CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
Home / FORUM / All / Sports / Sports /
Mencengangkan! Fakta di Balik Logo Suporter Sepak Bola Nasional
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0f2dd4a727687b4e2aea6f/mencengangkan-fakta-di-balik-logo-suporter-sepak-bola-nasional

Mencengangkan! Fakta di Balik Logo Suporter Sepak Bola Nasional


Mencengangkan! Fakta di Balik Logo Suporter Sepak Bola Nasional

Hai, Agan/Sista pecinta bola! Salam dari ane, bukan penggemar tapi seneng banget lihat kalian teriak-teriak kasih semangat klub kesayangan di lapangan. Dukungan dan cinta yang kalian lemparkan ke lapangan itu bikin hati ane terenyuh, elah ....

Trus, apa kabar nih kalian selama tiga bulan musim pandemi ini? Masih seru-seru aja, gak? Atau udah gak bisa nahan rindu nobar pertandingan bola malem-malem ditemeni Mak Kunti?

Ngomongin bola, ane tertarik sama logo yang digunakan para suporter bola. Beberapa ada yang menggunakan hewan, ada juga tokoh sejarah yang dianggap melambangkan sifat berani dan pantang menyerah.

Seperti kita ketahui, olah raga sepak bola merupakan olah raga yang melibatkan emosi dan semangat yang membara, khususnya bagi para suporternya. Penggunaan logo-logo serta simbol-simbol jelas sangat berpengaruh. Selain menjadi identitas kebanggaan, logo dan simbol tersebut juga memiliki makna yang kemudian menginspirasi tak hanya para pemain, tapi juga para suporternya.

Beberapa waktu lalu, ane sempat membaca sebuah biografi tokoh sejarah. Ane sempat tercengang karena ada beberapa literatur yang menyebutkan bahwa tokoh sejarah yang ane baca itu ada hubungannya dengan logo salah satu kelompok suporter sepak bola. Nah, dari situ ane jadi tertarik untuk mencari tahu asal usul logo yang digunakan beberapa suporter bola, khususnya yang menggunakan logo bergambar manusia. Cekidot hasil penelusuran ane :

1. Wong Mangap -- Persebaya (Surabaya)


Mencengangkan! Fakta di Balik Logo Suporter Sepak Bola NasionalMencengangkan! Fakta di Balik Logo Suporter Sepak Bola Nasional
sumber gambar

Banyak spekulasi mengenai asal mula lambang 'wong mangap' yang menjadi kebanggaan bonek--sebutan untuk pendukung persebaya--ini. Pendapat pertama menyebutkan bahwa itu adalah Bung Tomo yang sedang menyerukan semangat kepada warga Surabaya yang saat itu sedang berjuang melawan penjajah Belanda. Pendapat kedua mengatakan bahwa itu adalah Dahlan Iskan, sosok yang sangat dekat dengan arek Suroboyo. Dan pendapat ketiga ini bisa jadi yang paling banyak disangkal karena menganggap gambar itu terinspirasi sosok dalam patung yang berdiri tegap di pinggir jalan kota Lamongan, yaitu Kadet Suwoko, pahlawan dari Malang yang tewas melawan penjajah di Kabupaten Lamongan. Sebagaimana diketahui, Bonek dan Arema kerap mengalami pertikaian dan permusuhan.

2. Mahesa Jenar -- PSIS (Semarang)


Mencengangkan! Fakta di Balik Logo Suporter Sepak Bola NasionalMencengangkan! Fakta di Balik Logo Suporter Sepak Bola Nasional
sumber gambar

Julukan Mahesa Jenar pertama kali diberikan oleh Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Muhammad Ismail, sekitar 1987. Julukan itu disematkan ke PSIS Semarang yang kala itu hendak melakoni laga kontra Persebaya Surabaya pada final Liga Perserikatan.

Mahesa Jenar sendiri merupakan pendekar sakti mandraguna, tokoh utama dalam cerita Nagasasra dan Sabukinten karangan Singgih Hadi (S.H.) Mintardja yang sangat populer pada tahun 1960 hingga awal 1990-an.

3. Joko Tingkir -- Persela (Lamongan)


Mencengangkan! Fakta di Balik Logo Suporter Sepak Bola NasionalMencengangkan! Fakta di Balik Logo Suporter Sepak Bola Nasional
sumber gambar

Meskipun Joko Tingkir lebih dikenal sebagai raja Demak yang lokasinya sekitar 250 km dari Lamongan, tapi julukan ini rupanya berhasil membangkitkan kembali semangat Persela hingga layak diperhitungkan seperti saat ini. Julukan Laskar Joko Tingkir ini bukan tanpa alasan disematkan oleh Bapak Masfuk, Bupati Lamongan pada masa awal kebangkitan kembali Persela (tahun 2000). Sebab, di Lamongan sendiri terdapat petilasan Joko Tingkir di daerah Pringgoboyo, Maduran, Lamongan.


4. Angling Dharma -- Persibo (Bojonegoro)

--maafin ane gak nemu gambar logo Angling Dharma--

Angling Dharma digambarkan sebagai seorang raja yang adil dan bijaksana, serta memiliki kesaktian dan kemampuan berperang yang tinggi.

Meskipun berasal dari kisah legenda masyarakat, tapi sosok Angling Dharma dipercaya sebagai tokoh nyata di beberapa daerah seperti Jawa Timur dan Jawa Tengah. Di Jawa Timur sendiri terdapat situs Mlawatan di Desa Wotangare, Kalatidu, yang dipercaya sebagai petilasan Angling Dharma.




Gimana, Agan/Sista baru tahu? Sama, ane juga emoticon-Ngakak.

Mudah-mudahan informasi ini bisa menambah semangat juang Agan/Sista, terutama yang tim jagoannya kesebut, karena perlahan rupanya pertandingan sepak bola sudah mulai digelar kembali meski tanpa penonton. Tak apa, kita tetep bisa nobar onlen dengan mengenakan atribut dan simbol tim kesayangan. Yekan??? Jebrettt!!!


Sumber :
1. Sumber 1

2. Sumber 2


3. Sumber 3
profile-picture
profile-picture
profile-picture
minhakim20 dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh bundasholihaah
wih, keren inspirasi para pecinta bola. pantesan semangatnya selalu membara
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
Lihat 2 balasan
ane baru sadar, sekitar awal tahun 2000, mungkin 2002 atau 2003, pernah diarak satu sekolah buat ke GOR Lamongan, entah waktu itu ngapain, lupa. sekarang baru tahu kalau itu adalah titik balik kejayaan Persela
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan Cupu1971 memberi reputasi
Diubah oleh bundasholihaah
Keren. The power of mefet DL. 😁
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan bundasholihaah memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Ane kira hanya lambang yang ada dibendera saja, nyatanya supporternya juga punya logo masing-maisng ya gans. Filosofinya keren juga tuh, semua punya tujuan masing-masing dalam pembuatannya
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan bundasholihaah memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Yang ane pernah baca sih logo bonek itu karikatur dahlan iskan yang masa muda nya juga seorang bonek. Dan kebetulan aja ekpresi yang ditampilkan sangat menggambarkan gelora semangat seorang bonek yang mendukung persebaya..
profile-picture
bundasholihaah memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
masa mukanya bung Tomo kaya gitu ?

kalo viking Persib, mukanya siapa ?

Kalo Persija pasang mukanya Benyamin Sueb emoticon-Leh Uga
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
Lihat 3 balasan
setiap logo memang banyak mengandung arti
profile-picture
bundasholihaah memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Wkkwkw. Kocak dan lucu. Keren deh
profile-picture
bundasholihaah memberi reputasi
Lihat 12 balasan
yang Persebaya ikonik banget sih, walaupun asal-usulnya masih kabur hehehe emoticon-Toast
profile-picture
bundasholihaah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
persis solo gan.. punya julukan laskar sambernyawa, yg diambil dr pangeran sambernyawa nama lain dr raden mas said a.k.a mangkunegara I (cmiiw)
profile-picture
bundasholihaah memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Wihhhh keren keren nih. Wajar aja sih kalau suporter nya semangat dalam mendukung tim. Asal jangan rusuh aja deh pokoknya
profile-picture
bundasholihaah memberi reputasi
Lihat 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di