CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / Tangerang Raya /
[CoC Reg.Tangerang] Inilah 3 Bahasa yang Berkembang di Tangerang, No 3 'Bahasa Ibu'
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0bfeaba72768504350ea8d/coc-regtangerang-inilah-3-bahasa-yang--berkembang-di-tangerang-no-3-bahasa-ibu

[CoC Reg.Tangerang] Inilah 3 Bahasa yang Berkembang di Tangerang, No 3 'Bahasa Ibu'

[CoC Reg.Tangerang] Inilah 3 Bahasa yang Berkembang di Tangerang, No 3 'Bahasa Ibu'

Sumber: klik

Selamat siang Agan dan Sista.


Mengenai kota Tangerang, jujur saja TS dulu pernah sempat lewat saja kota ini. Mungkin, kalau diberi kesempatan lebih lama TS bisa tuh mampir ke kota ini.

Di kota Tangerang sendiri, konon banyak didatangi oleh pendatang dari kota lain yang mungkin sekadar bekerja atau berkuliah. Oh, ya kalau tidak salah sih temen ane juga ada yang bekerja di kota Tangerang ini, cuma kalau pas Lebaran nggak pernah ketemu.

Tak heran, karena banyaknya pendatang di kota Tangerang ini, membuat banyak warga Tangerang mungkin terkontaminasi bahasanya dengan bahasa lain misal betawi, sunda, jawa dan juga batak.

Nah, berikut ini adalah tiga bahasa atau dialek yang berkembang lama dan konon berhubungan langsung dengan sejarah kota Tangerang.

1. Bahasa Jawa Banten

Spoiler for gambar:


Seperti yang TS bilang tadi, temen ane yang berasal dari Jawa bekerja di kota Tangerang. Oleh karena itu, karena mereka saling berkomunikasi sehingga masyarakat Tangerang sudah tidak asing lagi dengan dialek Bahasa Jawa (Serang) ini (mungkin orang asli Tangerang bisa membetulkan perihal ini).

Namun, menurut sejarahnya Bahasa Jawa ini sudah masuk ke Tangerang pada abad ke-16 silam. Setelah kerajaan Pajajaran runtuh dan lalu turun tahta ke Kesultanan Banten, menyebabkan Bahasa Jawa (Serang) ini kemudian mulai dipergunakan oleh masyarakat Banten. Mungkin, termasuk juga oleh sebagian wilayah di Kabupaten Tangerang bagian Barat.

Kemudian, Bahasa Jawanya yang pertama kali muncul pun adalah Bahasa Jawa Cirebon asli yang belum terakulturasi alias tercampur dengan dialek lain seperti sekarang ini. Kesultanan Banten pun notabene terbentuk dari gabungan antara Kerajaan Cirebon dan juga Demak yang berhasil menguasai wilayah pesisir Pajajaran.


Quote:



2. Bahasa Betawi

Spoiler for Betawi:


Kemudian bahasa yang berkembang di Tangerang selanjutnya adalah Betawi. Secara geografis pun, kota Tangerang ini berdekatan dengan Ibu kota Jakarta atau Betawi.

Berdasarkan sejarahnya, wilayah Tangerang diperebutkan oleh pihak kerajaan kesultanan Banten dengan VOC dan sungai Cisadane sebagai batas wilayah atau teritorial. Namun, wilayah Tangerang berhasil ditaklukan oleh VOC.

Kedatangan negara Jepang menduduki wilayah Indonesia, menjadikan sebagian tanah di kota Tangerang dijual kepada penduduk pribumi yang kaya raya. Hal inilah yang membuat Bahasa Betawi berkembang di kota Tangerang.


3. Bahasa Sunda Dialeg Banten

Spoiler for Bahasa Ibu:


Bahasa Sunda dialeg Banten merupakan "Bahasa Ibu" atau "Mother Tounge" bagi masyarakat Tangerang. Hal ini terjadi akibat masuknya kerajaan Tangerang dalam wilayah kekuasaan kerajaan Pajajaran. Oleh karena itu, hampir seluruh penduduk Tangerang asli menggunakan Bahasa Sunda dialeg Banten. (CMIIW)

Namun, Bahasa Sunda dialeg Banten tidak mengenal tingkatan karena tidak pernah dikuasai oleh kerajaan Mataram. Dan, Bahasa Sunda dialeg Bantennya lebih berhubungan dengan bahasa Sunda kuna. Bagi, sebagian masyarakat Jawa Barat bahasa Sunda dialeg Banten ini konon dianggap kasar atau bahasa sunda kasar.


Sumber: klik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
oncom.onair dan 37 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Richy211
Halaman 1 dari 5
pertamax for Ts
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jokoariyanto dan 3 lainnya memberi reputasi
Kedua mari belajar bahasa Tangerang. Ini contoh dari Agan Jokerandbane. emoticon-terimakasih

Quote:



Komentar dari Agan srusut terjawab:

Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jokoariyanto dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Richy211
Quote:


Bener atau boong nihemoticon-EEK!

Quote:


Siapa namanya?emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)



Quote:



Haha bahasa sunda kasar sekarangmah dimana-mana.
emoticon-Kagets



#batakolektor
profile-picture
profile-picture
fourthhokage dan 666fapfap memberi reputasi
Lihat 15 balasan
Namun, menurut sejarahnya Bahasa Jawa ini sudah masuk ke Tangerang sejak abad ke-16. Setelah kerajaan Pajajaran runtuh dan turun tahta ke Kesultanan Banten, Bahasa Jawa ini mulai diucapkan di kota Banten, termasuk juga di wilayah Kabupaten Tangerang daerah Barat.

Tees dapet sumur dari mana neeemoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jokoariyanto dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 31 balasan
Ajakin Gan @salinghantam buat ramein trit enih dulu, biar lega hatinya😅
profile-picture
profile-picture
jokoariyanto dan Richy211 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Quote:


Ayoklah, bahasa betawi juga macam2 sis, bahasa sy dg suami beda, malah banyak yg dia ngg mengerti

Quote:


Masa sih? Saya suka logat sana, kedengarannya gimana gitu

Quote:


Kayanya di wiki ada deh srusuuut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jokoariyanto dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Quote:


Beda2 sih, tergantung orangnya. Kalo orangnya bener ya bahasa sundanya juga halus.
profile-picture
jokoariyanto memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Saha deui nu urang sunda
emoticon-Request

Btw, yg keliatan sunda cuma di daerah kabupaten ya. Sebenernya di kota sama tangsel juga ternyata aslinya sunda loh. Cuma karna udah lama berbaur dengan orang betawi dan pendatang, jadi banyak yg gak bisa ngomong sunda lagi emoticon-Smilie



~Reddit mahok emoticon-fuck2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jokoariyanto dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 18 balasan
bahasa betawi tuh kayak gimana sih?
bukannya betawi itu logat ya? emoticon-Thinking
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
JASENG for lyfe emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
jokoariyanto dan Richy211 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
artikel menarik
profile-picture
profile-picture
jokoariyanto dan Richy211 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
buka usaha di tangerang kab

pas awal
yg masuk


bagus jasa


jasa ?

nanya2 yg punya toko ,baru di kasih tau emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
jokoariyanto dan Richy211 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
bacaan menarik ini
profile-picture
profile-picture
jokoariyanto dan Richy211 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Selama tinggal di tangerang 7 tahun, ane baru tau kalo ada bahasa jawa banten, tpi di tangerang sendiri ane pake 2 bahasa, betawi dan jawa, bukan jawa banten, ane juga belom tau secara spesifik sih bahasa jawa banten tuh kayak gimana.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jokoariyanto dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Jaseng mirip Jawa Cerbon ya bre?
Daerah mana aja di Tangerang yg pake jaseng bre? emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
jokoariyanto dan Richy211 memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Tangerang kota bukannya banyak Tionghoa...?
W kira bahasa Tionghoa di sebut emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
jokoariyanto dan Richy211 memberi reputasi
Lihat 7 balasan
wah makasih sharingnya, Sist
bagus untuk Ane agar lebih tahu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jokoariyanto dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Quote:


pertalite aje. murahan dikit

Quote:


cuma 3 bahasa ta? bahasa gaulnya banten, nggak ada kah?? hoho
profile-picture
profile-picture
jokoariyanto dan Richy211 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
TSnya lebih sering pake bahasa apa?
profile-picture
profile-picture
jokoariyanto dan Richy211 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Aiss bahasa model ape entu.. aye baru denger kak emoticon-Goyang
profile-picture
profile-picture
jokoariyanto dan Richy211 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di