CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Hewan Peliharaan /
Kalian Mau Memelihara Hamster? Ini Dia Cara Pemeliharaan Hamster Yang Benar
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f2ea26382d4952abf7da7cf/kalian-mau-memelihara-hamster-ini-dia-cara-pemeliharaan-hamster-yang-benar

Kalian Mau Memelihara Hamster? Ini Dia Cara Pemeliharaan Hamster Yang Benar

Cara memelihara Hamster yang Baik & Benar


Kalian Mau Memelihara Hamster? Ini Dia Cara Pemeliharaan Hamster Yang Benar
Cr: Haru - by: Littlepawtatoes


Apasih hamster itu? Hamster adalah jenis hewan pengerat, hamster omnivora yang berarti pemakan segala (tapi bukan berarti semuanya bisa diberikan ke hamster ya) makanan utama hamster adalah biji-bijian lengkap, bukan hanya kuaci apalagi sayuran setiap hari, hamster adalah hewan crepuscular yang berarti aktif saat senja dan fajar. Hamster juga termasuk hewan coprophagic yang berarti mengkonsumsi poop atau kotorannya kembali untuk menyerap nutrisi yang belum terkonsumsi sepenuhnya.

Tapi apakah kalian tau? Hamster yang kecil dan sering kali dianggap “murah” & “mudah dipelihara” ternyata butuh cara pemeliharaan & perawatan yang cukup “mahal” dan “tidak begitu mudah”.

emoticon-Bingung emoticon-Cape d...


Lalu gimana sih cara pemeliharaan yang baik untuk hamster? Berikut dasar-dasar pemeliharaan hamster yang wajib kalian ketahui sebelum memelihara hamster...

1. Kandang Hamster
Hamster di alam liar mempunyai wilayah hidup sekurangnya 5km2
Maka hamster sebagai Pets butuh kandang yang luas juga. Hamster memang kecil tapi bukan berarti mereka bisa dikandang yang kecil pula

Untuk 1 Hamster dwarf (campbell/winter white/Roborovski) butuh minimal luas 2.000cm2 (50x40), di luar negeri min.4.000cm2 jadi lebih luas lebih baik

Hamster dwarf direkomendasikan 1 ekor 1 kandang. Jika masih mau 2 ekor 1 kandang lebih disarankan Roborovski. Tapi wajib jenis kelaminnya sama (betina-betina atau jantan-jantan) dan umur yang sama, lbh baik lg 1 indukan yg sama. Itupun tidak menjamin 100% akur.

Untuk 1 Hamster Syrian Jantan butuh minimal luas 4.000cm2 (100x40)
Sedangkan syrian betina butuh minimal 6.000cm2 (100x60)

Syrian wajib 1 ekor 1 kandang. Mereka adalah hewan yang soliter & teritorial jadi lebih suka sendirian bahkan di alam liar mereka juga begitu.

2. Bedding Hamster

Bedding hamster perlu diperhatikan, karena salah memilih bedding hamster bisa mengakibatkan iritasi, alergi, dan juga gatal-gatal pada hamster.

Bedding yg disarankan :
• Bedding serut kayu merk German Horse atau serut kayu aspen. Kenapa? Serut kayu non merk biasanya terbuat dari soft wood yang berbahaya untuk hamster karena bersifat beracun & tanp melewati proses pengeringan yang sempurna.
• Bedding tisu
> Tisu livi smart/evo dipotong2 kecil lebar 0,5cm
> Paseo Kitchen Towel dipotong2 kecil lebar 0,5cm
Syarat tisu yang dipakai :
• menyerap air
• tidak berbau/tidak wangi
• hancur saat terkena air (jadi jika tertelan hamster dapat dicerna)
• tebal & lembut (tidak melukai hamster)

Tebal bedding minimal 10-15cm lebih tebal lebih baik, hamster suka menggali & membuat terowongan, sehingga mereka butuh bedding yang tebal

Pasir sebagai pasir mandi & toilet
• Pasir sanbbi original tanpa wangi
• Pasir zeolit yang sudah disaring
• Pasir Exoterra (tanpa kalsium)

Hindari pemakaian
• Pasir wangi = penciuman hamster sangat sensitif dan mudah terganggu karena wewangian
• Pasir gumpal = rentan untuk tertelan oleh hamster


3. Aksesoris Kandang & Mainan Hamster Hamster

• Jogging wheel
Untuk Roborovski minimal diameter 17cm
Untuk Campbell/Winter white minimal diameter 20cm
Untuk Syrian minimal diameter 25-30cm

Kenapa ada angka minimal? Untuk menghindari cidera pada tulang punggung hamster akibat badan yang tertekuk saat bermain wheel.

• Tempat sembunyi
Kalian bisa membeli Maze, tunnel, atau rumah-rumahan berbentuk istana, dsb.
Carilah bahan yang aman dan tidak mudah tertelan. Seperti dari keramik, plastik, atau kayu yang agak tebal

• Botol minum
Hamster membutuhkan air mineral sama seperti manusia, jadi hamster wajib diberi minum & diganti setiap harinya walaupun masih sisa, serta wajib menggunakan air matang.
Ingat! Sayuran bukan pengganti minum ya! Kita aja seret kalau seharian ga minum apalagi hamster? Bisa diare karena kebanyakan sayur

• Tempat makan
Tempat makan untuk hamster berfungsi agar kandang tidak terlihat jorok karena makanan yang hanya disebarkan begitu saja.

• Gigit-gigitan / Chew toys
> Chew toys kayu
> Whimzees (1bln 1x)
> Gnawing stone (lebih cocok untuk diletakan dibawah botol untuk mengasah kuku)
Hindari pemakaian Mineral stone, mineral stone berbahaya untuk hamster.(biasa berbentuk keju, buah, dan warna warni)

4. Makanan

Makanan utama hamster biji-bijian tapi bukan berarti millet & kuaci & kacang hijau saja cukup ya!
Tapi juga memperhatikan gizinya, beberapa merk makanan yang recommended dari gizi & aman untuk hamster :

Import :
• Rodipet (Jarang ada di Indo)
• Bunny Nature Hamsters Dream (Jarang ada di Indo)
• Vitakraft
• Jolly
• Alice
• Versele Laga
• Mazuri Rat <untuk tambahan protein max 2pcs/minggu.>

Lokal :
• Timid Crunchy (IG @timidforhammy)
• Hamster Complex Nutrition (IG @otistahamsshop)

Sayur & Buah hanya boleh max 2x 1sdm/minggu


Itulah dasar-dasar dari memelihara hamster. Mungkin memang di Indonesia hamster termasuk hewan murah tapi bukan berarti mereka bisa diperlakukan seenaknya. Jadilah owner yang bertanggung jawab agar hamster selalu sehat & bahagia! 😊
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MaryoIrawan dan 15 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Amankan page one
profile-picture
profile-picture
rens09 dan bukanfakboy memberi reputasi
Salam Hamsters Lovers 🐹✌️
profile-picture
profile-picture
bukanfakboy dan rens09 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Yuk belajar! Biar hamster kalian sejahtera ❤️
profile-picture
profile-picture
bukanfakboy dan rens09 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wah nice thread Gan^^ semangat ngaskus☺
profile-picture
profile-picture
bukanfakboy dan littlepawtatoes memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Nais info, kebetulan ane baru beli sepasang buat anak, tapi yang jadi masalah dirumah ane pelihara meong juga, takutnya lengah dikit bisa lewat tuh si hamster
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rens09 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Biar kencingnya gak bau dikasi apaan ya? Cape gw tiap 2 atau 3 hr sekali ganti pasirnya, dah gt anak jg udah bosen jd ga keurus dah emoticon-Cape d...
profile-picture
rens09 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
yang begituan emang mahal .....makanya kalau kantong pas-pasan jangan coba deh...entar menjerit di tengah jalan.

emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rens09 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
hamster ane dulu ngegigitin temennya sampe bolong badannya..sampe ngeri ane. matanya tadinya item jadi merah...ane kasiin aje ma babang bajaj
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Hamtaro! ^_^
profile-picture
profile-picture
rens09 dan littlepawtatoes memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Itu emang musti pake aer mateng gan ? Ane dari dulu ngasih minum pake aer keran kaga papa dah. Masi sehat hamsternya ampe sekarang
profile-picture
rens09 memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Enak ya jadi hamster emoticon-Malu
profile-picture
littlepawtatoes memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Gan
Cara ngrawat hamster supaya nggak bau pesing bagaimana ?
emoticon-Bingung
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kalo ngerawat hamster yang kanibal gimana gan
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
Ane udah pensiun dulu ternak hamster GRE, hamster cuan pada masanya emoticon-Malu
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
sy pny sapir winter klo g salah...skrg umurny ampir 3 taon ..ud lebih 2,5 taon.... dan skrg bru lemes bulu ny bnyak yg rontok...susah makan dan mnum...di kasi obat nutri plus gel klo g salah...dan skrg lumayan ga trlalu lemes ky kmren2..ini apa krna emang pngaruh usia ya om?? makasih
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
waw banyak juga ya yang perlu dipersiapkan. padahal hamster keciiiil ukurannya emoticon-Matabelo
profile-picture
littlepawtatoes memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Apa yang paling dia senangi?emoticon-Malu
profile-picture
littlepawtatoes memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
pengen pelihara tapi ane takut niatnya ilang tiba2 huhu ngerawat diri sendiri aja masih khan maen susahnya
profile-picture
profile-picture
pein666 dan littlepawtatoes memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Bermanfaat ini gaes
profile-picture
littlepawtatoes memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di