CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Utang PLN Hampir Rp500 Triliun, Bisa Bangkrut?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f2760ffc8393a14c6290662/utang-pln-hampir-rp500-triliun-bisa-bangkrut

Utang PLN Hampir Rp500 Triliun, Bisa Bangkrut?

Utang PLN Hampir Rp500 Triliun, Bisa Bangkrut?

Quote:


Sumber
https://ekonomi.bisnis.com/read/2020...-bisa-bangkrut

Jangan kebanyakan belain PLN dong hir, masak pelanggan listrik kena tagihan naik kemarin masih lu belain. Kalau satu ya boleh lah, ini hampir banyak pelanggan yang kena. Itu artinya ada masalah di internal mereka, jangan dibela yang begituan. Bikin ga simpatik lo ah. Benahin dulu dalemnya ini sesuai penjabaran kemarin.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bucox dan 41 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 8
Makanya saya tetep bayar tagihan listrik yg 3 bulan ini melonjak 2x lipat,itung2 bantu PLN..emoticon-Traveller
Bener ga nya PLN merugi hanyalah PLN n tuhan yg tau..emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trac0ne dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Rasionalisasi gaji karyawan lu bro... Gajinya gak karuan itu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trac0ne dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
Banyak karyawan PLN yg ga pada lulus sekolah...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Wiselye dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Dia utang sama siapa gan ?🥺
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 2 lainnya memberi reputasi
PLN keuangannya minus, hutang berlimpah2, tapi ga ada upaya untuk melakukan penghematan seperti yang dilakukan di Garuda (pemotongan gaji direksi/komosaris & karyawan, penghilangan tunjangan2 yang sifatnya kemewahan, pengeurangan tenaga kerja )
Budayanya masih seperti pegawai negri, ga heran kalau terancam bangkrut, kapaupun bisa bertahan, hanya menggantungkan subsidi pemerintah saja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Adit.m.n dan 26 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Quadpixel
kadrun memanfaatkan momen ini untuk menyerang pemerintah, tapi sigoblog lupa, sama seperti pertamina, pln juga didominasi kadrun kadrun laknatullah

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Barcelonists dan 21 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
kayanya data pln jg masih berantakan, ngurusin detail digit tagihan listrik suka salah input..di tagihan keluar 800.987 pas bayar 800.789 n sebaliknya..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ali_rahmatullah dan 3 lainnya memberi reputasi
Masukin perusahaan listrik dari luar dah, biar main nya sehat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mubafirs dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 14 balasan
bumn gaji gede,tunjangan mantap. monopoli tp gg bs bayar utang...

capek lah...
enakan pegawainya, bulanan lancar... ya semoga ada yang mau bantu bayar utangnya hehehhe.

minimal bunganya aja deah ...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riezazura dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh norlandtio
Menteri BUMN minta capex [belanja modal] PLN dipotong dari rencana Rp100 triliun menjadi 30-40 persen. ( Sekitar Rp50 triliun hingga Rp60 triliun ) Karena menurut ET Capex ini terkadang jadi proyek.

"Kita nggak mau juga Capex PLN sampai Rp 100 triliun saya minta cut 30-40% karena kan kadang-kadang Capex jadi proyek," kata Erick di Kantor BUMN, Jumat, (12/06/2020).

Pengamat energi dari Institute for Essential Services Reform (IESR) Fabby Tumiwa menyoroti soal membengkaknya utang PLN yang mencapai hampir Rp500 triliun hingga akhir tahun lalu. Sejak awal program 35.000 MW diluncurkan, sekitar 40 persen total investasi memang ditanggung oleh PLN khususnya investasi pembangkit sebanyak 10 GW dan transmisi dan distribusi.

Adapun, diperkirakan estimasi kebutuhan investasi program 35.000 MW sebesar U$80 miliar, PLN menyediakan sekitar US$35 miliar atau Rp500 triliun hingga Rp550 triliun.

"Iya pastinya membengkak. Dari total kebutuhan pendanaan itu, dana sendiri paling banyak 20 - 25 persen, makanya sisanya dari pinjaman," ucapnya.

Namun demikian, menurutnya, bukan karena 35.000 MW utang PLN membengkak tetapi tuntutan PLN dengan nilai asset US$100 miliar hingga US$120 miliar memang harus investasi paling tidak 8 hingga 10 persen.

"Apalagi selama beberapa tahun sebelumnya, nilai investasi PLN tidak besar hanya US$3 miliar hingga US$4 miliar per tahun," tutur Fabby.

PLN harus bekerja sama dengan produsen listrik swasta atau IPP untuk menyelesaikan megaproyek 35.000 MW. Nantinya, porsi swasta dalam pembiayaan proyek tersebut lebih besar daripada perusahaan. 

"Untuk 35.000 MW memang alokasi lebih besar IPP, sekitar 70 persen. Empat sampai lima tahun mendatang itulah proporsinya. Ini merupakan dorongan pemerintah dengan mempertimbangkan kondisi keuangan PLN," kata Zulkifli.

Dengan skema tersebut, pihak IPP yang membangun proyek tersebut bisa menjual listriknya kepada perusahaan. Kesepakan kedua belah pihak bakal diatur dalam kontrak jual beli listrik atau Power Purchase Agreement (PPA).

PLN kalau bangkrut sih enggak. Soal tagihan²an, masyarakat kita terkadang kalau ngak ditagih suka lupa, tetiba sekian lama begitu ditagih marah².
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trac0ne dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh 54m5u4d183
dari dulu emang bermasalah ni,
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan 2 lainnya memberi reputasi
Ndak masalah emoticon-Cool
Utang semakin banyak, nantik klo pembangkit listrik sudah jadi narik duid nya jg banyak, cepet lunas dan cepet kaya. Bisa hura2 ndak abis.. malah kaya. emoticon-Smilie Hepi ending
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 2 lainnya memberi reputasi
penyesuaian gaji donk.

masyarakat bukan iri sama gaji kalian, tapi disaat utang kalian gede banget tagihan masyarakat yg kalian naikin

kalau utang kalian ga sebanyak itu mau gaji karyawan kalian selevel kepala dinas smua juga masyarakat ga bakal komplain
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fuckinghandsome dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
terus kl bangkrut indonesia jd ga punya listrik gitu? kembali ke jaman batu? wkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pandoria dan 4 lainnya memberi reputasi
PLN klo bangkrut gimana dah? putusin semua listrik se Indonesia?
profile-picture
profile-picture
entop dan juraganind0 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ambisi 35rb watt dari otak kosong, bawahannya takut dipecat jadi ABS...
wah ndak tau sayah emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 3 lainnya memberi reputasi
Udh rugi sok sok kasih disc.
Hapus subsidi silang biar pada sadar kalau kaga mampu jangan pakai listrik banyak2 dan
Kenakan tarif standard merata.
Jadi bisa jelas.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 4 lainnya memberi reputasi
Fix salah kadrun..
Pokoknya kl ada masalah apapun di bumn itu salah kadrun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
atmajazone dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Perusahaan Monopoli kok merugi. .
Malu sama Indihome saingan banyak tapi tetap kuat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mubafirs dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
gk percaya pln bangkrut dah monopoli naikan harga seenak jidat proyekan energi dimonopoli juga gmana mo bangkrut......
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riezazura dan 3 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di