CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Proses Penukaran Koin Kreator Ada Perubahan Cek Infonya di Sini Gan!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Adat & Ritual Pernikahan Sunda Zaman Doeloe Masih Lestari
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f2db4c0b8408813af31bf9e/adat-amp-ritual-pernikahan-sunda-zaman-doeloe-masih-lestari

Adat & Ritual Pernikahan Sunda Zaman Doeloe Masih Lestari

Tradisi dan ritual pernikahan sunda
Adat & Ritual Pernikahan Sunda Zaman Doeloe Masih Lestari
Sumber klik KondanganWedding


Tradisi, ritual, dan budaya memang sangat melekat di masyarakat kita dari zaman doeloe hingga jaman now. Dari mulai acara pernikahan, syukuran kehamilan, tahlilan dan banyak lagi. Uniknya setiap daerah memiliki ciri khas sendiri, untuk mewujudkan rasa syukur melalui sebuah tradisi. Biasanya pelaksanaan juga filosopi suatu tradisi banyak kesamaan, yang membedakan hanyalah namanya saja.

Begitu pun dengan adat pernikahan Sunda yang masih ada sampai sekarang, beberapa pihak sangat menjaga tradisi pernikahan ini agar tetap lestari. Orang Sunda sangat terkenal dengan ikon awewe geulis (wanita cantik), yang bisa juga orang sebut sebagai gadis/mojang bagi mereka keturunan darah Sunda. Walau zaman terus berkembang, bukan berarti tradisi tidak bisa mengikuti. Banyak sekali salon dan pihak wedding organizer yang menyediakan orderan riasan pernikahan dengan mengusung tema jadoel nan elegant.


Nah, apakah Gansis tau, apa saja adat & ritual pernikahan yang masih dijaga oleh orang Sunda secara turun temurun, juga makna tersirat yang ada di dalamnya? Gak usah nunggu lama, mari kita ulas penuturan berikut tentang Filosopi yang ada di dalam setiap ritual pernikahan orang sunda:


Siraman
Adat & Ritual Pernikahan Sunda Zaman Doeloe Masih Lestari
Sumber Wolipop

Siraman merupakan ritual wajib secara adat sebelum pernikahan. Biasanya akan ada 2 sesi yang dipandu oleh juru rias pihak wedding organizer.

Pertama adalah siraman rohani (batin) yakni calon pengantin meminta maaf kepada orang tua, kakak & adik, lalu sanak family lainnya. Biasanya saat acara ini banyak orang yang akan menangis, apalagi diiringi alunan suling yang mendayu-dayu juga suara juru rias yang memberikan nasihat sebelum pernikahan. Mengenang jasa orang tua pada kita sejak kecil sampai dewasa, calon pengantin akan diminta membasuh kedua kaki orang tuanya. Setelah itu mengelap kaki orang tua di pangkuannya, lalu mencium kaki orang tua dan saling berpelukan, momen ini akan terasa sakral dan emosional.

Kedua siraman jasmani (lahiriah) setelah ritual meminta maaf pada seluruh keluarga juga 2 baris tamu yang ada di kursi depan, pengantin akan dipapah menuju tempat pemandian didampingi orang tua dengan berselendangkan kain. Setelah itu 7 orang akan menyiraminya bersamaan dengan do'a untuk pernikahannya. Selesai penyiraman, gentong yang sudah diisi air beserta kembang tujuh rupa, juga uang koin akan disawerkan kepada para tamu yang hadir.

Tujuan dari ritual ini untuk membersihkan hati, jika ada kesalahan yang pernah disengaja ataupun tidak. Sebelum melangkah menjalani hidup baru, calon pengantin harus meninggalkan segala yang tidak baik sebelumnya antara dirinya, orang tua, dan semua sanak family

Lengser
Adat & Ritual Pernikahan Sunda Zaman Doeloe Masih Lestari
Dokpri

Ki Lengser adalah penyambut/penjemput pihak pengantin yang sangat jenaka, dalam bahasa sunda jemput itu di sebut mapag (mapagkeun panganten : menjemput pengantin).Sebelum memasuki area rumah pengantin wanita, mereka akan disambut dengan sebuah tarian diiringi beberapa penari, pembawa umbul-umbul, lalu dihibur oleh Ki Lengser & Ambu dengan tingkahnya yang mampu mengocok perut. Setelah itu Ki Lengser & Ambu akan menuntun pengantin menuju pelaminan.

Huap lingkung
Adat & Ritual Pernikahan Sunda Zaman Doeloe Masih Lestari
Screenshoot Flickr

Selesai akad nikah biasanya akan ada tradisi huap lingkung yaitu pengantin yang baru saja sah menjadi suami istri saling menyuapi satu sama lain. Ada juga yang merebutkan seekor ayam bakar atau yang disebut dengan ayam Bakakak, siapa yang dapat bagian terbesar dipercaya rejekinya akan lebih banyak.

Padahal filosopi asli dari tradisi ini sebagian orang mengartikan adalah supaya nanti jika suatu saat sudah berumah tangga, mereka harus saling ikhlas jika suami memakan rejeki istri begitu pun sebaliknya. Tidak boleh melihat siapa yang paling besar pendapatannya.

Sawer
Adat & Ritual Pernikahan Sunda Zaman Doeloe Masih Lestari
Sumber kumparan

Dalam pernikahan adat Sunda, rasanya tidak lengkap jika tidak ada yang namanya saweran. Biasanya sebelum uang dan permen dilempar ke tamu juga penonton yang hadir, pengantin akan melakukan beberapa ritual kecil yang dipandu oleh juru rias.

Kalian tau apa saja arti dari peralatan sawer yang ada di nampan? Beras, lidi, kendi kecil, telur, sebatang bambu kecil.

-Beras melambangkan kesejahteraan, diharapkan pengantin hidupnya sejahtera selama menjalani pernikahan.
-Lidi akan dibakar, lalu dicelupkan ke dalam kendi kecil yang berisi air, hal tersebut dilakukan supaya saat ada masalah. Pasangan mampu meredam api kemarahan bersama.
-Telur akan diinjak oleh suami, kemudian istri membersihkan kakinya. Melambangkan agar senantiasa istri memaafkan suami, menuruti ucapannya selama itu baik.
-Sepotong bambu, akan diinjak oleh suami diartikan supaya setelah menikah, suami mampu menekan ego demi rumah tangga yang damai.
-Kendi akan dibantingkan paling terakhir, benda ini dilambangkan sebagai masalah yang ada di dalam pernikahan supaya pasangan bisa memecahkan masalahnya bersama-sama.


Spoiler for Baca Thread Lainnya Klik:



Tradisi pernikahan di setiap daerah tentunya punya makna tersirat dan tujuan tersendiri di dalamnya. Diatas adalah tradisi dan filosopi bagi masyarakat di daerah TS. Untuk yang masih percaya, ritual juga adat ini masih dipakai sebagai bentuk perwujudan kasih sayang orang tua kepada anak yang sebentar lagi akan pergi meninggalkan rumah.

Anak yang biasa mereka asuh, dibimbing dari kecil sampai seorang pria datang mempersuntingnya menjadi seorang istri. Setiap orang tua pasti akan melakukan hal apapun untuk kebahagiaan anaknya, lewat tradisi ini orang tua masih punya kesempatan membahagiakan anak di saat terakhir.

Quote:



Mari Gansist kita diskusi santuy soal ritual dan tradisi pernikahan. Walau sesama orang sunda, tentunya beda daerah punya makna tersendiri kan yah, tidak semua sama hehehe. Sekian thread kali ini, salam santuy untuk kaskuser seluruh dunia. Hatur nuhun
emoticon-terimakasihemoticon-terimakasihemoticon-terimakasih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan 33 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ummusaliha
Halaman 1 dari 4
Pertamax for TS
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan 2 lainnya memberi reputasi
This thread for someone, apakah harus di tag namanya?
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
BID' AHHHH

emoticon-Mad:
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
mana bakakak na.. emoticon-Ultah
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
jomblo tuir udah gak mikirin upacara gituan... emoticon-Leh Uga
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Adat & Ritual Pernikahan Sunda Zaman Doeloe Masih Lestari

Pengen ngode tapi gatau ke siapa emoticon-Ngakak
Ritualnya lumayan panjang emang tapi beneran beda rasanya kalo ada ritual nya
Jadi berasa lebih sakral suasananya
Terlepas dari akad nya emoticon-Malu (S)


Adat & Ritual Pernikahan Sunda Zaman Doeloe Masih Lestari
Adat & Ritual Pernikahan Sunda Zaman Doeloe Masih Lestari
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
adat dan tradisi seperti ini, kalau ditelaah secara mendalam, sebenarnya banyak filosofi positif yang dapat dijadikan pembelajaran. tapi seiring dengan perkembangan zaman, entah kenapa kadang ada pihak pihak yang tidak setuju, dengan alasan tidak sesuai dengan ini atau itu. padahal ini kan budaya asli daerah setempat dan juga di laksanakan di daerah tersebut. ini kadang menjadi pertanyaan yang mengusik hati nurani ane
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
kurang lebih sam kaya Jateng cuma beda nama
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:


Cerdas tuh juru riasnya. Salut ane ada yang begituemoticon-2 Jempol
profile-picture
Ninaahmad memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Banyak ya budayanyaa, ane orang jawa si tapi suka kepo sama nikahan daerah lain
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
mantap betul, janten hoyong pangantenan deui aku jadinya nie dinda
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
beberapa ada yang sama ya sis adat ritual nya kayak di jawa tengah, siraman sama makam suap-suapan ada juga disini 😬
tapi kalau lengser gak ada kayaknya, ibarat di betawi palang pintu gitu bukan sis 🧐
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan ummusaliha memberi reputasi
Lihat 35 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 35 balasan
Quote:


Bagus begitu sist, selain itu juga agar generasi muda tidak sampai melupakan tradisi bangsa sendiri
profile-picture
ummusaliha memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Apapun adat dan ritualnya, yg penting begitu masuk kamar... Crottttt, kerja lemburrr
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan deriandroid18 memberi reputasi
Diubah oleh algojo.cinta
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalo di Sumatra Selatan Palembang ada cacap cacapan. Bukan siraman, ya kurang lebih sama sih ritualnya. Cuma dicacap bukan diguyur emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan citrachoirunisa memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
Adat Sunda kenal tradisi jualan dawet pas siraman mempelai wanita gak? emoticon-Malu (S)
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Yg jelas modalnya banyak,,mau adat sunda apa jawa atau adat yg laen,,emoticon-Leh Uga
Salut buat pemuda yg ngumpulin modal buat nikah adat beneran,,emoticon-Maaf Agan
Tapi kadang realitanya tak sesuai harapan,udah modal banyak,eh ternyata bekas orang udah gak segelanemoticon-Leh Uga
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
Pengetahuan yg bagus nih buat para kaum muda. Apa lagi kalo anak muda jaman now psstinya tidak terlalu mengetahui ritual dan adat seperti ini. Semoga menambah wawasan kita ya gan untuk ora kaum muda bahwa ritual adat itu ada makna tersendiri.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
hy om² ganteng bagi batanya donk emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kevniv dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Bimbang, mau married mempelai wanita maunya adat jawa sedangkan keluarga gue bersikeras adat Sunda 😭
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di