CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sejarah Rokok Di Indonesia Dan Bujuk Rayuan Iklan Rokok Dibungkus Dengan Rapih
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f28dcd6e83c72046207a393/sejarah-rokok-di-indonesia-dan-bujuk-rayuan-iklan-rokok-dibungkus-dengan-rapih

Sejarah Rokok Di Indonesia Dan Bujuk Rayuan Iklan Rokok Dibungkus Dengan Rapih

Dari berbagai macam kisah kekejaman Nazi ada satu nama yang jarang muncul dalam pembicaraan. Hidrogen Sianida, senyawa kimia ini adalah senjata paling efektif dalam pembantaian massal warga Yahudi Eropa.

Pada puncaknya, senyawa ini merenggut 6000 jiwa manusia, setiap hari.
Sejarah Rokok Di Indonesia Dan Bujuk Rayuan Iklan Rokok Dibungkus Dengan Rapih
Sumber: The Boy in The Striped Pajamas (2008)


Hari ini, produksi hidrogen sianida dikontrol dengan sangat ketat agar tidak dikonsumsi manusia, Kecuali jika Anda merokok.

Konsentrasi zat ini memang rendah dirokok namun jika dikonsumsi rutin ia dapat meningkatkan resiko masalah neurologis, pernafasan hingga fungsi jantung.


Hindrogen sianida hanyalah satu dari 5000 zat kimia yang dikandung rokok, 150 diantaranya, terbukti berberbahaya bagi manusia Sejarah Rokok Di Indonesia Dan Bujuk Rayuan Iklan Rokok Dibungkus Dengan Rapih
Sumber:
IARC Monograph
National Center for Biotechnology Information



Ia juga mengandung 62 zat yang dikatagorikan sebagai karsinogen, zat yang bisa menimbulkan kanker.

Ya, merokok memamg tidak serta merta membunuh Anda namun ia meningkatkan resiko timbul berbagai penyakit mematikan.

Namun setelah bebagai upaya, konsumsi rokok masih sangat sulit dikendalikan.

Pada tahun 2013
3 dari 10 penduduk Indonesia di atas 15 tahun adalah perokok
Sumber: (Riset Kesehatan Dasar 2013, Kementrian Kesehatan)


36 persen pelajar usia 13 sampai 15 tahun merokok pada tahun 2014, 9 persen diantaranya mulai merokok pada usia 7 tahun ke bawah.
Sumber: (Global Youth Tobacco Survey: Indonesia report, 2014)




Gambar horor atau peringatan bahaya di tiap bungkus rokok tampaknya tak mampu membendung penigkatan jumlah perokok pemula tentu saja, warung rokok ada di mana-mana bahkan di lingkungan sekolah lengkap dengan sepanduk yang menjajaka rokok eceran dengan harga murah
Sejarah Rokok Di Indonesia Dan Bujuk Rayuan Iklan Rokok Dibungkus Dengan Rapih
Reklame dan iklan rokok bertebaran diruang publik dengan pesan sublin yang seragam.


"Meski rokok membunuhmu" Go Ahead Lets do it
"Nggak ada loe gak rame"


Yang tidak media katakan
Keterbatasan sering kali membuat manusia jadi lebih kreatif hal ini setidaknya dibuktikan oleh promosi iklan rokok.
Sejarah Rokok Di Indonesia Dan Bujuk Rayuan Iklan Rokok Dibungkus Dengan Rapih
Pada 2012, Pemerintah melarang iklan memuat aktivitas rokok, wujud rokok bahkan menyebut bahwa iklan tersebut adalah iklan produk rokok.

Di televisi pun, iklan rokok hanya boleh tayang pada jam dewasa, karena pembatasan ini industri periklanan mesti pintar dalam membangun citra dan asosiasi dari sebuah merek rokok.
Bahkan sampai mengolok-olok regulasi yang membatasi iklan rokok itu sendiri.
"Nah Jin aku mau terkenal se-Indonesia"
"Foto ku eksis dimana-mana"
"Oke, foto dulu ya"


Asosiasi dan citra memang produk utama dari iklan, itulah yang dijual oleh iklan. Dengan demikian ukuran utama keberhasilan iklan bukanlah tingkat penjualan produk melainkan pengenalan citra dari sebuah brand.

Setiap brand rokok memiliki citra masing-masing yang disesuaikan dengan target pasarnya. Namun iklan-iklan ini punya garis besar, benang merah yang membangun asosiasi rokok secara umum.

Salah satu narasi yang kerap mengemuka adalah narasi tentang jati diri individu, narasi ini dibanhun dari nilai-nilai inspiratif, seperti:

"Langkah penasaran penuh dengan pencarian"
"Jadi, apa langkah kita selanjutnya?"


"Bakat yang sebenarnya"
"Adalah saat kita nggak pernah menyerah"


"Kita ukur sukses dengan cerita"


Nilai-nilai ini menciptakan rokok dengan kontemplasi, perjalanan memaknai hidup semacam kebijaksanaan, individualitas dalam iklan rokok pun seringkali dilekatkan dengan imaji maskulinitas sejati.

Hal ini masuk akal, mengingat sebagian besar konsumen rokok adalah laki-laki[, persebaran perokok berdasarkan jenis kelamin (2013)

Sumber:WHO ReportOn The Global Tobacco Epidemic, 2017: Indonesia



Citra maskulinitas ini dibungan petualangan, hobi yang macho, hingga perempuan.
Citra inilah yang disematkan pada brand rokok sebagai pelengkap dari identitas diri laki-laki sebagai individu yag aktif, bebas, dan punya percaya diri yang kuat singkatnya Keren.

Selain individualisme, kebersamaan juga menjadi narasi dominan dalam iklan rokok. Lingkungan pertemanan adalah salah saru dorongan kuat yang membuat seseorang merokok iklan rokok pun membuat kecendrungan ini dengan kebersamaan yang hangat.

"Sepanjang jalan kenangan kau peluk diriku mesra"

Ceria dan penuh solidaritas
"Cowok U-mild lebih tahu"
Kebersamaan ini, tentu saja, diasosiasikan dengan rokok, sebab.


Aktivitas merokok memang punya sejarah panjang dalam budaya indonesia dan hal ini menjadi nilai jual tersendiri dalam iklan rokok.

Iklan Dji Sam Soe, misalnya, kerap menggambarkan pewarisan tradisi asli indonesia yang diteruskan ke generasi muda.
Narasi iklan semacam ini menyuntikan citra bahwa dengan menghisap rokok, kita menjadi seseorang nasionalis. Seolah- olah dengan merokok kita telah berkontribusi dalam melestarikan tradisi dan budaya "asli" Indonesia.

Spoiler for Sejarah rokok:


Selain iklan , "Kreativitas" strategi komunikasi industri rokok juga mengemuka dalam strategi lain baik melalui CSR atau iklan layanan masyarakatSejarah Rokok Di Indonesia Dan Bujuk Rayuan Iklan Rokok Dibungkus Dengan Rapih
Atau menjadi sponsor besae untuk acara-acara yang berkaitan dengan anak muda.
Sejarah Rokok Di Indonesia Dan Bujuk Rayuan Iklan Rokok Dibungkus Dengan Rapih
Melalui cara ini, industri rokok membangun citra bahwa ia bukan sekedar mencari untung namun juga punya kepedulian sosial bahwa ia ingin berkontribusi bagi kemajuan Indonesia.


Quote:


Wacana-wacana ini kerap muncul dalam komunitas perokok dan diwajarkan oleh iklan.
Pilihan untuk merokok memang merupakan hak individu, namun sering kali, orang mulai merokok dari usia anak dan remaja.
Ketika masih dalam pencarian jati diri san mudah terkesan, pada usia- usia ini pilihan untuk merokok pun seringkali tidak dilandasi oleh alasan rasional dan pengetahuan soal kesehatan yang cukup.

Rokok memang di regulasi dengan cukup ketat, namun dengan beredar bebasnya penjualan rokok di lingkungan sekolah serta materi promosi yang sangat persuasif dan mudah diakses oleh anak dan remaja.
Jam tayang serta peringatan horor di bungkus rokok pun tak punya daya bujuk, karena, pada saat yang bersamaan berbagai jenis media terus merajuk.


Sumber: 1
Sumber foto: Google images
Sumber Video: Youtube
Tulisan: opini pribadi

Terima kasih,
Dan salam.KASKUS
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ctrl.alt.death dan 9 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Sejarah Rokok Di Indonesia Dan Bujuk Rayuan Iklan Rokok Dibungkus Dengan Rapih

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
king.aslan dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Itu iklan rokok terbaru merk ES** yang captionnya LOVE YOURSELF" biar cepat mati maka merokoklah begitu arti CAPTIONNYA.
profile-picture
profile-picture
king.aslan dan mahirbro memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Selama BPJS masih pakai Uang hasil Cukai Rokok untuk nutup Defisit Anggaran, lebih bagus non perokok yang benci bener sama rokok diem deh. emoticon-Ngakak
profile-picture
haryoms memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ya gimana lagi? kan gk boleh nampilin produk secara eksplisit di iklan?
akhirnya ya harus kreatif. jujur, iklan2 yg ane liat bagus2 biasanya ya iklan rokok. tapi ane cuman liat di bioskop doang si, udah gk pernah nonton tv
profile-picture
mahirbro memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
rokok penyumbang devisa terbesar buat negara ya .
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
ironi kalau iklan rokok di Indonesia itu secara kualitas dan budget selalu nomor 1.......yang bisa nyaingin iklan rokok secara skala secara keseluruhan menurut gw cuma iklan mi instan emoticon-Big Grin
Diubah oleh hhendryz
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ini forum berita politik. Di the lounge sepi, Sampe bikin disini?
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Efektif
Mengurangi populasi
Secara perlahan dan pasti
Dengan cara yang profitable



Ya karena itulah
Dibiarkan

emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
fachri15 dan mahirbro memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Bomat ah.. bkn perokok emoticon-Traveller:
profile-picture
langkasenenge memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
That's not my problem, I'm not smokeremoticon-Ngakak

BATA!emoticon-Bata (S)
profile-picture
mahirbro memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Good, bisa disarankan untuk orang yang suka bakar-bakar sampah dan hutan itu. Karena itu lebih berbahaya ...
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Ga ada Rokok. Indonesia bangkrut om
profile-picture
WarBrain memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
1. Kalau rokok itu membunuh dan pemerintah narik cukai dari situ berarti pemerintah juga membunuh rakyatnya.
2. Tutup lah pabrik rokok
3. Orang merokok sudah ada dari jaman dulu Indonesia. Sejak jaman penjajahan para penjajah ada cerutu, Indonesia ngelinting sendiri. Rakyat Indonesia buktinya bertambah terus, ga berkurang.
4. Berapa sih kematian karena rokok? Coba angkanya dan realnya. yang murni mati krn merokok

Rokok tembakau itu produk Indonesia cuy, harusnya jadi kebanggaan kita.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
harsontol dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
Benci boleh tp untuk pribadimu saja. Jgn kau sok2 kampanyekan anti rokok segala. Krn manfaat dari rokok untuk indonesia sangatlah besar.
Sejarah Rokok Di Indonesia Dan Bujuk Rayuan Iklan Rokok Dibungkus Dengan Rapih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ardian76 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kalau merokok itu baik, pasti anak dan istri sudah diajak dan dianjurkan oleh para kepala keluarga perokok emoticon-Big Grin
profile-picture
mahirbro memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pemerintah mah belon serius masalah rokok, pencegahan sebelum2nya cuman ikut2an doang.
Yah minimal berlakuin dulu aturan batas umur merokok dan tata cara penjualan rokok, paling standar itu.
profile-picture
mahirbro memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Rokok 100rb/bungkus cuma bakal jadi wacana. Mana bisa kehilangan sumber pendapatan paling gede emoticon-Big Grin
profile-picture
mahirbro memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
harus diakui iklan ROKOK paling bagus dan kreatif
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
ujung2nya duit sih
untung ane udah berhenti ngeroko sejak lama emoticon-Smilie
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Anda tidak merokok.. bagus.. anda sehat.. blm tentu.. kl makan mulu kagak pernah olah raga..

Anda merokok, tp olah raga ya balance..

Anda tidak merokok dan olah raga.. selamet lah.. mudah2an ga punya penyakit keturunan..

Anda tidak merokok.. silakan.. tp ga perlu lah nakut2in ato ngajak2 org benci perokok..
Tinggal tunggu kampanye vegan.. anda jd benci vegan gak..

Buat perokok.. merokok jgn ditempat tertutup dan ada non smokers.. ente bisa memberi penyakit ke org lain.. Kl perokok mati gara2 rokok.. wajar.. lah.. non smoker mati gara2 perokok.. ente pembunuh dong..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
natsu_warana dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di