CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Pengalaman Gue Nulis di SFTH Selama 4 Tahun Terakhir. Memorial Banget Sih.
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f1a4e70f4d695669944de40/pengalaman-gue-nulis-di-sfth-selama-4-tahun-terakhir-memorial-banget-sih

Pengalaman Gue Nulis di SFTH Selama 4 Tahun Terakhir. Memorial Banget Sih.

Pengalaman Gue Nulis di SFTH Selama 4 Tahun Terakhir. Memorial Banget Sih.

Pengalaman Gue Nulis di SFTH Selama 4 Tahun Terakhir. Memorial Banget Sih.


Pengalaman Gue Nulis di SFTH Selama 4 Tahun Terakhir. Memorial Banget Sih.


Quote:


Selamat datang di thread curhat

emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star

Semua berawal dibulan Mei 2016 ketika gue memutuskan untuk menuliskan beberapa bagian kisah hidup gue untuk nantinya dikenang lagi semisal gue udah jadi kakek-kakek dan udah punya banyak cucu. Niatan ini datang setelah beberapa bulan sebelumnya hidup gue berubah drastis bray. Setelah lulus kuliah (Alhamdulilah sih ya) gue dapet kerjaan di Jakarta setelah sebelumnya kebanyakan stay di  Bandung. Dipekerjaan pertama gue ini gue banyak ketemu orang-orang baru, banyak dateng ketempat baru, banyak belajar ilmu-ilmu baru, dan diantaranya semuanya yang bikin spesial adalah gue bertemu dengan salah satu wanita yang namanya BIANCA. emoticon-Wowcantik

Sebelum dilanjut lebih jauh gue pengen kalian dengerin lagu ini dulu deh.

Quote:


Pertemuan ini mengubah banyak hal bre. pertemuan ini membuat gue merasakan perasaan jatuh cinta lagi setelah beberapa bulan sebelumnya hati gue patah karena harus berpisah sama perempuan yang menemani masa kuliah gue selama 3 tahun. emoticon-Frown Tapi ternyata takdir berkehendak lain, kebersamaan dengan Bibi (Bianca) cuma gue rasakan sekitar 3 bulan sebelum akhirnya dia pergi. Kenyataan pahit ini lah yang membuat gue mengambil keputusan untuk menuliskan kisah kehidupan gue dan Bibi, yang cuma sebentar ini, untuk nantinya dikenang lagi sebagai bagian terindah dari kehidupan gue.

Mei 2016, tanggal 21 sih tepatnya, gue akhirnya menuliskan chapter pertama dari cerita ini di forum SFTH. Sebelumnya gue udah banyak nulis thread disini cuma belum kesampaian untuk menuliskan sebuah cerita karena gue ngerasa kalau skill gue masih belum sampe ke level penulisan ini. Tapi disaat-saat awal penulisan kisah kehidpan gue ini, yang gue pikirkan cuma satu hal sih; GUE NGELAKUIN INI BUAT DIRI GUE SENDIRI.

Waktu itu gue gak berusaha buat nge-impresi orang-orang supaya suka sama cerita gue. Gue nulis dengan skill seadanya tanpa tahu kapan cerita yang bisa gue tulis itu akan selesai, dan ya akhirnya sampai saat ini, setelah hampir 4 tahun sejak penulisan pertama kali, gue berhasil menyelesaikan 221 chapter trilogi Cerita Kita Untuk Selamanya di forum SFTH.

Seneng banget dong gue.

Pengalaman Gue Nulis di SFTH Selama 4 Tahun Terakhir. Memorial Banget Sih.

Quote:


Menyelesaikan 221 chapter selama 4 tahun untuk seorang penulis pemula kayak gue ini termasuk dalam kategori pencapaian yang kurang memuaskan sih sebenernya. Bayangin aja cuy, JK Rowling cuma butuh waktu gak sampe 10 tahun buat menyelesaikan 7 buah buku dengan jumlah kata lebih dari satu juta. Gue yang baru nulis 221 chapter (gue perkirakan jumlah kata dalam tulisan gue ini sekitar 200 ribu) cuma sekedar rerumputan di halaman depannya JK Rowling kali ya. Tapi atas pencapaian ini, kadang dimasa-masa sulit gue bisa merasa kalau hidup gue gak sepenuhnya gagal karena seenggaknya gue udah menyelesaikan beberapa hal yang gue lakukan untuk diri gue sendiri.

Trilogi (sejauh ini sih baru ada 3 sekuel, gak tau kedepannya nanti gimana) yang gue beri judul "Cerita Kita Untuk Selamanya" ini sih sebenernya bukan cerita muluk-muluk. Dari judulnya mungkin udah jelas kali ya kalau cerita ini gue buat bertujuan untuk mengenang beberapa part dari kehidupan gue yang pernah gue alamin dia masa-masa muda gue. Gue pengen cerita ini jadi bukti perjalanan kisah hidup gue bersama Bibi walaupun cuma sebentar.

Untuk lebih jelas gue jelasin secara singkat sekarang deh 3 trilogi yang udah gue tulis beberapa tahun kebelakang:

Pengalaman Gue Nulis di SFTH Selama 4 Tahun Terakhir. Memorial Banget Sih.

Cerita Kita Untuk Selamanya

Cerita Kita Untuk Selamanya (Thread Induk)

Seperti yang gue tulis diatas, series ini jadi series awal kisah kehidupan gue yang gue jadikan sebagai tulisan. Series ini bercerita tentang bagaimana kehidupan diawal masa berkerja gue dan masa dimana gue bertemu dengan seorang wanita yang mengubah hidup gue selama 3 bulan sebelum akhirnya harus pisah. emoticon-Frown

Cerita bergenre romance yang terdiri dari 72 chapter ini gue tulis selama hampir 1.5 tahun. banyak lika-liku yang gue hadapi dalam menulis cerita ini bre. Dari yang awalnya antusias sampai pada titik "ngapain sih gue nulis-nulis cerita ini?" pernah gue rasain. Gue yang awalnya antusias menulis cerita ini pernah sampai dititik dimana gue ngerasa kalau apa yang gue tulis ini sia-sia, mengumbar kehidupan yang gak guna, dan gue juga pernah berpikir kalau orang lain bakal mencemooh gue karena gue menulis kisah ini sebgai media bacaan.

Berbulan-bulan gue mengalami pergolakan ini bre. Semua gue lawan sendiri sampai akhirnya gue bisa bersyukur kalau cerita ini selesai dengan jumlah chapter 72 (yang kalau dibalik jadi 27) yang sesuai dengan angka favoritnya Bianca emoticon-Wowcantik.

Cerita Kita Untuk Selamanya 2 : Harpocrates

Cerita Kita Untuk Selamanya 2 : Harpocrates (Thread Induk)

Gak sampe disana aja. setelah penulisan cerita pertama selesai, gue ternyata merasakan kalau menulis memang jadi media terbaik untuk mengutarakan perasaan gue yang kadang gue ngerasa kalau gak ada satupun orang yang bisa mengerti. Gue merasa kalau gue masih harus menuliskan kelanjutan kisah kehidupan gue setelah Bibi pergi dan kebetulan waktu itu gue merencanakan perjalanan ke Khatmandu.

Kondisi mental yang urak-urakan, kesepian, dan perasaan bersalah yang gak ada habisnya lah yang memotivasi gue untuk melanjutkan penulisan cerita gue sebelumnya. Cerita kedua gue ini bercerita tentang bagaimana proses penyelesaian cerita pertama, bagaimana proses persiapan gue ke Khatmandu, dan Bagaimana perjalanan gue yang penuh dengan kejadian yang tidak terduga yang gue jalani selama di Khatmandu. Dan lagi-lagi, semuanya gue lakukan murni karena gue pengen suatu hari nanti ada jejak peninggalan tulisan yang bisa gue kenang saat gue tua.

Karena banyak hal yang gue ceritakan di sekuel kedua ini, sekuel ini memiliki jumlah chapter yang cukup banyak, sekitar 108 chapter dengan jumlah kata 90 ribu. Sekuel kedua ini gue selesaikan selama 1.5 tahun dan akhirnya selesai di bulan November 2018. Gak cuma genre romance dan adventure, cerita ini juga mengandung unsur horror karena pengalaman mistis yang gue alami sewaktu di Katmandu.

Cerita Kita Untuk Selamanya 3 : Cataphiles

Cerita Kita Untuk Selamanya 3 : Cataphiles (Thread Induk)

Ini sekuel yang ketiga yang baru gue mulai penulisannya selama 2 bulan terakhir. Sekuel ini gue tulis setelah gue vakum hampir satu tahun dalam hal tulis menulis. Penyelesaian sekuel kedua waktu itu membuat gue putus asa dan gue mulai belajar untuk bisa memendam harapan tentang Bibi selamanya. Tapi semuanya berubah, gue merasakan banyak hal baru dalam beberapa bulan terakhir dan akhirnya memutuskan untuk melanjutkan kembali penulisan cerita menjadi sekuel ketiga gue.

Sekuel ketiga ini memuat banyak hal yang belum gue ceritakan didua sekuel sebelumnya. Sekuel ini memuat kisah perjalanan lanjutan hubungan gue dan Bibi, kisah tentang kehidupan keluarga gue, dan juga memuat kisah tentang sahabat kecil gue yang hampir 15 tahun tidak bertemu. Sekuel ini gue jadkan sebagai pelengkap 2 sekuel sebelumnya dan sekarang telah selesai hampir 50% nya dengan jumlah chapter 37.

Sekuel ketiga ini jadi sekuel yang beda banget dari 2 sekuel sebelumnya dengan menggabungkan unsur romantis, petualangan, aksi, horor, dan beberapa adegan kekerasan fisik.

------------------------------------------------------

Quote:


Banyak hal terjadi dalam 4 tahun terakhir. Selama 4 tahun gue nulis, gue merasakan kalau ada perubahan sistem yang membuat SFTH berubah menjadi forum dengan jumlah pengunjung yang menurun secara drastis. Gue kecewa? Iya. Dulu gue bisa bertemu banyak orang baru, berdiskusi dengan orang-orang yang punya cerita hampir mirip dengan cerita hidup gue, dan sharing berbagai hal lain dari sekuel pertama dan sekuel kedua yang gue tulis.

Di sekuel ketiga ini, semuanya seperti menghilang. semua interaksi yang gue harapkan terjadi malah digantikan dengan rasa sepi. SFTH udah gak se-hype dulu mungkin, atau mungkin memang gue terlalu berekspektasi tinggi dan harus mulai belajar untuk tidak mengharapkan apapun dari ceirta yang sedang gue tulis.

Pengalaman Gue Nulis di SFTH Selama 4 Tahun Terakhir. Memorial Banget Sih.

Tapi pada akhirnya nanti, seperti yang telah gue lakukan di 2 sekuel sebelumnya, gue bakal terus melanjutkan penulisan cerita kehidupan gue di bagian ketiga ini sampai selesai, walaupun harus menghabiskan waktu bertahun-tahun seperti sebelumnya. Buat sekarang gue bisa mengusahakan untuk menyelesaikan penulisan ini dalam waktu dekat karena ada motivasi lain yang sedang merasuk dalam jiwa gue.

Pengalaman selama 4 tahun terakhir juga mengajarkan gue untuk konsisten dalam menyelesaikan apa yang udah gue mulai sebelumnya. Gue tahu banyak cerita yang menggantung yang ending-nya gak diketahui yang dipost diforum SFTH, tapi diantara cerita-cerita tadi, ada cerita gue yang berhasil gue selesaikan walaupun dengan banyak perjuangan.

Sekali lagi gue bangga.

Pengalaman Gue Nulis di SFTH Selama 4 Tahun Terakhir. Memorial Banget Sih.

Buat yang sedang melakukan hal yang sama, semangat. Gue yakin kalian semua bisa menyelesaikan penulisan cerita yang udah kalian mulai. tenang aja, gak usah buru-buru, take your time. gak apa-apa pelan asal kalian semua bisa masuk garis finish.

Banyak hal yang gue pelajari dalam 4 tahun terakhir dalam rangka menuliskan cerita kehidupan gue ini. Hal-hal yang udah gue pelajari ini juga udah gue tulis di thread ini. Semoga thread gue ini bisa membantu kalian dalam menyelesaikan cerita apapun yang sedang kalian tulis sekarang:

Kunci Deskripsi Cerita Cuma Butuh 2 Detik Observasi, Menulis di Era New Normal, Yuk?
Butuh inspirasi menulis? Pakai cara ini, The Wandering Brain Dan What If Games!
Penulis Bukan Profesi Buat Orang Orang Cemen, Katanya.!
[CIE PENULIS] "Pantser" Atau "Plotter"?
[CIE PENULIS] Panjang Dan Pendek Suatu Chapter Serta Tensi Didalamnya.
[CIE PENULIS] Ya kali dialog dalam cerita sama kayak dialog dunia nyata.
[CIE PENULIS]Pengembangan Karakter Dalam Sebuah Cerita? Sebegitu Sulitkah?

Quote:


Sekarang gue pamit dulu.
Ini cuma sekedar share pengalaman dan share ilmu gue yang gue jalani selama 4 tahun terakhir di forum SFTH.
Kalau ada yang mau bagi-bagi pengalaman juga, gue open banget kok. tulis aja di kolom komen.
Bye.

emoticon-Keep Posting Gan emoticon-Keep Posting Gan emoticon-Keep Posting Gan


Cerita Kita Untuk Selamanya versi FULL SERIES :



Pengalaman Gue Nulis di SFTH Selama 4 Tahun Terakhir. Memorial Banget Sih.Pengalaman Gue Nulis di SFTH Selama 4 Tahun Terakhir. Memorial Banget Sih.

Pengalaman Gue Nulis di SFTH Selama 4 Tahun Terakhir. Memorial Banget Sih.

Pengalaman Gue Nulis di SFTH Selama 4 Tahun Terakhir. Memorial Banget Sih.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
daniadi123 dan 34 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh rendyprasetyyo
Halaman 1 dari 3
Reserved

Buat yang belum tahu. Awalnya thread gue di SFTH itu gue beri judul "Aku dan Sebatang Rokokku". Setelah beberapa pertimbangan akhirnya judulnya gue ganti jadi "Cerita Kita Untuk Selamanya".

Buat yang sering liat trit gue ini berseluyuran di tiap tulisan gue di lounge, ini lah momennya dimana gue secara resmi memperkenalkan tulisan gue ke kalian. Hehe.

Teruntuk @admin emoticon-Mad

Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh rendyprasetyyo
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Mantabb gan, 221 chapter emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan lampupijajar memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Selalu semangat buat Gan TS, yakin ... masih akan banyak cerita menarik dalam hidup TS yang bisa menjadi sesuatu yang layak untuk dikisahkan👍

Menulislah karena itu adalah jalan berbagi kebaikan yang bisa kita lakukan, selalu semangat dan yakin pasti bisaemoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Menulis dan terus menulis, menebar manfaat melalui tulisan. semangat berkarya gan ☺️
profile-picture
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Keknya ane pernah baca thread agan di SFTH, tapi yang mana ya kolup ane 🤔
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan lampupijajar memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Dih aku gaada
profile-picture
lampupijajar memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Trit promosi trit sendiri emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
lampupijajar dan rendyprasetyyo memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ane sih sebenernya ada pengalaman yg menarik tapi saiya ga pandai merangkai kata bak para pujangga
profile-picture
profile-picture
lampupijajar dan rendyprasetyyo memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
gimana sih caranya biar konsisten?
profile-picture
profile-picture
lampupijajar dan rendyprasetyyo memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Nulis terus te es. Crita nya oke punya.
Kalo teru setori emang ga pernah di komplen ama tokoh dalem crita ya.
profile-picture
profile-picture
lampupijajar dan rendyprasetyyo memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Terharu sih ini.
profile-picture
profile-picture
lampupijajar dan rendyprasetyyo memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wah keren gan, semangat terus buat bikin thread di SFTH eheheh
profile-picture
profile-picture
lampupijajar dan rendyprasetyyo memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
oke gan, nais inpoh
profile-picture
lampupijajar memberi reputasi
Cerita favorite gue di sfth
Sundul trilogi terbaik emoticon-Sundul Up
Quote:


Mungkin agan harus cek sfth saya. Saya cuma butuh 1 tahun buat ngelampauin jumlah katanya jk rowling emoticon-Cool
profile-picture
rendyprasetyyo memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Menulis cerita di sfth itu emang keren hebat dan sesuatu banget dan agan sudah membuat karya 👍👍👍
profile-picture
rendyprasetyyo memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
kaskus kan selalu punya cerita. fungsi kaskus masih berjalan selama masih jadi wadah. banyak penulis lama yg cabut dari kaskus.

angkatan 2016 sfth ya. . . . emoticon-Om Telolet Om!

coba yg angkatan old kaskus sfth absen duluuuuu emoticon-flower
profile-picture
rendyprasetyyo memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
TMS baru nongol lagi...
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-DPemoticon-Keep Posting Gan
profile-picture
rendyprasetyyo memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Mantab gan... Asal jangan main hapus trit aja gan.. Kasian kaskuser yg dah komen di trit emoticon-Mewek
profile-picture
rendyprasetyyo memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di