CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
Menurut Agan, Anak Merupakan Investasi Masa Depan atau Amanah?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0ff61e88b3cb1f4a0bc07a/menurut-agan-anak-merupakan-investasi-masa-depan-atau-amanah

Menurut Agan, Anak Merupakan Investasi Masa Depan atau Amanah?

Ane tertarik membahas ini, karena topik ini memang sedang hangat-hangatnya di bahas di Twitter, dan topik ini ane rasa relate banget dengan semua orang, entah kalian yang saat ini sudah menjadi orang tua, ataupun kalian yang saat ini sedang menjadi anak. Pertanyaann untuk kalian yang saat ini sudah menjadi orang tua. "Apakah kalian menganggap anak kalian Investasi?" dan untuk kalian sebagai anak, "Apakah kalian merasa terbebani, memberikan sebagian hasil kerja kalian untuk orang tua?"

Menurut Agan, Anak Merupakan Investasi Masa Depan atau Amanah?

Ane pribadi sering sekali mendengar kata-kata ini "Investasi terbaik adalah anak sendiri" dulu ane masih belum terlalu paham apa yang dimaksud dengan Investasi, tapi seiring berjalan dengan waktu, ane berpikir Investasi kan biasa dilambangkan dengan uang, seperti kita menanamkan sesuatu lantas berharap mendapatkan sesuatu juga setelahnya. Terus maksudnya kita membiayai anak dengan uang, dengan harapan kita akan mendapatkan kembali uang tersebut dalam jumlah yang lebih besar atau bagaimana?

BANYAK ORANG TUA MENGANGGAP ANAK ADALAH INVESTASI.
Orang tua normal akan menganggap anak sebagai titipan dari Tuhan yang harus dijaga dengan baik, diberi fasilitas terbaik semampu kedua orang tuanya, terlepas dari apakah anak tersebut nantinya akan membalas kebaikan dengan berbakti kepada kedua orang tuanya atau tidak. Tapi kewajiban orang tua memang untuk merawat anak-anak nya tanpa pamrih. Tapi ada juga orang tua yang menganggap anaknya adalah Investasi, contohnya adalah kolega kerja ane.

Kolega kerja ane adalah seorang janda berumur 40 tahun, memiliki 1 anak laki-laki kelas 3 SMA, dia sering curhat ke ane tentang kehidupannya. Dan 1 hal yang ane inget bener sampe saat ini, dia bilang "Sin, gue kerja banting tulang begini, cuma buat anak gue sin, gue sekolahin dia bener-bener dari kecil sampe segede ini, gue semua yang biayain sin. Investasi gue ya cuma anak gue, kalo dia udah selese sekolah, gue mau berenti kerja sin. Capek. Biar gantian anak gue yang kerja."

Ya gimana ya, ane juga ga bisa menyalahkan pemikiran kolega ane ini, karena ane tau beratnya perjuangan dia ngebesarin 1 anak dengan status single parent gitu. Cuman ketika nanti ternyata anaknya ga sesuai sama harapan ibu nya gimana? Karena dari awal temen ane ini udah menganggap anaknya sebagai Investasi.

UNEK-UNEK ANAK YANG DIANGGAP SEBAGAI ROBOT INVESTASI.
Menurut Agan, Anak Merupakan Investasi Masa Depan atau Amanah?

sumber gambar : Twitter/@tucarino_
Bisa dibaca ya, diatas adalah contoh unek-unek seorang anak yang merasa terbebani dengan segala kebutuhan keluarga dan adik-adiknya. Ya gimana ya, ane juga sebenarnya bingung menyikapinya, kalau ditanya "Apa ada tipe orang tua yang morotin hasil kerja anaknya?"Jawabannya jelas ada, temen kosan ane dulu pas merantau begini. Dia rela dikosan cuma makan sama mie instan hampir setiap hari, biar bisa ngumpulin uang buat bayar utang orang tuanya dikampung. Tapi kalo temen ane, dia ga pernah ngeluh. Dia bilang selama dia masih bisa kerja buat bantu orang tuanya ya ga masalah.

LURUSKAN POLA PIKIR, TUJUAN DAN NIAT. SUPAYA TIDAK MERASA TERBEBANI.
Pemikiran sepertiAnak adalah Investasi atau Anak bukan Investasi serta Memberi Orang Tua adalah Kewajiban atau Memberi Orang Tua ketika Kita Lebih, abaikan saja dan gausah diperdebatkan. Yang penting lakukan peran dengan sebaik mungkin. 
Menurut Agan, Anak Merupakan Investasi Masa Depan atau Amanah?


Karena ane percaya, orang tua yang baikadalah orang tua yang mendukung anaknya dalam hal apapun tanpa menuntut kembali. Anak adalah anugerah dari Tuhan dan sudah swajib hukumnya bagi orang tua untuk merawatnya, kalau ada yang bilang anak adalah Investasi, mungkin lebih ke Investasi akhirat ya. Kalo bagi ane seorang muslim, ane diajarkan bahwa "Anak yang berbakti adalah pahala bagi orang tua yang sudah meninggal" setiap doa-doa nya akan menggugurkan dosa orang tuanya. 

Sedangkan anak yang baik akan memberi kepada orang tuanya tanpa diminta. Sebagai wujud dan bentuk terimakasih karena telah merawat, membesarkan, menemani dan melakukan hal terbaik sebagai orang tua. Ane sadar betul, sebesar apapun materi yang diberikan oleh anak kepada orang tuanya, tidak akan sebanding dengan pengorbanan dan perjuangan kedua orang tua yang telah merawatnya. So, menurut ane sikapi dengan bijak.

sumber : Opini pribadi

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 44 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh sinsin2806
Halaman 1 dari 7
anak investasi dunia? Bukan anak itu investasi akhirat.

Dari @SpongeGar
Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrastrid dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh sinsin2806
Lihat 3 balasan
sebagai orang tua harus paham, anak juga punya masa depan. Jadi jangan bebani anak dengan segala kebutuhan keluarga (orang tua dan adik). Tapi sebagai anak juga harus sadar diri, kalau punya rejeki lebih berbagilah dengan orang tua , karena orang tua adalah satu-satunya orang yang akan mendukungmu saat km di titik terendah nanti
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
bersyukurlah kalian yang masih bisa ngasih uang buat orang tua, dulu ane pingin banget bisa kerja terus hasilnya dikasih ke orang tua. Tapi nyatanya sebelum ane dapet kerja ibu udah dipanggil duluan, jadi ane ga pernah sempet ngirim uang ke ibu ane sendiri. Jadi kalian yang ibunya masih ada, jangan disia2in ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nohopemiracle dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
kalian ngasih sedikit uang ke orang tua ga bakalan bikin kalian miskin kok. Sedih aja ane baca ada yang merasa jadi alat atau robot cuma gara2 disuruh biayain keluarga sama adiknya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nohopemiracle dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 19 balasan
Yang menganggap anak nya investasi siap-siap aja kecewa. Karena ngerawat anak itu ga semudah ngerawat pohon jeruk yang tinggal nyiram doang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nohopemiracle dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
anak ya anugerah dari Tuhan. bukan investasi yang bisa di bisnis in.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MemoryExpress dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Dulu ane juga ngerasain jadi tulang punggung keluarga, soalnya ane anak pertama adik ane masih kecil, ibu ane kerja serabutan, bapak ane udah ga ada. Mau gak mau karena ane anak paling gede. Ane enjoy aja tuh ngejalaninnya, malah ane seneng bisa bantu ngeringanin sedikit beban ibu ane.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MemoryExpress dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Amanah lah, anak itu titipan dari Alloh. Ga semua orang dipercaya buat punya anak.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viensi dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ketawain dulu lah hahahahahha
profile-picture
profile-picture
kundil.jalan dan sinsin2806 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
anak memang investasi kok, ngebesarin anak ya investasi. uang yang kita keluarin buat anak ya investasi.
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
belom punya anak, jadi no comment
profile-picture
profile-picture
putranto1718 dan sinsin2806 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
walopun ane belum punya anak tapi ane berpikir kalo orang tua berkewajiban untuk membesarkan anaknya dengan kasih sayang toh si anak dengan sendirinya akan berpikir untuk balas budi ke pada orang tuanyaa. Ga banyak sekarang orang tua menjadikan anaknya investasi sehingga jadi ortu yg toxic cmiiw yaaa
profile-picture
profile-picture
knalpot.soak dan sinsin2806 memberi reputasi
Diubah oleh blackvelvet23
Lihat 3 balasan
lha terus menurute koe piwe sin? amanah? apa investasi?
profile-picture
profile-picture
nohopemiracle dan sinsin2806 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
sebenarnya orang tua yang baik itu ga ada yang mau bebanin anak, semua balik lagi ke pribadi orang tua dan anaknya. Sepengalaman gw ngeliat kakak gw sendiri, dia selalu menopang kebutuhan hidup kedua orang tua gw dan rejeki kakak gw bukannya berkurang malah bertambah terus, dari dia yang dulu jadi teller bank sekarang jadi kepala bagian (dan ini bank terbesar di indonesia lho, bank yang antriannya ngalahin pembagian sembako) bahkan dia ditawarin jadi kepala cabang tapi dia ga mau karena harus jauh dari mama (papa meninggal tahun 2015 kemaren) dan gw serta adek gw hidup di perantauan.

Sekarang balik lagi ke masing-masing pribadi anak, ikhlas ga ngebantu orang tua atau saudara, karena semua yang dilepaskan pasti akan kembali..

Jujur gw sebagai orang tua waktu anak ngasih sesuatu itu rasanya bangga banget, terharu walaupun anak2 gw masih tingkat SD. Dan gw sama istri juga selalu berdoa supaya nanti ga jadi beban buat anak2 gw.

Gw ngerasa dikasih kepercayaan sama Tuhan menjadi orang tua itu sebuah privilege lho. Banyak temen2 gw yang sukses tapi ga bisa jadi ortu. Bahkan ada temen gw yang jelas2 iri waktu tau bini gw hamil anak ke-3, padahal dia hidupnya berkelimpahan (dia sudah coba segala macam cara dan ga ada hasil apa-apa).

Untuk anak-anak yang merasa terbeban, coba berpikir positif aja dan bersyukur masih bisa membantu orang tua. Tuhan pasti ga tutup mata kok, siapa tau nanti Tuhan bales dikasih pasangan yang luar biasa, atau nanti keturunannya bakal diberkatin sampe 7 keturunan. Karena gimanapun juga orang tua itu sudah membesarkan kita. Kalau misalnya merasa terbebani coba ngomong ke orang tua, pasti ada jalan keluar lha.

Dalam hati terkecil orang tua pasti malu kalau sampai di support sama anak.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
ada benernya sih anak itu "investasi", tapi jangan dibawa ke urusan finansial mulu, apalagi terlalu itung-itungan hehehe emoticon-Sorry

investasinya lebih ke ngedidik anak yang bener aja.. kalo dia lebih sukses dan bener, entar kita kecipratan "cuan" bentuk uang ataupun doa hahaha
profile-picture
profile-picture
profile-picture
htx dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh sedotninja
Lihat 4 balasan
anak itu investasi bisa, tp jgn mikirnya jd kyk alat gitu. ortu juga kadang malah pgn anaknya kerja dpt duit bwt beli apa kek yg dia mau. ya tp liat juga keadaan ortu gmn masa iya ortu/keluarga lg susah gk ditolongin
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Anak itu emang investasi ko, bukan cuma masalah investasi harta, tapi investasi kelak di masa depan dan juga diakhirat.

Dimasa depan kalo anak jadi anak baik, berprestasi pasti yang timbul itu pertanyaan "anaknya siapa sih dia? Ko berprestasi ya? ortunya berhasil tuh ngedidik anak"

Diakhirat, bagi muslim ini mah ya, jika kita meninggal terputuslah semua amal kecuali, amal jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak yang sholeh.

Makanya didik anak sebaik mungkin kasih fasilitas sebaik mungkin agar bisa menjadi ladang tabungan dan investasi kita emoticon-Jempol
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Kalo menurut ane anak itu lebih ke investasi akhirat, mungkin ada beberapa ortu kadang menganggap anaknya sebagai investasi finansial.
Jujur ane sebagai anak tertua & kebetulan rezekinya lebih lah dari ortu tidak terlalu sering memberi bantuan finansial akan tetapi lebih membantu dalam mengelola keuangan atau bantu modalin bisnis kecil"an, soalnya ane pikir tidak semua rezeki kita buat balas budi ke ortu, lebih baik dibagi lagi, misal ada beberapa ane kasih ke ortu, beberapa buat pribadi, beberapa lagi ane tabungin ke saham buat tabungan pensiun, sehingga nanti kalo ane jadi ortu, calon anak ane gak pusing" buat balas budi masalah keuangan ke ane
profile-picture
profile-picture
bawonsukarto dan sinsin2806 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
sebagai anak walo gimanapun lu mesti mikir dulu kalo bapak ibuk gak ngentot maka gak akan ada lu di dunia ini.
profile-picture
profile-picture
mr.rio04 dan sinsin2806 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
anak itu titipan Tuhan emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bawonsukarto dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di