CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / Handphone & Tablet /
7 Fitur Luar Biasa Telegram, Ga Ada Di WhatsApp!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f2d502409b5ca2686771393/7-fitur-luar-biasa-telegram-ga-ada-di-whatsapp

7 Fitur Luar Biasa Telegram, Ga Ada Di WhatsApp!


WhatsApp merupakan aplikasi perpesanan instan terbesar di dunia. Layanan yang diakuisisi Facebook pada tahun 2014 ini, telah diunduh sebanyak lebih dari lima miliar kali. Itu artinya, WhatsApp digunakan oleh hampir dua pertiga populasi di seluruh dunia.
Meskipun begitu, WhatsApp bukan satu-satunya layanan perpesanan instan terbaik yang tersedia. Masih ada alternatif lain seperti Telegram yang baru-baru ini melampaui setengah miliar unduhan di Play Store.

Aplikasi berkomunikasi Telegram asal Rusia ini banyak memberikan berbagai fitur yang hampir serupa dibanding whatsapp. Keduanya juga sama dalam bergerak dalam bidang no telepon untuk media komunikasinya. Akan tetapi Telegram lebih banyak kelebihan dibanding aplikasi chating yang lain yang menarik untuk kita bahas.



Telegram sendiri mulai diperkenalkan pada tanggal 14 Agustus 2013 dibandingkan WhatsApp yang lebih dulu terbit pada 2009. Akan tetapi kelebihan Telegram kurang banyak diketahui oleh masyarakat, yang selama ini masih menggunakan WhatsApp. Masih banyak kok sisi kelebihan yang harus kita pertimbangkan dalam menggunakan Telegram ini yang memiliki jargon kecepatan dan keamanan ini.



Aplikasi yang satu ini patut untuk kita bahas dengan segala kelebihan dan ada pastinya kekurangan akan tetapi kelebihanya menutupi segala kekuranganya. Dari segi tampilan yang mengusung warna biru, serta berbagi dokumen yang lebih besar kapasitasnya dan masih banyak lagi kelebihan Telegram yang harus kita ketahui.



Pasti Setiap aplikasi memiliki keunggulan dan kekurangan. Beda dengan Telegram ternyata lebih banyak keunggulan daripada aplikasi serupa lainya.



Baca ya: Keunggulan Google hangouts dibanding vc yang lainnya



Untuk itu Wayah-e berikan apa saja kelebihan serta keunggulan Aplikasi Telegram dibanding dengan Wa dan aplikasi chatting yang lain.


Sebelum menginjak pada pembahasan Kelebihan aplikasi Telegram, akan lebih utama lagi kita mengetahui Apa itu Aplikasi Telegram serta apa saja fitur dan layanan yang dimilikinya dibanding aplikasi WhatsApp, dll.



Menariknya, Telegram juga memiliki sejumlah fitur luar biasa yang eksklusif alias tidak bisa ditemukan di layanan lain seperti WhatsApp. Apa saja itu?


1. Menggunakan lebih dari satu nomor

7 Fitur Luar Biasa Telegram, Ga Ada Di WhatsApp!

macitynet.it
Setiap pengguna WhatsApp pasti tahu apabila WhatsApp hanya memperbolehkan penggunanya untuk memiliki satu nomor di satu akun. Jadi meskipun HP pengguna telah mendukung dual-SIM, tidak ada cara untuk menggunakan keduanya di dalam satu akun WhatsApp.

Ini menyebalkan memang, namun tidak berlaku pada Telegram. Alih-alih membatasi, Telegram justru membebaskan penggunanya untuk menggunakan lebih dari satu nomor. Dengan begini, pengguna jadi bisa memiliki nomor personal dan bisnis di dalam satu akun Telegram yang sama.

2. Obrolan rahasia

7 Fitur Luar Biasa Telegram, Ga Ada Di WhatsApp!

wikihow.com
Bagi mereka yang peduli dengan privasi dan tidak ingin obrolan mereka tersimpan di server layanan perpesanan yang mereka gunakan, Telegram jadi pilihan terbaik. Mengapa demikian? sebab di dalam Telegram, terdapat fitur ‘peduli privasi’ bernama Secret Chats.

Sesuai namanya, Secret Chats yang artinya obrolan rahasia, memungkinkan penggunanya untuk bisa memiliki obrolan privat yang akan terhapus secara otomatis dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Selain itu, obrolan tersebut juga tidak akan tersimpan di server Telegram.

3. Server proxy

7 Fitur Luar Biasa Telegram, Ga Ada Di WhatsApp!

techacrobat.com
Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, kepedulian Telegram terhadap privasi pengguna tidak berhenti di fitur obrolan rahasia saja. Lebih lanjut, Telegram juga menawarkan opsi bagi pengguna untuk mengatur server proxy yang dapat menyembunyikan lokasi pengguna layaknya VPN.

Untuk mengaturnya, pengguna hanya perlu pergi ke Settings > Data Storage > Proxy Settings, lalu memasukkan detail yang dibutuhkan. Fitur ini menjadi salah satu nilai jual utama Telegram dan alasan terbesar mengapa banyak yang menggunakan layanan buatan kakak beradik Nikolai dan Pavel Durov ini.


4. Bots

7 Fitur Luar Biasa Telegram, Ga Ada Di WhatsApp!

tgraph.io
Sementara WhatsApp cenderung datar dengan hanya menawarkan kemampuan untuk melakukan obrolan via pesan atau video, Telegram tampil menarik dengan menghadirkan yang namanya bots. Seperti halnya Slack, Telegram dilengkapi dengan beragam bot.

Beberapa diantaranya dibuat untuk mempermudah hidup penggunanya seperti bot untuk mengetahui kondisi cuaca, untuk mengetahui musik apa yang sedang diputar dan lain-lain. Untuk memanfaatkan fitur keren ini, pengguna hanya perlu mengunduh bot yang diinginkan lalu mengoperasikannya.

5. Berbagi lokasi secara langsung

7 Fitur Luar Biasa Telegram, Ga Ada Di WhatsApp!

telegram.org
Selanjutnya adalah fitur berbagi lokasi. Telegram memberi penggunanya kemampuan untuk dapat berbagi lokasi secara langsung atau real-time dengan kontak yang diinginkan.

Cara pengoperasiannya sangat mudah di mana pengguna hanya perlu membuka pengaturan lampiran, lalu memilih berbagi lokasi. Ini akurat dan sangat membantu terutama bagi para orang tua yang khawatir dengan keberadaan anak mereka ketika sedang bermain. WhatsApp sebenarnya memiliki fitur seperti ini namun itu masih belum sebaik Telegram.

6. Poll 2.0

7 Fitur Luar Biasa Telegram, Ga Ada Di WhatsApp!

telegram.org
Pada awal tahun ini, Telegram mengumumkan fitur baru untuk meningkatkan pengalaman obrolan. Fitur baru tersebut diberi nama Poll 2.0 – yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan berbagai jenis polling (Visible VotesMultiple Answers dan Quiz Mode) di dalam grup maupun obrolan.

Telegram menyebut jika fitur ini dibuat untuk memberikan penggunanya lebih banyak opsi untuk terlibat dan mengekspresikan pendapat mereka dengan cara memilih dari berbagai opsi. Sementara itu, WhatsApp belum terlihat tertarik menawarkan fitur serupa.


7. Telegram berjalan di Windows, macOS dan Linux secara native

7 Fitur Luar Biasa Telegram, Ga Ada Di WhatsApp!

mspoweruser.com
Berbeda dengan WhatsApp yang untuk bisa diakses di PC harus melalui browser dan laman khusus, Telegram memudahkan penggunanya dengan menyediakan aplikasi sendiri untuk bisa diakses di platform yang lebih besar. Aplikasi tersebut berjalan secara native dan tersedia untuk hampir semua sistem operasi besar seperti Windows, macOS dan Linux. Selain lebih mudah karena step-by-step yang lebih efisien, lewat aplikasi native, aktivitas Telegram pengguna di aplikasi PC, juga bisa disinkronisasikan dengan aplikasi di HP.

Demikian tadi ulasan mengenai fitur-fitur luar biasa Telegram yang tidak dimiliki oleh WhatsApp. 

Telegram adalah layanan aplikasi buatan Rusia yang bergerak dibidang layanan berkomunikasi chat atau messaging. Fiturnya cepat, aman dan rahasia serta ada banyak kelebihan dan keunggulam yang dapat kita rasakan jika menggunakanya.

Tak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar dari kita jarang mengetahui Telegram ini dibanding wa yang lebih populer.

Itu tadi keunggulan Telegram yang belum dimiliki oleh WhatsApp atau aplikasi serupa, dari kelebihan tersebut kita bisa memilih aplikasi mana yang cocok dengan kebutuhan kita saat ini dan setiap aplikasi pasti mempunyai keķurangan.

Dengan keamanan yang lebih baik, mengingat itu jadi hal terpenting dalam layanan perpesanan instan semacam ini, bukan tidak mungkin jika ke depannya, Telegram akan meruntuhkan dominasi WhatsApp dan menjadi aplikasi perpesanan nomor satu di dunia.




Referensi IDNTimes.  https://wayah-e.blogspot.com/2020/04...diungkap.html
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ujellyjello dan 8 lainnya memberi reputasi
Dr berita telegram mau diblokir krn terlalu aman jdnya dipake para teroris buat komunikasi sampai skrg juga ttp pd pake WA

Mungkin msh butuh waktu atau WA yg blunder atau Telegram ada trobosan yg wah

Mungkin krn telegram free seumur hidup vitur langganan whatsapp diapusin
profile-picture
profile-picture
pilke89 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Tapi satu yang bikin WA menang

UX and UI nya simple bgt
profile-picture
profile-picture
aprilice dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
ahaha nah ane juga masih penasaran gan kenapa kok ga pada pindah tele aja gt semua semuanya
entah knp ane blm tertarik pake telegram.. walopun katanya bisa nonton film jg.. udah terbiasa dgn whatsapp yg simpel
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
telegram banyak yang menyalahgunakan ga sih saking privatenya 😂 fitur yg diperlukan whatsapp adalah bisa dobel nomor, plis dong adain..
Tele bisa kirim data sampe 1GB

wasap dilimit sampai max 100 Mb doang

Aku sih tetap jadiin Telegram Alternatif doang. Yang Utama tetap wasap besutan pesbuk

wahahaah
Diubah oleh balnus2019
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Tapi yg make tele masih jarang sih, jadi ane masih make watsap. Tele cuma buat chatan sama yg suka pake tele aja emoticon-Big Grin
klo masalah fitur WA kalah sama telegram... jujur sih ane lebih suka telegram...
Oke juga iki
dulu di telegram, di group ada yg masukin BOT..

kadang kalo di group sepi.. iseng aja ane ajak chat BOT ,

suka emosi juga, nanya nya apa disautin nya apa...

kaya orang gila emang saut sautan sama BOT emoticon-Leh Uga
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
Tele mmg lbh lengkap sih
Menarik juga
Sekarang mungkin nambah banyak pengguna telegram, karna vtuber 😋
profile-picture
profile-picture
profile-picture
red.bezos dan 2 lainnya memberi reputasi
tambah di telegram bisa kirim video sampe 2 jam, gile pas ane tau ini ane langsung register

cari aja judul filmnya, disitu kita bisa donlot film tanpa terputus

setelah itu pindahin filmnya ke sd card biar ga penuh

amazing sekali fitur telegram yg ini ga bisa didapat dimana pun jugaemoticon-Matabelo

telegram hanya untuk cari film
untuk telponan masih pake wa dan line

BATA! emoticon-Bata (S)
profile-picture
profile-picture
drummer.galau dan arvinnoer memberi reputasi
Diubah oleh red.bezos
Ane penginnya di telegram hadirkan lah story kaya wa story atau snapchat. jadi bisa lebih seru. Dulu WA juga ngga ada story nya, baru baru ini aja. ya baru beberapa tahunlah. emoticon-Cool emoticon-2 Jempol emoticon-Ngacir
profile-picture
red.bezos memberi reputasi
fiturnya lengkap juga
emang sebenernya kalo buat sekarang lebih enak pake tele sih dibanding wa
tapi kebanyakan orang udah terlanjur nyaman sama wa jadi susah buat pindahemoticon-Big Grin
profile-picture
pilke89 memberi reputasi
memang telegram ini banyak sekali fitur yang sangat membantu sih gan, saklah satunya adalah botnya dimana banyak sekali hal bisa kita lakukan dari menggunakan bot ini. mulai dari media pencarian hingga untuk bermain game bersama teman-teman lainnya
Ya bisa lebih dr 1 nomor yeeess hehehehe


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di