CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
ASN Terlibat Ideologi Khilafah Akan Diberhentikan Tidak Hormat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0e3b3710d29539f1322641/asn-terlibat-ideologi-khilafah-akan-diberhentikan-tidak-hormat

ASN Terlibat Ideologi Khilafah Akan Diberhentikan Tidak Hormat

ASN Terlibat Ideologi Khilafah Akan Diberhentikan Tidak Hormat

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB) Tjahjo Kumolo menegaskan aparatur sipil negara (ASN) yang terbukti terlibat ideologi khilafah akan diberhentikan tidak hormat. Hal itu sesuai Undang-Undang (UU) 5/2014 tentang ASN.

"ASN apabila terbukti menganut dan mendukung paham khilafah, maka terhadap ASN tersebut sesuai Pasal 87 ayat 4 huruf b UU 5/2014, diberhentikan tidak dengan hormat karena melakukan penyelewengan terhadap Pancasila dan UUD 1945," kata Tjahjo, Senin (13/7/2020).

Tjahjo menuturkan saat ini tampaknya sedang muncul isu mengenai keterlibatan ASN dalam upaya menggantikan ideologi Pancasila dengan khilafah. Tjahjo menyatakan ASN sepatutnya tetap patuh pada ideologi Pancasila. Menurut Tjahjo, ideologi khilafah itu bersifat transnasional. Artinya berorientasi meniadakan nation state.

"Ancaman khilafah sudah terang-terangan ingin mengganti ideologi Pancasila," ujar mantan menteri dalam negeri tersebut.

Tjahjo mengungkap sejak awal masuk menjadi pegawai, sesuai dengan Pasal 4 UU 5/2014, setiap ASN diwajibkan mematuhi 15 nilai-nilai dasar ASN. Nilai dasar nomor satu dan dua secara tegas disebutkan memegang teguh ideologi Pancasila, serta setia mempertahankan UUD 1945 serta pemerintahan yang sah.

"UU ASN juga mengharuskan pegawai ASN untuk mematuhi kode etik dan kode perilaku. Salah satu kode etik dan kode perilaku yang harus ditaati adalah memegang teguh nilai dasar ASN dan selalu menjaga reputasi dan integritas ASN, seperti disebutkan dalam Pasal 5 ayat 2 UU ASN," ucap Tjahjo.

Tjahjo menuturkan dalam kaitan dengan afiliasi politik, ASN juga berkedudukan sebagai aparatur negara yang harus netral dan bebas dari kepentingan golongan atau partai politik (parpol). Hal ini sebagaimana disebutkan dalam Pasal 9 ayat 2 UU 5/2014.

Tjahjo menjelaskan pegawai ASN juga memiliki fungsi selain sebagai pelaksana kebijakan dan pelayan publik. Selain itu ASN juga berfungsi sebagai perekat dan pemersatu bangsa. Ini juga disebutkan dalam Pasal 10 dan Pasal 11 UU 5/2014.

"Ketika diangkat menjadi PNS, juga diharuskan mengucapkan sumpah/janji, yang salah satu sumpah/janji yang diucapkan adalah akan setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila, UUD 1945, negara, dan pemerintah. Sumpah ini diucapkan menurut agama atau kepercayaannya kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan didampingi oleh rohaniawan," kata Tjahjo.

Tjahjo pun menyebut, "Jadi setidaknya ada kewajiban yang harus dipenuhi oleh pegawai ASN, sehingga pegawai ASN harus berada dalam koridor memegang teguh ideologi Pancasila, mempertahankan UUD Negara RI 1945, dan kepatuhan pada pemerintah yang sah, yaitu mematuhi nilai-nilai dasar, mematuhi kode etik dan kode perilaku, bebas intervensi, menjadi perekat dan pemersatu bangsa, dan wajib setia dan taat pada Pancasila dan UUD Negara RI 1945."

Tjahjo menambahkan konsekuensi setiap pejabat ASN baik tingkat pusat maupun daerah, hukumnya wajib menjaga dan mengamalkan ideologi negara dan UUD 1945. Selain itu ikut menjaga keutuhan NKRI dan mendukung pemerintahan, sehingga setiap kebijakan yang tidak bertentangan ideologi negara, dan kesetiaan dalam pengabdian kepada bangsa dan negara.

Tjahjo menuturkan Kementerian Hukum dan HAM telah mencabut status badan hukum ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Dengan demikian, HTI resmi dibubarkan pemerintah, pencabutan dilakukan sebagai tindak lanjut Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang 2/2017 yang mengubah UU 17/2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan.


ASN Terlibat Ideologi Khilafah Akan Diberhentikan Tidak Hormat

profile-picture
profile-picture
profile-picture
liramarlinda dan 46 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kaskus.infoforum
Halaman 1 dari 7
Wowww... Aku MAUUUU...

















Tapi boong..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fitsa...hats dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
akyu jg mau khilafah.... tp ntr ye nunggu nabi Isa turun emoticon-Salaman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hendi38 dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
ASN Terlibat Ideologi Khilafah Akan Diberhentikan Tidak Hormat

dibakar ngamuk, emoticon-Sundul Up
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vegasigitp dan 20 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
yo kpan ni dpet pengsiunan 2M
ngemeng doang lu yoh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
Halah bacot mulu, no action

Resmiin khilafuck sbg ideologi terlarang baru gw percaya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akun.baru dan 30 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ingat khilafah ingat isis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vegasigitp dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Sudah masuk ke sistem, kemudian mengakar, bisa mempengaruhi pengambil keputusan² di sana.

Di sini pengasong nya juga gencar mempengaruhi, bikin konfrontasi lewat thread.

Ngeri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akun.baru dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
pns?? bumn kapan. nih??emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vegasigitp dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
masa sih?
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
keinget, ukhti2 yg demo kilapah, g sadar mereka, kalo kilapah lebih banyak minusnya ke mereka... Yg lg wahabi aja udah kelihatan berat, apalagi kilapah... Oh ukhti emesh...

emoticon-Belgiaemoticon-Belgiaemoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vegasigitp dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Trus itu si Cahyo mo tahu ini penganut khilafah atau tidak dari mana?

Dari jenggotnya kah,dari cingkrangnya celana, dari jidatnya yang hitam atau seperti awal orba bahwa jilbab adalah representasi dari fundamentalisme agama?

Quote:


Setia dan taat kepada pancasila? Klo ini diterapkan PDIP sebagai inisiator RUU HIP dan anggota dewan yang memasukkan Pancasila yang seharusnya Pancasila 18 Agustus 1945 hasil kesepakatan tapi mencoba mengkudeta atau membelokkan ke pancasila 1 juni 1945 yaitu TRISILA, EKASILA, KETUHANAN YANG BERKEBUDAYAAN adalah harus diadili, ditangkap orangnya dan dibubarkan partainya

UUD 1945? bukanya sudah diamandement dan yang ada sekarang adalah UUD 2002. Bukankah sistem Populer Vote yang kita pake juga hasil kudeta UUD 45 dan PANCASILA SILA 4 yang mengamanatkan KEBIJAKSANAAN DALAM PERMUSYAWARATAN PERWAKILAN? beranikah negara ini mencabut UUD 2002 dan menggantinya dengan UUD 45 ?

#MIKIR
profile-picture
profile-picture
profile-picture
baujengki dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh 121131
Lihat 20 balasan
Sisir atuh, jangan cuma lips service dan menghukum yang viral doank
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vegasigitp dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
waduh🤔🤔🤔
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan entop memberi reputasi
akan akan mulu dari dulu

asn modal kata "akan" bisa gajian tiap bulan . yg penting rencana
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vegasigitp dan 4 lainnya memberi reputasi
13 manfaat khilafah,
1. Pend Gratis karena gak akan ada org sekolah sibuk perang
2. Pengobatan gratis karena dibantu PMI internasional pas perang
3. Biaya Nikah gratis karena crot sana sini gratis
4. Riba dilarang karena maling aja gampang
5. Tidak ada narkoba dan miras, karena smua sudah halal
6. tidak ada kemiskinan karena udah gak ada standar mana miskin mana kaya
7. pajak dihapus, iya lah siapa juga yang mau narik pajak pas perang
8. tidak ada penistaan, apanya yang mau dinista,, orang dipaksa sama smua
9. tidak da kebodohan,, y iya lah orang yang pinter juga gak adaaaaaaaaaaaaaaaaaa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akun.baru dan 42 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Telusuri aja..

Mulai dari yang pakai celana cingkrang dan beberapa typical kadrun yang secara visual memanjakan mata itu. emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vegasigitp dan 7 lainnya memberi reputasi
astajim.emoticon-Kagets

Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yanka555 dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh t.prima.causa
Lihat 26 balasan
Ayo langsung di razia aja....

Jangan nato aja...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vegasigitp dan 4 lainnya memberi reputasi
Ayo pecat
Coba sisir tuh orang2 celana cingkrang jidad itam, biasanya pemuja khalifuck
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vegasigitp dan 5 lainnya memberi reputasi
Terimakasih Pe A 212 emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di