CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Penjara Seumur Hidup, Sampai Akhir Hayat Atau Sesuai Umur Sih?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0add09e83c72416b284766/penjara-seumur-hidup-sampai-akhir-hayat-atau-sesuai-umur-sih

Penjara Seumur Hidup, Sampai Akhir Hayat Atau Sesuai Umur Sih?

Penjara Seumur Hidup, Sampai Akhir Hayat Atau Sesuai Umur Sih?Penjara Seumur Hidup, Sampai Akhir Hayat Atau Sesuai Umur Sih?
Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi


Penjara Seumur Hidup, Sampai Akhir Hayat Atau Sesuai Umur Sih?

Pekan ini pemberitaan media nasional diramaikan dengan penangkapan buron pembobol salah satu bank nasional yang sudah kabur sejak 17 tahun yang lalu. Maria Lumowa, nama buron yang berhasil dibawa pulang ke tanah air untuk diproses hukum lebih lanjut ini sebenarnya telah ditangkap oleh Interpol Serbia pada 19 Juli 2019 yang lalu. Namun karena proses panjang ekstradisi, penjahat kelas kakap ini baru bisa dipulangkan minggu ini, hampir setahun setelah dilakukan pengakapan.

Maria Lumowa tak bergerak sendiri. Ada 11 tersangka lain, yang sebagian besarnya sudah ditangkap dan diadili, termasuk orang dalam bank yang terlibat pengucuran dana Letter of Credit (LC) palsu senilai Rp. 1,7 Triliun ini. Sebuah angka yang fantastis. Apalagi nilai ini adalah nilai yang didasarkan pada kurs rupiah tahun 2013. Jika di konversikan dengan nilai rupiah saat ini, nilainya akan jauh lebih besar lagi. Terlibat dalam tindak pidana penipuan dalam skala besar, Maria Lumowa terancam hukuman seumur hidup. Sama dengan Maria, beberapa terpidana yang sudah diputus juga ada yang sudah mendapat hukuman seumur hidup juga. Pertanyaanya, kapan mereka akan keluar dari penjara?

Nah, berbicara mengenai hukuman seumur hidup. Ada 2 persepsi yang terbangun ditengah masyarakat kita. Ada yang menganggap jika hukuman seumur hidup adalah hukuman fisik yang akan dilakukan sampai dengan yang bersangkutan meninggal dunia. Jadi menurut persepsi ini, selama yang bersangkutan masih hidup, dia akan tetap menjalani hukuman penjara.

Ada pula persepsi kedua. Pada persepsi ini, seseorang yang mendapat vonis penjara seumur hidup akan menjalani hukumannya sesuai dengan umur saat dia di hukum. Jadi misal Andi di hukum saat berumur 21 tahun, maka ia akan menjalani hukuman selama 21 tahun sejak penahanan. Artinya Andi akan bebas dari penjara pada usia 42 tahun.

Lalu manakah yang benar?

Penjara Seumur Hidup, Sampai Akhir Hayat Atau Sesuai Umur Sih?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, mari kita runut dulu dasar hukumnya. Menurut beberapa sumber yang ane baca, ada 2 jenis variasi hukuman penjara yang diatur dalam KUHP Pasal 12 Ayat 1 yaitu penjara seumur hidup dan penjara selama periode waktu tertentu. Hukuman penjara selama periode waktu tertentu sendiri ada aturannya juga, yaitu pada KUHP Pasal 12 Ayat 4 yang menyatakan bahwa penjara selama periode waktu tertentu tidak boleh lebih dari 20 tahun. Itu artinya seseorang yang melakukan tindak pidana seberat apapun tidak boleh dihukum penjara lebih dari 20 tahun.

Penjara Seumur Hidup, Sampai Akhir Hayat Atau Sesuai Umur Sih?

Nah, dari beberapa pasal KUHP diatas jelas bahwa pada contoh kasus Andi yang ane sebutkan diatas, Andi tidak boleh menerima hukuman seumur hidup, jika seumur hidup yang dimaksud di sini adalah sesuai dengan umur Andi saat ditangkap, yaitu 21 tahun. Karena hukuman penjara maksimal yang diatur dalam Undang - Undang hanya maksimal selama 20 tahun penjara saja.

Sehingga bisa kita tarik kesimpulan, bahwa jika seseorang di vonis penjara seumur hidup, maka dia harus menjalani hidupnya dipenjara selama sisa hidupnya atau hingga akhir hayat. Terkecuali jika ia mendapat pengurangan masa hukuman seperti misalnya grasi dari presiden atau semacamnya. Itu bisa diartikan juga bahwa tidak ada hukuman lain selain hukuman seumur hidup yang bisa dijatuhkan hakim untuk tersangka yang akan dihukum lebih dari 20 tahun penjara.

Nah, sekarang sudah lebih paham kan pengertian dari penjara seumur hidup?

Penjara Seumur Hidup, Sampai Akhir Hayat Atau Sesuai Umur Sih?

Penjara Seumur Hidup, Sampai Akhir Hayat Atau Sesuai Umur Sih?
Disclaimer : Asli tulisan TS
Sumur Gambar : Om Google
Referensi : Ini dan Ini




Penjara Seumur Hidup, Sampai Akhir Hayat Atau Sesuai Umur Sih?

profile-picture
profile-picture
profile-picture
davecchio dan 37 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
tahan emosi, lebih bersabar dan abaikan...
jangan karena emosi sesaat, jadi masuk penjara laknat
emoticon-Coblos
profile-picture
profile-picture
david1094 dan bekinyot memberi reputasi
Quote:


Ngerii...

emoticon-Takut
Mungkin Negara jg gak punya banyak duit buat bikin full masa tahanan, makanya ada remisi emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Penjara seumur hidup..sama 1bulan beda tipis..
Sehari dalem bui...di papras ampe modyar... = Seumur Hidup emoticon-Big Grin

RED is BLOOD
RED is BAD
RED is ANGER
RED is SEXY

☆H A I L # B A T A # C O L L E C T O R☆
profile-picture
profile-picture
profile-picture
useless.boy dan 5 lainnya memberi reputasi
Quote:


Dulu waktu ane bocil sempat mikir, dr pd jd gelandangan cari makan susah, mending dipenjara makannya terjamin..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lupis.manis dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
temen ane pernah ngerasain di penjara 8bulan, nasi sama lauknya ga enak katanya, bijimane kalo dipenjara seumur hidup ya
emoticon-Matabelo emoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rh2110 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
tenang aja masih banyak remisi bertebaran emoticon-Leh Uga
Lihat 1 balasan
Iya gan artinya penjara sampe akhir hayat kan.

Ane juga baru tau info ini beberapa taun belakangan aja pas iseng2 gugel....

Entah apa yg bikin awalnya ane mikirnya penjara sesuai umur. Padahal kalo dari kata 'penjara seumur hidup' orang yg gak tau apa2 bakal mikirnya pasti penjara sampe mati kan emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
bradertangerang dan powerpunk memberi reputasi
sampai akhir hayat.. emoticon-Takut ga bisa bayangkan.. amit2 jangan sampek dehh
profile-picture
powerpunk memberi reputasi
Sia2 bgt ngabisin hidup di dalem penjara. Jangan sampe menyesal karena tindak kriminal deh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
davianjustice dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Quote:


Dulu, ane berpikir kalau penjara seumur hidup ya sampai mati..
Sampe suatu saat temen ane bilang kalau penjara seumur hidup = sesuai umur saat dipenjara, yg bikin ane jd ragu mana yg bener..
Pdhl pemahaman ane sblmmya udah bener..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
asu_weo dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Ane aja baru tau kalau ada yg beropini kalau penjara seumur hidup itu sesuai umur tahanan. Jadi selama ini ane udah bener emoticon-Ngakak
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Quote:


Namanya pemikiran bocil Gan..
profile-picture
lupis.manis memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Udah tanya ke pak hakim atau jaksa ?
Quote:


Ilmu ginian banyak di internet Gan..
Nggak perlu tanya pak hakim..

emoticon-Big Grin
Di negara lain ada hukuman 300 thn penjara, mungkin ini adalah alternatif bagi negara tsb unt tdk menjatuhkan hukuman mati yg (katanya) tdk sesuai dgn HAM
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
ooh jadi begini toh gan perhitungannya, rasa penasaran ane terjawab sih
meskipun masih rada bingung
profile-picture
powerpunk memberi reputasi
jangan sampai ane dan orang2 yang ane kenal, masuk penjara
profile-picture
powerpunk memberi reputasi
sesuai umur kecuali penjara smpe mati
profile-picture
powerpunk memberi reputasi
Quote:


Apa bedanya sama penjara seumur hidup ya?
Emang penjara seumur hidup melanggar HAM juga?
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di