CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Terkuak! Ternyata Ini Bedanya Indomie Jawa dan Indomie Kalimantan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0d87557e3a725ae476504d/terkuak-ternyata-ini-bedanya-indomie-jawa-dan-indomie-kalimantan

Terkuak! Ternyata Ini Bedanya Indomie Jawa dan Indomie Kalimantan

Terkuak! Ternyata Ini Bedanya Indomie Jawa dan Indomie Kalimantan
Suara.com - Meski diproduksi oleh perusahaan yang sama, rumor tentang perbedaan produk mie instan merk Indomie di Jawa dan Kalimantan ternyata benar adanya. Hal ini dibuktikan langsung oleh seorang pengguna Tiktok bernama @extraordinarygirlll.

Melalui akun TikTok-nya, gadis itu membuktikan sendiri perbedaan Indomie goreng dari Jawa dan Kalimantan. Ia juga heran ketika mendapati rumor yang santer terdengar itu ternyata bukan abal-abal.

"By the way, anyway, gue nggak pernah seniat ini, tapi karena banyak yang kepo dan nggak percaya, ini gue beli Indomie-nya Kalimantan dan barusan gue beli Indomie-nya Jawa," katanya.

Ia pun meletakkan dua bungkus Indomie yang masing-masing dibeli di Pulau Jawa dan Kalimantan. Ia bahkan memperlihatkan tiket pesawat ketika dirinya pergi ke Kalimantan untuk membuktikan rumor tersebut.

Perbedaan pertama yang ia saksikan adalah bungkus atau kemasan Indomie yang berbeda antara Indomie yang dibeli di Jawa dan di Kalimantan. Kemasan Indomie Jawa lebih besar sementara Indomie di Kalimantan lebih kecil.

"Kita lihat perbedaannya apa. Nih ya, kalau dari kemasan, dari Jawa lebih gede sedangkan yang ini [Kalimantan] lebih ramping gitu," tukasnya.Terkuak! Ternyata Ini Bedanya Indomie Jawa dan Indomie Kalimantan

Perbedaan kedua, kemasan Indomie Jawa terdapat keterangan tulisan bawang goreng di bagian bawah gambar piring, sementara untuk Indomie Kalimantan, tulisan tersebut tidak ada.
"Yang paling mencolok, ada tulisan bawang goreng lebih banyak dan lengkap dengan saus cabe. Di sini [Indomie Kalimantan] nggak ada soalnya di sini emang nggak ada bawang dan nggak ada saus cabenya," kata @extraordinarygirlll.

Perbedaan ketiga yang berhasil ia temukan adalah, berat dua mie instan itu berbeda padahal diproduksi oleh perusahaan yang sama. Indomie dari Jawa memiliki berat 85 gram sementara Indomie dari Kalimantan memiliki berat sebesar 80 gram.

"Padahal produksinya sama loh. Kenapa ini 85 gram dan ini 80 gram," jelasnya.

Perbedaan terakhir yang ia temukan adalah cara penyajian. Untuk Indomie dari Jawa, terdapat saran penyajian menggunakan bawang goreng dan saus cabe, sementara yang Indomie Kalimantan tidak ada.

Sontak, hal ini pun memantik perdebatan warganet. Mereka merasa hal tersebut tidak adil dan melampiaskan kekesalannya melalui kolom komentar.


"Indomie harus klarifikasi," kata @MEMELPARK.

"Sebagai orang Kalimantan saya merasa tidak adil," kata Hirohito.

https://www.suara.com/news/2020/07/1...mie-kalimantan

Yaelah kya ginian aja ribut..emoticon-Leh Uga

Di kalimantan kebanyakan usernya kagak begitu doyan dgn saos sambal.
Maunya sambal,makanya indomie di kalimantan dan khususnya kaltim kagak pake saos sambal sedari dulu dan pke sambal bubuk.
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
koi7 dan 44 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh extreme78
Halaman 1 dari 7
Indomie versi ekspor juga beda gan rasanya. Malahan dulu teman ane ada yang di titipan untuk bawakan indomie goreng + sampoerna mild dari indonesia segala. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 22 balasan
Indomie sumatera bijimaho breemoticon-Kemana TSnya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
andika.1stravel dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 16 balasan
Mungkin menyesuaikan lidah orang daerah masing2 kali yak, tapi menurut ane kalo kek gitu sih jauh lebih enak indomie jawa pasti emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
everlasting777 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
pabrik indomi itu ada banyak, beda di masing-masing region distribusi.
kalau bahan dasar indomi di kalimantan mahal, ya mau nggak mau pilihannya cuma: naik harga atau isinya dikurangi.emoticon-Blue Guy Smile (S)
mungkin maunya kayak bbm gitu ya, disubsidi region lain. sayang indomi itu bukan bumn.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Gak malu ama title kaskus maniac emoticon-fuck3

emoticon-Salah Kamar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
udah dr dulu emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adhi14 dan 3 lainnya memberi reputasi
tambahan,
perbedaan kelima,
penjual dan tempat yang ngejual mie instan:

di pulau jawa, penjualnya ada di jawa
di kalimantan, penjualnya ada di kalimantan

profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
Penting amat dibahas emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan 3 lainnya memberi reputasi
penting ya?
wong nggak digoreng tapi namanya mi goreng. sudah ngibul namanya. yang penting bukan dus mi instan tapi isinya duit korupsi aja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
v1ncz777 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
oh ada bedanya ta?
profile-picture
profile-picture
samsol... dan entop memberi reputasi
Coba tebak adek lg makan indomie jawa atau kalimantan?
Terkuak! Ternyata Ini Bedanya Indomie Jawa dan Indomie Kalimantan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cosmo92 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Brarti yg kalimantan sama kek dibangka ga ada bawang goreng trus sambal nya cuma bubuk cabe
profile-picture
profile-picture
samsol... dan entop memberi reputasi
Lihat 3 balasan
{thread_title}
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dirawan09 dan 5 lainnya memberi reputasi
Jadi pengen coba yg satunya
profile-picture
profile-picture
samsol... dan entop memberi reputasi
selisih 5 gram mungkin utk mengurangi ongkir emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
daimond25 dan 3 lainnya memberi reputasi
itu malah versi eropa tuh.. justru dapet kualitas expor..
profile-picture
profile-picture
chisaa dan samsol... memberi reputasi
Lihat 8 balasan
jadi pengen coba rasanyaa deh
profile-picture
samsol... memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Perasaan berita lawas yah. Pernah baca klarifikasi dari Indomie nya. Katanya udah dari dulu indomie goreng di Jawa dan luar Jawa beda, disesuaikan lindah setempat. Yg di Jawa suka sambal saos tapi yg luar Jawa tetap mantap suka sambal bubuk.
profile-picture
profile-picture
dent0ent dan chisaa memberi reputasi
Versi kalimantan dulu di Jawa di jual dalam varian Indomie goreng rasa ayam
Gw lebih malah lebih doyan yg gag pake kecap sama sambel
profile-picture
chisaa memberi reputasi
Menanti berita indomi luar negeri
profile-picture
Gailham memberi reputasi
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di