CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Mau Pakai Pelat Nomor Cantik? Catat Ini Biaya Resminya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f222e588d9b171b755d2a65/mau-pakai-pelat-nomor-cantik-catat-ini-biaya-resminya

Mau Pakai Pelat Nomor Cantik? Catat Ini Biaya Resminya

Mau Pakai Pelat Nomor Cantik? Catat Ini Biaya Resminya

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu bentuk personalisasi pada kendaraan bisa diungkapkan melalui Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau pelat nomor.

Bentuk personalisasi tersebut bukan dengan cara modifikasi di tempat pembuatan pelat nomor tidak resmi yang berada di pinggir jalan.

Namun, dengan memesan atau menggunakan nomor pilihan atau nomor cantik secara resmi melalui kepolisian.

Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor ( NRKB) yang tercantum pada TNKB bisa diubah atau dipilih secara legal, sesuai ketentuan yang berlaku di Indonesia.

Penggunaan pelat nomor cantik ini sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 tahun 2016 tentang Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor.

Dalam aturan tersebut dijelaskan mengenai ketentuan dan syarat untuk bisa mendapatkan pelat nomor dengan huruf dan angka cantik atau pilihan.


Kasubdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Nyoman Yogi mengatakan, bagi para pemilik kendaraan yang ingin mengubah NRKB harus mengikuti regulasi yang sudah ditetapkan.

" Pelat nomor cantik bisa digunakan kendaraan baru atau ganti dari Nomor Registrasi Kendaran Bermotor (NRKB) biasa ke NRKB pilihan, maupun sebaliknya” ujar Nyoman, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Berikut ini besaran biaya yang dikenakan pada pelat nomor cantik sesuai dengan aturan resmi:

1. NRKB satu angka. Tidak ada huruf di belakang Rp 20.000.000. Ada huruf di belakang Rp 15.000.000.

2. NRKB dua angka. Tidak ada huruf di belakang Rp 15.000.000. Ada huruf di belakang Rp 10.000.000.

3. NRKB tiga angka. Tidak ada huruf di belakang Rp 10.000.000. Ada huruf di belakang Rp 7.500.000.

4. NRKB empat angka. Tidak ada huruf di belakang Rp 7.500.000. Ada huruf di belakang 5.000.000

S U M U R

profile-picture
profile-picture
profile-picture
decodeca dan 7 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Ane sendiri jangan kan plat nomor cantik, plat biasa aja kadang telat bayar pajaknya emoticon-Malu (S)
Diubah oleh aqua.illusion
Lihat 2 balasan
oalahh segitu tho biayanya.. baru tau ane.. makin dikit angkanya makin mahal yaa..
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Buat ukuran juragan sih ini kebayar.. secara nomer polisi istimewa pasti terlihat berbeda di jalanan.
Apalagi nyang belakang nya RFXxxxx beuh.
emoticon-Leh Uga
Lihat 1 balasan
Resminya aja murah kalo buat ukuran sultan
Apalagi yg gak resminya, yg nyogok petugasnya doang bisa dapet
profile-picture
jlamp memberi reputasi
mahal banget ya, beda berkali kali lipat
profile-picture
jlamp memberi reputasi
H 234 RI

Dibaca
Ha dji sam soe ri
profile-picture
aqua.illusion memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wkwkw mahal juga ya gan, tp ya karena punya uang ya ga masalah sih mau gimana juga
Lihat 1 balasan
Pengen bikin, angkanya 420 14045 69 ZZZ 😅
profile-picture
sinyoirwan memberi reputasi
Ane mo berapa angka pun asal belakang plat pake RFS.. duhh.. dah berasa sultan emoticon-Traveller
Lihat 2 balasan
Hmmmm.. mahal yakkk hmmmm
Widihhhhh
Cukup gede juga yak pajaknya hahahahaha
Biasanya juga yg pake artis2 ama pejabat ibukota yg banyak duit
woalah.....ternyata cukup mahal jg yah plat nomor cantik. biaya buat bikin plat nomor cantik aja bsa dipakai buat bli motor baru🤣🤣🤣
Lihat 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
B 3 G0 plat bagus
Buat yg tahu aja, plat nomor itu yg keren, kalo huruf belakangnya pakai 2 huruf DI emoticon-Cool emoticon-Hansip
apa hebatnya coba? bayar mahal cuma buat beberapa doang
ane aja yg ga pake plat nomor biasa2 aja.
mahal bats woy emoticon-Ngakak gakuat ane. plat nomer biasa aja kadang lupa bayar buset dah wkwkwk
yaa kalo udah punya mobil mewah harusnya gak masalah ngeluarin duit buat bahan bakar khusus, bayar pajak, sampai utak-atik plat nomor biar unik hahaha emoticon-Toast
kalo motor kisaran berapa ya untuk ganti nomer?
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di