CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Hewan Peliharaan /
Benarkah Hewan Bisa Memprediksi Bencana Alam Gempa Bumi ?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f2c9456f4d6952a2535de50/benarkah-hewan-bisa-memprediksi-bencana-alam-gempa-bumi

Benarkah Hewan Bisa Memprediksi Bencana Alam Gempa Bumi ?


Bersama saya,dan...hy.
Quote:

Terlepas dari itu,setelah bencana terjadi banyak laporan,atau kabar yang mengatakan ada kejadian aneh berupa hewan terdampar dipesisir laut,burung tiba-tiba terbang jauh dari sarangnya dalam skala besar dan berbagai kejadian perilaku aneh hewan lainnya.
lalu benarkah hewan bisa memprediksi bencana alam gempa bumi?

Apakah benar hewan bisa memprediksi bencana alam gempa bumi?
Benarkah Hewan Bisa Memprediksi Bencana Alam Gempa Bumi ?

[/left]

Oke,jawabannya beberapa jenis hewan bisa merasakan kehadiran gempa besar beberapa saat 'sebelum gempa itu terjadi'.Hal ini disebabkan oleh kemampuan hewan untuk merasakan pergeseran sangat halus atau tiba-tiba dilingkungan yang disebabkan oleh gempa bermagnitude rendah.Dan itu adalah kemampuan yang tidak dimiliki secara alami oleh manusia.Saat gempa terjadi, maka ia akan memancarkan gelombang seismik dengan frekuensi sangat rendah (infrasonik) yang tidak bisa didengar oleh telinga manusia dan hanya bisa didengar oleh beberapa makhluk hidup saja.sebagai perbandingan,manusia hanya bisa mendengar gelombang suara dengan frekuensi dari 31 Hz-19kHz. sapi dengan frekuensi 23 Hz-35 kHz dan gajah pada frekuensi 17 Hz-10.5 kHz.
Sementara gempa bisa menghasilkan gelombang infrasonik dengan frekuensi sangat halus yakni 17 Hz-0,001 Hz dan tentu saja tidak dapat didengar oleh telinga manusia maupun sapi  namun bisa didengar oleh gajah atau paus beluga.
Quote:

Secara ilmiah,hewan (kita ambil contoh gajah) bisa memprediksi gempa dalam jangka pendek berkat kemampuannya mendengar dan merasakan gelombang suara rendah dengan kecepatan penyebaran di udara yang tinggi hingga 300m/s (dimana Tsunami sendiri mempunyai kecepatan gelombang suara 200m/s).kemampuan ini adalah alasan rasional kenapa gajah dan beberapa hewan lain di beberapa tempat di Asia-Pasifik secara tiba-tiba bergerak ketempat yang lebih tinggi tepat beberapa saat sebelum Tsunami Hindia-Pasifik 2004 menghantam.Alasannya adalah karena saat terjadi aktivitas tektonik kecil maka ia memancarkan  gelombang infrasonik yang sangat halus kisaran 17-0.001 Hz yang kemudian ditangkap oleh telinga dan otak hewan sehingga hewan tersebut menjadi reaktif beberapa saat sebeum terjadi gempa besar 2004.Walau kemampuan hewan mendeteksi gempa bumi jangka pendek masuk akal,namun penjelasan ini masih hipotesis.
Untuk memprediksi gempa dalam jangka panjang,itu hanya bisa dilakukan oleh beberapa hewan seperti ikan (paus Beluga dan beberapa jenis ikan lainnya).Hal itu dimungkinkan berkat kemampuan mendeteksi perubahan medan listrik atau magnetik serta aktivitas tektonik yang meningkat atau terkonsantrasi di kerak bumi yang biasa terjadi jauh hari sebelum gempa.Lagi,walau kemampuan hewan mendeteksi gempa jangka Panjang itu logis,namun ini masih hipotesis.
Dan masih banyak hipotesis lainnya yang menjelaskan kemampuan hewan merasakan perubahan lingkungan akibat gelombang infrasonik gempa atau berkat merasakan medan magnetik dan pemusatan aktivitas tektonik dan sebab-musabab lainnya.
----

Tetapi perlu diingat bahwa tidak semua perilaku aneh hewan itu menandakan ia sedang mendengar atau merasakan gelombang infrasonik gempa atau perubahan medan magnetik dan meningkatnya aktivitas tektonik bumi.Bisa saja hewan tersebut berperilaku aneh karena sedang kelaparan,terancam oleh predator,mempertahankan wilayah teritorial atau sedang memikat pasangan.
oleh karena itu,para ilmuwan mengatakan sangat sulit mengumpulkan bukti untuk melakukan studi ilmiah terkait perilaku hewan terhadap gempa bumi,walaupun hewan reaktif terhadap perubahan getaran dipermukaan bumi namun tidak berarti semua perilaku aneh hewan itu menandakan ia sedang merasakan perubahan getaran pada permukaan bumi.
Berbeda dengan bencana alam lainnya yang dapat diprediksi seperti badai.Gempa bumi tidak dapat diprediksi secara pasti.oleh karena itu hampir mustahil meneliti perubahan perilaku hewan terhadap hal yang kita tidak tahu kapan akan terjadinya seperti,gempa.

Bagaimana Kesimpulannya?
Benarkah Hewan Bisa Memprediksi Bencana Alam Gempa Bumi ?
Gambar

[left]
Quote:




Demikian.
Thank,

Saleum.
Sumber : tulisan pribadi
Referensi : sini , kesini
 .

profile-picture
profile-picture
profile-picture
ujellyjello dan 26 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh bintanghu
Halaman 1 dari 4
Pembahasan lengkap ada di YouTube saya,Gan.hehe.Jangan lupa nonton.

Diubah oleh bintanghu
Mudah bagi peneliti untuk meneliti perilaku hewan terhadap event alam yang dapat diprediksi.Semisal perubahan perilaku hewan terhadap gerhana matahari atau perubahan perilaku hewan beberapa saat sebelum badai besar menghantam.karena peneliti tau kapan waktu pastinya harus meneliti hewan sapi,gajah,etc.
Sementara mustahil mempelajari perilaku hewan terhadap event alam yang tak bisa diprediksi seperti perubahan perilaku hewan terhadap gempa bumi.capek peneliti bersama sapi tapi gempa tak kunjung datang atau gempa datang malah sapinya gak ada.hmmmm.
Diubah oleh bintanghu
Kemungkinan semua hewan punya naluri breh
profile-picture
bintanghu memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kadang hewan nunjukin gelagat aneh, tapi kita gak ngerti apa maksudnya. Jadi gak bisa siaga emoticon-Matabelo
profile-picture
bintanghu memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Dulu nenek gue selamat dari gempa karena ngasih makan kucing di luar rumah.
profile-picture
profile-picture
ninipara dan bintanghu memberi reputasi
Dulu waktu ane masih kecil, belakang rumah itu gunung waktu dikampung. Kalo ada gempa atau kebakaran gt hewan2 pada turun gunung. Kijang dulu masih ada, musang, babi hutan. Secara insting kali ya gan, setiap kejadian itu ane slalu ambil kesimpulan. Untuk Alam ternyata Hewan lebih peka daripada Manusia.
profile-picture
bintanghu memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Kalo digunung, hewan2 pada turun ke bawah biasanya mau ada gempa
profile-picture
bintanghu memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Insting binatang tajem banget, kalau di gunung biasanya hewan pada turun ya kalau mau ada bencana :ceyem
profile-picture
bintanghu memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Bisaa aja sih lewat firasat hewan gituu
profile-picture
bintanghu memberi reputasi
Biasanyaa hewan yang kayak gitu seperti kucing dan anjing bahkan kuntul burung iruu
profile-picture
bintanghu memberi reputasi
Ogut yang ga tau jadi tau deh...


-bata only
profile-picture
profile-picture
dhanyjos dan bintanghu memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-Leh Uga
Pernah sih pas sebelum gempa dini hari beberapa waktu lalu dengar suara tikus ribut di luar rumah terus baru setelahnys kerasa ada gempa.
emoticon-Wkwkwk
profile-picture
bintanghu memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Instinggnyaa sangatt kuat yahh binatang. Mah
profile-picture
bintanghu memberi reputasi
dan karena udah lama ane tau beberapa hewan bisa mendeteksi/memprediksi bencana alam, pernah suatu tengah malem ane denger kyk ada suara kumpulan burung gitu lewat diatas rumah ane seakan-akan kyk kabur dari sesuatu gitu.
jadi mikir yang ngga-ngga emoticon-Takut (S)

ternyata ga ada apa apa emoticon-Hammer
profile-picture
bintanghu memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Sikap hewan tersebut bisa menjadi suatu isyarat bagi manusia yg mengerti
profile-picture
bintanghu memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Bicaraa tentang alamm hewan pun juga peka terhadap lingkunganya
profile-picture
bintanghu memberi reputasi
Quote:

Gw nonton National Geographic, kemunculan ular telah digunakan untuk memprediksi gempa sejak setidaknya 373 SM.
Masih dari sumber yang sama, pada tahun 1975, para pejabat Cina memerintahkan evakuasi di Haicheng, sebuah kota dengan satu juta penduduk, beberapa hari sebelum terjadinya gempa berkekuatan 7,3 skala Richter.
Kala itu, sebelum terjadinya gempa, pemerintah sudah mengamati perilaku aneh sejumlah hewan, salah satunya ular.
Akibatnya, hanya sedikit warga yang terluka atau tewas pada peristiwa gempa besar tersebut.
para ilmuwan mengatakan bahwa ular dapat merasakan gempa pada jarak 120 km, bahkan 5 hari sebelum gempa itu terjadi. Selain itu, ular disebut sebagai makhluk yang paling sensitif terhadap getaran.
Respons yang diberikan ular juga tidak menentu, tapi umumnya mereka akan keluar dari sarang, dan jika gempa yang akan terjadi tersebut besar, ular akan melarikan diri dengan menabrakkan tubuhnya ke tembok.





Tritnya informatif banget, wak.... Ajibemoticon-Toastemoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gpfan dan 2 lainnya memberi reputasi
mungkin bisa juga karena allah menciptakan hewan dengan kelebihan dari indra manusia , contohnya pada saat di kuburan ayam bisa mendengar ada aktifitas didalamnya.
https://mesinlaundrydepok.com
profile-picture
bintanghu memberi reputasi
Itulah yg membedakan manusia dg hewan gan. Hewan dikasih kelebihan insting, sedangkan manusia dikasih kelebihan akal. Tp kadang2 kebalik. Manusia pake insting kaga pake akal.

Kata kake ane dlu mmg pertanda gan. Klo hewan pada turun gunung akan terjadi bencana dr gunung entah gempa, longsor. Tapi klo hewan2 pada nyari tempat yg lebih tinggi besar kemungkinan ada tsunami.
profile-picture
bintanghu memberi reputasi
kalo gini, ane malah jadi bertanya-tanya... sebenarnya manusia ini asli dari bumi atau pendatang bumi ya? Alias kita yang ternyata jadi alien buat hewan-hewan emoticon-Bingung (S) emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
seryozha1945 dan bintanghu memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di