CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
Home / FORUM / All / Tech / Computer Stuff /
5 Virus Komputer Paling Berbahaya Di Dunia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0f9b40af7e93080660a794/5-virus-komputer-paling-berbahaya-di-dunia

5 Virus Komputer Paling Berbahaya Di Dunia

5 Virus Komputer Paling Berbahaya Di Dunia
Virus dan malware pada komputer akan terus berkembang dari waktu ke waktu, mereka bisa menjadi lebih berbahaya, sehingga sangat sulit untuk menjaga data kita terlindungi. Berikut ini adalah 15 virus komputer paling berbahaya di dunia dan ancaman malware baru di tahun 2020 yang perlu kalian ketahui.

1. ILOVEYOU
Mari kita mulai daftar virus komputer paling berbahaya di dunia dengan virus ILOVEYOU yang dianggap sebagai salah satu virus komputer paling ganas yang pernah dibuat. Hal itu dibuktikan dengan berhasil menghancurkan kerusakan pada sistem komputer di seluruh dunia dengan kerugian sekitar $10 miliar. 10% komputer di dunia diyakini telah terinfeksi. Sehingga pemerintah dan perusahaan besar menjadikan sistem pengiriman surat mereka offline untuk mencegah infeksi. Virus ini diciptakan oleh dua programmer Filipina, Reonel Ramones dan Onel de Guzman. 

Mereka menggunakan teknik social engineering untuk membuat orang mengklik lampiran. Tetapi lampiran itu sebenarnya adalah skrip yang berperan sebagai file TXT, karena Windows pada saat itu menyembunyikan ekstensi file yang sebenarnya. Setelah diklik, itu akan mengirim dirinya sendiri ke semua orang di email pengguna dan melanjutkan untuk menimpa file dengan dirinya sendiri, membuat komputer tidak bisa di-boot. Kehakiman Filipina mengatakan bukti terhadap Tuan Guzman tidak cukup untuk mendukung tuduhan yang diajukan kepadanya, karena tidak ada undang-undang tentang malware. Hal ini menyebabkan diberlakukannya UU E-Commerce untuk mengatasi masalah tersebut.

2. Code Red
Virus komputer paling berbahaya di dunia lainnya adalah Code Red yang pertama kali muncul pada tahun 2001 dan ditemukan oleh dua karyawan eEye Digital Security. Virus itu diberi nama Code Red karena pasangan itu minum Code Red Mountain Dew pada saat penemuannya. Worm tersebut menargetkan komputer dengan web server Microsoft IIS, mengeksploitasi masalah buffer overflow dalam sistem. Ini meninggalkan jejak sangat sedikit pada hard disk karena mampu berjalan sepenuhnya pada memori, dengan ukuran 3.569 byte. Setelah terinfeksi, ia akan melanjutkan untuk membuat seratus salinan dari dirinya sendiri tetapi karena bug dalam pemrograman, itu akan menggandakan lebih banyak dan akhirnya memakan banyak sumber daya sistem. 

Kemudian akan meluncurkan denial of service attack pada beberapa IP address, yang terkenal di antara mereka adalah serangan di situs White House. Ini juga memungkinkan akses backdoor ke server, memungkinkan untuk remote access ke mesin. Virus ini memberikan pesan yang cukup unik terhadap situs korban yang ditinggalkan di halaman web yang terpengaruh, “Hacked By Chinese!” , yang menjadikannya meme. Sebuah patch kemudian dirilis dan diperkirakan menyebabkan hilangnya produktivitas sebesar $2 miliar. Sebanyak 1-2 juta server terpengaruh dan yang luar biasanya lagi diperkirakan ada 6 juta server IIS pada saat itu.

3. Morris Worm
Morris Worm atau “Great Worm”, yang diyakini sebagai pelopor di antara worm komputer yang didistribusikan melalui internet. Diciptakan untuk menyoroti kelemahan keamanan dalam sistem Unix, pendirinya Robert Morris, membuat kesalahan fatal yang mengubah worm dari perangkat lunak yang berpotensi tidak berbahaya menjadi mesin serangan denial-of-service (DDoS). 

Worm itu seharusnya bertanya apakah sudah ada salinan yang berjalan di komputer tetapi sebaliknya ia hanya membuat salinannya sendiri, memperlambat sistem. Akhirnya, itu menyebabkan crash dan membuat komputer sama sekali tidak berguna. Diyakini bahwa Morris Worm menginfeksi sekitar 6.000 mesin Unix utama, menyebabkan kerusakan hingga $10 juta.

4. Nimda
Worm, virus, dan Trojan horse semuanya terdengar sangat menakutkan. Tapi itu sebenarnya virus komputer yang dikenal sebagai Nimda (admin yang dieja terbalik) yang menghantam internet kembali pada tahun 2001. Dalam satu jam setelah rilis, Nimda mencapai posisi teratas dari semua serangan yang dilaporkan. Tidak heran, karena worm menggunakan lima rute transmisi yang berbeda. 

Meskipun target utamanya adalah server internet yang menjalankan Windows NT dan 2000, Nimda juga memengaruhi PC pengguna biasa yang menjalankan Windows. Yang terakhir membantu penyebarannya dengan cepat dan menyebabkan pemadaman jaringan yang besar.

5. SQL Slammer
Pemadaman di layanan 911 di Seattle, jatuhnya layanan ATM Bank of America, dan pembatalan beberapa penerbangan Continental Airlines – ini hanya beberapa contoh dari apa yang mampu dilakukan SQL Slammer. Ini memicu pukul 05:30 UTC pada 25 Januari 2003, menginfeksi server pertamanya. Begitu pekerjaan itu selesai, Slammer menyebar dengan cepat, menggandakan jumlah korban setiap beberapa detik, dan hanya sepuluh menit setelah dirilis di alam liar, jumlah komputer yang terinfeksi tumbuh menjadi 75.000. 

Slammer secara dramatis memperlambat lalu lintas internet di seluruh dunia, menurunkan beberapa sistem penting, menyebabkan kepanikan besar dan kerusakan lebih dari satu miliar dolar. Lucunya, pelanggaran keamanan siber ini bisa dengan mudah dicegah. Worm tersebut mengeksploitasi bug di Microsoft SQL Server. Namun, patch yang mencegahnya telah dirilis enam bulan sebelum serangan, tetapi banyak organisasi mengabaikan atau tidak menerapkannya tepat waktu.

Sumur:

Quote:


profile-picture
profile-picture
profile-picture
liramarlinda dan 26 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Wew.. Seru kayanya gan kalo diceritakan kejadiian impact dari SQL Slammer
profile-picture
neWMeal memberi reputasi
Lihat 1 balasan
yg no 1 virus na sangar y emoticon-Big Grin tp nama na koq gt y emoticon-Nohope
Lihat 1 balasan
Di w10 masih ada yang terserang salah satu dari virus ini kah?
Lihat 4 balasan
Virusss berbahayaa dari pada coronaaa yaitu vkruss komputer wkwkakaka
Lihat 9 balasan
nyimak di trit hacker
Lihat 1 balasan
Yang ane tau cuma Trojan Horse virus

emoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
mirai botnet
pernah dengar virus dgn nama ILoveYou yang menyerang asia tenggara dulu.

sistem operasi kita malah jadi "zombie".
emoticon-Takut
Penting banget ini untuk menambah pengetahuan tentang virus komputer paling berbahaya di dunia.

Ane bantu jadikan hot thread dulu deh, biar makin banyak yang tahu.






Processing. . .



Hot thread done!
Lihat 2 balasan
Brontok bahaya bet bre emoticon-Takut
Tahun 2003 emoticon-Big Grin
profile-picture
cupilonlen memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Duh harus dikasih proteksi nih emoticon-Mewek
Lihat 1 balasan
Komeng dihapus
emoticon-pencetemoticon-Keep Posting Gan
Diubah oleh gamingear
Kenapa sih harus diciptakan virus
Diubah oleh ravidetan
Lihat 1 balasan
5 Virus Komputer Paling Berbahaya Di Dunia
profile-picture
jamban.bocor memberi reputasi
Lihat 3 balasan
dulu sempet kepikiran kalo virus2 di komputer itu sengaja diciptakan biar company2 antivirus laku, dan ...
Lihat 1 balasan
Sekarang lagi jamannya virus kere gan
emoticon-Wkwkwk
Lihat 1 balasan
Komeng dihapus
emoticon-pencetemoticon-Keep Posting Gan
Diubah oleh gamingear
Dari semua itu, bagi gw yang paling berasa adalah Nimda.

Dan sekarang, virus dengan varian win32. yang paling brengsek, karena merusak exe dan dll. Mau scan online kena proteksi melulu meskipun akhirnya tembus juga dengan salah satu antivirus.
Lihat 1 balasan
Pernah dulu waktu jaman windows xp masih pakai antivirus lokal waktu itu kena virus apa namanya lupa dari situs luar, tapi sangat menyebalkan, virusnya menginfeksi semua file .exe sama file .dll bahkan sampai anti virus lokal file .exe dan .dll nya ikut terinfeksi, sampai install ulang berkali kali masih kena juga gara gara disk D dan E ada file yang masih ter infeksi. Kesel akhirnya dengan terpaksa ane format semua disk terus install ulang win xp terus download anti virus internasional.
emoticon-Hammer2
Diubah oleh ora.w4r45
Lihat 3 balasan
Om virusnya ada berapa sih Om ? 5 ato 15 sih ...
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di