CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Penampakan R-100 Airship : Hotel "MELAYANG" Yang Menakjubkan Dan Berujung Tragis !
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f211938c82084452f164edf/penampakan-r-100-airship--hotel-quotmelayangquot-yang-menakjubkan-dan-berujung-tragis

Penampakan R-100 Airship : Hotel "MELAYANG" Yang Menakjubkan Dan Berujung Tragis !

R-100 Airship : Hotel "MELAYANG" Yang Menakjubkan Dan Berujung Tragis !


Penampakan R-100 Airship : Hotel "MELAYANG" Yang Menakjubkan Dan Berujung Tragis !
pesawat udara

Pernah naik balon udara? atau minimal waktu kecil pernah main balon udara? nah, pasti kita semua tahu ya jika balon udara yang berisi gas ini sangat rawan meledak, entah itu ketusuk atau terkena percikan api, dan karena hal inilah tentu sering kita dengar jika proyek-proyek pesawat udara di masa lalu banyak yang harus berakhir dengan tragedi atau insiden fatal, dan salah satunya adalah proyek ambisius pemerintah Inggris untuk membangun kapal udara yang sangat besar yaitu R100 dan R101.

Pesawat R100 dibangun sebagai bagian dari program pemerintah Inggris untuk mengembangkan kapal udara untuk menyediakan transportasi penumpang dan surat antara Inggris dan negara-negara di sekitar Kerajaan Inggris, termasuk juga wilayah India, Australia dan Kanada. Awalnya, diusulkan agar dua kapal udara dibangun: satu diberi nama R101, dirancang dan dibangun di bawah arahan Kementerian Udara, dan yang lain, diberi nama R100, yang akan dibangun oleh perusahaan swasta berdasarkan kontrak harga tetap.

Penampakan R-100 Airship : Hotel "MELAYANG" Yang Menakjubkan Dan Berujung Tragis !
pesawat tipe R101 sedang diparkir ditiang khusus

R100, dirancang oleh Barnes Wallis, dan selesai dibuat di Howden, Yorkshire pada tahun 1929. Badan pesawat itu terbuat dari duralumin, paduan aluminium versi awal, dan ditutupi dengan lapisan kain raksasa yang dijahit menjadi potongan-potongan dan direntangkan keseluruh bagian kapal. Didalamnya diisi 17 kantong gas yang memberikan daya mengapung yang sangat krusial.

Kantong-kantong gas tersebuyt itu diisi dengan 500 juta kaki kubik hidrogen yang sangat mudah terbakar. Amerika Serikat memiliki monopoli helium, gas lain yang lebih ringan dari udara, tapi sayangnya gas tersebut tidak tersedia dalam kualitas yang dibutuhkan oleh Inggris untuk program pesawat udara mereka.

Penampakan R-100 Airship : Hotel "MELAYANG" Yang Menakjubkan Dan Berujung Tragis !
suasana didalam pesawat udara

Penampakan R-100 Airship : Hotel "MELAYANG" Yang Menakjubkan Dan Berujung Tragis !
salah satu ruang makan dan bersantai para penumpang

Bertolak belakang dengan konstruksi dasar didalam R100, kru dan penumpang di pesawat difasilitasi dengan mewah. Tangga ganda mengarah ke ruang makan dengan interior yang indah. Ruang makan dan ruang tengah memiliki galeri di mana penumpang dapat mengakses berbagai akomodasi. Diapit di setiap sisi adalah dua jendela panorama besar dan lega.

R100 dikatakan dapat mengangkut 100 penumpang dalam berbagai pilihan kelas, tersedia 14 kabin dengan dua tempat tidur dan 18 kabin empat tempat tidur. Dengan dua set jendela ganda tinggi dengan bentuk melengkung di kedua sisi kapal, yang dapat memberi cahaya pada dua set dek berjalan di kedua sisi akomodasi penumpang.

Penampakan R-100 Airship : Hotel "MELAYANG" Yang Menakjubkan Dan Berujung Tragis !
penumpang sedang menikmati fasilitas yang ditawarkan

R100 melakukan penerbangan perdananya di pagi hari tanggal 16 Desember 1929. Setelah berangkat dari Howden pada pukul 07:53, pesawat itu terbang perlahan, menggunakan jalur untuk Royal Airship Works di Cardington, Bedfordshire, pesaway udara ini berjalan hanya dengan lima mesin karena salah satu mesin terpaksa harus ditutup karena masalah teknis, dan pesawat berhasil menyelesaikan perjalananan pertama pada pukul 13:40.

Penerbangan kedua dilakukan keesokan harinya, dengan tujuan melakukan penerbangan ke London, tetapi mengalami insiden ketika tiang penyangga tergelincir, lalu kain terlepas dari sirip bawah, dan penerbangan dibatasi pada pelayaran di sekitar Bedfordshire hanya untuk menguji respons kontrol. Penerbangan kedua itu berlangsung 6 jam 29 mnt. Keesokan harinya, R100 dibawa dari tiang ke gudang No.2 di Cardington untuk proses memodifikasi kekurangan, dan ini memakan waktu hingga 11 Januari 1930.

Penampakan R-100 Airship : Hotel "MELAYANG" Yang Menakjubkan Dan Berujung Tragis !
tragedi pesawat r101

Penampakan R-100 Airship : Hotel "MELAYANG" Yang Menakjubkan Dan Berujung Tragis !
reruntuhan R101

Penampakan R-100 Airship : Hotel "MELAYANG" Yang Menakjubkan Dan Berujung Tragis !
detik-detik insiden R101

Beralih ke pesawat udara kedua yaitu R101 yang dibuat untuk perjalanan dengan rute yang jauh,
dengan berbagai modifikasi dan pembaruan terutama di sektor teknis, R101 pun memulai perjalanan untuk mengujinya, tetapi sayang sekali R101 mengalami insiden fatal sehingga membuatnya jatuh dan terbakar di Perancis, dalam perjalanan menuju ke India pada 5 Oktober 1930, akibat kejadian itu Kementerian Udara Inggris memerintahkan kepada pesawat udara R100 untuk diturunkan lalu dikempiskan dan kemudian digantung di disebuah tempat di Cardington selama satu tahun sementara pemerintah memikirkan tiga opsi untuk dipertimbangkan proyek pesawat udara ini, tetapi karena situasinya dirasa tidak memungkinkan akhirnya proyek pesawat udara ini ditutup dan sisa-sisa dari pesawat udarapun dijual.

--------------------------------------------------------------------------------------------------






Penulis : ARIELASHOP
Refensi : Link 1 dan Link 2
Picture : Google
-arielashop 2020-


emoticon-Rate 5 Star emoticon-Wagelaseh emoticon-2 Jempol emoticon-Wagelaseh emoticon-Rate 5 Star
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kudanil.la dan 38 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh arielashop
Halaman 1 dari 6
serem njirr naik ginian, ane mah ogah kecuali kalo ditemenin sama pevita pearch emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dream.van dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
naek ginian boro2 nyaman, yg ada malah was2 sepanjang perjalanan emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anjinggila666 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Resikonya lebih gede dibanding ty tydnta Te Es!! emoticon-Mad emoticon-Mad
Sama aja mo ngorbanin orang!! emoticon-Mad (S)
24 Jam Terima BATA GAK Pake Cendol!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Singapore_sling dan 9 lainnya memberi reputasi
Selalu ngeri kalau naik balon gas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
males banget naek ginian, taunya meledug kan ga lucu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
uji nyali sih ini namanya emoticon-Hammer (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ga ada korban
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


54 penumpang dan kru tewas gan emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dhanyjos dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
mantul bikin hotel terbang gitu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Tragis sekali, kejadian menyedihkan dari inovasi yang dicoba oleh manusia, semoga selanjutnya lebih dilancarkan berbagai inovasinya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Naiz sher ySemoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


tapi emang berbahaya sih inovasi beginian secara itu isinya gas yg gampang kebakar emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
bener gan serem
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Nice bro
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 3 lainnya memberi reputasi
keren konsepnya tp ngeri gt dan harus bener2 aman ya gan kalau ga ya bakal kejadian
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Pada jaman itu flu spanyol sdh eksis di eropa
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan gabener.edan memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Gak ada prosedur daruratnya anjir
Yauda sekali apes bakal jadi apes yg terakhir kalo begitu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Zeppelin ya gan
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
serem njir.. mainan balon tiup aja deg2an,. gimana ini..
profile-picture
siapika memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Wah baru tau ada hotel melayang gini..
Jadi keinget film up... Hehee
Yang pemburunya kan rumahe di balon udara yang bentuk e kek gitu emoticon-Matabelo
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di