CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Pentingnya Melibatkan Anak Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f2d8a10a7276870b02da0f4/pentingnya-melibatkan-anak-melakukan-pekerjaan-rumah-tangga

Pentingnya Melibatkan Anak Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga

Pentingnya Melibatkan Anak Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga

Sumber gambar : dokpri



Untuk saat ini, anak-anak sekolah masih melaksanakan metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Tentu, waktu bersama anak pun sangat banyak. Bosan, itu pasti! Tetapi mau liburan ke tempat wisata yang sudah dibuka, masih was-was. Jadi, tetap di rumah dengan segala kreativitas bersama anak itu pilihan yang tepat. Apalagi setelah pagi hari mendampingi anak mengerjakan tugas sekolah dengan metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).


Sebagai ibu rumah tangga, pekerjaan rumah itu selalu ada. Jadi, tidak ada salahnya jika orang tua meminta anak untuk membantu melakukan pekerjaan rumah tangga. Tidak perlu dituntut harus sempurna, ya! Tetap sesuaikan dengan usia anak. Bisa dimulai dengan pekerjaan rumah tangga yang paling ringan dan ajarkan secara perlahan pada anak. Saat dilibatkan dalam melakukan pekerjaan rumah tangga, anak pun akan mendapatkan manfaat positif.


Kira-kira, apa saja manfaat positif tersebut?
Simak beberapa penjelasan singkat berikut :


1. Melatih tanggungjawab

Memberi tugas menyiram tanaman bunga di pagi dan sore hari kepada anak, bisa melatih tanggungjawab anak terhadap tanaman bunga-bunga tersebut. Jika lupa menyiram, tentu beberapa tanaman bunga akan layu. Orang tua bisa memberi penjelasan kepada anak, kenapa tanaman bunga tersebut layu. Jadi untuk ke depannya, anak akan lebih bertanggungjawab untuk melakukan tugasnya. Jangan lupa diberi pujian, supaya anak lebih semangat.


2. Melatih kemandirian anak

Anak akan lebih mandiri dan tidak manja jika orang tua melibatkannya dalam melakukan pekerjaan rumah tangga. Secara bertahap, kemandirian anak akan terbentuk sesuai dengan usia anak. Misalnya, memberi tugas anak untuk menyapu dan mengepel lantai kamar. Awalnya, orang tua masih menyapu dan mengepel kembali lantai kamar tersebur karena pekerjaan yang dilakukan anak belum bersih maksimal. Tetapi sesuai perkembangan usia anak, tugas tersebut akan lebih baik sehingga orang tua tidak perlu lagi menyapu dan mengepel ulang.


3. Belajar disiplin

Melibatkan anak dalam melakukan pekerjaan rumah tangga, berarti melatih anak untuk disiplin. Yaitu, disiplin waktu. Misalnya, membiasakan anak bangun pagi untuk menyiram tanaman bunga sebelum melaksanakan PJJ. Kemudian, mengerjakan tugas PJJ tepat waktu.


4. Belajar berempati

Dengan melibatkan anak untuk ikut mengerjakan pekerjaan rumah tangga, berarti melatih anak membangun empati untuk saling membantu dalam kehidupan sehari-hari.


5. Membuat anak lebih bahagia

Quote:

Sumber : di sini



Saat melibatkan anak dalam melakukan pekerjaan rumah tangga, orang tua juga bisa sekaligus memberikan edukasi pada anak tentang pekerjaan yang sedang dilakukan. Tentu, dengan bahasa ringan yang bisa dipahami dan dimengerti oleh anak.


Perlu diingat oleh orang tua, bahwa melibatkan anak dalam melakukan pekerjaan rumah tangga bukan berarti bertujuan untuk meringankan tugas orangtua, ya! Tetapi sebagai proses pembelajaran bagi anak. Sesuaikan juga dengan usia anak.


Pun saat melibatkan anak dalam melakukan pekerjaan rumah tangga, sebaiknya dilakukan dengan penuh kasih sayang, tanpa bentakan maupun kritikan yang hanya akan membuat mental anak turun.


Stay Health!Jangan lupa tersenyum bahagia, jika orang tua bahagia anak pun akan bahagia juga! Jangan menyerahkan dengan keadaan, tetap patuhi protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran virus corona.


Ditulis oleh :
Lina WH

Referensi :
1. Opini pribadi
2. di sini



Pentingnya Melibatkan Anak Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 14 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh lina.wh
Halaman 1 dari 2
Akhirnya... setelah satu bulan tak menulis...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Itu penting banget, biarpun anak cowok udah biasa ngerjain pekerjaan rumah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Lama juga ya mba, lama ngg nulis kadang bingung mengawalinya

Quote:


Iya bener kak oya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lina.wh dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Setuju kak, saat beres-beres rumah bareng, kita libatkan anak anak dengan baik, eh anak-anak suka dan malah antusias emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
lina.wh dan alva610 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Lagi, lagi dan lagi harus sabar. Kadang kan anak-anak malah bikin berantakan. Kadang juga ortu pilih ngerjain sendiri pekerjaan, trus anak suruh main aja.
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Bagus biar ga manjahhh emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
alva610 dan lina.wh memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
benar sekalii. Jangan larang mereka buat ikutan ya. meski kadang bikin rusuh ih 😅
profile-picture
alva610 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
wah ternyata ini alasan ibuku mempekerjakanku bak romusha
profile-picture
lina.wh memberi reputasi
Setuju sis. Kta memang hrus sdikit melibatkan anak2 kta dlam pekerjaan rmah tangga tp pekerjaan yg ringan2 aja dan mdah agar anak kta blajar mandiri dan bertanggung jawab. Selain itu anak jg terhibur dan g merasa bosan dirmah slama pandemi krna mereka tdak bsa beraktivitas sperti biasa
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Seenggaknya membantu mereka utk lebih mandiri dan tnggung jwb
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Bener banget tuh, meskipun pada awalnya anak pasti menolak tapi melibatkan anak dalam melakukan pekerjaan rumah adalah pembiasaan yg baik untuk kedisiplinan
Mungkin orang tua bisa menggunakan cara-cara yang lebih menyenangkan seperti games pekerjaan rumah
Dan ingat..
Begitu terlepas dikit, tujuan membersihkan berubah jadi tujuan bermain...
emoticon-Leh Uga
Benar akhir tujuannya adalah melatih kemandirian, kebersihan dan tanggung jawab.

Mungkin perlu perhatikan juga :
1. Sesuaikan usia, jenis pekerjaan dan alat yang digunakan. Misalnya anak 1-3th jangan gunakan alat yg terlalu berat, bisa nyetrum atau bisa pecah. Bisa dengan cuci mobil atau menyapu dan mengelap rumah, siram tanaman. Setelah 4th bisa diajak cuci piring, cuci baju, dsb.
Kalau sudah SD bisa diajak mengepel, menyetrika, dsb.

2. Hal seperti ini memang bagusnya dilatih di lingkungan rumah, karena di sekolah terbatas sekali dilatihnya.

3. Anak balita menikmati proses keterlibatan dan pekerjaan ini..mereka ga terlalu fokus pada kecepatan atau hasil akhirnya.
jadi kalau kerjaannya lama atau hasilnya ala kadarnya atau berantakan ya biarin aja..nanti akan membaik seiring waktu berlatih.

4. Ada sejumlah ortu yang ga liat tujuan jangka panjang akhirnya..hanya liat tujuan jangka pendek.
Mereka ini akan bilang anak tuh tugasnya belajar atau main, ga usah urus rumah (Padahal kerjaan rumah termasuk belajar dan main kan).
Ada juga sebagian yang merasa kaya beranggapan ngapain anak sy suruh beres2 rumah kan pembantu banyak, anak sy bukan pembantu.
Nah ini penjelasannya bisa agak ribet dan lama karena menyangkut sosial dan harga diri mereka.
Anak kan penasaran mau memainkan alat-alat kebersihan, jangan dilarang, harus diajari cara pakainya
Penting banget untuk perkembangan anak kedepannya
emoticon-Jempol
ya bagus gan buat merekatkan keluarga dan ya punya rasa tanggung jawab bersama juga
ane dulu palinggg males kl disuruh ngerjain kerjaan rmh. eh tp skrg berasa bgt dulu dipaksa2 gunanya apaaa hihi
Iya penting banget
punya pacar, ga dibiasain kerjain kerjaan rumah atau apapun sama org tua nya.. masih beranggapan kalo cowok gaboleh ngapa2in jadi harus cewek.
kita yg jadi ceweknya mau gamau ngerjain semua..
sampe lamaran2 kerja juga orang tuanya nyuruh ane ngerjain.. nyesek gan
Ya benar sekali gan..memang sangat penting melibatkan anak dalam melakukan pekerjaan rumah tangga supaya terlatih mandiri, bertanggungjawab dan disiplin karena kelak anak-anak kita juga akan menjadi orang dewasa yang hidup mandiri tanpa selalu mendapat bantuan kita.
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di