CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Cara Menghitung Weton Jawa Buat GanSist dan Pasangan, Cek Di Sini!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0f21ce10d2952114778edd/cara-menghitung-weton-jawa-buat-gansist-dan-pasangan-cek-di-sini

Cara Menghitung Weton Jawa Buat GanSist dan Pasangan, Cek Di Sini!

Cara Menghitung Weton Jawa Buat GanSist dan Pasangan, Cek Di Sini!
Cara Menghitung Weton Jawa Buat GanSist dan Pasangan, Cek Di Sini!
Assalamualaikum
Halo sobat kaskuser, semoga sehat dan bahagia selalu di manapun Agan dan Sista berada. Pada kesempatan kali ini, izinkan ane membahas tentang weton jawa. Bagi sebagian masyarakat Jawa, pastinya kata-kata weton sudah tidak asing di telinga. Taukah Agan dan Sista, jika weton jawa sering banget digunakan untuk mengetahui masa depan pasangan yang akan menikah?

Sebelumnya, ane ingin menjelaskan apa sih weton itu. Jadi, begini, GanSist, weton itu adalah hari kelahiran manusia menurut penanggalan Jawa. Dalam penanggalan jawa selain hari yang berjumlah tujuh hari yang seperti kita kenal, ada juga pasaran jawa. Setiap hari dan pasaran sudah mempunyai angka-angka yang sudah baku, nggak bisa diotak-atik lagi.

Dalam penerapannya, masih banyak sekali orang tua yang masih memegang adat memakai hitungan weton untuk berbagai urusan. Contohnya memulai bercocok tanam atau menanam padi, membangun rumah, pindah rumah, pernikahan, dan lain sebagainya.

Nah, pada thread kali ini, kita sama-sama belajar menghitung weton tentang pasangan hidup, ini biasanya digunakan apabila kedua pasang mempelai ingin melangsungkan akad nikah. Hitung-hitungan ini masih dipakai oleh Pakde ane, loh, GanSist. Semua diperhitungkan.
Quote:

Pertama cek pasaran ketika Agan dan Sista brojol ke dunia yang fana ini. Ada 5 pasaran dalam tanggalan jawa. Pahing atau Paing, Pon, Wage, Kliwon, Legi. Tiap-tiap pasaran sudah ada angka bakunya, nggak bisa dituker ama pasaran lain nilainya.
Quote:

Langkah kedua, cek hari kelahiran Agan dan Sista. Hari ini hari umum seperti yang sama-sama kita ketahui. Dari hari Senin hingga hari Minggu. Ini juga angkanya sudah baku, ya, GanSist.
Quote:

Langkah ketiga, jumlahkan angka pasaran Agan dan Sista dengan hari umum. Setelahnya jumlahkan hasil dari total penjumlahan tadi. Jadi berapa totalan pria dijumlahkan dengan totalan wanita. Maka akan menghasilkan nilai akhir. Nilai akhir ini akan dicocokkan dengan perhitungan yang telah ditetapkan.
Quote:

Maka hasilnya tinggal dicocokkan sesuai tabel di atas. Hasilnya macam-macam, loh, GanSist. Setiap hasil akan memberi gambaran yang berbeda.
Oke, kita lanjut dengan penjelasan tiap-tiap hasil yang telah didapat.
Quote:

Jika hasilnya PEGAT, maka akan menemukan kendala dalam berumah tangga, entah itu dari faktor ekonomi, kekuasaan atau tahta, perselingkuhan, yang berujung dengan perceraian.

Jika hasilnya RATU, maka pasangan tersebut memang sudah jodoh. Dihormati oleh tetangga sekitar dan orang lain. Bahkan keharmonisan pasangan tersebut membuat iri.
Quote:

Hasil yang didapat mengarah ke JODOH, maka pasangan ini memang cocok. Mereka bisa saling menerima kekurangan dan kelebihan pasangan. Rumah tangga langgeng hingga tua

Hasil dari TOPO adalah bersusah-susah dahulu, bersenang-senang kemudian. Mungkin di awal-awal akan mempunyai masalah baik dari segi ekonomi atau lainnya. Namun, jika nanti dikaruniai seorang anak dan sudah lama berumah tangga maka akan mulya hidupnya.
Quote:

Berlanjut ke TINARI, hidup pasangan ini akan senang dan tidak menemui kesulitan. Akan mudah mendapatkan rezeki dan tidak akan hidup kekurangan. Sering banget menemukan keberuntungan dalam berumah tangga.

Jika hasilnya PADU, bakalan sering bertengkar. Meskipun setiap hari bertengkar, tapi nggak bakal cerai. Dalam berumah tangga hampir setiap hari bertengkar mengenai semua masalah.
Quote:

Lanjut ke SUJANAN, maka pasangan tersebut sering bertengkar dan banyak masalah perselingkuhan. Entah dari pihak lelaki atau dari pihak wanita, atau malah dua-duanya mempunyai selingkuhan.

Terakhir, jika hasilnya PESTHI, maka rumah tangganya akan rukun, tentram, adem ayem hingga tua. Meskipun diterpa masalah apapun tidak akan merusak keharmonisan pasangan tersebut.

Hitung-hitungan weton masih lestari digunakan hingga saat ini. Bahkan selain menggunakan hitungan weton, tata letak rumah calon mempelai pun ikut diperhitungkan. Ane punya temen yang gagal menikah hanya karena rumahnya menghadap Ngalor-Ngetan, padahal menurut tanggal jawa hasilnya baik.

Bagi sebagian mungkin ada yang tidak percaya dengan perhitungan weton, seperti ane misalnya. Bagi yang percaya, ya, silakan, bagi yang tidak, ya, kita hargai juga. Nggak ada yang salah dan benar jika sudah menyangkut kepercayaan. Semua akan menjadi benar jika kita sudah meyakininya.
Quote:

Bagaimana dengan hasil perhitungan weton Agan dan Sista dengan pasangan?

Sumber gambar : instagram
Opini pribadi

Kunjungi B Log kami dengan meng-klik gambar di bawah ini

Cara Menghitung Weton Jawa Buat GanSist dan Pasangan, Cek Di Sini!

emoticon-terimakasih emoticon-terimakasih emoticon-terimakasih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
orgbekasi67 dan 44 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh iissuwandi
Halaman 1 dari 6
Baca judulnya doang Sis😅 krna di keluarga juga masih kental sama begituan jadi otomatis hafal😅
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Coba tulung dihitungin tgl lahir saiyah te es... 30feb 1990 emoticon-Embarrassment

RED is BLOOD
RED is BAD
RED is ANGER
RED is SEXY

☆H A I L # B A T A # C O L L E C T O R☆
Lihat 11 balasan
wahh .. ilmu yg berguna nihh .. emoticon-2 Jempol
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ada dibuku silsilah nih. Cuma aku sih gak percaya🤭
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Estuzey dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Ciyeeee Mamake alih propesi🤣🤣🤣🤣
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan iissuwandi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Tentu saja di sini sangat penting untuk bisa mendapatkan pasangan yang sholih sholihah bagi para kaskuser. Karena memang semua itu akan membuat keluarga sip.
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Lah dino pasarane kok ra katut?
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan iissuwandi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Eh wes ono deng
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
aku nyimak Momi emoticon-gagalpaham
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Ane tibo tengkurep nang nduor kasur emoticon-Ngakak oleh ora? @iissuwandi
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Lihat 3 balasan
ane nyimak karna pernah iseng2 ngitung juga sih sama suami
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Lihat 2 balasan
nek aku entuk enem likur lur. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
Derodero89 dan iissuwandi memberi reputasi
Lihat 2 balasan
ane orang jawa tidak paham dengan hitungan weton.
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
meskipun ngga percaya yaa tapi di keluarga gue masih pake kayak gini buat nentuin acara hajat yang besar atau penting
yaah ane sih ammbil baiknya aja ngga ada salahnya juga hehe
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
penasaran. iseng itung

eh ternyata dapet di JODOH

aamiin emoticon-Peluk emoticon-Peluk
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Ane gak percaya beginian sih, tapi pas nikah, calon ipar sibuk ngitung. Untungnya cocok menurut merekaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
di daerah ane itung2an gini juga masih dipake. bkn cma bwt nikahan za sih, tp masih banyak hal lg yg harus pake itung2an gtu, kayak mo bangun rumah, dll
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Lihat 1 balasan

Mau tanya dong..

Mau tanya dong..kl cara tau nilai hari jawa (yg kliwon, dsb) itu dari mana ya?
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Hmmm... Menarik juga ... emoticon-Matabelo
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
GEMBOK
emoticon-nyantaiemoticon-Keep Posting Ganemoticon-cystg
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Diubah oleh gamingear
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di