CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Hutama Karya: Tol Trans Sumatera Tak Layak Secara Finansial
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0bcf3f4601cf59d872bdd2/hutama-karya-tol-trans-sumatera-tak-layak-secara-finansial

Hutama Karya: Tol Trans Sumatera Tak Layak Secara Finansial

Hutama Karya: Tol Trans Sumatera Tak Layak Secara Finansial

Direktur Keuangan PT Hutama Karya(Persero) Hilda Savitri membeberkan kendala utama pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera. Menurutnya, kendala terbesar JTTS, yaitu proyek tidak layak secara finansial.

"Kendala terbesar dari proyek JTTS ini yang menjadi background kenapa Hutama Karya ditugaskan adalah karena proyek ini tidak layak secara finansial," kata Hilda dalam diskusi virtual, Sabtu, 11 Juli 2020..

Menurutnya, hal itu karena traffic yang ada di Jalan Tol Trans Sumatera ini berada jauh di bawah minimum traffic yang secara komersial. Dia mengatakan tol layak secara komersial jika volume trafficnya sekitar 25 ribu. Sementara yang ada saat ini semua di bawah 15 ribu bahkan sampai di bawah 10 ribu per hari.

Selain itu, kendala pembebasan lahan tetap menjadi permasalahan di lapangan. Namun sejauh ini ini, kendala itu sebagian besar dapat diatasi dengan koordinasi dengan berbagai pihak.

"Buktinya kami dalam 5 tahun bisa membangun 500 km tol, berarti itu dukungan dari semua pihak yang sangat mendukung proyek ini," ujarnya.

Kemudian, pembangunan jalan tol itu juga memiliki kendala pendanaan, karena dari total yang dibutuhkan Rp 386 triliun, saat ini hanya Rp 90 triliun yang tersedia. Artinya, masih ada sekitar Rp 296 triliun yang dibutuhkan untuk menyelesaikan 2.769 km ini.

"Lalu juga kemampuan internal perusahaan, (DER) rasio utang terhadap ekuitas atau debt to equity ratio sudah cukup tinggi sebesar 2,8 kali walaupun sebagian besar telah dijamin oleh pemerintah," kata dia.

Adapun, kata dia, perseroan menargetkan Jalan Tol Trans Sumatera mencapai 500 kilometer pada akhir 2020. Dia mengatakan saat ini perseroan sudah mengoperasikan 364 km dari 5 ruas tol dan sebentar lagi dalam tahap inspeksi final sebesar 131 km, yaitu ruas Pekanbaru-Dumai. Sedangkan total 771 km sedang dalam proses konstruksi.

link


Menurutnya, hal itu karena traffic yang ada di Jalan Tol Trans Sumatera ini berada jauh di bawah minimum traffic yang secara komersial. Dia mengatakan tol layak secara komersial jika volume trafficnya sekitar 25 ribu. Sementara yang ada saat ini semua di bawah 15 ribu bahkan sampai di bawah 10 ribu per hari.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan 20 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7
nafsu gede, tenaga gak ada. lol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustav45 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 63 balasan
emoticon-Ngakak

BUMN korup g mau rugi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sambean dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh buron.warteg
Lihat 3 balasan
Nanti jga rame
profile-picture
profile-picture
profile-picture
voorvendetta dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
ya mao gimana lagi,kan gak makan infrastruktur...tinggal buka warung makan atau jadi tukang parkir juga cukup kokemoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
voorvendetta dan 11 lainnya memberi reputasi
Nanti kalau udah dibangun juga rame. Tol cipali yang sepi aja nggak protes
profile-picture
profile-picture
profile-picture
voorvendetta dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
yg penting kerja kerja kerja emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Guciano08 dan 6 lainnya memberi reputasi
Jadi, nunggu ekonomi naik dulu baru dibangun jalan tol. Atau dibangun jalan tol dulu, lalu akan bikin ekonomi naik?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Suche dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 20 balasan
afakah ini kefunyaan Hutama Mandala Putra?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
oshi22 dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh starcrazy
Lihat 1 balasan
makanya BUMN ditugaskan juga karena gak layak secara finansial, klo layak kyk cipali udah disikat ma swasta. namanya juga babat alat, klo bos BUMNnya ngeluh tinggal dibabat emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
redthoriq dan 7 lainnya memberi reputasi
sama kek kereta solo-bandara mangkrak krn blm ada permintaan. haruse beli lahan dulu bangunnya bsk klo dah butuh. buang2 duit negara cuk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
voorvendetta dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Jadi itu yang menjadi background kenapa PT HK yang ditugaskan dalam pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera. 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
entop dan 3 lainnya memberi reputasi
apa ga ada feasibility study ? forecastingnya? dll

gmn sih sekelas perusahaan gede BUMN ga ngitung2 gituan...
apa cuma buat menuhin permintaan buat menangin wiwi? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ihsan007007007 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Tekor, penduduk nya garing2 emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
Bumn kerja g seberapa gaji gede kerja main aman, pihak swasta luar indo jor2 an nawarin proyek megapolitan dgn hasil memuaskan. Bumn siap hadapi revolusi industri 4?. Begitu persaingan dimulai syok
emoticon-Ngacir2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
voorvendetta dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ngapain d situ d bangun jalan tol. Kan si panjul sm pendukungnya yg kebanyakan orang sana bilang ga makan jalan tol....


Udah biarin aja daerah sana, lbh baik bangun d pulau lain

emoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Keuntungannya mungkin non finalsial. Keuntungan tak benda.
profile-picture
profile-picture
entop dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
siapa sih yang menyarankan ke presiden program ini ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hamand dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
investasi jangka panjang kek nya
mngkin sekarang gak cuwan
tapi jokowi berharap 10 tahun lagi baru terasa cuwan nya
karena tujuan jokowi bukan cuwan, tapi pemerataan pembangunan (pencitraan janji politiknya)
masalahnya, realistis atau tidak ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ya krn 60% populasi d Pulau Jawa. Coba pelan2 buka wilayah Industri masal di Sumsel, Lampung atau Bengkulu yg ga jauh dr P jawa. Mungkin bakal ada perpindahan penduduk dan bakal rame jalanan. Mo gmn lg lwat Jalinbar Sumatera aja sepi emoticon-Big Grin penduduk jg dkit emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reid2 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di