CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Jangan Ketipu Dengan Gambar Ini Dan Teknik Meraup Keuntungan Besar Untuk Usahamu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f295e554601cf75a72a68a2/jangan-ketipu-dengan-gambar-ini-dan-teknik-meraup-keuntungan-besar-untuk-usahamu

Jangan Ketipu Dengan Gambar Ini Dan Teknik Meraup Keuntungan Besar Untuk Usahamu


Kalau kamu berfikir semua pilihan yang kamu ambil saat berbelanja berasal dari hati sanubari mu paling dalam atau keinginan bebas yanh berada dalam kendalimu coba pikir lagi, mungkin mainmu kurang jauh,mungkin.

Jangan Ketipu Dengan Gambar Ini Dan Teknik Meraup Keuntungan Besar Untuk Usahamu
ilustrasi foto

Suatu hari, Agan bersama pacar tersayang pergi ke bioskop untuk nonton. Tentulah agan membeli popcorn untuk dimakan sambil menikmati film.


Ada 2 pilihan ukuran popcorn yang dapat agan pilih:
Jangan Ketipu Dengan Gambar Ini Dan Teknik Meraup Keuntungan Besar Untuk Usahamu

Ukuran mana yang akan agan pilih?
Kalau anda seperti kebanyakan orang, maka agan akan memiliki ukuran yang kecil saja yang harganya terasa pas di dompet karena tidak terlalu mahal.


Tapi bagaimana jika sekarang terdapat 3 ukuran yang dapat dipilih:
Jangan Ketipu Dengan Gambar Ini Dan Teknik Meraup Keuntungan Besar Untuk Usahamu

Sekarang pilihan agan mungkin mulai berubah, agan barangkali mempertimbangkan ukuran medium supaya cukup dimakan berdua sampai film habis karena yang kecil spertinya terlalu sedikit. Jangan-jangan lampu baru dmatikan, popcornnya sudah habis.

Tapi tunggu harga medium ternyata hanya berbeda lima ribu rupiah dengan ukuran besar dan saat agan ta sengaja memilih ukuran medium, mbak penjual yang cantik dengan sigap mengingatkan agan: "Gak sekalian yang besar aja, kak? Soalnya cuma beda lima ribu loh.

Otak agan, maksudnya emosi agan lalu mengambil alih. Rugi betul kalo beli ukuran medium sementara cuma nambah goceng bisa dapet ukuran yang besar dan dalam sekejap.

Agan pun akhirmya memutuskan untuk membeli ujuran besar saja karena itu terasa lebih menguntungkan. Selamat agan sudah terkena Decoy Effect.
Jangan Ketipu Dengan Gambar Ini Dan Teknik Meraup Keuntungan Besar Untuk Usahamu

Apa yang sesungguhnya telah terjadi? Simple saja, penjual popcorn ingin agar orang-orang membeli popcorn ukuran besae daripada yang kecil.

Caranya adalah dengan memasukkan opsi ketiga, yaitu ukuran medium yang sama sekali tidak menarik (dan tidak seimbang) yang memang tidak dimaksudkan untuk dipilih melainkan hanya demi mengacaukan pilihan agan.

Tujuannya adalah untuk membuat harga popcorn ukuran besar memiliki value yang lebih baik. Opsi ketiga yang sengaja dibuat tidak menarik ini disebut sebagai Decoy.
Jangan Ketipu Dengan Gambar Ini Dan Teknik Meraup Keuntungan Besar Untuk Usahamu

Decoy effect adalah sebuah fenomena dimana konsumen cendrung mengganti pilihan di antara dua opsi jika diberikan opsi ketiga yang tidaj seimbang.

Sekarang mari coba kita lihat contoh lainnya yang tak kalah menarik, The Economist Sebuah jurnal terkenal memberikan 3 opsi berlanggan:
Jangan Ketipu Dengan Gambar Ini Dan Teknik Meraup Keuntungan Besar Untuk Usahamu

● Agan mungkin heran melihat opsi 2 dan 3 ternyata memiliki harga yang sama,bukan?
●Agan berfikir orang bodoh mana yang memilih opsi 2 sementara ia dapat memilih opsi 3 dengan harga yang sama?

Yaa.. agan benar Opsi 2 adalah sebuah Decoy, menurut riset yang dilakukan tanpa opsi 2 mayoritas orang akan memilih opsi 1 yang jauh lebih murah, tetapi dengan menambahkan opsi 2 maka pilihan terhadap opsi 3 akan melonjak tajam.

Berikut hasil:
Jika tersedia 2 opsi 68 oramg akan memilih opsi 1 (online subscription) 32 orang memilih opsi 2 (print subscription) menghasilkan total sales = $8,012

Jika tersedia 3 opsi 16 orang memilih opsi 1 (online subscription) 0 orang memilih opsi 2 (print subscription) dan 84 orang memilih opsi 3 (Online + Print Subscription) dengan total sales = $11,444
Jangan Ketipu Dengan Gambar Ini Dan Teknik Meraup Keuntungan Besar Untuk Usahamu
Terlihat bagaimana ada 262% lebih banyak orang memilih opsi 3 hanya dengan menambahkan sebuah Decoy!

Soo.. apa sesungguhnya yang terjadi? Inilah yang terjadi? Saat ada 2 pilih tersedia, orang akan cendrung lebih susah untuk menentukan pilihan dan harus kerja keras sebelum membuat keputusannya.
Jangan Ketipu Dengan Gambar Ini Dan Teknik Meraup Keuntungan Besar Untuk Usahamu
Dan karena befikir itu sulit dan tidak menyenangkan, maka The Economist menghadirkan opsi ketiga untuk memudahkan.

Ini sama seperti jika pada seuatu hari, agan berkesempatan untuk memilih destinasi liburan dengan harga yang sama:
Jangan Ketipu Dengan Gambar Ini Dan Teknik Meraup Keuntungan Besar Untuk Usahamu

Mana yang akan anda pilih? Mungkin Anda akan sulit memutuskan karena kedua kota itu sama-sama keren dan sama-sama belum pernah anda kunjungi.

Tapi bagaimana jika ane menambahkan opsi ketiga?
Jangan Ketipu Dengan Gambar Ini Dan Teknik Meraup Keuntungan Besar Untuk Usahamu
Ya, tentu saja ketiganya punya harga yang persis sama. Dalam seketika pilihan Anda mungkin akan tertuju ke Roma (termasuk sarapan) karena ini jelas lebih menguntungkan dan menarik dibanding dengan Roma (tanpa sarapan) Roma (tanpa sarapan) adalah si decoy.
Jangan Ketipu Dengan Gambar Ini Dan Teknik Meraup Keuntungan Besar Untuk Usahamu

Dan tentu saja decoy tersebut dihadirkan agar Anda lebih muda membuat keputusan untuk memilih roma dibandingkan paris.
Quote:


Jangan Ketipu Dengan Gambar Ini Dan Teknik Meraup Keuntungan Besar Untuk Usahamu
Coba lihat dengan pilihan kedua Roma dan paris keduanya dengan sarapan kemungkinan kedua paket rersebut untuk dipilih adalah banding 50:50 dan saat roma tanpa sarapan dimasukan, maka walau secara matematis kemungkinan paket untuk dipilih adalah banding 33 : 33 : 33 tetapi karena harga paket Roma dengan atau tanpa sarapan sama saja.

Maka paket roma (dengan sarapan) akan menjadi lebih menarik dibandingkan roma (tanpa sarapan). Sehingga dalam sekejap akan mengambil seluruh peluang yang tadinya ada di Roma (tanpa sarapan)
Jangan Ketipu Dengan Gambar Ini Dan Teknik Meraup Keuntungan Besar Untuk Usahamu
Hanya memberika opsi 3 yang tidak seimbang, kita dapat melihat peluang opsi Roma 2x lipat atau menjadi 66%
Fakta menarik, sesungguhnya ini bisa terjadi karena manusia tidak pernah memilih berdasarkan keputusan absolut.

Kita tidak memiliki pengukur internal untuk menilai berapa harga sebuah produk atau layanan, melainkan membuat perbandingan dari opsi-opsi yang tersedia dalam rangka menilai pilihan mana yang paling menguntungkan bagi kita.

Nilai kita selalu tercipta dari relativitas antara setiap elemen yang berbeda dalam sebuah konteks.

Kalau agan bingung, contoh paling mudah untuk menjelaskannya, adalah dengam melihat gambar ini:
Jangan Ketipu Dengan Gambar Ini Dan Teknik Meraup Keuntungan Besar Untuk Usahamu
Menurutmu apakah kedua lingkaran biru itu berukuran sama?apakah yang kiri lebih besar? Jika itu yang kamu lihat, maka kamu salah. Ini dapat terjadi karena kamu membandingkannya secara relatif dengan lingkaran-lingakaran yang mengelili lingkaran biru tersebut. Padahal faktanya keduanya punya ukuran yang sama.

Quote:

Dan sebaliknya sebagai konsumen Decoy Effect adalah hal yang perlu diperhatikan saat menentukan pilihan ketika berbelanja. Ini membuat kita menyadari jika seringkali pilihan yang kita ambil saat berbelanja kadang hanya berdasarkan persepsi yang salah, yaitu saat kita ingin berhemar atau merasa lebih hemat.
Tapi kok justru malah merogoh isi dompet yang lebih dalam.

Jangan Ketipu Dengan Gambar Ini Dan Teknik Meraup Keuntungan Besar Untuk Usahamu

Sungguh terlalu
Cuma beda goceng, ternyata memang kelewat sering menipu kita.

Sumber: 1 2
Sumber foto: Google dan editan
Narasi: Opini pribadi


Terima kasih
Dan Salam,KASKUS
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bolang11 dan 89 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7
Psikologi pasar gan.

Btw, ane pertamax.

Jangan Ketipu Dengan Gambar Ini Dan Teknik Meraup Keuntungan Besar Untuk Usahamu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joki.ngepot dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Psikologi yg selalu ada di setiap fast food dan kopi starbokek.

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sinyoirwan dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Oh jadi gini cara marketing
profile-picture
profile-picture
profile-picture
king.aslan dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Dunia marketing kyknya emang wajib ada Psikologinya dikit2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joki.ngepot dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pentingnya akal sehat dan pentingnya tau betapa bokeknya diri kalian mka semua akan terhindar dr decoy effect....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
king.aslan dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Trik markentir gan
profile-picture
mahirbro memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
pertamax gan,lsg bookmark
profile-picture
mahirbro memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
bener bner dh ya tricknya wkw
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan mahirbro memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Kyk pernah liat di channel yutub
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joki.ngepot dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Saya adopsi gambarnya gan, kaya id di bawah saya

Quote:


Iya gan, kaya beli kentang ukuran 500 gram sama 1kg, pedagangnya bilang mending yg 1kg, harganya lbh murah

Quote:


Iya sy baru tahu pun

Quote:


Semua ada tehnik2 nya, keren emang

Quote:


Bener gan, kalau sy mau beli kekeh dg pilihan sih, tp kadang penjualnya bikin bimbang jugaemoticon-Cape d...emoticon-Hammer2

Quote:


Hu'um gan

Quote:


Sm bang haji

Quote:


Mantap emang

Quote:


Nyimak akak
profile-picture
profile-picture
meooong dan mahirbro memberi reputasi

1.2.3

..jd orang kaga fokus ke pilihannya ya gan ..disebut jebakan batmen kaga juga sih mgkin pengalihan. Lah kita sendiri yg pilih.. yg menurut kita cocok ambil. Kalau jelek dan ga minat ya jgn diambil. sesuaikan aja ma kantong masing2..intinya sih seller punya stategi gimana caranya item ini laku terjual.ya pake pake Decoy itu.ok gan thanks treatnya iseng2 baca dpt ilmu
profile-picture
profile-picture
anggrekbulan dan mahirbro memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Bakal ane terapkan nih
profile-picture
mahirbro memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Banyak orang ingin mendapatkan keuntungan besar dalam bisnis, hal itu memang seperti tampak wajar. Tapi ada yang lebih membahagiakan dari sekedar untung besar dalam bentuk uang, yaitu adalah berbagi kepada orang lain.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
crashtr dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Biasanya untuk mengantisipasi decoy effect, ane ga beli sm skali gan
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joki.ngepot dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Kalau ane tetap pilih yg paling murah sih gan emoticon-Ngakak (S)
Tapi kalo gak ati2 bisa ketipu juga tuh
Keren trit ente
profile-picture
mahirbro memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Naruto pernah makan ini

Trus kenapa
profile-picture
mahirbro memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Info yg berguna, gan emoticon-Cendol Gan
profile-picture
mahirbro memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
mangkanya, belilah sesuai kebutuhan, bukan sesuai keinginan. selalu pakai logika dan akal sehat, kesampingkan nafsu dan ego
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joki.ngepot dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane pernah liat situs berita,
langganan sebulan harga segini, setahun harga segini.
Kalau dihitung yang bulanan jatuhnya lebih murah dari yang tahunan.
Iya, itu decoy.

Ane cuma mikir pelanggan dengan kemampuan matematika dasar di bawah rata-rata yang komit ambil tahunan karena secara insting berharap mendapat harga lebih murah, kalau tiba-tiba sadar terkena decoy, apa nggak kesel.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joki.ngepot dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
the power of iklan emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
profile-picture
mahirbro memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di