CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Buku /
5 Novel Paling Kontroversial, No 4 Karena Dianggap Ajarkan Komunisme
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f2aad5665b24d44995797c7/5-novel-paling-kontroversial-no-4-karena-dianggap-ajarkan-komunisme

5 Novel Paling Kontroversial, No 4 Karena Dianggap Ajarkan Komunisme

Buku disebut sebagai jendela dunia karena dengan membaca buku kita bisa menyerap berbagai informasi tanpa harus bergerak jauh. Buku terutama novel adalah sesuatu yang sering dibaca banyak orang di dunia. Karya sastra yang mendunia memang patut diapresiasi apalagi karya tersebut mendapatkan sambutan yang luar biasa karena kualitasnya. Namun ternyata ada juga beberapa novel yang menuai kontroversi ketika diterbitikan dikarenakan berbagai hal. Buku-buku tersebut bahkan ada yang sampai dilarang untuk terbit. Nah gan, berikut ini adalah beberapa buku paling kontroversial yang pernah ada di dunia.

1. Satanic Verses5 Novel Paling Kontroversial, No 4 Karena Dianggap Ajarkan Komunisme
Buku yang sangat kontroversial karangan penulis asal India, Salman Rushdie. Novel ini dianggap menghina agama Islam karena isi ceritanya yang dinilai menghujat Nabi Muhammad. Saking kontroversialnya, novel ini dilarang terbit di beberapa negara termasuk Amerika Serikat, Jepang, dan Venezuela. Iran memfatwa Salman Rushdie untuk dihukum mati, sementara itu novel ini memicu kemarahan umat Islam. Meski demikian, nyawa Salman Rushdie tetap selamat.

2. Lolita5 Novel Paling Kontroversial, No 4 Karena Dianggap Ajarkan Komunisme
Dari judulnya saja sudah bisa ditebak apa isi cerita dalam novel ini. Ya, tentang pedofilia. Seperti yang diketahui jika pedofilia dikecam keras oleh warga dunia. Ditulis oleh Vladimir Nabokov, novel yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1955 di Perancis ini menceritakan seorang pria, Humbert, yang memiliki obsesi kepada gadis 12 tahun, Dolores Haze. Lolita dilarang terbit di berbagai negara karena isinya yang dianggap tidak pantas. Namun di lain sisi, buku ini malah laris manis.

3. The Da Vinci Code5 Novel Paling Kontroversial, No 4 Karena Dianggap Ajarkan Komunisme
Merupakan novel karya Dan Brown paling terkenal dan terjual hingga jutaan eksemplar di seluruh dunia. Di balik kesuksesannya, buku ini menyimpan kontroversi. Sejumlah pihak menganggap The Da Vinci Code menyinggung umat Kristiani. Dalam novel ini diceritakan sebuah rahasia yang selama ini ditutupi. Simbolog Robert Langdon terjebak dalam konspirasi dan harus mengungkap misteri yang kodenya terdapat pada lukisan Monalisa dan Lukisan Perjamuan Terakhir karya Leonardo Da Vinci. Dalam penelusurannya Langdon menemukan jika Yesus pernah menikah dan mempunyai keturunan.

4. Bumi Manusia5 Novel Paling Kontroversial, No 4 Karena Dianggap Ajarkan Komunisme
Yang satu ini datang dari Indonesia. Bumi Manusia adalah bagian satu dari novel Tetralogi Buru karya penulis legendaris Indonesia, Pramoedya Ananta Toer. Novel ini terbit di era orde baru dan menceritakan seorang anak pribumi ningrat bernama Minke di era kolonial Belanda dan bagaimana kehidupannya yang penuh dengan kelas dan rasisme di era tersebut. Namun justru di era order baru buku tersebut dilarang terbit karena dianggap mengajarkan paham komunisme. Ane sendiri enggak menggerti kenapa bisa dianggap demikian.

5. Animal Farm5 Novel Paling Kontroversial, No 4 Karena Dianggap Ajarkan Komunisme
Ada sebuah hal yang menarik dari novel ini yaitu tanggal rilisnya yang bertepatan dengan kemerdekaan Indonesia yaitu 17 Agustus 1945. Novel klasik karangan George Orwell ini menjadi bacaan yang menarik sekaligus agak kontroversial. Karya fiksi ini menceritakan sekelompok binatang-binatang di ladang yang memberontak terhadap peternak manusianya. Akhir cerita pemberontakan tersebut malah berakhir lebih parah karena peternakan itu justru jadi dikuasai oleh babi yang otoriter. Novel ini dilarang di empat negara seperti Korea Utara, Uni Emirat Arab, Vietnam, dan Rusia.

Itu dia gan kelima buku novel yang paling kontroversial. Ada yang pernah agan baca? emoticon-Big Grin

Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sunshii32 dan 32 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh cintadine
Halaman 1 dari 5
Bumi manusia, kalau dibaca sekarang jadi percintaan inlander dengan kompeni, seperti percintaan yang dilarang saat itu emoticon-Hammer (S)

Komunisnya dimana yah? emoticon-Bingung (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh epopolocroia
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Itu lucu tuh yang hewan hewan malah memberontak
Ane jadi kepikiran
Hewan itu punya pikiran gak yah??
Punya teknologi atau punya cara untuk merancang masa depan atau cuma makan minum napas tidur aja yah
???
emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dewars12yo dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Yang pernah ane baca,
"The Satanic Verse." Mahakarya dari Salman Rushdie.

emoticon-Angelemoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
toni00296 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh reep1000
dari sebuah tulisan banyak yang bisa terguncyang ya, mantep bener dampak dari sebuah tulisan :goyang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
jadi pengen baca novel2 itu emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
Semua buku karangan dan brown memang melahirkan kontroversi. Sebenarnya kalau dibaca jalan ceritanya wajar aja. Apalagi kalau dari awal kita ingat kalau ini novel fiksi. Yang bikin kontroversi adalah tulisan di awalnya bahwa semua tempat dan artefak yang disebutkan di cerita ini adalah nyata adanya. Tapi kalau kita googling ya memang nyata adanya. Tapi itu hanya sekedar obyek cerita. Dan rata rata novel nya menyerang agama, dan tatanan suatu negara yang kuat. Sehingga kita berpikir ada celah di dalamnya yang bisa menghancurkan agama atau negara itu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mantelbulu dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Nomer 4 kan cuma ngeritik feodalisme Jawa emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 3 lainnya memberi reputasi
Buku Lolita dan Davinci Code👍
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan kakekane.cell memberi reputasi
yg nmr 4 komunisnya dimana.. emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
renofizaldy dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Tapi bumi manusia skr banyak dicari malah, digramed pernah tuh kehabisan stok
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan kakekane.cell memberi reputasi
Satanicem verse itu sbnr nya sebuah kisah fiktif, tp ama rezim mullah iran, hal2 fiktif = nyata, jd nya di cap sbg penistaan agama... slain itu, novel tsb hny dilarang di sebagian negara2 dlm OKI saja, kalo di bnyk negara2 blok barat, aman2 saja lah itu... emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cloudkid77 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh yoseful
Bagus semua, Lolita belum dibaca
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan kakekane.cell memberi reputasi
Diubah oleh eckosz
5 Novel Paling Kontroversial, No 4 Karena Dianggap Ajarkan Komunisme

banyak yg kontroversi, tapi American psycho juaranya, saking kontroversinya si penulis dikirim surat ancaman kematian dari banyak orang.
emoticon-Takut

btw nice thread gan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fat.max dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Berharap Indonesia ada karya seperti Bumi Manusia lagi, atau buku buku tentang Indonesia. Membuat Indonesia maju dan berkembang. Jika tulisan bisa digunakan untuk mengkritik maka tulisan seharusnya juga bisa digunakan untuk membangun.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lsenseyel dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
imajinasi penulisnya bisa memprofokasi pembacanya
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan kakekane.cell memberi reputasi
Emang kenapa sih sama ajaran komunisme ? Pada alergi semua yah ?
emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Animal farm kocak gan...
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan kakekane.cell memberi reputasi
Mungkin negara yang melarang nomor 5 tersungging di samain kaya babi emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 3 lainnya memberi reputasi
Nice share...
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan kakekane.cell memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di