CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Belajar dari Covid 19, Ini Syarat-Syarat Yang Harus Dipenuhi Suatu Virus Zombie
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0e7de0e83c720577105cf6/belajar-dari-covid-19-ini-syarat-syarat-yang-harus-dipenuhi-suatu-virus-zombie

Belajar dari Covid 19, Ini Syarat-Syarat Yang Harus Dipenuhi Suatu Virus Zombie

Belajar dari Covid 19, Ini Syarat-Syarat Yang Harus Dipenuhi Suatu Virus Zombie
Gbr diambil dr : www.grandforksherald.com

Salah satu genre film yang ane paling suka adalah genre zombie apocalypse. Ketika sebagian besar penduduk dunia menjadi zombie. Mulai dari film zombie yang klasik, yang menggambarkan fenomena zombie itu sebagai sesuatu yang supranatural, sampai dengan film-film zombie modern, di mana biasanya kiamat zombie, atau zombie apocalypse ini diawali dari uji coba biologi yang lepas kendali.

Iseng-iseng TS coba membayangkan, jika ada sebuah strain virus yang bisa menyebabkan kiamat zombie, syarat-syarat apa saja yang harus dimiliki virus itu, supaya kondisi seperti di film-film itu terpenuhi.

Dari hasil imajinasi TS, maka berikut ini syarat-syarat minimum yang perlu dimiliki suatu virus zombie :

1. Kemampuan untuk menular dengan mudah.

Jika di film-film, kebanyakan yang terjadi adalah tertular lewat gigitan. Akan tetapi, jika penularan virus ini hanya lewat persinggungan darah yang terjadi pada saat manusia normal digigit oleh manusia yang sudah terinfeksi, bagaimana mungkin virus ini menjadi sebuah pandemi yang melanda seluruh dunia.

Kita lihat saja virus covid 19 yang sekarang ini dinyatakan sebagai sebuah pandemi, dan diakui sebagai virus yang penyebarannya sangat cepat. Virus covid ini meskipun membuat banyak pemerintahan oleng, namun tidak sampai melumpuhkan pemerintahan-pemerintahan di dunia.

Artinya, jika virus zombie hanya menular lewat gigitan, kemungkinan kecil bisa terjadi kiamat zombie seperti yang ada di film-film. Virus zombie sebaiknya mampu pula menular, lewat udara, air dan media-media lainnya.

2. Merusak otak dan jaringan syaraf tanpa mengurangi mobilitas penderita.

Kita semua tentu tahu penampakan zombie, yang pasti kesadaran dan kontrol dirinya hilang. Tapi jika kerusakannya terlalu parah, sampai menyebabkan penderita susah bergerak, ya penderita tidak akan menjadi ancaman bagi orang lain, seperti yang ada di film-film zombie.

Mungkin yang paling mirip dengan kondisi ini adalah penyakit rabies, atau anjing gila.

Virus menyerang bagian tertentu dari jaringan otak anjing, membuat anjing menjadi paranoid, merasa terancam, tanpa melumpuhkan kemampuannya bergerak, sehingga dia menjadi ganas dan menyerang orang-orang di sekelilingnya. Anjing gila akan menyerang tanpa peduli dengan luka-luka yang dia derita, karena dalam benaknya yang terganggu, dia sedang berusaha bertahan hidup.

Belajar dari Covid 19, Ini Syarat-Syarat Yang Harus Dipenuhi Suatu Virus Zombie
Gbr diambil dr : medicalnewstoday.com

3. Masa inkubasi yang sangat lama.

Ya, bukan saja dia harus bisa menyebar dengan cepat, tapi virus ini juga harus memiliki masa inkubasi yang cukup lama, agar dia bisa menyebar hampir ke seluruh populasi manusia, sebelum penderitanya menunjukkan gejala-gejala seperti pada nomer 2.

Lagi-lagi, kita bisa membandingkan ini dengan covid 19, salah satu yang menyebabkan penyebaran covid sulit untuk diatasi, adalah adanya orang-orang tanpa gejala. Sehingga tidak mudah untuk memisahkan antara mereka yang membawa virus, dan mereka yang masih aman dari virus.

Selain itu, gejala covid yang mirip dengan gejala flu biasa juga menyulitkan orang untuk mengamankan diri dari pembawa virus covid.

Virus zombie, dengan gejala-gejalanya yang sangat mencolok dan mengancam, tentu saja akan mengalami kesulitan yang cukup besar, jika sampai kita mendeteksi keberadaan-nya, sebelum dia sempat menginfeksi mayoritas populasi manusia. Banyak yang mengatakan covid 19 tidak berbahaya, dan itu juga yang membuat banyak orang masih santai dan tidak mengikuti prosedur kesehatan.

Virus zombie yang ganas dan menakutkan, akan mendapatkan perlakuan yang berbeda, dan virus ini harus pandai-pandai menyembunyikan diri, jika ingin menjadi pandemi.
Belajar dari Covid 19, Ini Syarat-Syarat Yang Harus Dipenuhi Suatu Virus Zombie
Gbr diambil dr : theconversation.com

4. Kemampuan untuk terus bermutasi dengan cepat.

Lagi-lagi belajar dari covid 19, setelah suatu virus terdeteksi, maka ilmuwan-ilmuwan pun akan bekerja keras untuk menganalisa virus ini. Dengan kecanggihan teknologi genetika saat ini, maka para ilmuwan bisa memetakan DNA suatu virus dengan cepat.

Sehingga mereka mampu mengadakan alat test, vaksin dan juga pada akhirnya obat.

Dua hal ini akan membuat virus zombie mati kutu. Maka, jika virus zombie ingin berhasil menaklukkan dunia, dia harus bisa bermutasi dengan cepat, karena para ilmuwan akan terus berlomba dengan kecepatan mutasi virus zombie.

Semakin virus zombie cepat bermutasi, maka semakin sulit bagi para ilmuwan untuk mengembangkan vaksin dan obat untuk mengalahkannya.

-----

Sekian kira-kira dari saya, ada yang punya ide lain?

Yang pasti sih, menurut saya, melihat betapa sulitnya sebuah virus bisa menjadi pandemi, apalagi dengan tingkat keganasan yang tinggi dan efek yang menakutkan seperti virus zombie dalam film-film, sangat kecil kemungkinannya sebuah kiamat zombie seperti yang digambarkan dalam film-film zombie itu terjadi.

Jadi jangan kuatir, kiamat zombie hanya akan ada di film dan cerita, sebagai sesuatu yang bisa menghibur dan mengisi waktu luang kita.


Salam....

Belajar dari Covid 19, Ini Syarat-Syarat Yang Harus Dipenuhi Suatu Virus Zombie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
newterminalspa dan 20 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh lonelylontong
Halaman 1 dari 4
berat nih pagi-pagi bahas kiamat emoticon-Hammer2
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Belajar dari Covid 19, Ini Syarat-Syarat Yang Harus Dipenuhi Suatu Virus Zombie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kucing.bingung dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Kok jadi inget game Resident Evil, emoticon-Ngakak








dan sampai sekarang game dengan tema kiamat zombie masih jadi salah satu genre game favorit ane, emoticon-Salaman
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan lonelylontong memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Hiii serem amat zombie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ariwanas dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Imaninasinya liar bgt. Ngeri juga kalo beneran ada virus zombie di dunia nyata emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
decodeca dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
kalo zombie efek dari kena sampe berubah jadi zombie nya cepet, jadi cepet juga nyebar nya ... emoticon-Hammer (S)
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan lonelylontong memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ngeri gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ariwanas dan 3 lainnya memberi reputasi
Kalau inget Pandemi Covid, ane ingetnya Film Resident Evil. Kalau film Zombie kayaknya sudah lama banget dan dulu gak nonton.

Apa mungkin pandemi corona ini hanya mewujudkan apa yang ada di film itu?
*fantasi mulai liar*
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ariwanas dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Waduh, cuman ngebayangin aja dah ngeri gan...
Itu orang2 kaya dah pada persiapan bikin bunker bawah tanah... yg gak punya cuman pasrah ja dah..emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ariwanas dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Kata zombie mnengingatka akan sebuah film kingdom....yang menceritakan tentang zombie ....membayangkan mengerikan sekali kalau ini bener di dunia nyata.
profile-picture
profile-picture
decodeca dan lonelylontong memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ngeri juga sih kalo sampe bisa bermutasi jadi virus zombie gitu
Lihat 1 balasan
Lagi bayangin mbak Raden Kanjeng Mas Ayu Tumenggung Reisa Kartikasari Broto Asmoro ngomong KONPERMASI
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Film Zombie yg pernah saya liat cuma Train to Busan. Itu pun gak sampai tamat.😆. Sama film lokal, Reuni Z. Yang menurut saya, nggak ada serem2nya zombie di reuni Z mah. Malah ngakak mulu
profile-picture
profile-picture
decodeca dan lonelylontong memberi reputasi
Lihat 3 balasan
gatau napa lebih takut zombi daripasa setan -___-
profile-picture
profile-picture
decodeca dan lonelylontong memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Ane keinget world war z , salah satu film zombie terkeren emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
leosilalahi dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 20 balasan
Cuma berandai2,, seandainya zombie2 dlm film ada dkhidupan nyata.. ane memilih utk ikut jdi zombie aja drpd bertahan hidup, ngumpet, kabur, ngelawan zombie kek di film.. gak deh, capeee, tiap saat ngrasa was2.. wes jdi zombie ae emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
decodeca dan lonelylontong memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Jangan deh, gak kuat 😁😁😁
profile-picture
profile-picture
decodeca dan lonelylontong memberi reputasi
Ane paling kaporit film zombie gan
Peninsula nih yg baru lanjutan train to busan
profile-picture
profile-picture
decodeca dan lonelylontong memberi reputasi
Lihat 1 balasan
virus zombie manusianya bisa hidup kembali tapi makanin manusia

corona ga bisa bangkit lagi, ga bisa mamamin manusia

BATA!emoticon-Bata (S)
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di