CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Proses Penukaran Koin Kreator Ada Perubahan Cek Infonya di Sini Gan!
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Inspirasi /
Ketahui Fakta Kesehatan, 'Tidur dengan Kipas Angin'
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f2ac50e9a972e23cd17f062/ketahui-fakta-kesehatan-tidur-dengan-kipas-angin

Ketahui Fakta Kesehatan, 'Tidur dengan Kipas Angin'

Ketahui Fakta Kesehatan, 'Tidur dengan Kipas Angin'
Halodoc, Jakarta – Sebagian masyarakat memilih menggunakan kipas angin atau AC untuk membantu menjaga suhu ruangan supaya sejuk dan tidak terlalu panas. Sebagian orang ada yang beranggapan jika tidur dengan kipas angin menyala cenderung lebih berbahaya.

Hal ini disebabkan karena udara tidak segar bisa terperangkap dalam kamar sehingga memicu kamu mengalami kekurangan oksigen dan membuatmu lemas.

Kondisi Apa yang Membuat Tidur Pakai Kipas Angin Berbahaya?
Bagi kamu yang memiliki alergi dan asma sebaiknya waspada. Pasalnya, kipas angin bisa menyebar partikel-partikel debu dan potensi alergen lainnya yang menimbulkan iritasi.

Selain itu, bisa juga menyebabkan debu dan kotoran yang ada di ruangan menjadi berterbangan dan lebih mudah terhirup oleh saluran pernapasan manusia. Kondisi ini sangat membahayakan bila dialami oleh bayi dan anak-anak, terutama bila yang kondisi kekebalan tubuh mereka belum kuat.

Bila dibiarkan, bisa membuat seseorang lebih mudah mengalami kulit dan mata kering. Lebih parahnya lagi bisa menyebabkan infeksi saluran pernapasan, di antaranya faringitis (penyakit peradangan yang menyerang tenggorokan atau kerongkongan), pneumonia (paru-paru basah), rhinitis (peradangan atau iritasi yang terjadi pada hidung) atau bronkitis (suatu peradangan pada cabang tenggorok).

Bagi orang yang sensitif terhadap udara yang dingin, paparan suhu dingin yang berasal dari hembusan angin dari kipas angin pun bisa membuat kamu merasakan reaksi seperti alergi, ruam kulit, keluhan rasa sesak, mual atau keluhan lainnya.

Maka dari itu, ruangan perlu dijaga kebersihan, agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan. Selain itu, perlu juga mengikuti di bawah ini untuk meminimalisir dampak tidur dengan kipas angin.

Cara Mengatasi Dampak Tidur dengan Kipas Angin
Untuk meminimalkan risiko kambuhnya alergi, kamu perlu secara rutin membersihkan bilah kipas yang sudah berdebu secara rutin. Jangan terlalu mengarahkan kipas angin langsung ke arah tempat tidur atau tubuh agar melindungi diri dari debu dan zat alergen lainnya. Selain itu, perlu juga memasang penyaring udara di kamar tidur.

Berikut ini cara lain yang bisa dilakukan untuk mencegah dampak negatif tidur pakai kipas angin:

👉 Pastikan tidur dengan pakaian yang nyaman.
👉 Pilih bantal dan posisikan senyaman mungkin.
👉 Minum segelas air putih sebelum tidur.
👉 Atur kecepatan kipas, sebaiknya jangan terlalu kencang.
👉 Atur jarak tidur dengan kipas, jangan terlalu dekat.

Berdasarkan penjelasan di atas, sebenarnya tidur dengan menggunakan kipas angin tidak terlalu membahayakan. Yang terpenting, selama pemakaian kipas angin kamu merasa nyaman dan tidak merasakan keluhan kesehatan itu berarti tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Tetapi, bila kamu memiliki alergi, asma, dan kulit kering, sebaiknya lebih berhati-hati dan bisa menerapkan tips di atas.

Itulah penjelasan terkait dampak tidur dengan kipas angin yang perlu kamu ketahui. Bila kamu mengalami keluhan akibat terlalu banyak menggunakan kipas angin, sebaiknya segera tanyakan pada dokter untuk mengecek masalah kesehatan yang kamu alami.

👉 https://www.halodoc.com/artikel/tidu...n-berbahayakah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrastrid dan 2 lainnya memberi reputasi
Bahaya juga ternyata yah. Saya malah tidur pakai 2 kipas angin. Dan emang lebih sering masuk angin sih jadinya.
profile-picture
AbangJoya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ane tdr slalu pake kipas, tp biasa jendela dibuka dikit dan kipas ane arahin ke kaki atau tembok.

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sinyoirwan dan 2 lainnya memberi reputasi
ane seringnya kalau makai kipas angin malah terus mual gan :ceyem
profile-picture
AbangJoya memberi reputasi
Alhamdulillah dah 20 th lebih gw pake kipas tiap tidur, ga ada apa-apa.
emoticon-Smilie
profile-picture
AbangJoya memberi reputasi
Sama, ane tiap bangun tidur abis semalaman pake kipas bikin mata kering. Perut juga kembung dan kentut.
profile-picture
AbangJoya memberi reputasi
ac juga ada blower kipas nya
profile-picture
AbangJoya memberi reputasi
Kipas anginnya hadapkan ke dinding biar anginnya mantul. Ketimbang kipas anginnya lsg diarahkan ke badan kita, ga bagus buat kesehatan.
profile-picture
AbangJoya memberi reputasi
buat orang lemah kaya aku, kalo pake kipas angin tuh bikin sakit perut kaya masuk angin gt hahaha
profile-picture
AbangJoya memberi reputasi
jangan terus-menerus ke arah badan kan bisa tuh automatis muter-muter, jadi suhu tubuh juga lebih terjaga. emoticon-Toast
profile-picture
AbangJoya memberi reputasi
Katanya menyebabkan paru paru basah atau pneumonia
profile-picture
AbangJoya memberi reputasi
Dari dlu gk pernah tidur pake kipas angin gan
Klo kepanasan ya tidurnya gk pake baju ,cuma pake celana pendek,klo kedinginan ya dipake baju nya,(malah ana gk pernah pake selimut wkkw) sesimpel itu gan haha
Yg penting itu klo tidur buat ane harus gelap ,itu saja,klo ada cahaya lampu susah merem hahaha
profile-picture
AbangJoya memberi reputasi
Diubah oleh ik54n54
kalau tidur pake ac aman gak ya ? heheheh
profile-picture
profile-picture
aircondition dan AbangJoya memberi reputasi
Saya tidak pernah tidur pake kipas angin
Karena saya tidak punya kipas angin


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di