CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Tanam Sayur di Pekarangan Selama Pandemi, Ibu-ibu Ini Raup Belasan Juta Rupiah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f2e6f489a972e2e3a0f9342/tanam-sayur-di-pekarangan-selama-pandemi-ibu-ibu-ini-raup-belasan-juta-rupiah

Tanam Sayur di Pekarangan Selama Pandemi, Ibu-ibu Ini Raup Belasan Juta Rupiah

MAGETAN, KOMPAS.com – Pekarangan rumah Lasmini (40) yang terletak di Desa Geni Langit Kabupaten Magetan, Jawa Timur, hijau dipenuhi sayuran yang ditanam di dalam plastik hitam berdiameter 30 centimeter.

Sayuran seperti sawi, tomat, daun bawang, cabai, bunga kol, kubis, ditanam dalam ratusan polybag.

“Semuanya ada 100-an polybag, yang ditanam ya sayur-sayuran. Menanamnya di sekitar rumah saja, pokoknya ada tempat buat polybag,” kata Lasmini ditemui di rumahnya, Sabtu (8/8/2020).

Lasmini mulai menanam sayur sejak pandemi Covid-19, sekitar tiga bulan lalu.

Aktivitas yang dibatasi karena pandemi Covid-19 membuat dirinya bingung. Ia pun menanam sayuran di dalam polybag untuk mengisi kegiatan bersama puluhan warga lain.

"Mulainya sejak virus corona itu, karena kemarin banyak desa yang lockdown sehinga tidak bisa kemana mana,” kata dia.

Hampir setiap minggu warga Lasmini memanen sayuran tersebut. Ia pun menjual hasil kebunnya kepada warga sekitar.

“Yang paling mahal itu daun bawang karena satu kilogram bisa Rp 8.000. Kalau sayur yang paling cepat dipanen selada karena 20 hari sudah dipetik,” kata Lasmini.

Raup belasan juta rupiah

Lasmini tak sendiri, sekitar 35 ibu rumah tangga di lingkungannya juga ikut menanam sayuran di pekarangan rumah mereka.

Awalnya, Lasmini menanam sayuran itu hanya untuk konsumsi pribadi.

“Kalau mau masak kapan saja kan tinggal petik, segar dan enggak beli,” kata dia.

Namun, kini sayuran itu tak hanya untuk konsumsi pribadi. Sebanyak 36 ibu-ibu yang menanam sayuran dalam polybag di Geni Langit mampu meraup uang sebesar Rp 18 juta dalam tiga bulan terakhir.

“Rata rata setiap ibu di sini punya 100-an polybag. Kalau dikumpulkan saya dapat Rp 500 ribu selama ini,” kata Lasmini.

Didukung pemerintah daerah

Upaya ibu rumah tangga di Geni Langit mengisi waktu senggang mendapatkan respons positif dari pemerintah daerah.

Petugas Penyuluh Lapangan PPL Kecamatan Plaosan, Sulis mengatakan, cuaca di Desa Geni Langit memang cocok untuk menanam sayuran

Menurutnya, ibu-ibu di Geni Langit telah terbiasa menanam sayuran di sawah dan ladang, sehingga mereka telaten merawat tanaman di polybag.

“Ibu di sini sudah terbiasa merawat tanaman sayur, tapi pekarangan rumah jarang dimanfaatkan. Di masa Covid-19 ini kita berdayakan dan hasilnya cukup bagus,” kata Sulis.

Kabupaten Magetan juga membuatkan tempat untuk memamerkan hasil kebun ibu-ibu tersebut. Sehingga, hasil kebun ibu-ibu di Geni Langit juga bisa dibeli wisatawan, tak cuma pedagang.

“Untuk pemasaran sayur, di sini sudah ada yang nampung. Selain oleh pengepul sayur banyak juga wisatawan ke sini yang membeli sayur hidup dalam polybag,” kata Sulis.

Rencananya, ibu-ibu di Desa Geni Langit akan mengembangkan budi daya sayur di pekarangan rumah. Mereka ingin membuat desa itu menjadi destinasi wisata perkebunan.

https://regional.kompas.com/read/202...page=all#page2

Aktivitas yang dibatasi karena pandemi Covid-19 membuat dirinya bingung. Ia pun menanam sayuran di dalam polybag untuk mengisi kegiatan bersama puluhan warga lain.

Kreatif menghasilkan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pein666 dan 8 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Gw tanam sayuran gagal mulu kecuali kangkung emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
pannotia.server dan rinso.biroe memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
lumayan lah 500rb per orang, daripada gak dapet.
profile-picture
rinso.biroe memberi reputasi
eh, ibu-ibu. jangan sebut uang apalagi sampai belasan juta. entar terdengar oleh ibu sri mulyani lho
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cikklancang dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Seperti kata pepatah.. pekarangan kebun ibu2 tetangga emang selalu lebih lebat.. eh hijau.. emoticon-Shutup

emoticon-Ngacir


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
rinandya dan devi.jon memberi reputasi
Diubah oleh valkyr7
orang desa lebih mudah bertahan hidup karena ada tanah yg bisa ditanami.
profile-picture
rinso.biroe memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
cocok tanam warisan leluhurr harus dilestarikan


jangann cumanyaa bisaa demooo saja...
profile-picture
profile-picture
dieq41 dan rinso.biroe memberi reputasi
Lebih mulia ginian nyari duit

Drpd kerjaan sampah macan buzzerp
profile-picture
RadeonHD4670 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
mantap tetangga nya juga baik, tetangga gue bisanya nyolong doang emoticon-Tai:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
keympas dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ibu2 rumah tangga emang suka bercocok tanam emoticon-Malu
Sekedar di polybag ataw di tray 30x30cm dikasik tanah subur dan pupuk. Penghasilan nya lumayan bisa sampe puluhan jutak.
Mereka tanam cuma sedikit di halaman, sekitar 10-15hektar emoticon-Ngakak (S)
Kenapa gua kemarin dilarang menanam sayuran ya, padahal kan saya mau nyari penghasilan tambahan, saya kebetulan dpt bibit-nya langsung dri Aceh, itu loh, sayuran yg daunnya belah tiga.
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Gw nanam sayur hanya dimakan sendiri

Gangerti cara jualinnya emoticon-Hammer2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
kakak gw tanem sayuran moga aja bisa jadi investasi baru
"Siap2 menjembut rizki"

Tanam Sayur di Pekarangan Selama Pandemi, Ibu-ibu Ini Raup Belasan Juta Rupiah
profile-picture
devi.jon memberi reputasi
Awas bayar pajak emoticon-Marah
saya cabe 350 polibag dapet 30 kg perminggu x 13rb perkg
profile-picture
rinandya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sayangnya gak punya lahan.. emoticon-Sorry
Brkah disaat pendemik.bner2 ibu2 yg kreatif.mga lncar trus ushanya.
knapa ane ga maen hidroponik....??? alasannya karna lokasi ga memungkinkan dan tidak kena matahari langsung... emoticon-Big Grin

make Grow LED...?? resesi... emoticon-Big Grin
baru nanem pohon rambutan setinggi 60cm hilang, raib bre
Wih kreatif.. ntr coba nanem ah
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di