CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / Handphone & Tablet /
5 Cloud Storage Gratis Yang Bisa Kamu Manfaatkan Sehari-hari
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f2d4e05337f9342fc108665/5-cloud-storage-gratis-yang-bisa-kamu-manfaatkan-sehari-hari

5 Cloud Storage Gratis Yang Bisa Kamu Manfaatkan Sehari-hari


Memori internal ponsel sering kali memiliki daya simpan yang kurang cukup untuk seseorang menyimpan berbagai hal. Untuk mengakalinya terkadang menambah kapasitas dengan kartu memori eksternal.

Cloud storage adalah media penyimpanan file berbasis online atau digital yang mengandalkan koneksi internet untuk akses data. Cloud storage adalah terobosan baru dalam dunia storage atau penyimpanan data yang menonjolkan banyak kelebihan jika dibandingkan dengan media simpan offline seperti hardisk dan flashdisk.
 
Menyimpan file menggunakan cloud storage kini lebih diminati karena berbagai alasan. Anda tidak perlu khawatir dengan serangan virus atau ada kerusakan seperti yang bisa terjadi saat Anda menyimpan file melalui hardisk atau flashdisk

Layanan penyimpanan data menggunakan cloud storage bisa Anda dapatkan secara gratis dengan kapasitas yang sudah ditentukan. Apabila menginginkan ruang penyimpanan yang lebih besar, Anda bisa menggunakan layanan cloud storage berbayar sesuai dengan kebutuhan. Perkembangan cloud storage pun saat ini bekembang sangat pesat. Beberapa contoh media cloud storage yang sangat populer saat ini adalah Google Drive, iCloud, OneDrive dan Dropbox.


Namun, selain itu ada layanan cloud storage yang bisa memberikan tempat penyimpanan gratis, dengan hanya mendaftar saja kamu akan mendapat penyimpanan dengan kapasitas GB. 

Dengan menggunakan cloud storage resiko kerusakan atau kehilangan data sangat kecil sebab data disimpan oleh hosting ke dalam server. Pemakaian cloud storage juga tidak membutuhkan perangkat keras, karena cloud storage hanya mengandalkan koneksi internet untuk bisa mengaksesnya. 

Kelebihan Cloud Storage :


File Tidak Mudah Rusak :


Bila kita menyimpan data pada layanan cloud storage, bisa dipastikan data yang tersimpan tidak akan rusak. Kualitas serta keadaan file tersebut, akan tetap sama seperti waktu pertama kali kita mengunggahnya. Kelebihan layanan cloud ini memang tidak dimiliki oleh media penyimpanan fisik, dimana file bisa saja terhapus atau terinveksi virus.

Media Penyimpanan Tidak Mudah Rusak


Media penyimpanan tidak mudah rusak karena tidak berupa benda fisik. Penyedia pelayanan akan menjaga server dengan baik, untuk meminimalisir terjadinya kerusakan perangkat. Ketika terjadi kerusakan pada perangkat, maka mereka sudah secara otomatis menyiapkan back-up data yang disimpan di dalam server tersebut.

Tidak memenuhi media penyimpanan fisik yang dimiliki


Ketika kita menggunakan cloud storage tentunya akan jauh lebih mengemat tempat padida media penyimpanan tambahan lain seperti hard disk atau flash disk karena da akan tersimpan pada database dalam bentuk digital sehingga tidak akan memenuhi memori penyimpanan di dalam pc maupun hp.

Bisa Diakses Dimana Saja


Dengan menggunakan cloud storage kita tidak perlu membawa hard disk maupun flash disk lagi kemanapun karena semua data yang akan kita gunakan sudah tersimpan di server. Ketika kita membutuhkannya tinggal membuka dan mengunduhnya saja kapanpun  dan dimanapun yang terhubung dengan jaringan internet.

Keamanan Privasi


Privasi kita juga lebih terjaga karena hanya kita sendiri yang dapat mengakses maupun mengelolahnya, beda dengan media penyimpanan seperti flashdisk yang bisa di pinjam orang lain dan otomatis pengguna lain dapat melihat isi file kita. Sedangkan Cloud Storage untuk mengakses di perlukan login ke akun terlebih dahulu menggunakan Username dan Password.



Kekurangan Cloud Storage :


Membutuhkan Akses Internet


Untuk file berukuran besar, dibutuhkan kecepatan internet yang tinggi



Sulit diakses ketika server sedang mengalami traffic yang tinggi atau down



Rentan Terhadap Peretasan

Nah, di sini telah di rangkum 5 cloud storage gratis yang bisa kamu gunakan untuk penyimpanan.


1. Dropbox

5 Cloud Storage Gratis Yang Bisa Kamu Manfaatkan Sehari-hari

cbronline.com
Dropbox adalah salah satu penyimpanan cloud terpopuler. Dropbox juga banyak digunakan bagi pelaku usaha untuk menyimpan file dan dibagikan. Selain megakses dari website Dropbox juga tersedia versi aplikasi baik untuk ios maupun android.

Untuk penggunaan gratis akan diberikan ruang penyimpanan sebesar 2 GB, dan untuk penggunan berbayar kalian bisa menambahkan kapasitas sampai TB. Untuk yang ingin menambah kapasitas tanpa berbayar kalian bisa mengajak orang lain menggunakan layanan Dropbox, kapasitas penyimpanan pun bisa bertambah hingga 16 GB.

2. Box

5 Cloud Storage Gratis Yang Bisa Kamu Manfaatkan Sehari-hari

cloudpro.co.uk
Dalam memberikan layanan penyimpanan gratisnya Box yang di di dirikan tahun 2005 ini menyediakan ruang penyimpanan sebesar 10 GB.

Di dalam Box pengguna dapat mengajak pengguna lain untuk mengedit file bersama. Bagi pelaku bisnis kalian yang ingin mendapatkan lebih banyak fitur dengan upgrade berbayar dengan ruang penyimpanan hingga 100 GB.

3. Mediafire

5 Cloud Storage Gratis Yang Bisa Kamu Manfaatkan Sehari-hari

iconfinder.com
Mediafire memberikan kapasitas yang besar untuk freemium, yaitu 12 GB. Jika merasa kurang kamu bisa menambah penyimpanan sampai dengan 50 GB denga cara membagikan referral link. 

Mediafire cocok untuk yang sering berbagi video dan file lainya di website. Untuk berbayar kapasitas di sediakan sampai 1 TB.


4. OneDrive

5 Cloud Storage Gratis Yang Bisa Kamu Manfaatkan Sehari-hari

howtogeek.com
Sebelumnya dikenal dengan nama OneDrive layanan penyimpanan dari Microsoft ini dikenal dengan nama SkyDrive. Untuk penyimpanan gratis akan diberikan ruang sebesar 5 GB.

Jika ingin menambah daya simpan denga berbayar ada 1 TB, 6 TB, dan penyimpanan tak terbatas untuk kategori berbayar bisnis. Menyimpan di OneDrive membuat terintegrasi dengan berbagai layanan Microsoft.

5. Google Drive

5 Cloud Storage Gratis Yang Bisa Kamu Manfaatkan Sehari-hari

businessinsider.com
Produk penyimpanan dari Google ini favorit bagi pengguna sistem operasi Android karena terhubung dengan berbagai akun Google.

Layanan gratis yang ditawarkan yaitu 15 GB. Lalu bisa upgrade dengan berbayar USD 1,99  ke daya tampung 100GB dan jika masih kurang upgrade ke 1 TB dengan harga USD 9,99.

Nah, setelah Anda mempelajari pengertian serta cara kerja dari cloud storage sekarang saatnya Anda mengetahui apa saja keuntungan yang bisa diperoleh jika memilihnya. Dengan menggunakan cloud storage resiko kerusakan atau kehilangan data sangat kecil sebab data disimpan oleh hosting ke dalam server. Pemakaian cloud storage juga tidak membutuhkan perangkat keras, karena cloud storage hanya mengandalkan koneksi internet untuk bisa mengaksesnya. 



Demikian sekilas informasi yang bisa Anda baca mengenai cloud storage. Media penyimpanan berbasis online ini merupakan pilihan tepat untuk digunakan karena mudah, gratis dan memberikan banyak keuntungan yang lainnya. Namun untuk bisa mendapatkan layanan cloud storage dengan kapasitas yang sangat besar Anda harus menyiapkan dana lebih.





Layanan cloud storage mana yang sering kamu gunakan?

Referensi 

IDNTimes

[url=https://www.baktikominfo.id/en/informasi/pengetahuan/cloud_storage_pengertian_cara_kerja_dan_keuntungan_menggunakannya_yang_perlu_anda_tahu-930#:~:text=Keuntungan%20Menggunakan%20Cloud%20Storage&text=Dengan%20menggunakan%20cloud%20storage%20resiko,koneksi%20internet%20untuk%20bisa%20mengaksesnya.]baktikominfo.id[/url]





Referensi IDNTimes. Referensi IDNTimes.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
ujellyjello dan 4 lainnya memberi reputasi
Referensi

[url]https://www.baktikominfo.id/en/informasi/pengetahuan/cloud_storage_pengertian_cara_kerja_dan_keuntungan_menggunakannya_yang_perlu_anda_tahu-930#:~:text=Keuntungan%20Menggunakan%20Cloud%20Storage&text=Dengan%20menggunakan%20cloud%20storage%20resiko,koneksi%20internet%20untuk%20bisa%20mengaksesnya.[/url]

http://ayukhusnulkhotimah.web.ugm.ac...cloud-storage/
Dropbox trial 30 hari doang mending mediafire
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Ane sih makenya mediafire ama Gdrive wkwk
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Ane make gdrive, ga pernah make yg lain
profile-picture
junleon memberi reputasi
gue pake gdrive dan onedrive aja sih gan
itu juga masih banyak yang kosong
Memakai dropbox sekitar awal 2011 saja, mungkin sekitar 3 tahunan
Pakai google drive semenjak punya HP android, lebih sering buat nampung backup file di HP dan file2 yg gede
Kalo OneDrive mungkin sudah 5 tahun terakhir ini karena antara PC dan laptop bisa sinkron dgn mudah dan nggak ribet tanpa install aplikasi tambahan di window 10, biasanya buat backup file tipe dokumen.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
aman atau kagak tuh ?
jangan jangan data nya bisa diintip orang lain

emoticon-Hammer2
GD sama MEGA sih ane emoticon-Big Grin
yg jelas hisa dibuka di mana aja dan aman itu sih gan yg paling penting kan yak
sampe sekarang masih pake google drive doang. mediafire taunya kalo ada file yg didownload aja wkwk
Bermanfaat ya
google drive sama dropbox masih sering ane pake gan bermanfaat banget sih
ya nih.. kadang harddisk dah penuh.. susahhhh
Nice info Gan, ane baru tau ternyata ada beberapa aplikasi yang terlihat menarik juga, ane selama ini hanya menggunakan fasilitas Google Drive sama Dropbox saja


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di