CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
Home / FORUM / All / News / Education /
Sudah Sarjana Tapi Menganggur, Masihkah Kuliah Jadi Kebanggaan?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0cfecbdbf764659a6c2189/sudah-sarjana-tapi-menganggur-masihkah-kuliah-jadi-kebanggaan

Sudah Sarjana Tapi Menganggur, Masihkah Kuliah Jadi Kebanggaan?

Menjalani kuliah adalah sebuah idaman bagi setiap orang yang masih menempuh dunia pendidikan sekolah. Selesai masa putih abu-abu tak semua orang ingin langsung terjun ke dunia kerja dan memilih melanjutkan studinya dengan menjalani perkuliahan. Di masa kini perkuliahan bukanlah sesuatu yang asing lagi karena setiap orang yang lulus sekolah pada umumnya melanjutkan kuliah meskipun kadang ada yang menjalani kuliah diselingi dengan kerja.
Sudah Sarjana Tapi Menganggur, Masihkah Kuliah Jadi Kebanggaan?

Credit : liputan6.com

Tak dapat dipungkiri bahwa pendidikan dibutuhkan sekali, tak hanya soal tentang ilmu belaka namun juga menjadi syarat dalam dunia kerja yang tak bisa terpisahkan. Tak jarang suatu pekerjaan butuh orang yang memiliki pendidikan S1 di masa kini yang membuat banyak orang mau tak mau harus menjalani kuliah meskipun sudah tak muda lagi. Pendidikan hingga tingkatan SMA kini tidaklah cukup karena sekarang sudah zamannya dunia kuliah minimal hingga selesai studi S1.

Menjalani kuliah menjadi kebanggaan bagi sebagian orang, meskipun banyak suka dan dukanya serta lelah karena banyak tugasnya namun hal ini menjadi sebuah tujuan bagi banyak orang, tentunya banyak sekali cerita yang ada dari awal kuliah hingga akhir kuliah terutama saat menyusun tugas akhir. Saat kuliah sudah selesai tentunya kita akan di wisuda dan menjadi sarjana. Banyak hal yang mungkin terpikirkan sebelum lulus, namun dalam realitanya ada yang sudah lulus menjadi sarjana namun malah menganggur, hal seperti ini kadang ditemukan dalam kehidupan di sekitar kita.

Sudah sarjana tapi menganggur, masihkah kuliah menjadi kebanggaan? Tentunya kuliah masih bisa jadi kebanggaan meskipun hanya sekilas semata. Kuliah bisa jadi kebanggaan namun tak selamanya jadi kebanggaan, hal ini karena kuliah adalah proses pembelajaran untuk bisa menjadi lebih tahu dan menjadi lebih paham sebelum masuk dunia kerja. Dibandingkan dengan mereka yang tak kuliah tentunya mereka yang kuliah bisa lebih tahu banyak hal di bidangnya.

Kuliah bisa jadi kebanggaan, tapi banyak yang tak kuliah tapi bisa sukses. Lagi-lagi soal mental berbicara, untuk itulah bagi setiap orang yang kuliah jangan sampai terlena tanpa perencanaan yang pasti setelah kuliah. Menganggur setelah menjadi sarjana bisa jadi karena kekurang siapan diri menghadapi dunia kerja sesungguhnya. Keterbuaian dengan kenyamanan selama kuliah seringkali melupakan setiap mereka yang menjalani kuliah.
Sudah Sarjana Tapi Menganggur, Masihkah Kuliah Jadi Kebanggaan?

Credit : republika.co.id

Kuliah bisa jadi kebanggaan, akan tetapi jangan sampai terlena karenanya. Persiapkan diri sebelum lulus kuliah agar setelah lulus kuliah dan menjadi sarjana bisa langsung bekerja dan tak menganggur, jikapun tak bekerja bisa fokus pada bisnis yang bisa menghasilkan keuntungan yang minimal bisa menghidupi kehidupan sendiri. Jangan terlalu membanggakan kuliah, anggaplah semua itu proses pembelajaran demi sebuah bekal untuk terjun di dunia kerja. Demikian paparan tulisan ane kali ini, bagaimana pendapat agan dan sista? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : Opini Pribadi dan Inspirasi Kehidupan
Sumber gambar via google images


profile-picture
profile-picture
profile-picture
febrifzn dan 22 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7
reserved
profile-picture
diditlio memberi reputasi
Jadi beban emoticon-Cool
Lihat 1 balasan
Keterbuaian dengan kenyamanan selama kuliah setuju sih...
Kdg2 salah logika gara2 salah satu mantan mentalist mengatakan sekolah ga penting..banyak lulusan yg jd pengangguran.. Tp coba logika nya dibalik... Itu org2 yg lulus kuliah jd pengangguran trus klo ga kuliah idup nya mau jd apa??
Ok ada bbrp org yg ga kuliah trus jd sukses... Tp bandingin sama org yg tidak kuliah dan menjadi tidak sukses.. Banyakan mana? Trus bandingin lagi sama org2 yg kuliah dan menjadi sukses.. Itu banyakan mana?
Menurut gue kuliah penting seengganya dalam logika berfikir, koneksi, sosialiasi org yg kuliah dan tdk kuliah itu berbeda.. Memang ada org yg ga kuliah tp sukses... Tp org2 yg berfikir gt yakin ga? Ato cuma jadi bahasan krna males belajar jd ngomong gitu?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Drajudge13 dan 19 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh seenoevil
Lihat 32 balasan
Tapi ....
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
Lihat 1 balasan
jangan sampai jadi beban orang lain
profile-picture
tafakoer memberi reputasi
Kuncinya jadi ojol / streamer yucup
emoticon-2 Jempol
profile-picture
deriandroid18 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
hidup normal = lahir...sekolah...kuliah...kerja..buat berkeluarga....ngelahirin anak...anak sekolah....anak kuliah...anak kerja...anak berkeluarga dst dst dst.....

intinya hidup lu pada dah digariskan kek gitu... cari ilmu buat cari kerja buat cari makan...buat bertahan idup....
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan nowbitool memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Yg penting orangnya, bukan statusnya sebagai sarjana atau apa. Kalo sarjana tapi udah ngerasa paling pinter dan gak mau belajar lebih, bakal kalah sama yg kemauan belajarnya tinggi. Itu yg ane rasain setelah masuk dunia kerja
profile-picture
profile-picture
mantelbulu dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
tapi kan gue dah punya titel sarjana bre

-sarjana tapi pengangguran
profile-picture
profile-picture
profile-picture
inyongprimithip dan 2 lainnya memberi reputasi
Kaya temen ane nih, heran ane bisa begitu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
inyongprimithip dan 2 lainnya memberi reputasi
daripada kuliah mending buat kursus/ buat modal usaha.

jujur aja nyesel banget didalam.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
inyongprimithip dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Kuliah ada ikhtiar ,tinggal berdoa dan tetap semangat
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
pengangguran itu bukan masalah lulusan sma/smk/sarjana gan.
itu lebih ke niat, disini ane bilang lulusan sarjana dapet poin plus. kenapa?
karena kuliah itu bukan cuma soal materi gan tapi juga "softskill", gimana kita handle pressure entah itu dari tugas bejibun lah ato skripsi lah. itu yang membentuk mental kita. so semua balik lagi ke orangnya.
yang bilang enak mereka yang dimodalin bisnis sm bokapnya? lah sekarang banyak bisnis modal dari 0 kok. semua balik lagi ke kemauan.
profile-picture
profile-picture
mantelbulu dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 9 balasan
kalo bisa kuliah gan. pendidikan itu penting. setidaknya ada kegiatan setelah lulus sma
apalagi di indonesia, gelar sarjana bisa buat naikin standar gaji
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan Ariwanas memberi reputasi
trllu sbuk n asik jd aktivis kampus jd lupa tujuan kuliah jg bisa..
Ya kuliah itu penting membangun karakter, cara berpikir, sosialisasi n mental jg. Tp lebih tepatnya jadi jembatan untuk berpikir ketahap selanjutnya, menentukan apakah tepat bekerja sesuai jurusan kuliah yg dijalani, pilih berbisnis atau jadi pengusaha/entrepreneur.
Karena stelah lulus ga jauh dari hal itu, jadi setelah lulus kt ga kaget mau ngapain. Kuliah emg ga menjamin sukses tapi, jadi salah satu jalan untuk sukses dan jd lebih baik.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mantelbulu dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mhycroe
Lihat 8 balasan
Kuli ah

Banyak sarjana pengangguran
profile-picture
profile-picture
diki174 dan diditlio memberi reputasi
Kalau setelah lulus terus nganggur tanpa tau apa yg mau dilakukan setelahnya, itu salahmu sendiri. Orang yg udah lulus kuliah berarti udah dianggap tahu. Pikirannya tercerahkan. Sudah lebih bijaksana.

Anehnya kok ya masih bingung.. terus nyalah2in kampus.. "ak udah bayar ya, gimana nih kampus.. mana lowongan kerjaannya?"... Kampus mah ga mewajibkan & ga memfasilitasi kamu utk kerja jadi A, jadi B, jadi C. Kampus cuma wajib ngasih pengetahuan di jurusan yg kamu pilih. Ibarat, kita cuma dikasih alat pancing, dikasih tau cara mancing ikan, nyarinya gimana. Mau mancing di danau, sungai, apa laut terserah kamu.

Harusnya org2 yg udah kuliah tu bangga punya privelege udah dikasih tahu shortcutnya.. yg harusnya mempermudah dia mau kerja di bidang apa.
profile-picture
Aby.zouLdyeck memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Kuliah gak kuliah sama aja. Tergantung wadah orangnya emoticon-Leh Uga
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi

Manusia semacam bill gates, mak zukebeg, Langka bngt lho.... DO kuli tp mlh jd org terkaya sedunia.... emoticon-Malu
Diubah oleh yoseful
Lihat 7 balasan
Kuliah emang musti punya tujuan ke depannya sih gimana - gimana, biar gak bingung nantinya. Selain itu, semakin tinggi tingkat pendidikan mungkin semakin mudah pula bwat negosiasi gaji dibandingkan yang cuma lulusan sma/smp mungkin mereka musti nyari banyak pengalaman dulu baru dapet gaji yng diharapkan
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di