CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Proses Penukaran Koin Kreator Ada Perubahan Cek Infonya di Sini Gan!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ketua KPAI: Mengapa Mas Menteri yang Milineal Tak Berdaya Atasi Persoalan PJJ?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f27588e9a972e74225a8b0b/ketua-kpai-mengapa-mas-menteri-yang-milineal-tak-berdaya-atasi-persoalan-pjj

Ketua KPAI: Mengapa Mas Menteri yang Milineal Tak Berdaya Atasi Persoalan PJJ?

Ketua KPAI: Mengapa Mas Menteri yang Milineal Tak Berdaya Atasi Persoalan PJJ?


JAKARTA, HALUAN.CO - Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia Retno Listyarti mengirim surat terbuka kepada Mendikbud Nadiem Makarim.

Apanya yang penting: Dalam surat terbuka tanggal 1 Agustus 2020 itu, Retno mengkritik sejumlah kebijakan mas menteri di bidang pendidikan, salah satunya pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Konteks: Sejak Indonesia dilanda wabah virus korona, Kemendikbud menerapkan PJJ secara daring maupun luring.

Apa katanya: "Mengapa Mas Menteri yang dijuluki menteri milineal justru terkesan tak berdaya? Tidak terlihat langkah-langkah konkrit Kemdikbud mengatasi berbagai kendala PJJ," tanya Retno dalam surat terbukanya itu.

Padahal menurut Retno, hasil survey berbagai pihak terhadap PJJ fase pertama seharusnya dapat dijadikan dasar menyelesaikan masalah. Namun, tidak ada terobosan apapun selama berbulan-bulan, sehingga permasalahan pelaksanaan PJJ fase kedua masih sama.

Apa persoalannya:

• Ada jutaan anak saat ini terisolasi di rumah mengalami frustasi karena tidak terlayani PJJ.

• Ada kesenjangan yang lebar dalam akses digital di kalangan peserta didik. Dari kelas ekonomi menengah ke atas terlayani PJJ secara daring. Dari keluarga ekonomi menengah ke bawah tidak terlayani karena tidak memiliki hal yang dibutuhkan untuk PJJ daring.

• Bagi anak dari keluarga miskin yang mampu mengakses PJJ secara daring menjadi kehilangan semangat untuk melanjutkan sekolah.

• Ada beberapa kasus, anak yang tidak bisa mengikuti ujian secara daring dianggap tidak mengumpulkan tugas dinyatakan tidak naik kelas.

Ringankan beban anak didik: Sebagai menteri yang memiliki kewenangan dan tanggung jawab besar di bidang pendidikan dimintanya untuk meringan beban dan derita anak-anak Indonesia dalam PJJ fase kedua.

Bagaimana caranya: Membatalkan program organisasi penggerak (POP) dan mengalihkan anggaran untuk mengatasi kendala PJJ.

• Menggratiskan internet dan bantuan gadget bagi anak-anak miskin dan para guru honorer.

• Segera menyelesaikan kurikulum dalam situasi darurat “kurikulum adaptif” yang dapat meringankan guru, siswa dan para orang tua.

• Melakukan berkoordinasi dengan Kementerian Desa terkait penggunaan dana desa untuk membantu anak-anak desa melakukan PJJ di balai-balai desa dengan fasilitas wifi dan computer milik desa.



Berita Politik, Hukum, dan Ekonomi Lainnya:
1. Warga Miskin Dianiaya Anggota DPRD, Kuku Dicabut Pakai Tang
2. Penghina Ahok Ditangkap, Ternyata Ketua Veronica Lovers
3. Nomor Punggung yang Dipensiunkan Klub Sepak Bola Indonesia
4. Korporasi Bisa Pinjam Modal Rp1 Triliun, Ketahui Syaratnya
5. Kasus Korona di DKI Kembali Tinggi adalah Strategi Pemprov
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 22 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6
emoticon-Imlek terimakasih kpai

Ketua KPAI: Mengapa Mas Menteri yang Milineal Tak Berdaya Atasi Persoalan PJJ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
farhan.faf dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
menteri milenial sama rakyat indo kismin ga bisa beli peralatan penunjang pjj hubungannya apa ?

edit : +salahin presidennya dong, infrastruktur penunjang pjj gak sampe ke daerah2 yang ujung...



emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mubafirs dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Yue Ding
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Apa kabar kolam hamil
Sama djaroem
Wkwkkkkk
Mending urus radikalisne anak
Atau minimal anak2 yg bawa kendaraan bermotor aja, atau anak2 yg tawuran
Baru ente milenial juga kpai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
claraclarachan dan 10 lainnya memberi reputasi
Waah dilema sekali yaa..emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 2 lainnya memberi reputasi
guru kasih tugas se-abrek2, anak bingung orangtua lebih bingung
pelajaran via zoom kelamaan, bikin kuota jebol, gimana yg anaknya banyak, gak punya laptop hape cuma satu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Mau belajar? daftar prakerja dulu, nanti dikasih credit untuk beli kursus, gratis... bersyarat... dengan pedoman, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia yang punya platformnya..

Mukidi oh Mukidi, rejim sampah ga jelas kinerjanya.. gagal dimana-mana, meroket perut buncitnya..

emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
woodykoplak dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
KPAI? emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Nevareth dan 4 lainnya memberi reputasi
kadang suka gaje juga ini KPAI
emoticon-Malu
lembaga negara kok hobinya begajulan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 5 lainnya memberi reputasi
Inget KPAI inget ...?

emoticon-Thinking






Kalo daerah yg radak / sampai pelosok, kan itu jarang mobilitas warganya. Bisa lah di buka lagi tatap muka.
Muridnya juga gak seberapa. Yg penting perangkat desanya kudu peduli soal keluar masuk warga / orang luar. Gurunya juga jangan boleh keluar jauh jauh dulu, Biar sama sama aman.

emoticon-Thinking
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sankus010 dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh yunda.me
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Korona masih ada?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
m0buh41 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
iy sih bre

kalo gw alhamdulillah ada tabungan buat perangkat dan akses inet
cuma yg gk ada tabungan pegimane
musti ada terobosan
apakah menggerakan guru2 datanng ke tiap rumah siswa,.kalo dirasa berat berdayakan mahasiswa atau pns yg lebetulan tidak brktivitas normal.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
kalo minta subsidi kuota buat PJJ lewat dana kemendikbud malah nambahi masalah. ga kebayang berapa triliun yang kudu disiapin. ada yg punya hp ga bs beli kuota. ada yang ga punya hp. ada yang punya hp, kuota, tapi sinyal lelet. punya hp tapi dipake gantian sm sodaranya. dan ribuan masalah lain. subsidi kaya gt jg pasti pengawasannya susah dan rawan penyelewengan.

mending bikin anggaran new normal di sekolah kaya pengadaan thermal gun, sabun antiseptik, masker kain, dll. mulai dulu dari tingkat SMP-SMA-kampus krn yg udah gede pasti gampang ngaturnya. PJJ sementara khusus SD aja dulu sambil siapin prasarana karena ngurus bocah pasti lebih sulit.

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawanari92 dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Waitttttf ni orang bukannya pecatan ahok dulu?
Kebetulan nama sama kah?
Setahuku yg bikin dia djarum ngambek kan dia juga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qo-hard dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kuncinya penyederhaan kurikulum,tuh kurangi deh mapel mapel yg ga gunaemoticon-Malu

Masa normal aja mata perlajaran byk
Coba tuh anak sd mapelnya brp byk
Blm lg smp
Sma tambah byk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Gw sebagai pendukung PJJ di tengah pandemi aja mengakui banyak banget masalah/kendala yang harus ditanggapi pemerintah pusat dan daerah.

1. Ga semua anak punya HP/gadget yang mendukung PJJ dan ga semua orang tua mau/mampu beliin anaknya HP/gadget yang mendukung PJJ.

2. Ga semua guru punya HP/gadget yang mendukung PJJ atau mau/mampu beli HP/gadget yang mendukung PJJ.

3. Kuota internet masih mahal dan sinyal operator internet ga sampe ke daerah-daerah terpencil.

Tuh 3 kendala utama di atas aja bakalan repot banget ngatasinnya. Butuh kerja sama pemerintah pusat dan daerah serta seluruh pemangku kepentingan terkait untuk mastiin PJJ bisa berjalan efektif. Dan ini penting, karena alternatifnya cuma nyuruh anak-anak belajar tatap muka di sekolah. Dan gw sangat yakin, semua orang bakal ngamuk saat anak-anak mereka kena Covid-19.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 13 balasan
Kritikan yang baik lah kaitan pelaksanaan PJJ, ngak masalah. Semoga ada respon dari Mas Menteri Milenial
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh 54m5u4d183
baru sebentar saja langsung komen ,
sekarang KPAI pejabatnya sudah berapa lama ?
indikator keberhasilannya apa ?
terus sudah berhasil apa belum ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gundam.dynames dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
KPAI kok belum dibubarin? Komisi gak guna neh
emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trac0ne dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kemendikbud kan kemarin dah netapi awal tahun ajaran baru dan itu bukan bulan pertama pandemi covid 19 di indonesia. Kesimpulannya seharusnya sudah ada pemecahan dari pengalaman pjj sebelum putusin ajaran baru di mulai. Kalau masih ada masalah sekarang berarti mentri dan jajarannya kagak bener kerjanya. di kemendikbud stafsus aja nggak sedikit loh masa pemecahan ini aja nggak bisa kerja apa mereka semua?? malah mikirin program POP dengan anggaran 500M lebih. Indonesia itu bukan jakarta, kota besar atau jawa dan semua tempat di cover internet . tuh mentri musti mikir garis besar design bukan online saja. Ini akibat nempatin orang nggak kompenten di bidangnya jadi nasib pelajar2 dan kualitas pendidikan di jadiin gambling.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
teeblackswit dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
anak-anak makin bodoh kebanyakan libur.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trac0ne dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di