CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Beda Pandangan Gus Muwafiq dan Ustaz Abdul Somad soal Drama Korea
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0da32568cc950535519f7f/beda-pandangan-gus-muwafiq-dan-ustaz-abdul-somad-soal-drama-korea

Beda Pandangan Gus Muwafiq dan Ustaz Abdul Somad soal Drama Korea

Beda Pandangan Gus Muwafiq dan Ustaz Abdul Somad soal Drama Korea

Suara.com - Video ceramah Ahmad Muwafiq atau yang disapa Gus Muwafiq baru-baru ini kembali viral di media sosial. Dalam rekaman itu, ulama Nahdlatul Ulama (NU) tersebut menyinggung soal drama Korea alias drakor.

Ceramah Gus Muwafiq sebenarnya sudah diunggah ke YouTube tahun 2019 lalu, tapi kembali beredar.

Seperti video yang diunggah ke kanal YouTube Gus Muwafiq Official, yang berjudul 10 November 2019.

Saat itu Gus Muwafiq menyampaikan ceramahnya di masjid kampus Universitas Brawijaya Malang.

Menurut Gus Muwafiq menonton film Korea tidaklah lantas membuat seorang muslim menjadi kafir .

"Nonton film Korea? Biasa aja, gak usah kafir. Masak gara-gara kalah ganteng sama aktornya terus bilang kafir. Ya jangan gitulah," ujar Gus Muwafiq yang disambut tawa jemaat, dilansir hops.id -- jaringan Suara.com , Selasa (14/7/2020).

Dalam kesempatan itu, Gus Muwafiq juga berpesan agar para ulama tidak lantas gampang menyebut sesuatu hal menjadi haram.

"Jangan sembrono ketika membuat hukum haram. Kami enggak suka sudah begitu aja," kata Gus Muwafiq.

Gus Muwafiq juga mengingatkan pentingnya Bhineka Tunggal Ika dalam persatuan berbangsa dan bernegara.

“Hindu jaga Budha, Budha jaga Hindu. Maka kalau kemudian ada Banser jaga gereja, ga usah ribut. Itulah warisan asli bangsa Indonesia. Di Bali yang jaga masjid, pecalang. Di New Zealand, yang jaga masjid orang Nasrani. Tumpeng masuk gereja, gak usah marah. Gak usah emosi,” ujar Gus Muwafiq yang disambut tepuk tangan.

Simak video selengkapnya ceramah Gus Muwafiq di sini .




Pernyataan Gus Muwafiq yang menyinggung film Korea ini dianggap menyindir perkataan Ustaz Abdul Somad ( UAS).

Menurut hops.id , UAS pernah mengatakan bahwa menonton drama Korea sama halnya dengan menjadi kafir.

"Orang Korea nih kafir, tak bersunat. Tak mandi wajib. Berzinah kerjaannya. Jangan suka kepada orang kafir. Siapa yang suka kepada orang kafir, maka dia bagian dari kafir itu. Condong hatinya kepada orang kafir, maka tontonlah kori’ah (Korea)," ujar UAS.

Kata-kata itu dilontarkan UAS ketika ditanya oleh jemaahnya.

Tak main-main dengan ucapannya, UAS juga mengutip salah satu hadis Nabi Muhammad SAW.

"Jangan lagi ditonton itu sinetron-sinetron Korea itu. Rusak, nanti pas mau sakaratul maut datang dia rame-rame. Apa yang selalu kita tengok, apa yang selalu kita dengar, itulah yang akan datang waktu kita sakaratul nanti," kata UAS.


Video ceramah UAS selengkapnya dapat disaksikan di sini .





SUMBER :
https://www.suara.com/news/2020/07/1...al-drama-korea
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh daily.planet
Halaman 1 dari 3
Beda Pandangan Gus Muwafiq dan Ustaz Abdul Somad soal Drama Korea

profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 27 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


bisa aja emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 11 lainnya memberi reputasi
Beda Pandangan Gus Muwafiq dan Ustaz Abdul Somad soal Drama Korea
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 13 lainnya memberi reputasi
Yang satu saling menjaga dan menghormati sesama pemeluk agama yang berbeda-beda.

Yang satunya pernah mengolok-olok simbol agama lain.

emoticon-norose
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 8 lainnya memberi reputasi
"Jangan sembrono ketika membuat hukum haram. Kami enggak suka sudah begitu aja," kata Gus Muwafiq.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 9 lainnya memberi reputasi
Kalo ukhti ayana moon gimana, pak somad? emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Ane saranin somad ganti moge ke onta, biar lidah ngga kena gigit sendiri, gigi makan tuan.
Satu lg konten youtubenya dihapus ngga syariah karena sistem subcriber, pengen duid kan looemoticon-Ngakak

Ini baru bener, kalau ngga ntar ad logika mahasiswa belajar di china atau negara eropa di cap kapir or komunis.

emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Test.news dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Cosmoflip
Sarkasnya anjay emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Test.news dan 4 lainnya memberi reputasi
Nonton drakor haram-kafir, HP buatan China haram-kafir, HP buatan Korsel haram-kafir, HP buatan Amerika haram-kafir. Tapi doyan juga M*ki Korsel. Munafik kan, mati ajalah. Hehehe itu ane lho...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Test.news dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
'menurut hops.id' 👈🏽 ini nih yg ngadu ceramah gus sama uas. Di bandingkan. Blok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Test.news dan 3 lainnya memberi reputasi
Gw dukung Prof. Dr. KH. Abdul Somad. Semua yang mengidolakan kaum kafir ya otomatis kafir. Dalam masalah keilmuan, semua ulama NU kagak ada yang dapat menandingi keilmuan Prof. Dr. KH. Abdul Somad.

Massa yg setia sampai mati dengan Prof. Dr. KH. Abdul Somad itu jutaan orang. Kalau massa para Kyai NU tidak seberapa.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Bruntung kli cewek pnggemar kpop, mau sakaratul maut yg dtg yg d tonton ... Kata somad lo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Test.news dan 7 lainnya memberi reputasi
Ane pegang om somad lah emoticon-Leh Uga
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Beda Pandangan Gus Muwafiq dan Ustaz Abdul Somad soal Drama Korea
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Test.news dan 4 lainnya memberi reputasi
"Nonton film Korea? Biasa aja, gak usah kafir. Masak gara-gara kalah ganteng sama aktornya terus bilang kafir. Ya jangan gitulah," ujar Gus Muwafiq


Buahahahhaa......
:emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Test.news dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kang haram bersabda emoticon-Big Grin
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Beda Pandangan Gus Muwafiq dan Ustaz Abdul Somad soal Drama Korea
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan areszzjay memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Nonton drama Korea dibilang kafir tapi yang ngobel ngobel janda yang akhirnya kabur gak dibilang kafir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Somad mungkin ceraiin bininya karena dibandingin sama Lee Min Ho mungkin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
Beda Pandangan Gus Muwafiq dan Ustaz Abdul Somad soal Drama Korea
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di