CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Militer dan Kepolisian /
Mengenal Para Anggota K9 yang Tangguh Dan Cerdas
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0dba8082d4957ea631162f/mengenal-para-anggota-k9-yang-tangguh-dan-cerdas

Mengenal Para Anggota K9 yang Tangguh Dan Cerdas

Hallo gan sist kembali lagi diforum Militer dan Kepolisian, setelah membahas banyak masalah militer. Kali ini TS mau membahas soal kepolisian, sesuai judul tulisan. TS akan membahas anggota K9, anggotanya adalah hewan berkaki empat, nama hewannya adalah anjing. Menjadi salah satu yang setia dan sahabat terbaik bagi manusia. Bagi polisi hewan ini menjadi andalan untuk melacak penjahat, bom dan narkoba. Dalam struktur kepolisian, hewan ini menjadi bagian unit K9. Unit K9 sendiri di Indonesia, mulai dibentuk tahun 1959. Selanjutnya langsung saja kita mulai pembahasannya, inilah para Anggota K9 yang bertugas membantu polisi.


Mengenal Para Anggota K9 yang Tangguh Dan Cerdas


Ilustrasi by google image dan diedit oleh TS.


1.German Sheperd


Kita mulai dari yang pertama, German Sheperd atau biasa disini dikenal dengan nama anjing gembala Jerman. Pasti sudah familiar dengan anjing ini gan sist ? Anjing dengan telinga lancip mirip telinga serigala ini menjadi salah satu andalan kepolisian, salah satu tipe anjing favorit TS nih. Anjing ini berasal dari Jerman, dan dulu sering digunakan untuk menggembala domba. Ia juga dikenal punya fisik serta indera penciuman yang kuat.


Anjing ini dipilih karena mudah dilatih, cerdas serta penurut. Dia biasanya dilibatkan dalam pencarian barang bukti, pencarian mayat, derta mengejar pelaku kriminal. Barangkali kalian ada yang pernah memeliharanya ? Silakan bisa dishare pengalamannya dikolom komentar, German Sheperd tidak banyak memiliki varian warna. Ia identik dengan warna cokelat dan hitam, bisa dilihat gambar dibawah ya. Dikesatuan K9, German Sheperd termasuk di bagian umum.


Mengenal Para Anggota K9 yang Tangguh Dan Cerdas

Sumber



2.Rottweiler


Anjing satu ini juga berasal dari Jerman, selain terkenal akan otomotifnya, negara ini juga dikenal dengan berbagai jenis anjingnya yamg mendunia. Pernah kah mendengar nama Rottweiler sebelumnya gan sist ? Anjing ini memiliki wajah yang sangar, warna bulunya dengan dominan warna hitam, serta warna cokelat pada setiap ujung kaki dan pada mncongnya. Pada abad ke 19, di Jerman sana, Rottweiler juga populer dijadikan sebagai penjaga hewan ternak.


Selain itu mereka punya fisik yang sama kuatnya dengan German Sheperd, pada masa itu Rottweiler juga dijadikan sebagai hewan penarik pedati berisi daging hasil dari peternakan. Ia juga dikenal cerdas dan mudah untuk dilatih, tak heran dirinya dapat kehormatan menjadi anggota K9 baik bagi polisi di Indonesia dan polisi negara lain didunia. Indera penciumannya juga tajam, sama seperti German Sheperd. Disatuan kepolosian dia juga masuk bagian umum gan sist, sebagai anjing pelacak. Untuk melacak mayat, barang bukti kejahatan, dan mengejar pelaku kriminal dengan fisiknya yang kuat.


Mengenal Para Anggota K9 yang Tangguh Dan Cerdas

Sumber



3.Belgian Malinois

Sama seperti namanya, anjing ini berasal dari Belgia gan sist. Memiliki telinga lancip dan warna bulunya sekilas mirip German Sheperd, tapi sebenarnya berbeda. Warna Malinois sendiri cenderung berwarna cokelat, dengan moncong, muka, serta telinga berwarna hitam. Ada juga yang berwarna hitam, dimana warna hitam dominan menutupi tubuhnya, dan hanya menyisakan sedikit bulu berwarna cokelat.


Dogy ini mulai dikenal didaerah Malines di Belgia pada abad ke 19, dan mulai masuk ke Amerika diawal tahun 1900. Sama-sama pintar dan mudah dilatih, anjing ini punya pendengaran yang lumayan tajam gan sist. Jadi ketika tetangga lagi bisik-bisik gosipin kita, si doggy ini bisa mendengarnya. Tapi sayang dia gak bisa memberitahu kita, apa yang digosopin tetangga tersebut (just kidding ya emoticon-Ngakak (S)).


Tapi serius karena pendengaran yang tajam, ia banyak membantu saat melakukan misi pencarian korban reruntuhan gempa bumi. Disamping itu ia juga ditugaskan mencari korban kebakaran, selain juga meringkus para kriminal. Good job dogy ! Dogy ini masuk bagian umum dikesatuan K9 seperti dua dogy yang diatas gan sist. Bagian umum sendiri bertugas melacak serta mengejar penjahat, melacak narkoba, juga dijadikan pasukan bantuan pengurai masa demosntran.


Mengenal Para Anggota K9 yang Tangguh Dan Cerdas

Belgian Malinois, warna cokelat.

Sumber



Mengenal Para Anggota K9 yang Tangguh Dan Cerdas

Malinois hitam yang TS maksud, yang ditengah.

Sumber




4.Golden Retriever

Pasti sudah pada kenal dengan si dogy ini bukan ? Golden Retriever terkenal saat bermain di dilm Air Bud, yang dulu sering ditayangkan pas liburan sekolah di TV swasta, ada yang ingat ? Sesuai namanya, si dogy ini punya warna bulu keemasan dan hidungnya berwarna hitam, maka dari itu ia digelari nama Gold. Nama Retriever sendiri berarti pengambil buruan, karena zaman dulu para pemburu sering memburu burung dan bebek. Dalam mengambil hasil buruan, mereka tidak menggigit secara kasar. Hasil buruan diberikan dalam keadaan utuh, dan tidak ada kerusakan.


Ia termasuk salah satu anjing yang punya wajah imut, ceria, dan bersahabat. Tak heran banyak yang menjadikannya sebagai hewan peliharaan, si dogy yang berasal dari Inggris ini sangat menyukai air. Karena sedari dulu, ia sudah sering masuk ke air untuk mengambil hasil buruan tuannya. Golden Retriever sendiri juga penurut, mudah dilatih, serta punya sifat yang tenang.


Selain dijadikan hewan peliharaan dan anjing pemburu, dia punya peran penting ditim K9 sebagai anjing pelacak multifungsi. Bisa melacak narkoba serta dilibatkan dalam misi penyelamatan SAR dengan hidungnya yang tajam, mereka juga diandalkan mencari orang yang dinyatakan hilang dalam kecelakaan dan bencana alam. Gebetan yang tiba-tiba menghilang saat dichat, juga bisa dicari dengan bantuannya.


Mengenal Para Anggota K9 yang Tangguh Dan Cerdas

Golden Retriever.

Sumber




5.Labrador Retriever

Sama-sama menyandang nama Retriever (pangambil buruan), tapi jenis dogy ini bukan berasal dari Inggris. Labrador sendiri berasal dari Kanada, sama-sama dijadikan anjing pemburu. Ia ditugaskan untuk mengambil buruan hasil tuannya, berupa bebek liar yang jatuh di semak-semak atau sungai. Sama seperti Golden Retriever, Labrador juga suka main-main di air. Labrador memiliki banyak varian warna, mulai dari cokelat, hitam, dan kuning. Sekilas warnanya yang cokelat mirip Golden Retriver. Tapi bulu milik Labrador lebih tipis, sementara bulu Golden Retriver cenderung tebal. Labrador memiliki warna hidung merah jambu.


Labrador termasuk anjing cerdas yang cepat belajar, dia bisa berdaptasi dengan lingkungan perkotaan yang ramai dan berisik. Dimana ras anjing lain kesusahan dalam hal itu, dia juga memiliki sifat yang tenang dan cepat memahami kondisi. Dikesatuan K9, Labrador masuk dalam tim pencarian dan penyelamatan bersama Golden Retriver, keduanya diandalkan dalam misi evakuasi SAR. Serta membantu dalam menemukan narkoba dan barang kejahatan lainnya.


Mengenal Para Anggota K9 yang Tangguh Dan Cerdas


Mengenal Para Anggota K9 yang Tangguh Dan Cerdas


Mengenal Para Anggota K9 yang Tangguh Dan Cerdas

Labrador Kuning, cokelat dan hitam.

Sumber Foto




6.Beagle

Namanya Beagle bukan begal ya, ia berasal dari Inggris dan berukuran kecil dibanding 5 dogy yang sudah dibahas. Dulu warga Inggris sering mengajaknya untuk berburu kelinci, indera penciumannya juga lumayan tajam. Pada tahun 1923, populasinya semakin menurun karena sudah gak banyak warga yang berburu lagi. Baru pada tahun 1930, Phillip Honeywood mempelopori acara berburu bersama Beagle. Hingga populasinya kembali meningkat. Ia memiliki corak bulu yang beragam, mulai dari warna kuning kecokelatan, hitam dan putih.


Berat maksimalnya hanya 11 kg saja, meski begitu dia menjadi andalan tim penjinak bom polisi untuk mendeteksi apakah suatau barang mengandung bahan peledak atau tidak. Karena ukuran tubuhnya yang gak terlalu besar, mempermudah pergerakannya. Beagle juga banyak ditugaskan dibandara, untuk mendeteksi barang yang tidak diizinkan seperti narkotika dan sabu. Masa bakti anjing di Tim K9 biasanaya mencapai 6 tahun, tapi bagi Beagle di Tim Jihandak, masa tugasnya hanya 3 tahun. Karena terlalu sering mengendus bahan peledak serta narkotika+sabu, tugas ini bisa merusak indera penciumannya. Maka tugasnya paling singkat diantara anjing lain dikesatuan K9.

Mengenal Para Anggota K9 yang Tangguh Dan Cerdas

Beagle.

Sumber



Mengenal Para Anggota K9 yang Tangguh Dan Cerdas

Sumber



7.Bloodound


Perkenalkan dogy ini dari Belgia gan sist, dulu dia dikenal sebagai anjing pemburu yang handal. Dia sering diajak untuk berburu babi hutan dan juga rusa, dia dikenal tangguh dan memiliki tenaga yang kuat. Bloodhound dipercaya sebagai anjing pemburu yang dulu pernah dipelihara Biara Saint-Hubert di Belgia. Selain dikenal akan ketangguhannya, ia dikenal akan penciumannya yang sangat tajam.


Soal lacak-melacak Bloodhound jagoannya gan sist, dia mampu mengenali bau manusia dari jarak yang cukup jauh. Bahkan setelah beberapa hari, dia masih mengingat bau orang yang pernah ditemui atau pernah berdiam disuatu tempat. Hal ini dibantu oleh instingnya yang tajam, di K9 Indonesia dan negara lain, ia sering ditugaskan untuk melacak tahanan yang melarikan diri atau bahkan mencari orang yang hilang.


Kalau dilihat sekilas, si dogy ini punya wajah yang gak meyakinkan. Matanya sayu, menggambarakna sikap hewan yang suka bermalas-malasan. Tapi jangan lihat dari tampilan luarnya, ketika dia sudah diberi tugas untuk mencari bau sesuatu dia akan sangat fokus dan bersemangat serta bisa diandalkan. Ia memiliki warna cokelat, serta cokelat dengan perpaduan warna hitam, dimana warna hitam itu menutupi sebagian tubuhnya layaknya sebuah rompi. Yang paling unik adalah ukuran telinganya yang panjang serta lebar, di K9 Bloodhound termasuk dalam bagian umum juga gan sist.


Mengenal Para Anggota K9 yang Tangguh Dan Cerdas

Lihat wajahnya.

Sumber



Ada 3 bagian dalam satuan kepolisian K9 Indonesia antara lain: bagian umum, bagaian pelacak dan penyelamatan, serta bagian Jihandak. Dan untuk setiap polisi didunia, pembagian tugasnya berbeda-beda ya gan sist. FYI sedikit tambahan bagi kalian yang ingin mencari mantan yang hilang, Blackhound bisa jadi pilihan nih, recomend dari TS emoticon-Peace emoticon-Hammer (S)


Mengenal Para Anggota K9 yang Tangguh Dan Cerdas

Yang warna cokelat.

Sumber



Mengenal Para Anggota K9 yang Tangguh Dan Cerdas

Warna cokelat dan hitam.

Sumber



Ok sekian dulu pembahasan para anggota K9-nya, ternyata peran anjing ini sangat penting bagi tugas kepolisian diseluruh dunia gan sist. Mungkin gan sist ada yang mau menambahkan atau mengkoreksi nanti silakan coret-coret dibawah. Atau juga yang pernah punya pengalaman memelihara salah satu anjing diatas, TS mengundang kalian untuk hadir dikolom komentar. Enjoy Kaskus, ane tutup dengan meme legend emoticon-Angkat Beer


Mengenal Para Anggota K9 yang Tangguh Dan Cerdas

emoticon-Ngakak



Referensi: 1.2.3.4.5
Ilustrasi: google image

profile-picture
profile-picture
profile-picture
vivalarockin dan 35 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6
Terimakasih sudah mampir emoticon-Nyepi

Quote:


Quote:


Quote:





Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:






@pannotia.server, @alketam, @jagotorpedo, @kuciank, @ojo.kondor, @capt.sabaru, @Gailham, @REVO32, @indrag057, @davecchio, @nowbitool, @galigulagalu, @yuswijaya, @jlamp, @ardian76 @gardu09, @kitkat949, @coens1982, @gardu09, @orgbekasi67, @TuanLi, @dieq41, @BuluKemaluan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
blezzernet dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Gw tuh takut sama anjing, pernah trauma waktu kecil diuber anjing mskpn ga smp digigit emoticon-Sorry
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Ane mah klo anjing polisi ane sebut Herder

emoticon-Ngakak
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Waah Anjing..!,
Tapi punya pangkat emoticon-Wakaka
Ane malu deh..
Sama Aparat Anjing...,
emoticon-Leh Uga

(Jgn nge gas)
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
K-9 = K-Nine = Canineae = Canis
(keluarga asu emoticon-Big Grin)

pasukan doyan nyokot...emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
jlamp dan si.matamalaikat memberi reputasi
anjing..

nggak usah K9, yang anjing kampung aja mantep setianya.

sedikit share,
ane pernah ketiduran pas masak air, begitu anjing ane ngeliat kompor nyala terlalu lama dan ane tidur langsung di tarik2 celana ane sampe kebangun. abis itu nge gonggong sambil lari ke dapur emoticon-Hammer

kapan bisa punya rottweiller ya emoticon-Insomnia
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Quote:


ane juga pernah diuber gan, tapi bersyukur sudah gak terlalu takut lagi. yang paling ane takuti jenis pitbull, karena paling agresif



Quote:



wkwkwk, sama gan. waktu kecil nyebutnya juga herder, terutama yang telinganya lancip emoticon-Big Grin


Quote:


mereka pasukan yang gak mau disuap gan emoticon-Big Grin

dan ketika mati, dikuburin dan dapat penghormatan juga emoticon-Big Grin



Quote:


wkwwk, kalem jangan ngegas bacanya gan.
kaporit ente yang mana nih ?

mungkin bisa share pandangan solal pasukan ini ?
profile-picture
profile-picture
dieq41 dan jagotorpedo memberi reputasi
Lihat 5 balasan
wah ane cukup anjing kampung aja dah, lebih gampang ngerawatnyaemoticon-Big Grin tujuannya sebagai penjaga rumah
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
paling sensi sama hewan yang satu ini. pernah punya pengalaman yang kurang menyenagkan soalnya
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
jd inget film Megan Leavey..emoticon-Big Grin
Mengenal Para Anggota K9 yang Tangguh Dan Cerdas
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan jlamp memberi reputasi
Ane pengin tau nih jenis anjing anjing gini kalau dinegara asalnya sana apa sama kayak anjing anjing kampung disini, banyak berkeliaran dijalanan terlepas dari masalah kalau yang buat anjing polisi pasti keturunan unggul.
Kalau bahas anjing ane jadi sedih inget dulu waktu dikampung piara anjing dari kecil pas mau pergi merantau sampai ngejar ngejar motor ojek yang bawa aneemoticon-Mewek
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Jadi inget rutweler ane.Gan.
Mati tragis krn nabrak kaca..emoticon-Mewekemoticon-Mewek

Sekarang cuma miara anjing kampung 2 biji.
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Tangguh,cerdas dan tentunya ditakuti oleh gerombolan PA 212.Polisi gak perlu gas air mata cukup lepasin satu peleton k9 aja niscaya 7 juta alumni 212 kocar kacir mengahadapinyaemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
balnus2019 dan si.matamalaikat memberi reputasi
bru tau tuh anying golden ikutan k9? emoticon-Leh Uga

.............................................. kek grup idol aje k9 isinya 7 emoticon-Leh Uga
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Kangen rin tin tin. emoticon-Ngakak

Ada dua di jaman ane sekolah, film seri tentang anjing.

Rin tin tin dan leslie.

Bukan leslie hero ML. emoticon-Blue Guy Bata (L)

Sekalian bre TS ama harganya, siapa tau aja ada yg minat.. thanks emoticon-Rate 5 Star
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Diubah oleh wy2312
Ada yg seneng ama rin tin tin, lassie atw hachiko

Ane sendiri lbh seneng ama qithmir, ga bnyk org yg tahu kalo anjing ini menjaga 7 org majikannya yg tidur di sebuah gua sampe2 si anjing mati duluan mendahului majikannya

Krn jasa2nya kisah si anjing ini bahkan terukir dlm alquran
Mengenal Para Anggota K9 yang Tangguh Dan Cerdas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
pernah kenalan ama rotweler K9. ga boleh lengah.. ngincer tangan terus.. emoticon-Smilie
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Nyari mantan hilang, sambil bawa Rottweiler.. emoticon-Big Grin

emoticon-Leh Uga
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Dan semua jenis anjing bisa dijadikan kuliner lezat
profile-picture
profile-picture
Cupu1971 dan si.matamalaikat memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Ane kepengen banget punya golden atau labrador, selain cerdas mereka juga ramah
profile-picture
si.matamalaikat memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di