CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Proses Penukaran Koin Kreator Ada Perubahan Cek Infonya di Sini Gan!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Masyarakat Wajib Pegang Uang Segini Biar Kuat Hadapi Resesi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f2c0d3cf4d6951db44ed730/masyarakat-wajib-pegang-uang-segini-biar-kuat-hadapi-resesi

Masyarakat Wajib Pegang Uang Segini Biar Kuat Hadapi Resesi

Jakarta - Indonesia kini di ambang jurang resesi. Hal ini ditandai dengan realisasi pertumbuhan ekonomi kuartal II yang negatif 5,32%.
Bila, kuartal III-2020 ini ekonomi Indonesia kembali minus, maka Indonesia resmi mengikuti jejak negara-negara lain yang sudah terjun bebas ke jurang resesi seperti Amerika Serikat, Singapura hingga Uni Eropa.

Perencana Keuangan Zelts Consulting Ahmad Gozali mengatakan, masyarakat bisa mulai menyiapkan dana cadangan agar tahan banting dari efek resesi tersebut. Besaran dana cadangan yang disiapkan jumlahnya bisa 3-12 bulan pengeluaran bulanan mereka.

Misal, pengeluaran bulanan 1 keluarga adalah sebesar Rp 5 juta dikali 12 bulan, maka setiap keluarga minimal harus punya dana cadangan sebesar Rp 60 juta untuk bertahan hidup sampai 1 tahun kemudian. Tujuannya tentu untuk jaga-jaga apabila terjadi badai PHK atau pemotongan gaji mendadak.

"Dana likuid ini untuk cadangan pengeluaran jika terjadi masalah dengan penghasilan. Saya sarankan agar tiap keluarga punya dana cadangan setara dengan 3 sampai 12 kali pengeluaran bulanan. Sebab, lapangan kerja akan semakin sulit mengingat aktivitas ekonomi menurun," ujar Ahmad kepada detikcom, Kamis (6/8/2020).

Dana cadangan yang dimaksud bisa disimpan dalam bentuk cash, tabungan, deposito atau emas. Bila belum memiliki dana cadangan sebesar 12 bulan pengeluaran, maka upayakan terus menyisihkan 10-20% gaji ke dalam dana cadangan tersebut sampai jumlah yang ditakar mencapai targetnya.

"Dana cadangan bentuknya cash, tabungan, deposito, emas. Jika saldonya sudah dalam batas aman 3-12 bulan pengeluaran, berarti sudah aman, tidak perlu ditambah. Jika kurang dari itu, maka diisi dengan setoran dari penghasilan (bisa 10% sampai 20%) atau mengubah dari aset investasi lain ke dalam bentuk yang likuid tadi," paparnya(eds/eds)


https://m.detik.com/finance/perencan...-hadapi-resesi




kasihan rakyat kecil penghasilan pas2an cuma cukup utk makan sehari hari, gimana bisa menyisihkan dana cadangan?? emoticon-Turut Berduka





GIF
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 6 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Makanya kerja tong, jangan dema demo muluk emoticon-Busa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tomez dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Yang kurang ajar itu koruptor. Mereka mengambil uang yg bkn haknya.
profile-picture
Sleipnir9 memberi reputasi
Masyarakat Wajib Pegang Uang Segini Biar Kuat Hadapi Resesi

emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ya bagi2 aja tuh duit APBN
Bagi rata ke setiap orang
Sudah itu urus diri sendiri aja
Pemerintahan off aja dulu
Biar rakyat urus nasib sendiri
profile-picture
profile-picture
atharus dan sonicyouth memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
jual mobil gan
Masyarakat Wajib Pegang Uang Segini Biar Kuat Hadapi Resesi

Masyarakat Wajib Pegang Uang Segini Biar Kuat Hadapi Resesi

Masyarakat Wajib Pegang Uang Segini Biar Kuat Hadapi Resesi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Lah 7jt onta idiot yg kerjaannya demo gmn?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
atharus dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Kurangi kegiatan sehari2 seperti duduk2, ngerumpi, ngopi, medsos, tiktok dan perbanyak berdoa memohon rejeki dari tuhan masing2.....
profile-picture
mr.rio04 memberi reputasi
Yang paling penting, kalo pandemi kelar sebelum awal 2021, efeknya ga bakal terlalu dalam, tetapi kalo sampe 2021 masih belum kelar-kelar juga, ga bisa gue bayangin deh kacaunya gimana.
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Asal deket sama rt/rw mah enak, bantuan pemerintah lancar dapetnya.
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:


Masyarakat Wajib Pegang Uang Segini Biar Kuat Hadapi ResesiMasyarakat Wajib Pegang Uang Segini Biar Kuat Hadapi Resesi
profile-picture
introvertpsycho memberi reputasi
pulang kampung,ternak lele,timbun gabah emoticon-Shakehand2emoticon-Cool
Gak ngurus
Makanya berkebun dong, nanem di pot kek, sayur2an & buah2 gampang tanam, jgn beli mulu, misqin lu trus gak bs makan, taunya makan dr beli emoticon-Betty
profile-picture
atharus memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Semoga cepat pulih dan ga sampe rusuh
Harusnya gak perlu di beritain gencar masalah resesi.. gak usah disuruh buat siapin dana simpanan.. justru malah tambah banyak yng ngerem belanja gegara berita ginian.tambah makin runyam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rachmacool dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mending siapin faktor perut dlm hal ini pangan. Pertanian, perkebunan, peternakan & perikanan

Indonesia msh dikaruniai lahan yg luas & subur
Semakin d beritakan semakin banyak orang yg ngerem buat blanja.. Ini yg perputaran uang nya agak melambat emoticon-Mewek
profile-picture
trac0ne memberi reputasi
Tenang cuy, nggk usah khawatir,
Nggk usah mikir saving,
kata menteriny sang tjahaya asia indonesia belum resesi, ntar lagi juga ada bantuan bagi penghasilan dibawah 5 juta.

Kalopun worst case ampe kelaperan,
Tinggal salahin anies, ormas radikal dan anti kebabisukian, hti, 212, 320, 306, 406,


emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kapyong dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh dmcarthur
ya gini berhemat aja...jangan beli barang sekunder seperti motor, mobil dll..bersiaplah
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di