CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Inspirasi /
Menasihati atau Dinasihati, Kuncinya Tinggalkan Jemawa
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0cea0ec8208440505b331b/menasihati-atau-dinasihati-kuncinya-tinggalkan-jemawa

Menasihati atau Dinasihati, Kuncinya Tinggalkan Jemawa

Dear kaskuser.

Menasihati atau Dinasihati, Kuncinya Tinggalkan Jemawa


Sebagai sesama makhluk ciptaan Tuhan, kita memiliki kewajiban untuk saling mengasihi dan tolong menolong dalam kebaikan. Salah satunya dengan cara saling menasihati.

Orang yang menasihati tidak berarti merasa suci atau lebih baik dari yang dinasihati. Adakalanya orang menasihati karena pernah berada di posisi yang sama. Berharap agar kesalahan yang sama tidak terjadi pada orang lain.

Atau, seseorang menasihati karena memang peduli. Percayalah, orang yang sungguh mengasihi, tidak akan membiarkan diri kita merugikan diri sendiri.

Menasihati atau Dinasihati, Kuncinya Tinggalkan Jemawa


Poin penting yang harus diperhatikan ketika ingin memberikan nasihat pada orang lain adalah, lakukan dengan senyap dan beradab. Penyampaian yang baik akan menghindari orang lain merasa digurui. Jangan sampai kita terlihat jemawa dan menganggap kita paling benar.

Agar kita tidak merasa tersinggung ketika dinasihati, kita harus mengosongkan gelas kita. Karena gelas yang penuh akan susah menerima bahkan cenderung mendekati sombong.

Menasihati atau Dinasihati, Kuncinya Tinggalkan Jemawa


Mungkin benar, bahwasanya dunia ini memang sudah terbalik. Perihal ini, kita bisa melihat dari polah manusia dan aturan yang sudah jungkir balik.

Selain itu, empati manusia terhadap sesama yang kian menipis juga semakin memperparah situasi bumi ini. Telah banyak ketimpangan-ketimpangan terjadi, dan sebagian orang justru memilih untuk menutup mata.

Menutup mata pada kebenaran, enggan peduli apalagi menasihati. Karena terkadang, menasihati justeru dianggap sebuah kejemawaan.

Apa kabar dunia ketika si pemberi nasihat kalah PD dengan si pembuat maksiat?

Kejahatan akan meraja lela, kaum munafikun bisa berkuasa.

Jadi, jangan suka mencemooh orang yang selalu berusaha menebar kebaikan dengan cara memberikan nasihat. Karena sesungguhnya mereka adalah orang penting di dalam kehidupan.

Menasihati atau Dinasihati, Kuncinya Tinggalkan Jemawa


Kita seharusnya berterima kasih pada orang yang mau peduli mengoreksi kesalahan kita. Sebab dari kesalahanlah kita bisa belajar sebuah kebenaran.

Yuk, kita mulai belajar bebenah memperbaiki diri, belajar menerima nasihat, serta belajar memberanikan diri untuk menasihati.

Menasihati atau Dinasihati, Kuncinya Tinggalkan Jemawa


Berhentilah meng-klaim bahwa pemberi nasihat itu harus seseorang yang berwujud malaikat. Karena kita semua ditakdirkan sebagai seorang penasihat, minimal untuk diri kita sendiri.

Kebanyakan dari kita merasa gengsi untuk dinasihati. Bahkan terkadang melihat siapa yang berkata, bukan apa yang dikatakan. Padahal, sekalipun itu keluar dari dubur ayam jika berbentuk telur, sudah seharusnya diambil dan dimanfaatkan, bukan?

Ane Ceuhetty, see you next time, Insya Allah and papay.

Kunjungi Blog Group Kompak di Kaskus. Klik banner di bawah ini.

Menasihati atau Dinasihati, Kuncinya Tinggalkan Jemawa


🌹Opini Pribadi🌹
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kudanil.la dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ceuhetty
Menasihati atau Dinasihati, Kuncinya Tinggalkan Jemawa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 2 lainnya memberi reputasi
Menasihati atau Dinasihati, Kuncinya Tinggalkan Jemawa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 2 lainnya memberi reputasi
Menasihati atau Dinasihati, Kuncinya Tinggalkan Jemawa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 2 lainnya memberi reputasi
Menasihati atau Dinasihati, Kuncinya Tinggalkan Jemawa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 2 lainnya memberi reputasi
Susah ceu... kecuali orangnya nanya2 minta pertimbangan ane ga berani nasehatin orang.
emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh lonelylontong
Lihat 5 balasan
Kalau dalam KBBI yang benar itu NASIHAT
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Yang paling susah adalah menasihati diri sendiri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ceuhetty dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Menasihati atau Dinasihati, Kuncinya Tinggalkan Jemawa



Tambahan buat ts, saya suka sekali dengan kata2 ini, kalau kita berkomunitas dalam sebuah grup, kalau ada anggotanya membuat kesalahan, tegur lewat japri, kalau uda dijapri jangan lagi diomongin di grup, wong dia juga msh di situ, auto malu dongemoticon-terimakasih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
emoticon-Shakehand2 ane sepakat sama ente Ceu, kalau mau menasehati usahakan harus senyap dan berbicara dengan adab. Jadi gak ada yang kesinggung, kan niat baik harus disertai dengan cara yang baik kan
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan ceuhetty memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Introspeksi diri dapat membantu persoalan ini
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
Lihat 1 balasan
usahakan kalau menasehati tidak di muka umum. Adab lebih tinggi dari ilmu
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Intinya sih ....
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
Lihat 1 balasan
karena masih muda jadi lebih butuh nasihat.
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ceu rajin banget setor tulisannya.. geret aku!
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Sebaik baiknya nasihat adalah sebaik baiknya Ilmu.

Dan sebaik baiknya Ilmu adalah ilmu yang dapat menunjukan kepada sebaik baiknya Kebenaran. (Mengetahui siapa yang harus dibenarkan/dicintai).

Begitu saya pernah dinasihati.
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ane sering ngasih nasihat ke temen2 yg ngeluh ke ane. Tapi susahnya, mereka ga butuh nasihat, mereka cuma butuh didengerin. Ane harhs kontrol diri kalo udah gitu.
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Apalagi hadapannya sama orang yang lebih tua. Kadang nganggepnya apa yang dianggap dia krn lebih tua udh pasti bener aja, padahal ngga gitu
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Nitip jejak

Nitip sandal

Nitip cendol gaan

Hehehehe

Makasihh

profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
Lihat 2 balasan
setuju bgt!! kdg yg dinasehatin jumawa kaga mau denger, yg nasehatin jg sering jumawa ngerasa paling bener. kudu pinter2 yeee mawas diri tuh
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
Lihat 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di