CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Asal Mula Idul Adha dan Kisah Nabi Ibrahim Diperintah Sembelih Ismail
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f24cd92a2d1955f1b77cee9/asal-mula-idul-adha-dan-kisah-nabi-ibrahim-diperintah-sembelih-ismail

Asal Mula Idul Adha dan Kisah Nabi Ibrahim Diperintah Sembelih Ismail

Hari Raya Kurban identik dengan penyembelihan hewan ternak berupa kambing, sapi atau kerbau, yang dagingnya dibagi-bagikan kepada masyarakat tak mampu.

Dikutip dari nu.or.id, penyembelihan hewan kurban selama Hari Raya Iduladha merupakan ibadah yang sangat dianjurkan bagi umat Muslim yang mampu, mulai dari saat Hari Raya Iduladha hingga hari tasyrik selesai.
Ibadah kurban pertama kali diperkenalkan oleh Nabi Ibrahim Alaihissalam (AS).

Perintah berkurban datang ketika Allah SWT menguji keimanan Nabi Ibrahim dengan memintanya menyembelih putranya, Nabi Ismail AS. Nah, berikut asal mula Idul Adha dan kisah nabi Ibrahim saat diperintah sembelih Nabi Ismail.

1. Riwayat Ismail, lahir saat Nabi Ibrahim mendekati umur 100 tahun tapi harus disembelih

Ismail adalah putra Nabi Ibrahim dari istrinya, Siti Hajar. Ismail merupakan putra yang sudah lama ditunggu-tunggu kehadirannya. Diriwayatkan, Ismail lahir saat umur Nabi Ibrahim mendekati 100 tahun.

Dalam usianya yang sudah senja, Nabi Ibrahim berdoa kepada Allah SWT agar dikaruniakan anak yang saleh. Allah pun mengabulkan permohonannya dan mengaruniakannya seorang anak yang mulia dan penyabar.

Ketika Ismail beranjak besar, disebutkan berusia sekitar 14 tahun, Allah SWT pun menguji ketaatan dan keikhlasan Nabi Ibrahim dan putranya, dengan meminta menyembelih Ismail. Perintah ini datang dalam mimpi Nabi Ibrahim yang kemudian disampaikan kepada Nabi Ismail untuk meminta pendapatnya. 
يَا بُنَي إِني أَرَى فِي الْمَنَامِ أَني أَذْبَحُكَ

Artinya: "Hai anakku, sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu.” (Qur'an Surat Ash-Shaffat ayat 102).

2. Jawaban Ismail yang meluluhkan hati, Allah menggantinya dengan hewan sembelihan besar

Bukannya bersedih atau takut, Ismail yang juga melihat mimpi ini sebagai perintah Allah SWT pun menjawab dengan penuh kesabaran dan keihklasan:
يَا أَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرُ سَتَجِدُنِي إِنْ شَاءَ اللهُ مِنَ الصابِرِينَ

Artinya: "Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu, insyaallah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar."

Dengan berserah diri kepada Allah SWT, Nabi Ibrahim pun membaringkan Ismail di atas pelipisnya, setelah itu Allah SWT pun berfirman kepadanya:
وَنَادَيْنَاهُ أَنْ يَا إِبْرَاهِيمُ. قَدْ صَدقْتَ الرؤْيَا ۚ إِنا كَذلِكَ نَجْزِي الْمُحْسِنِينَ

Artinya: "Hai Ibrahim, sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu, sesungguhnya demikianlah kami memberi balasan kepada orang- orang yang berbuat baik.” (Surat As-Shaffat, ayat 104 -105).

Sebagai balasan atas ketaatan dan keikhlasan Nabi Ibrahim dan Ismail, Allah pun mengganti Ismail dengan seekor hewan sembelihan yang besar. Dengan adanya peristiwa itu, dimulailah kegiatan berkurban pada hari Raya Iduladha yang berlangung hingga saat ini.

Sumber

profile-picture
profile-picture
profile-picture
quae dan 21 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh KS06
Halaman 1 dari 4
Ismail? emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Itu berarti Ismail bukan anak dya lagih, tapi sudah Allah tebus oleh hewan kurban. emoticon-Ngakak hore ternyata kitak bebas, kitak bukan anak Ibrahim, Ibrahim pengki berniat membunuh kitak. emoticon-Malu wasalam haleluyak amen
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 4 lainnya memberi reputasi
Asal Mula Idul Adha dan Kisah Nabi Ibrahim Diperintah Sembelih Ismail

Otak otak atheis pemuja sara gak akan pernah diam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kuyakzzz dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 17 balasan
Maksa banget, tapi nggak penting siapa yg dikorbankan... Yang penting kebagian sekilo dah ...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Zaman Abraham/Ibrahim jauh banget dengan abad ke 7..kok bisa diklaim ya?....emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ambarawan dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Prosesor INT3L 286 sedang berusaha melakukan ZOOM meetting ke jaman nabi2. Dengan Multi language & character OS.emoticon-Leh Uga
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
putrateratai.7 dan 4 lainnya memberi reputasi
Kasihan memant hewanya disembelih apalagi tidak dibius dulu sembelihnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
jd yg dikorbankan itu ishak atau ismail? kok ga konsisten ilustrasinya? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
putrateratai.7 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Perintah memberikan kurban itu sudah ada sejak zaman Kain dan Habel.

Dan namanya kurban itu dibakar, bukan cuma disembelih.

Di zaman Nuh, dia juga memberikan kurban bakaran kepada TUHAN dari segal binatang dan hewan yang khoser (halal)

Lalu di zaman Abraham, kurban pun dilakukan
Lalu TUHAN meminta kurban anaknya untuk mengetes kesetiaan Abraham.
Abraham lolos dalam ujian kesetiaan ini.

Sepanjang sejarah, orang melakukan kurban dengan pengorbanan hewan maupun manusia untuk menyenangkan tuhannya.

Hingga pada akhirnya Yesus berkata "Tidak ada kasih yang lebih tinggi daripada seseorang yang mengorbankan nyawanya untuk orang lain"
Dan Dia pun melakukannya dengan memberikan diri Nya di tiang salib.

Itulah kurban MAHA TINGGI yang dirayakan oleh orang Kristen setiap perayaan Paskah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
junaedi1982new dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Mungkin sekarang seharusnya keturunan nabi jg di tes disembelih. Yg di tes siapa dulu ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
roelty dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh potrek
Lihat 1 balasan
buat yang masih bingung...

yahudi: agama awal yang menganut kitab kejadian lama, mereka klaim sebagai keturunan israel asli. nenek moyangnya dari Ishak (anak dari Ibrahim klo di islam)

kristen: pengikut kristus, mereka penganut perjanjian baru dalam alkitab (tapi tidak mengingkari perjanjian lama), mereka musuh orang yahudi, karena orang yahudi tidak mengakui perjanjian baru.

islam: mereka nenek moyangnya ismael (anak pertama dari hagar) namun dalam alkitab diusir oleh sarah (makanya islam benci dengan yahudi). agama ini muncul kurang lebih 500 tahun stlh masehi. namun sejarahnya mengadopsi sumber yang sama (karena nenek moyangnya ismael anak dari abraham)

makanya 3 agama ini sebenernya bersaudara, karena klo dibilang Tuhannya sama. tapi mereka bermusuhan karena mereka pny perjalanan sendiri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
roelty dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 61 balasan
Mau bener ato nggak tu riwayat, yg penting ambil manfaatnya aja

Orang2 miskin bisa kebagian daging di hari raya :beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Trit berat niih..
Ane nonton aja dipojokan deeh..emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ambarawan dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Untuk apa menguji keimanan orang? Bukankah Tuhan katanya maha mengetahui.

& Bukanya takdir kematian orang sudah ditentukan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rezkiey dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 36 balasan
Percaya?
profile-picture
profile-picture
ivona dan rezkiey memberi reputasi
Sempak ama wahyudi bilangnya isaac/ishak

Eslam masih buram antara ismael/ismail atau isaac/ishak yg dikorbanin
profile-picture
rezkiey memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Asal Mula Idul Adha dan Kisah Nabi Ibrahim Diperintah Sembelih Ismail
profile-picture
profile-picture
profile-picture
drummer.galau dan 5 lainnya memberi reputasi
Kok agak janggal yah
Islam baru ada di abad ke -6
Sementara nabi Ibrahim/Abraham udah ada sejak dulu jauh sebelum ada agama Kristen/Islam
Di cerita tersebut seolah2 Islam udah ada
mohon pencerahannya gan emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ivona dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 55 balasan
Nabi ibrahim arab atau yahudi? emoticon-Bingung
profile-picture
rezkiey memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Klo dari penerawangan gue gak sama, bre... Kristen beda sendiri Tuhannya. Islam & Yahudi diturunkan Tuhan yg sama.
profile-picture
profile-picture
rezkiey dan atamlee memberi reputasi
Diubah oleh Jangan.maling
Lihat 42 balasan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di