CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
“Homemade Fried Teri” yang Gurih dan Renyah, Apaan Tuh?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0edcba68cc9548ab448522/homemade-fried-teri-yang-gurih-dan-renyah-apaan-tuh

“Homemade Fried Teri” yang Gurih dan Renyah, Apaan Tuh?

“Homemade Fried Teri” yang Gurih dan Renyah, Apaan Tuh?

Dokumen pribadi

Tersebab pekerjaan yang berada jauh dari kota muasal, maka ane ngontrak sebuah rumah sederhana sebagai tempat tinggal sementara. Untuk sementara menjadi bujangan dalam perantauan yang pulang dua pekan sekali menemui kekasih hati, istri dan anak-anak tercinta.

Sendirian, lama-lama ane merasa bosan makan di warung terdekat. Inginnya asupan yang berbeda. Kebetulan ane bisa masak asal-asalan.
Quote:

Singkatnya, dengan peralatan seadanya, pun bahan seadanya, ane membuat "Homemade Fried Teri" yang enak sebagai teman nasi hangat juga tidak bakal membosankan untuk kudapan.

Apaan tuh? Bagaimana cara membuatnya?

Simak uraian berikut. Maaf fotonya buram, maklum pakai hengpon jadul.

Bahan-bahan:
1/4 kg. teri Medan (berwarna putih bersih dan agak kecil-kecil).
1 sachet tepung bumbu serbaguna, biasanya digunakan untuk membuat fried chicken.
Air matang secukupnya.
“Homemade Fried Teri” yang Gurih dan Renyah, Apaan Tuh?

Dokumen pribadi

Cara Mengolah:

Cuci teri Medan dengan air panas (dileop - bahasa Sunda). Agar kadar garamnya berkurang sekaligus membersihkan teri dari kotoran. Tiriskan.

Aduk setengah bungkus tepung serbaguna dengan air secukupnya. Jangan terlalu encer atau kental, supaya adonan bisa menempel di teri tapi tidak menggumpal.Balurkan teri ke dalam adonan. Adonan yang pas akan melapisi teri tipis-tipis.

Setelah tercampur rata, masukkan ke dalam loyang yang berisi sisa tepung serbaguna. Aduk sehingga bubuk itu membungkus teri.
Hasil balutan yang baik adalah berbentuk teri lepas-lepas seperti nasi goreng dan tidak menggumpal ketika ditabur.
“Homemade Fried Teri” yang Gurih dan Renyah, Apaan Tuh?

Dokumen pribadi

Goreng dengan minyak yang sedang panasnya agar tidak cepat gosong luarnya namun matang dalamnya. Setelah berwarna kuning keemasan, teri bisa diangkat. Setelah dingin, simpan dalam toples dan pastikan tertutup rapat.

Sekarang Homemade Fried Teri siap disantap dengan nasi hangat. Selain sebagai lauk, bisa juga dimakan sebagai cemilan sambil nonton TV. 

Homemade Fried Teri juga disukai oleh anak-anak. Terbukti, anak-anak ane menyukai olahan ini. Tidak asin, terasa gurih, dan renyah.
Menurut berbagai sumber, teri Medan termasuk sejenis keluarga anchovy yang berukuran 3 senti-an (sebesar butiran beras) dan berwarna putih.

Konon teri mengandung gizi yang baik untuk anak-anak, sepanjang tidak asin, yaitu: omega-3, protein, kalsium dan zat besi yang baik untuk pertumbuhan.

Demikian resep makanan praktis yang bisa ane bagikan.

Semoga bermanfaat bagi agan dan sista yang ingin membuat olahan gurih dan simpel. Selamat mencoba!

Rujukan (disini) emoticon-Wowcantik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
farinamany dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mbsus
duh pake nasi anget plus sambel enak nih
profile-picture
mbsus memberi reputasi
Lihat 7 balasan
ga kepikiran da kalo bisa ditepungin, kek apa rasanya yaaa
profile-picture
mbsus memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Enakk nihh dimakan sama nasi anget angett sama sambel aja udah nikmat kelihatannya, wahh harus dicoba nih lumayan buat lauk pas makan disaat lagi males masak gitu
profile-picture
mbsus memberi reputasi
Diubah oleh mine388
Lihat 5 balasan
Kalo di artikan "teri goreng" 😁 atau bisa jadi ini like a peyek teri gan 🙄
profile-picture
mbsus memberi reputasi
Lihat 1 balasan
hmmmmmm yummy banget nih. Langsung eksekusi ah
profile-picture
mbsus memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Oke makasih resepnya gan.. kapan-kapan boleh nih dicoba.. dimakan dengan nasi hangat plus sambal bawang pasti enak banget nih..
profile-picture
mbsus memberi reputasi
Lihat 3 balasan
we ane kalo digorengin teri medan kayaknya gak pernah ditepungin deh. next coba ditepungin
profile-picture
mbsus memberi reputasi
Lihat 3 balasan
wih boleh jg nih dipraktekin lngsung
profile-picture
mbsus memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ane abis goreng teri ini buat stock di rumah emoticon-Matabelo tapi biasanya gak ada seminggu dah abis
biasaya teri di campur ke orek tempe, ternyata bisa juga ya di bikin menu kek gini👍
profile-picture
mbsus memberi reputasi
Lihat 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di