CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
Gula Si Manis Yang Membawa Petaka
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0cc6c9c8208462c323b7c9/gula-si-manis-yang-membawa-petaka

Gula Si Manis Yang Membawa Petaka

Gula mungkin merupakan salah satu penemuan yang bisa dikatakan mengubah wajah dunia. Sekitar 2-3 abad yang lalu, gula merupakan makanan mewah yang jauh dari konsumsi sehari-hari.

Sempat diberi julukan "emas putih" menggambarkan keuntungan berdagang gula di masa itu.

Gula Si Manis Yang Membawa Petaka
Perkebunan gula di jaman kolonial Belanda, gbr diambil dr : IDN Times

Bagi kita yang hidup di masa di mana gula hadir dengan melimpah dalam kehidupan sehari-hari, mungkin agak sulit untuk membayangkan mengapa gula seakan-akan begitu berharga. Tetapi cobalah berhenti mengonsumsi gula secara total selama beberapa minggu dan anda akan merasakan betapa besar pengaruh gula pada tubuh anda.

Secara ilmiah telah dibuktikan, bahwa mengonsumsi gula, akan memicu produksi hormon dopamine yang menimbulkan rasa nikmat/bahagia.

Sistem "penghargaan" di dalam otak, bekerja dengan cara, memberikan rasa nikmat/bahagia/senang ketika kita melakukan sesuatu yang "baik" bagi keberlangsungan hidup kita, seperti makan, seks, tidur, bersosialisasi, dsb.

Gula yang mengandung energi dalam jumlah yang besar (jika dibandingkan volume) dan mudah dicerna, merupakan sumber energi yang sangat ideal. Sehingga tidak aneh jika otak bereaksi demikian.

Ratusan tahun yang lalu, hal ini tidak menjadi masalah, karena harga gula yang tinggi dan ketersediaan-nya tidaklah melimpah seperti saat ini.

Gula Si Manis Yang Membawa Petaka
Gbr diambil dr : jambione.com

Akan tetapi di masa sekarang, di mana gula tersedia dengan melimpah dan harganya relatif murah, maka "nikmat"nya gula ini pun mengakibatkan problem kesehatan yang meluas di masyarakat di berbagai belahan dunia.

Kombinasi antara "penghargaan" yang diberikan otak dengan perilaku mengonsumsi gula, dan ketersediaan gula di dunia saat ini, tanpa disadari mendorong pola hidup yang tidak sehat.

Industri makanan yang berupaya memenuhi apa yang menjadi keinginan konsumen mereka, menemukan bahwa menambahkan gula adalah salah satu cara yang efektif dan efisien untuk meningkatkan kepuasan konsumen.

Gula Si Manis Yang Membawa Petaka
Gbr diambil dr : helosehat.com

Akibatnya gula menjadi salah satu bahan baku yang ada di setiap produk makanan dan ketika kita tidak memperhatikan label nutrisi yang tercantum pada produk-produk tersebut, seringkali tanpa sadar kita mengonsumsi gula secara berlebihan.

Konsumsi gula yang berlebihan, terbukti secara ilmiah berkaitan dengan berbagai kondisi kesehatan yang buruk seperti : obesitas, diabetes, cholesterol LDL yang tinggi, peradangan dan masalah pada imunitas.

Karena itu, demi kesehatan diri dan keluarga, mulailah lebih cermat dalam konsumsi gula sehari-hari.

Tidak ada salahnya pula jika kita menghapus gula sepenuhnya dari menu diet kita, toh ratusan tahun yang lalu, gula memang bukan sesuatu yang hadir dalam kehidupan keseharian kita.


Sumber referensi:
1. https://www.health.harvard.edu/heart...anger-of-sugar
2. https://www.healthline.com/nutrition...sugar#section1
3. https://www.atkins.com/how-it-works/...ms-your-health
4. http://www.sugarhistory.net/who-made...ugar-timeline/
5. https://www.bbc.co.uk/bitesize/guide...tfr/revision/3
6. https://www.dailysabah.com/feature/2...story-of-sugar
7. https://www.google.com/amp/s/www.idn...-kolonial-c1c2

Gula Si Manis Yang Membawa Petaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kudanil.la dan 42 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Ternyata ngeri juga ya, dampak terlalu banyak mengkonsumsi gula. untung ane gak terlalu suka sama yg manis2
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan anna1812 memberi reputasi
Lihat 18 balasan
Buat penyuka manis, bisa pakai pemanis buatan. Apalagi yg punya keturunan diabetes.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ryutaro88 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Gula paling banyak kita konsumsi pada minuman, kek teh, kopi, sirup.

Oleh sebab itu, kurangi minuman yang mengandung gula, apalagi es2 kek marima* dan sebangsanya, yg mengandung pemanis buatan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Konung dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Gula kan tidak harus dari tebu,
bisa dari sari jagung jga. Bisa membantu untuk penderita diabetes
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Lihat 3 balasan
dari dulu kurang suka sama yang manis-manis.
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Lihat 1 balasan
yang sering ndak dicantumin adalah per hari berapa banyak yang sebaiknya dikonsumsi.

Menurut AHA, (American Heart Association), buat cowok maximal 35 gram sehari, buat cewek 25 gram sehari. Monggo dikroscek di barang-barang (snack, minuman kemasan, es krim,dll( yang di jual di masyarakat, pasti ndak nyantumin berapa persen dari AKG nya emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan lonelylontong memberi reputasi
Diubah oleh mikdon
Lihat 19 balasan
ganti pke gula jagung aja sepertinya..

yah syukur2 sih bisa brenti
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Sekarang mah pada demen konsumsi gula. Minuman2 kekinian aja gulanya hidih
profile-picture
profile-picture
ryutaro88 dan lonelylontong memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Yg manis2 bikin ndut ya
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Harus benar-benar menakar kebutuhan gula harian kita kalau mau hidup tetap jangka panjang. Tidak bisa dipungkiri, gula ini manis dan nagih, tapi kalau berlebihan juga tetap kurnag bagus
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Lihat 1 balasan
butuh lebih kurang 2-3minggu untuk menghentikan kecanduan dari gula

berhenti candu gula aja susah, apalagi narkoba..so stop nyoba2 narkoba, mending kecanduan gula saja
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Lihat 1 balasan
yang membuat konsumsi kita harus kita atur jangan kekurangan , jangan juga berlebihan, supaya bisa tetap sehat dan bugar
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Lihat 1 balasan

kebanyakan makan berunsur gula bs lbh membahayakan drpd kebanyakan makan bergaram ato yg berlemak, gan..... emoticon-Ngacir2
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Diubah oleh yoseful
Lihat 5 balasan
gula itu sangat baik buat pekerja yang mengeluarkan keringat dan tenaga. tapi kalo kerjaanya duduk doang, yah kena diabet.
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Untung ga demen minum gula..

Memang sebaiknya jaga sih. Soalnya ngeri kalau udah urusan gula.

Minum teh dan kopi ga pernah gula sih. Teh enakan tanpa gula malah 😁
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Jangan kebanyakan. Sesuaikan aja.
Tips sehat bebas diabetes yang seringkali orang gak tau atau diabaikan

1. Jangan minum teh manis atau minuman manis apapun sehabis makan nasi, karena nasi mengandung karbohidrat, di mana di dalam tubuh akan dirubah menjadi gula cadangan jika gak dipakai bergerak. Jadi kalo nasi diubah menjadi gula lalu ditambah minuman manis, wasalam badan ente lama2 emoticon-Big Grin

2. Jangan langsung tidur sehabis makan nasi. Jaraknya harus 3 jam baru boleh tidur. Kalo makan nasi terus tidur, wasalam badan ente lama2 emoticon-Big Grin

3. Jangan makan malam banyak2. Apalagi minumnya minuman manis seperti teh manis. Dan jaraknya harus 3 jam sebelum tidur. Abai akan hal ini, wasalam badan ente lama2 emoticon-Big Grin

4. Jangan minum minuman manis apapun kalo haus. Badan akan menyerap jauh lebih banyak saat haus. Minum air putih adalah yang terbaik.

Sehabis makan minum air putih.
profile-picture
profile-picture
dxstarz dan lonelylontong memberi reputasi
Lihat 2 balasan
air putih adalah minuman terbaik
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Lihat 2 balasan
pingin.. tapi susah sekali menghindari gula itu sehari2nya..
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Menurut sejarah sebelum Indonesia merdeka ada satu daerah yang pendapatan nya lebih besar di banding kota Jakarta Jayakarta saat itu di tahun 1800an akhir . Karena banyak perkebunan tebu disana.
Tapi sekarang jadi salah satu yg terbawah di Indonesia nominal pendapatan perkapita nya penduduk, karena agrikultur sudah kalah dibanding industri dijaman modern.
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
kurangin konsumsi gula gan sis
boleh sih soalnya gula juga nutrisi yang dibutuhin tubuh juga,asal ngga berlebihan
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di