CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
Home / FORUM / All / Automotive / ... / MotoGP /
Bukan Untuk Keselamatan, Ini Fungsi Dari Punuk di Seragam Pebalap MotoGP
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f227b4d8d94d0457100e902/bukan-untuk-keselamatan-ini-fungsi-dari-punuk-di-seragam-pebalap-motogp

Bukan Untuk Keselamatan, Ini Fungsi Dari Punuk di Seragam Pebalap MotoGP


Untuk alasan keselamatan dan keamanan, pebalap diwajibkan untuk menggunakan seragam atau wearpack. Wearpack udah dirancang sedemikian rupa untuk dua alasan yang tadi. Nah, kalau kita amati, setiap pebalap MotoGP atau WSBK pada wearpack – nya terdapat bagian menonjol seperti punuk yang nempel ke punggung.  Agan dan Sista pasti pernah liat donk? sekarang muncul pertanyaan GanSis, emang tuh punuk fungsinya buat apaan sih? Emang benar itu untuk keselamatan pebalap?

 Bukan Untuk Keselamatan, Ini Fungsi Dari Punuk di Seragam Pebalap MotoGP

Melansir dari News Zing, seragam balap yang dilengkapi dengan punuk di belakang pertama kali diperkenalkan oleh Dr. John Hinds. Ini mulai digunakan pada ajang balapan superbike pada akhir 1990 – an. Tujuan awal dibikinnya punuk adalah untuk membantu mengurangi hambatan udara ketika pebalap memacu kendaraannya di lintasan lurus. Simpelnya untuk alasan aerodinamika GanSis.

Berdasarkan penelitian yang ada, punuk diklaim bisa membantu mengurangi efek turbulensi pada bagian belakang helm dan mengurangi dampak pada pergelangan tangan pebalap saat motor dipacu kencang. Komponen ini juga bisa membantu meningkatkan kecepatan ketika di trek lurus. Ini bisa terjadi karena punuk bisa mengurangi gaya tekan kendaraan di jalan.

Nah, dengan berkembangnya teknologi, punuk di wearpack gak hanya berfungsi untuk aerodinamika. Komponen ini juga bisa dimanfaatkan untuk menempatkan wadah air minum bagi pebalap. Selain itu, punuk juga dimanfaatkan untuk meletakkan beragam perangkat elektronik untuk membantu mengunmpulkan informasi pengendara atau tempat sensor untuk perangkat safety seperti airbag.

So, mengenai fungsi punuk yang bisa membantu melindungi leher pebalap ketika terjadi kecelakaan, ada persepsi yang salah GanSis. Dari sebuah studi dengan judul Trauma dan Pengendara Sepeda Motor yang dilakukan oleh John D. Hins, Gareth Allen, dan Craig G. Morris, menyimpulkan bahwa punuk pada wearpack berfungsi untuk aerodinamika, dan bukan perangkat yang diperuntukkan bagi keselamatan penggunanya. Punuk ini justru bisa mempengaruhi saluran pernapasan dan tulang belakang pemakainya saar terjadi insiden kecelakaan.

Jadi gitu GanSis, punuk pada wearpack bukan bagian dari perangkat keselamatan pebalap. Keberadaannya lebih kepada alasan aerodinamika.


 

profile-picture
profile-picture
profile-picture
n.h3 dan 7 lainnya memberi reputasi
Kalo buat tempat air minum pembalap sama airbag, udah lama tahu.

Justru yang buat aerodinamis baru tahu..
emoticon-2 Jempol
Nice info gan

emoticon-Toast
Kayanya kalo judulnya bukan untuk keselamatan salah deh, mungkin lebih tepat "Bukan hanya untuk alasan keselamatan, ...."

Karena nga bisa dipungkiri punuk di wearpack juga bisa melindungi tengkorak belakang.
Post ini telah dihapus oleh KS06
Post ini telah dihapus oleh KS06
baca penjelasanya jd kepengen punya buat sepedaan tp mahal gak ya? buat merasakan fungsinya iya buat gaya juga iya emoticon-Matabelo



emoticon-Ngakak
Diubah oleh over.power
wow baru tau kalo buat aerodinamika juga emoticon-Matabelo kirain buat simpen-simpen doang
Ane taunya cuma utk safety dan tempat nampung air gan. Trnyta ada kaitan dg aerodynamic ya. Nice info gan
tapi berdasarkan fungsi-fungsinya, berarti punuk di wearpack ini juga buat keamanan pembalap dong?? emoticon-Bingung

buat air biar gak dehidrasi dan airbag kan juga ningkatin keselamatan pembalap hehehe emoticon-Toast
gituvye gan
Minum
Post ini telah dihapus oleh KS06
Oooh buat aerodinamis tooo
Ane kira cuma buat minum thok
wah ane kira ini sebenernya buat keselamatan, ternyata ane sakah sangka. kayaknya banyak orang yg salah sangka juga ya
Saya masih bingung gan, gimana para Pembalap BAK? emoticon-Bingung
ohh alesan utamanya krn buat aerodinamika ya.. kirain cuma buat tempat air minum doang.. hehe


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di