kita data entry (memasukan data) pakai aplikasi. Jadi tidak harus kayak membeli layar proyektor yang bergerak sendiri, yang penting (layarnya) putih dan bisa naik turun (walau) pakai tangan," katanya.

Ingin Seluruh Wilayah Punya Pengukur Curah Hujan

Anies mengharapkan seluruh wilayah Jakarta bakal memiliki alat pengukur curah hujan bila dinas membeli alat yang lebih murah.

Meski murah, Anies berkeyakinan bahwa kemampuan alat itu tidak jauh berbeda. Alat sama seperti buatan sendiri atau ketika praktikum membuat alat pengukur curah hujan saat duduk di kursi SMA.

Tapi cara hitungnya betul, lalu petugas melakukan data entry sehingga seluruh kelurahan di Jakarta punya alat ukur curah hujan.

"Kalau cuma seperti ini (10 alat), niat nggak kita menyelesaikan banjir. Kalau niat yah seluruh wilayah kita harus punya alatnya," katanya.

https://m.liputan6.com/news/read/432...ur-curah-hujan

Dosa apa jkt punya gubernur segoblog ini,yg cuma bisa pencitraan tp nda kerja2emoticon-Betty

Kl sampai pilgub akan datang masih menang,mampusssemoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
peyronie dan 14 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Anies Baswedan Kaget DKI Jakarta Tak Punya Alat Pengukur Curah Hujan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sinyoirwan dan 12 lainnya memberi reputasi
Anies Baswedan Kaget DKI Jakarta Tak Punya Alat Pengukur Curah Hujan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 12 lainnya memberi reputasi
Si kribo lagi cari cara ngajuin anggaran baru biar dapat fee buat modal nyapres, nemu juga akhirnya, anggaran pembelian alat ukur curah hujan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh casper69
Jakarta banjir'
Ya karena curah hujan tinggi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
orang jakarta malah kaget org goblok bisa jadi gubernuremoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
devi.jon dan 12 lainnya memberi reputasi
ga heran terkejut
duit abis jadinya toa
eh ga taunya toanya hibah dari Jepang
trus buat peringatan tsunami pula, bukan peringatan banjir
parahnya lagi di jepabg sono udah ada dalam kurikulum belajar latian evakuasi dari sekolah sd, disini belon, kalopun tuh toa berbunyi, masyarakat cuma manggut2 doang, tetep aja kebanjiran emoticon-Ngakak

heran terkejut pasti duit ilang kan :kagets
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dhanyjos dan 14 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh suramonly
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mungkin wan bonbon jg kaget klo dya udah pasang toa 4M
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
Kode tuh minta anggaran ga jelas lagi. Lumayan tuh bisa dapet beberapa puluh M, jago juga nih om anies buang2 duit
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 7 lainnya memberi reputasi
Waauuu.... aku terkejuttt emoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
Bukan alat deteksi woy yg penting. Noh saluran dikeruk, jangan ngoceh2 naturalisasi mulu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 11 lainnya memberi reputasi
Eh kaget.. Eh kaget..

Anies Baswedan Kaget DKI Jakarta Tak Punya Alat Pengukur Curah Hujan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 12 lainnya memberi reputasi
Suka gregetan sih kalo baca berita soal wan abud haha
Kalo udah ada yg ketangkep korup pasti pada teriak hore
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 8 lainnya memberi reputasi
Jakarta tiap tahun banjir dan ente sudah 2 tahun lebih jadi gubenur...


Kog bisa kagetemoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
devi.jon dan 17 lainnya memberi reputasi
Modal ayat sama mayat ya begini emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 8 lainnya memberi reputasi
buat apa pengukur curah hujan emoticon-Mad

kan udah ada toa emoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 9 lainnya memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 8 lainnya memberi reputasi
Bli yang banyak klo gt emoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
Banjir di jkt bukan soal curah hujan tapi kiriman

Jkt itu banyak struktur tanah bentuk mangkok gede

Makanya butuh pompa buat buang air ke laut

Mau ngukur curah hujan buat apa? Tau curah hujan doank? Tanpa solusi seperti biasa gabener ini 😆😆😆
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Proloque dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh akamamichi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ahhh ntar seperti sirene kemarin pak keluar kata2 yg sulit dipahami emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
Mulai ketularan kagetan ama pakde..
Apa lg mirorring pakde buat 2024 ya..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di