CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Proses Penukaran Koin Kreator Ada Perubahan Cek Infonya di Sini Gan!
Home / FORUM / All / ... / Tips & Tutorial Jual Beli /
Be A Smart Customer (Jadilah Pelanggan yang Bijak)
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f1266e410d2952eec0a2fe1/be-a-smart-customer-jadilah-pelanggan-yang-bijak

Be A Smart Customer (Jadilah Pelanggan yang Bijak)

Zaman sekarang itu adalah zaman yang paling santuy ya Gan, salah satu contoh santuy adalah belanja leyeh-leyeh dirunah tanpa ke tokonya langsung, iya belanja online, cukup sekali klik di handphone Agan/Sista eh.... paketnya dateng ke rumah. Apalagi di saat pandemi begini nih Gan, pasti agak takut kan keluar rumah buat beli kebutuhan, entah itu ke departement store atau ke pasar tradisional. Pastinya e-commerce jadi salah satu pilihab Agan/Sista buat bisa beli kebutuhan sehari-hari.emoticon-Jempol
Nah Agan/Sista pasti punya e-commerce andalan buat belanja kan ? pastinya. Yang mau ane bahas, untuk para Agan/Sista adalah bijak sebagai pembeli atau be a smart customer. 
Be A Smart Customer (Jadilah Pelanggan yang Bijak)
Pict : factualnewes.co

Pertama : Apakah pada e-commerce yang sudah ternama tidak rawan penipuan ? 

E-commerce yang sudah punya nama besar memang menjamin pelanggannya untuk bertransaksi dengan aman dan nyaman, apalagi dengan fasilitas keamanan pembayaran yang di berikan. Tapi tunggu dulu, Agan/Sist tau nggak kalo di e-commerce tersebut ada banyak pelapak atau seller yang buka tokonya mellaui akun selllernya di e-commerce tersebut. Ada yang udah laku keras banget dagangannya sampe seller tersebut dapet rating tinggi dari customernya dan ada juga seller yang produknya masih belum terjual dan reputasi sellernya masih belum dapat rating. Dan satu lagi ada juga produk yang di jual oleh e-commerce itu sendiri.

Terus apa hubungannya dengan penipuan pembayaran ? emoticon-Bingung
Nah disini ane mau info kalau memang benar e-commerce yang sudah memiliki nama besar memiliki keamanan dalam pembayaran karena sistem mereka telah di atur dengan sedemikian rupa untuk melindungi data-data customer. Biasanya e-commerce tersebut menyarankan untuk melakuakn pembayaran ke rekening atas nama e-commerce tersebut dan tidak disarankan untuk pembayaran langsung ke seller. Maksudnya gini loh.. Contohnya pernah ada nih kejadian temen ane yang belanja di e-commerce terkenal yang warna kuning misalnya, nah pas dia nego sama seller yang nggak ada ratingnya sama sekali dan produknya nggak pernah laku terjual, temen ane itu diminta untuk transfer ke rekening pribadi seller tersebut dan datanya di kasih lewat WA. Padahal ya kalo di pikir secara logika, temen ane sebagai pembeli bisa transfer ke rekening e-commerce tempat pelapak itu jualan. Tapi temen ane percaya aja. Alhasil di transfer deh tapi produknya sampai dengan  estimasi pengiriman terakhir nggak dikirim-kirim paketnya dan WA seller nggak bisa dihubungi. Terus temen ane complaint dong ke cs e-commercenya dan minta pertanggung jawaban. Tapi apa ujungnya, e-commerce tersebut nggak ngasih pertanggung jawaban, karena pembayaran yang temen ane lakukan itu nggak di transfer dengan benar yaitu ke rekening resmi e-commerce dan malahan dikirimin ke rekening seller  emoticon-Cape d...akhirnya temen ane marah-marah sama csnya tapi nggak dapet hasil apa-apa dan uang melayang.
Nah disini ane mau himbau aja, kalau Agan/Sista bertaransaksi di e-commerce ternama, jangan sampai mau di minta untuk transfer ke sellernya langsung, tapi tetap transfer ke rekening e-commercenya karena kalau ada kendala produknya nggak dikirim, e-commerce tersebut bakalan ngembaliin uang Agan/Sista. Bukan e-commercenya nggak aman, tapi bijaklah dalam membeli, karena sistem pembayaran resmi sudah disediakan, jadi ngapain repot-repot buat transfer ke rekening yang nggak jelas tujuannya.

Yang kedua : Sabar Gan.....

Kalau kita belanja online pasti kepingin cepet-cepet produknya datang kan, dengan alasan mau di pake buru-buru buat acara kondangan misalnya emoticon-Sundul
Nah sebelum kita transaksi alangkah baiknya kita lihat-lihat dulu estimasi pengirimannya ada yang cuma 3 hari kerja ada yang sampe seminggu, bahkan untuk produk mancanegara 30 hari kerja, waduh... lama juga yaemoticon-Matabelo
Nah, kalau Agan/Sista beli baju buat dipake ke acara kondangannya besok nih, ane saranin buat cari e-commerce yang ada layanan pengiriman same day, karena kalo salah pilih produk yang nggak ada layanan same day, mau sampe jenggot tumbuh rambut kuda juga paketnya nggak akan datang di hari yang sama dan Agan/Sista percuma komplain ke CS ecommercenya, yang ada cuma buang-buang pulsa buat telepon dan buang-buang tenaga buat marah-marah kompalin pesanan yang nggak dateng-dateng.

Apalagi ya Gan/Sist kalo musim pandemi kaya gini, pengiriman pasti agak lama karena pasti banyak daerah yang kena lock down. Kurir pengiirman juga akan terganggu. Nah, untuk itu kalau mau pakai produknya dengan segera nggak disaranin deh buat beli secara online. Tapi kalo nggak bisa keluar beli langsung, mending di jadwalin deh kapan pakainya dan di cocokin sama estimasi pengiriman paket. Jangan sampai kita sebegai customer marah-marah nggak berguna sama CSnya, kalau udah ketentuan pengiriman nggak akan ada jalan keluar selain nunggu. Kecuali ada maslah tertentu yang jadi kendala, nah itu pasti akan segera di tanganin.

Yang ketiga : Nggak semua seller yang ratingnya rendah adalah penipu

Nah balik lagi ke masalah penipuan tadi, nggak semua loh seller yang nggak ada ratingnya itu penipu. Contohnya ane pernah beli buku di salah satu seller dengan rating rendah di e-commerce terkenal, nah ane bayarnya langsung ke sistem pembayaran resmi yang disarankan biar aman, dan sebelum estimasi pengiriman lewat, produknya udah dikirimin kok, jadi,,, aman kan emoticon-Smilie

Yang keempat : Refund


Nah kalau kita mau dana dikembalikan dengan alasan berubah pikiran bisa kok, asalkan produk yang dikembaliakn masih dalam keadaan baik, atau ada kerusakan d pihak pelapak. Nah kadang-kadang kita kan nggak sabar buat nunggu dana kembali lagi kan, ? Hmm tau nggak Gan/Sist, pengembalian dana ada rentang waktunya loh berdasarkan metode pembayaran yang di gunakan : 

Pengembalian dana dapat dilakukan ke kartu debit online atau kartu kredit adalah 3 hari kerja namun yang akan terbaca di billing statement maksimal 45 hari kerja. Dan untuk ke rekening bank 1-3 hari kerja. Jadi sabar ya Gan/Sist.... Ane ngerti dana uangnya pasti di butuhin banget buat beli keperluan yang lain, tapi ya inilah yang namanya belanja online, ada ketentuan yang harus di pahami emoticon-Smilie
Be a smart customer Gan/Sist emoticon-Jempol
profile-picture
prahayuh memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di